Mengawali Tahun 2021: Get Up, Get Coffee, Be Happy

Kamis, 07 Januari 2021

Mengawali tahun 2021

Mengawali tahun 2021, apa yang sudah kalian lakukan? Apakah sama dengan tahun dan hari sebelumnya? Ataukah ada yang berbeda?

Kalau saya, so simple. Dan yang pasti tahun 2021 menjadi titik balik dari tahun 2020. Melalui 365 hari penuh tantangan dan ujian hidup yang pastinya membuat saya untuk berbenah lebih baik lagi. 
Nah, apa aktivitas yang saya lakukan untuk mengawali tahun 2021?


1. GET UP


Tentu Anda tidak asing dengan frase get up ini. Adalah sebuah frase sederhana dan cukup popular ketika Anda belajar bahasa inggris untuk pemula. Bahkan, banyak ibu melatih anaknya yang masih pemula untuk belajar berbicara bahasa inggris, kata ini kerap digunakan, bukan?

Nah, sebelum memaknai GET UP versi saya sebagai aktivitas mengawali tahun 2021. Saya mau mengulas sedikit makna GET UP di dalam bahasa Inggris. Itung-itung mengingat pelajaran grammar yang sudah hampir terabaikan lama. 

Dalam susunan grammar, Get up ini memiliki padanan kata, yakni Wake up. Jika diartikan secara harfiah, Get up dan Wake up memiliki arti sama Bangun. Tetapi, jika diulas lebih dalam maknanya, kedua frase tersebut memiliki makna bangun yang berbeda.  Nah, berikut penjelasannya!

Wake up memiliki arti bangun sama halnya dengan get up. Namun, wake up lebih diartikan sebagai bangun yang terjaga (to stop sleeping atau make someone to stop sleeping).

Artinya mata Anda sudah terbuka, tetapi belum benar-benar bangun.  Anda belum berdiri atau tidak langsung beranjak dari tempat tidur. Anda pun tidak langsung bergerak untuk melakukan aktivitas tertentu. 

Contoh :

I sometimes wake up suddenly  in the middle of the night (Saya terkadang terbangun tiba-tiba di tengah malam)

Makna : to stop sleeping 

Whereas, noises dont wake up him in the morning. (Bahkan, suara-suara bising pun tidak membangunkannya di pagi hari)

Makna: to make someone stop sleeping 

Atau bisa juga menilik makna bangun dari kata wake up lebih luas lagi. Seperti Bangun dari melamun, pingsan, koma dan lainnya. Contoh:

After passing out for a couple hours, finally the boy wake up 

Makna: Someone has been conscious from sleep, but he/she dont moved. 

Lantas, bagaimana dengan GET UP? 

Jika wake up memiliki makna bangun terjaga. Maka Get up adalah bangun dari tempat tidur, berdiri dan langsung melakukan aktivitas. Atau bangun dari berlutut, membungkukan badan, bangun dari posisi berdiri atau hal lain yang serupa. 

Contoh: 

My mother gets up earlier and cooks the meal for us. 

The whole audience got up and started clapping  (Seluruh penonton bangun (Bangkit berdiri) dan mulai bertepuk tangan.

Nah, lebih jelas ya perbedaannya?

Itulah kenapa saya menggunakan kata GET UP bukan WAKE UP. Karena untuk mengawali hari dengan melakukan banyak aktivitas positif, saya harus bersemangat untuk segera bangun. Saat mata terbuka, saya harus bergerak dan cuci muka. Saya segera beranjak dari tidur dan melakukan aktivitas. 

Harapan 2021


Dengan begini, saya tidak lagi bermalas-malasan lagi di atas kasur. Entah itu mainan HP dulu, atau sekadar melamun. Yang mana jika sampai itu saya lakukan sebagai mengawali hari. Maka dipastikan banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang bakal terbengkalai di jam-jam selanjutnya. Kebiasaan begini yang mau saya ubah dari sekarang. 

Kamu mungkin tertarik:

 

2. GET COFFEE


Setelah berhasil bangun dengan suasana hati yang positif. Selanjutnya saya akan membuka hari dengan menikmati secangkir kopi sembari duduk di belakang rumah. Ini saya namakan salah satu aktivitas morning person yang wajib saya lakukan.

Resolusi tahun 2021


Kenapa saya mengawalinya dengan minum kopi terlebih dahulu?   Berikut manfaatnya!

  • Menambah energi dan meningkatkan fokus. Karena konon, kandungan kafein dalam secangkir kopi mampu meningkatkan andrenalin sehingga tubuh akan lebih berenergi untuk melakukan aktivitas nantinya. Selain itu, kafein diketahui bisa membangunkan sel-sel dalam otak guna melatih fokus. Juga kafein membantu merelaksasi dan meningkatkan mood agar siap menghadapi aktivitas sepanjang hari dengan menyenangkan. 
  • Dengan konsumsi kopi di pagi hari, maka tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan yang membantu untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh, seperti udara, sinar matahari, makanan dan lainnya saat saya beraktivitas seharian maupun di luar rumah. 
  • Mengonsumsi kopi di pagi hari bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Saat meneguk kopi dan mencapai lambung, beberapa zat akan memicu pelepasan hormon tertentu. Di mana hormon tersebut akan merangsang kontraksi usus, yang nantinya akan menyebabkan pelepasan asam lambung. Sehingga jangan heran, kadang setelah meminum kopi perut akan terasa mulas dan ingin langsung BAB. Jadi tidak disarankan untuk seseorang yang menderita lambung untuk konsumsi kopi di pagi hari ya. 
  • Dengan aktivitas padat, lalu kerjaan online cukup banyak sangat memungkinkan saya untuk terjangkit stress, bukan?Makanya, manfaat minum kopi di pagi hari sangat membantu saya untuk melawan stres tersebut. Anda bisa membaca info lengkapnya di sini.  Kopi tidak sekadar minuman, tetapi menurut penelitian science dipercaya sebagai obat mengubah mood menjadi baik serta memberikan ketenangan. Biasanya ini bisa dihirup dari aroma kopi yang memberikan rasa rileks. Contohnya kopi berkualitas yang diolah dengan bahan berkualitas juga. 


 3. BE HAPPY


menyambut Bahagia tahun 2021


Setelah melakukan GET UP dan GET COFFEE apakah hidup saya akan berjalan baik-baik saja? Apakah hidup saya akan lebih bahagia? Tidak juga kok.

Saya baru mencoba resep bahagia di awal tahun ini. Yang pastinya jika ingin hasil maksimal,  maka harus dilakukan secara konsisten. Selain itu, untuk menumbuhkan Kebahagiaan dalam menjalani rutinitas sehari-hari, saya juga merencanakan mengisi nutrisi otak dengan perbanyak membaca buku. 

Nah, kebetulan banget buku-buku yang saya suka adalah bertema self improvement, motivasi, dan lainnya yang sekiranya mudah saya nikmati diksinya. Artinya, saat membaca saya merasa bahagia, bukan sebaliknya. Cek di sini contoh buku yang saya baca.

Oh ya, tidak langsung tamat saat itu juga kok. Saya hanya butuh waktu 30 menit untuk membaca dan meresapi setiap diksi yang disajikan sang penulis.

Kemudian, setelah itu saya akan mencoba belajar rutin Self talk  pada diri sendiri. Menghujani diri dengan kalimat-kalimat positif dengan penuh semangat. Yang mana tujuannya adalah membuat diri saya lebih baik lagi. 

Kamu mungkin tertarik:


Untuk menjalankan hidup sesuai dengan yang kita inginkan memang membutuhkan rencana yang matang. Meski demikian, Anda nggak harus merencanakan Sesuatu dengan cara yang muluk-muluk, tetapi hasilnya nihil. Hingga Anda pun akan merasakan kecewa karena sudah gagal. 

Coba dimulai dengan langkah sederhana. Misal dengan aktivitas sederhana seperti yang saya lakukan atau sesuaikan saja dengan aktivitas yang Anda senangi sebelum melakukan pekerjaan rumah yang sesungguhnya kerap bikin kita hampa. 

Sampai-sampai kita akan bilang,"Duh, nggak ada waktu buat me time nih."

Padahal, ME TIME itu ada sebenarnya. Hanya saja, Anda ataupun saya lupa menjadwalkan itu. Ya itu tadi, kita terlalu sibuk mengurus yang lain, sementara diri sendiri terabaikan. Jangan ulangi lagi, ya, tahun ini. 

BERBAHAGIALAH. Karena kita pantas mendapatkan kalimat tersebut mampir dalam hidup kita. 

12 komentar on "Mengawali Tahun 2021: Get Up, Get Coffee, Be Happy"
  1. Ahhhh ini cara enak utk bangun di 2021 :D. Sejak THN baru ini, aku udh niat mau LBH teratur dlm planning sehari. Mulai dari bangun, paginya, schedule yg hrs dijalanin sampe kegiatan pas malam hari.

    Dan semuanya aku catet dlm planner yg LBH komplit. Kalo dulu planner LBH cendrung utk menyusun jdwalku sehari2, kali ini jd LBH detil, memantau juga agar sched ku ga menyimpang kemana2.

    Kopi pas pagi itu dulu kebiasaan ku mba. Tp sejak ikutan intermitten fasting, aku mulai ngopi dan makan di jam 10 jadinya. Kalo pagi2 hanya bisa air putih dulu :)

    BalasHapus
  2. Mbak Fanny, sharing dong soal plannernya. Saya juga mau nyimak dan praktik nih

    BalasHapus
  3. BERBAHAGIALAH. Karena kita pantas mendapatkan kalimat tersebut mampir dalam hidup kita.

    Sedaappp nih mba. Karena aku juga percaya bahwa "happiness is made, not given"

    BalasHapus
  4. yuk yuk yuk bahagia, kita pantas merasakannya. bangun, sesap kopimu, dan rasakan bahagian itu dalam hatimu. semua yang akan kamu lakukan hari itu insyaaallah akan menjadi lebih indah.

    BalasHapus
  5. Dulu aku begitu get up langsung get coffee. Sekarang mengurangi kopi dan menggantinya dengan teh atau susu. Be happy itu yang gak kalah penting. Konsep be happy buatku sekarang, tidak selalu saat kita dapat yang kita mau. Tapi juga bersyukur atas apa yang kita miliki.

    Suka tiga prinsipnya untuk mengawali 2021 :)

    BalasHapus
  6. Saya setuju mbak dengan yang di tulis. Memgawali hari dengan semangat yang luar bisa, segera bergegas menyambut hari dan berkarya. Tapi kalau get coffe saya masih belum bisa, hehe, karena kurang begitu suka. Menjadi perempuan yang mandiri dan bahagia, akan menjadikan kita pribadi yang tangguh. Semangat berkarya dan bahagia.

    BalasHapus
  7. Be Happy, cool banget, setuju. Harus berusaha agar Be Happy aku sih. Kalau Get Up, aku engga berani langsung loncat dr tempat tidur. Duduk dulu, napak kaki, baru berdiri. Hehe...Kalau Get coffeee, aku engga ngopi...

    BalasHapus
  8. Iya yang paling penting itu bahagia ya Mbak. Makasih Mbak udah ngingetin melalaui artikel ini. Biasanya awal tahun santai-santai, pas udah pertengahan tahun baru sadar ada banyak hal yang belum dilakukan.

    BalasHapus
  9. setuju mbak e...
    kopi adalah pembuka bahagia di pagi hari
    sbg kopi holic aku nggak bisa kerja klo blm ngopi, hehe
    smg 2021 makin baik untuk kita semua ya mbak

    BalasHapus
  10. get up or wake up? wah jadi ingat pelajaran bahasa inggris nih, makasih mbak malika. semoga setiap hari kita juga punya smangat begini dan Allah akan memudahkan segala urusan kita yaa

    BalasHapus
  11. Selalu mengijinkan diri untuk bahagia yaa, kak...
    Ini bagus banget untuk membuat diri menjadi lebih bersemangat.
    Halo, 2021.
    Sukses selalu, kak.

    BalasHapus
  12. Wah kalau aku habis Get Up bukan Get Coffee tapi Get Juice hehe..
    Tahun 2021 ini juga sudah berniat lebih tertib dan teratur, mencatat dalam jurnal supaya tetep fokus tujuan. Semoga nggak banyak gangguan.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9