Resep Hidup Bahagia Era New Normal

Senin, 27 Juli 2020
Tips hidup bahagia era new normal

New Normal adalah suatu kebijakan baru yang sudah ditetapkan di Indonesia.

Masyarakat telah diberikan izin untuk membuka akses ke luar rumah sekaligus melakukan aktivitas seperti sedia kala. 

Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. 

Nah, aturan new normal ini bagi saya pribadi cukup membahagiakan. Hampir 3 bulan, saya merasa seperti seekor burung di dalam sangkar. Saya merasa terkukung seolah aktivitas gerak sangat terbatas. Keinginan untuk pergi ke suatu tempat, nyatanya ada ego yang harus saya tekan mati-matian.

Saya harus menahan diri demi keselamatan diri sendiri. Ah, kebayang nggak sih rasanya? 

Saya memang seorang freelancer yang lebih banyak menghabiskan jam kerja di rumah. Tetapi tak dimungkiri, sesekali saya juga membutuhkan refreshing ke luar demi menyehatkan jiwa dan raga.

Bagaimanapun, jiwa dan raga kita butuh hiburan dan sesuatu yang baru agar bahagia.  Oleh karenanya, penting banget buat kita untuk menciptakan rahasia bahagia era new normal agar tidak mudah stres. 

Jujur, saya sebenarnya juga masih khawatir meskipun era new normal ini, banyak yang bilang aman apabila ptotokol kesehatan ditegakkan.

Hanya saja, kecemasan tersebut muncul saat mendapati berita tentang pasien covid 19 semakin hari tetap mengalami kenaikan. Sehingga, saya pun terbesit pikiran kayak begini, 

"Kira-kira imunitas tubuh saya kuat nggak ya menangkal kehadiran virus tersebut?"

"Apakah saya akan baik-baik saja ke luar rumah?"

"Protokol kesehatan yang sudah saya lakukan ini, apakah sudah menjamin saya sehat?"

Untuk itu, demi sebuah kebahagian yang hakiki. Saya mencoba mengelola kecemasan tersebut agar tidak menjadi sesuatu berlebihan, yang nantinya akan berdampak pada kondisi psikis dan mental. 

Namun, jika dilihat dari sudut pandang lain, era new normal adalah sebuah berkah.

Masyarakat kita diminta disiplin soal kesehatan. Contoh saja soal cuci tangan setiap selesai ke luar rumah dan setelah melakukan aktivitas apa pun.

Padahal sebelumnya, jangankan cuci tangan. Masuk rumah saja, seringnya kita lupa untuk terus ke kamar mandi bersih-bersih.  Yang ada malah kita langsung ke kamar dan rebahan karena dalih capek.

Jadi, strategi kesehatan era new normal memang harus benar-benar digalakkan. Dan mungkin bisa menjadi salah satu cara hidup bahagia di masa pandemi ini.

Di mana secara tidak langsung kita dituntut mengubah kebiasaan lama di masa lalu, dengan mengubah kebiasaan baru di masa kini yang lebih sehat. 

Lantas, adakah resep khusus mengatasi perubahan   New Normal dengan bahagia?

Memahami Makna Kesehatan 


Resep bahagia era new normal

Kenapa new normal membutuhkan resep bahagia?

Bukankah bisa dikatakan cukup bahagia, jika kita mampu mematuhi protokol kesehatan saja?

Masih ingat dengan jargon kesehatan Mens Sana In Corpore Sano yang dicetuskan oleh Decimus Lunius Juvenalis seorang pujangga Romawi?

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, begitu maknanya. Sebuah semboyan yang telah lama menghiasi setiap event olahraga. 

Memang, olahraga merupakan salah satu penunjang kesehatan. Tetapi perlu diingat bahwa olahraga bukan satu-satunya. Ada hal lain yang perlu kita cermati lebih dalam dari semboyan tersebut. 

Contoh sederhana bisa kita lihat fakta yang ada di Lapangan. Bahwasanya tidak sedikit kita menjumpai orang-orang yang sehat tubuhnya , namun pikiran atau jiwanya belum tentu sehat juga. Jadi kesimpulannya, kesehatan yang paling  utama ditentukan dari pikiran yang sehat terlebih dahulu. 

Apabila pikiran seseorang sudah sehat, maka tubuh dan jiwa akan terpelihara dengan sehat juga. Sehingga pikiran sehat bisa mengendalikan seluruh organ tubuh.

Kiat bahagia era new normal

Nah, untuk menjaga kesehatan pikiran pun ada caranya. Berbeda dengan menjaga kesehatan tubuh, di mana kita harus menyiapkan makanan bergizi dan mengandung nutrisi agar menyehatkan. Untuk mendapatkan kesehatan pikiran, Anda memerlukan asupan gizi yang cukup mudah supaya hari-harinya diliputi dengan semangat. Contohnya seperti: 

  1. Selalu bersyukur dengan semua yang sudah kita miliki
  2. Membiasakan tertawa dan senyum lepas setiap harinya
  3. Memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hal-hal kecil yang sudah dicapai. 
  4. Mencintai diri sendiri
  5. Membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga
  6. Disiplin Waktu


Ingat ya, merawat kesehatan jiwa juga sangat penting sebelum menjaga kesehatan fisik. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk beljar menyeimbangkan agar kesehatan jiwa stabil. 

Resep Hidup Bahagia Era New Normal


Tips hidup sehat era new normal


Seperti yang Anda tahu, bahwa artikel saya di atas lebih menekankan pada makna kesehatan beserta manfaatnya. 

Oleh karena itu, sebaiknya jagalah terlebih dahulu kesehatan jiwa,sebelum kesehatan fisik terdampak sakit. Apalagi era new normal banyak perubahan baru yang butuh penyesuaian, kan? 

Maka, saya pun tergelitik untuk berbagi tips sederhana tentang resep bahagia di tengah era new normal. Meski dampak ekonomi begitu nyata. Antara pemasukan dan pengeluaran tidaklah seimbang. Tetapi tetap ya, sebisa mungkin kita bisa menjaga perasaan tetap bahagia.

1. Tidur Cukup


Pada umumnya, jatah tidur sehat idealnya untuk orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malam. Hal ini ada teorinya di mana seseorang yang bisa beristirahat dengan cukup. Maka sistem imunitas tubuh lebih kuat. 

Saat tidur, sistem imun melepaskan senyawa bernama sitokin. Kemudian sitokin ini berfungsi untuk memberikan proteksi pada sistem imun dengan membantu melawan peradangan dan infeksi. Sehingga risiko terdampak masalah penyakit serius cukup kecil.

2. Mematikan Gadget Saat Jam Tidur


Mengurangi penggunaan gadget selama waktu tidur sama artinya dengan memberi waktu mata untuk beristirahat. Sangat disarankan untuk dimatikan dan tidak diletakkan di dekat Anda tidur sebab, ponsel menyimpan panas yang bisa membahayakan kesehatan kesehatan tubuh. 

Selain itu, dengan mematikan ponsel saat jam tidur bisa membatasi fokus Anda untuk beristirahata dengan tenang. Apabila jam istirahat tepat waktu, maka jam bangun pagi pun akan tepat waktu. Sehingga pagi hari Anda bisa menikmati suasana fresh dan semangat pagi yang luar biasa. 

3. Olahraga Fisik dan Otak


Sangat disarankan untuk melakukan 
olahraga rutin setiap hari selama 30 menit, tepatnya di pagi hari. Bisa dimulai dengan olahraga sederhana, seperti lari kecil. 

Tahu nggak, di saat Anda melakukan aktivitas olahraga tersebut, yang namanya hormon endorphin mengalir ke tubuh Anda. Hormon ini berfungsi sebagai penghilang stress dan pereda rasa sakit. 

Selain olahraga fisik, untuk menjaga mood bahagia, Anda juga bisa melakukan olahraga otak. Misal bermain catur, teka-teki silang, membaca, dan berbincang hal positif dengan teman bisa menjadi obat stres di era new normal.

4. Minum Air Putih yang Cukup


Anda sering tahu jika cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan mood positif. Tapi ternyata, ada sebuah penelitian Onepoll, salah satu brand air mineral menyatakan banyak konsumsi air putih dalam sehari bisa membuat suasana hati ceria.

Jadi, bagi mereka yang bilang hidupnya tidak bahagia, bisa dipastikan jarang minum air putih dengan alasan sibuk. 

5. Berhenti Membandingkan Kehidupan Anda dengan Orang Lain


Pandemi memang berdampak cukup signifikan di bagian finansial. Banyak orang mengeluh penghasilan menurun. Tetapi ternyata pandemi juga memberikan efek makmur ketika pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran. 

Sebenarnya ini sangat relatif, karena banyak versi soal profesi pekerjaan. Pastinya dampak terhadap finanansial pastinya berbeda. 

Nah, agar tidak berakibat buruk pada kesehatan fisik dan mental, juga lelah jiwa. Ada baiknya Anda berhenti membandingkan kehidupan Anda dengan orang lain. Karena bisa jadi, kehidupan yang Anda anggao tidak enak sekarang. Sejatinya menjadi jalan pembuka rezeki saat ini. 

6. Konsumsi Makanan Bergizi


Gizi yang cukup akan membuat tubuh kita terkondisi dengan baik. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tetap bahagia.  

7. Melakukan Tes Covid 19


Tips hidup bahagia dan sehat era new normal


Nah, resep nomor 7 ini adalah poin yang ditunggu-tunggu. Jika Anda ingin terbebas dari kesehatan fisik dan pikiran selama era new normal, maka lakukan tes rapid sebagai sarana memastikan kesehatan Anda. Sehingga Anda tidak perlu stres apalagi bimbang jika ingin menjalani rutinitas new normal. Karena memang terbukti Anda sehat dan bebas dari jangkitan virus covid 19.

Dalam hal ini Anda bisa memilih Halodoc sebagai satu-satunya tempat paling disarankan untuk melakukan tes covid 19. 

Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan yang bisa diakses melalui smartphone android, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, dan bisa menerima bantuan medis yang ia perlukan dengan aman tanpa harus mengantre lama di puskesmas atau rumah sakit. 

Hebatnya, aplikasi Halodoc ini sudah digunakan oleh beberapa rumah sakit dan klinik ternama di kota-kota besar seluruh Indonesia. Seperti Klinik Mayapada Tower 2 Sudirman contohnya. 

Klinik Mayapada Tower 2 Sudirman terletak di Kav 27, Jl. Jend. Sudirman, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebuah klinik kesehatan yang telah berdiri sejak tahun 2015, sekaligus menjadi klinik kesehatan terdepan dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Sangat disarankan untuk mencoba pelayanan di Mayapada Clinic karena menyediakan pelayanan kesehatan yang modern, berkualitas dan efisien dengan personal medis yang profesional dan dapat dipercaya.

Enaknya lagi, Anda bisa membuat janji dengan dokter secara suka-suka tanpa ribet dengan urusan pedaftaran di kasir dan lainnya yang bikin mumet dan bosen berada di rumah sakit maupun klinik, lho.

Bagaimana, 7 resep hidup bahagia era new normal yang saya bagikan di atas sangat mudah dipraktikkan, bukan? Patut Anda coba segera supaya sehat jiwa dan raga, serta mental yang terdidik dengan sangat apik.

Nah, setelah membaca artikel ini, mungkin Anda mempunyai rahasia tersendiri untuk bisa tetap memiliki tubuh yang sehat, jiwa raga sehat, dan selalu bahagia? Yuk, sharing! 
1 komentar on "Resep Hidup Bahagia Era New Normal "
  1. Nomor 5 emang wajib banget. Tidak perlu membandingkan dengan kehidupan orang lain cukup syukuri dan nikmati maka hati akan tentram ya mbak.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9