Serba-serbi kehidupan di mata Malica

16 CARA MUDAH MENIKMATI HIDUP BAHAGIA TANPA STRES

Senin, 02 September 2019

Ketika diajukan pertanyaan "Bagaimana sih caranya menikmati hidup bahagia?" banyak orang mengatakan Bahagia itu mudah. 

Namun faktanya, lisan tidak sama dengan tindakan. Banyak dari kita seringkali mengeluh hal sepele, seperti kepanasan saat kena macet, kesalahan yang dilakukan seorang teman, hingga perkara anak-anak yang selalu bikin berantakan rumah dengan mainan. Bukankah hal tersebut menunjukkan bahwa kita sebenarnya belum bahagia? 

Logikanya ketika kita bahagia dengan semua itu, macet adalah hal biasa. Apalagi jika kita tinggal di kota besar. Gampangnya, kalau  kita nggak mau kepanasan kena macet, ya jangan keluar rumah. Duduk manis saja di rumah sambil menyedu kopi. Dijamin, hidup kita nggak akan  ada drama macet lagi yang bikin badmood dan tidak bahagia, bukan? 

Misalnya lagi kita nggak mau mengeluh karena kesalahan dari seorang teman, ya gampang saja sih. Sekali-kali kita berhenti menjadi orang yang perfeksionis. Karena sebuah kesalahan teman itu muncul, bisa jadi diri kita terlalu perfeksionis memandang sesuatu. Alhasil jika tidak sesuai dengan harapan kita, hati jadi dongkol dan mengeluh. Betul, nggak? 

Lantas, apakah artinya kita tidak boleh mengeluh?

Saya tidak bilang Nggak boleh lho, ya. Saya menyatakan pendapat, salah satu cara menikmati hidup bahagia adalah berhenti mengeluhkan hal sepele. Seperti hal-hal di atas yang seharusnya tidak pantas dikeluhkan karena hal sepele tersebut seringkali terjadi di kehidupan sehari-hari bukan? 

Nah, agar semakin paham dengan Apa itu bahagia mari simak pendapat dari para ahli berikut. 

Hurlock mengatakan bahwa kebahagiaan merupakan gabungan dari adanya sikap menerima (Acceptance), kasih sayang (Affection), dan prestasi (Achievement). Sedangkan menurut Seligman, kebahagiaan adalah keadaan psikologis yang positif dimana seseorang memiliki emosi positif berupa kepuasaan hidup dan juga pikiran serta perasaaan yang positif terhadap kehidupan yang dijalaninya. Kedua definisi tersebut saling terkait satu sama lain. Dan  bisa disimpulkan bahwa orang yang mampu menikmati hidup bahagia setiap hari adalah orang yang memiliki tiga elemen, yaitu menerima, kasih sayang, dan prestasi yang didapat. 

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Indonesia sejak tahun 2014 menurut data yang dilansir dari situs tirto.id, berdasarkan survey Gallup Global Emotion Report, merupakan satu-satunya Negara Asia yang penduduknya paling banyak tersenyum dan merasakan kegembiraan.

Bahkan jika dikategorikan berdasarkan peringkat, pada tahun 2015, 2018, dan 2019 Indonesia menduduki peringkat ke-10 teratas  dalam hal penduduknya selalu berpikir positif dalam hidup. Bahkan data lanjutan yang didapat di tahun 2019, Indonesia mampu naik peringkat dengan menjadi urutan keenam. 

Sumber : tirto.id

Akan tetapi, setelah ditelaah lebih dalam makna dari bahagia tersebut, berpikir positif dalam hidup serta tersenyum saja tidak cukup diartikan sebagai cara menikmati hidup bahagia oleh sebagian orang. Sehingga diperoleh data berdasarkan survey lagi oleh BPS yang hasilnya ternyata kebahagiaan rata-rata penduduk tidak hanya tentang berpikir positif saja, melainkan lebih pada kepuasaan hidup secara personal. 

Oleh karena itu, kebahagiaan sudah beralih makna dan menjadikan penduduk Indonesia mengalami penurunun jika ditanya tentang makna hidup bahagia. Maka tidak heran, jika akhir-akhir ini tingkat stress penduduk lebih tinggi. Karena makna kebahagiaan oleh sebagian orang berbeda. Semakin tua usia seseorang, tentu memiliki tingkat bahagia yang tidak sama. 

Namun, bukankah bahagia itu pilihan? Jika kita bisa memilih hidup bahagia setiap hari, kenapa tidak?

Pada dasarnya bahagia itu diciptakan oleh kita sendiri. Seperti data di atas, bahagia soal personal adalah tentang kepuasaan diri. Dan kepuasaan diri pun tidak melulu berbicara soal materi dan melejitnya prestasi. Seperti hal receh dengan membantu orang lain itu juga termasuk dalam makna bahagia. 

Berikut 16 Tips cara menikmati hidup agar bahagia versi saya. Silakan praktikkan! 

  1. Memaafkan Masa Lalu yang Bikin Hidupmu Pilu 


 Pinterest.com

Masu lalu memang bagian dari kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan. Akan tetapi kamu pun tidak harus menjadikan masa lalumu sebagai teman jalan di masa depan. Sebab hal tersebut justru akan membuat hidupmu tidak bahagia. 

Apalagi jika masa lalumu pahit, maka tak penting untuk menoleh kembali ke sana. Lupakan dan fokus berjalan ke depan. Memaafkan siapapun yang pernah singgah di masa lalu akan lebih baik untukmu menikmati hidup. 

2. Tidur yang Cukup


Pinterest.com

Tahu tidak, jika tidur juga sangat berpengaruh pada kebahagiaan seseorang. Idealnya tidur cukup adalah 7 sampai 8 jam. Akan tetapi karena aktivitas padat serta alasan kesibukan, rata-rata sebagian orang akan mengabaikan pola tidur yang benar. Sehingga kebiasaan buruk tentang pola tidur yang tidak teratur ini akan berpengaruh pada biologis seseorang. Akhirnya, kesehatan tubuh terganggu dan pikiran pun tidak bahagia. 

3. Ciptakan Kamar yang Bersih


Pinterest.com

Pasalnya, kamar kotor mampu menciptakan energi negatif. Sebaliknya, jika kamar yang bersih akan bisa mengalirkan energi positif. Untuk itu, jagalah kebersihan kamar selalu. Jika tidak mampu membuat seisi rumah menjadi rapi dan bersih, setidaknya kamar yang kamu tinggali nyaman dan meningkatkan mood setiap hari. 

4. Buatlah To do List 


Pinterest. com

Cara menikmati hidup dengan bahagia adalah dengan membuat to do list aktivitas selama satu hari. Fungsi dari to do list di sini adalah meringankan kerja otak agar tidak terbagi-bagi dalam hal pekerjaan. Karena kamu akan fokus pada hal yang sudah direncanakan.

Dengan demikian, secara tidak langsung kamu akan meringankan kerja otak agar tidak mengingat banyak hal. otak akan fokus dan rileks mengerjakannya satu per satu.

Nah, jika otak mampu bekerja dengan baik dan to do list bisa terpenuhi sesuai rencana, maka di sinilah letak bahagia seseorang. Sebab ada rasa puas yang membuatmu bangga menyelesaikan goal yang sudah terencana.

5. Me Time  untuk Menikmati Hidup


Pinterest.com

Pasalnya, meluangkan waktu untuk me time akan membuat hidupmu bahagia. Me time berarti kamu memberikan hak pada tubuh dan otak untuk beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk kesibukan yang padat. Dengan melakukan me time akan membuat dirimu bebas dan menjadi diri sendiri.

6. Aura Positif Akan Terpancar Saat Bangun Pagi


Pinterest.com

Tips menikmati hidup bahagia selanjutnya adalah rutin bangun pagi. Bangun pagi akan membuat badanmu lebih sehat, pikiran pun lebih segar. Jadi, kamu akan lebih optimisme dalam menghadapi tantangan hidup. Rasa optimisme ini yang nantinya akan menggiring aura positif untuk merasakan hidup bahagia.

7. Olahraga


Pinterest.com

Kenapa orang yang rajin berolahraga hidupnya bahagia?

Seperti halnya semboyan Mens sana in Corpore sano bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Orang yang rutin melakukan olahraga, bukan hanya tubuhnya saja yang sehat, akan tetapi pikiran dan jiwanya akan lebih bahagia.

Sebab, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bisa memicu meningkatnya hormon serotonin dalam tubuh. Yaitu hormon yang mampu memicu jiwa seseorang untuk merasakan bahagia.

8. Berhenti Iri dengan Rumput Tetangga yang Lebih Hijau


Pinterest.com

Kamu harus bahagia dengan apa yang dimiliki oleh diri sendiri dan tidak cemburu dengan yang dimiliki oleh orang lain. Karena rasa cemburu inilah yang menjadikan hidupmu tidak bahagia sebab ada rasa khawatir akan sesuatu yang belum mampu dimiliki. Sehingga kamu akan depresi dan stres tak beralasan.

Ingat, setiap orang tidak memiliki takdir yang sama persis. Jadi, bahagiakan dirimu untuk terus menghargai diri sendiri dan berpikir positif, ya.

9. Berpikiran Positif dan Bersyukur



Orang yang selalu berpikir positif dalam hal apa pun, itu jauh lebih bahagia daripada mereka yang selalu kepo dengan kehidupan orang lain. Berpikir positif juga senantiasa mengajak kita untuk terus bersyukur dalam menjalani hidup.

Dengan demikian, langkah kita tidak akan berat karena kita sudah puas dengan takdir hidup yang sudah disesuaikan porsinya oleh Allah. Itulah sejatinya yang membuat hati dan jiwa seseorang bahagia. Karena mereka terbebas dari rasa iri dan dengki berlebihan.

10. Berbagi Kebaikan


Pinterest.com

Berbagi kebaikan tidak harus berupa materi. Dengan senyum atau melakukan hal-hal sederhana yang memberi manfaat, tentu saja akan membuatmu lebih puas dan bahagia. Karena tanpa disadari kamu telah meringankan beban orang lain. Sederhana, bukan?

11. Pergi Berlibur ke Tempat yang Tenang


Pinterest.com

Hal satu ini terkadang sering diabaikan. Alasan sibuk bekerja karena tidak memiliki banyak waktu, atau tidak berlibur akibat dana yang dimiliki habis.

Maka, solusinya adalah cari tempat yang mampu membuat otakmu segar kembali. Ibarat handphone, Otak butuh di-charge agar yang tadinya baterai habis, dia bisa nyala kembali. Nggak perlu cari tempat yang mahal, apalagi berlibur ke tempat yang jauh. Dengan berkunjung bersama keluarga di tempat berlibur terdekat dari tempat kamu tinggal pun tak jadi masalah. Yang terpenting dengan berlibur otakmu mendapat penyegaran kembali.

12. Terapi Tertawa Agar Bahagia


Pinterest.com

Pernah nggak selama ini kamu tertawa lepas dan bebas? Salah satu cara menikmati hidup agar bahagia adalah tertawa. Mampu tertawa ketika dalam diri pernah terluka, merupakan salah satu bukti bahwa kamu bahagia.

Penelitian kesehatan pun mengatakan bahwa aktivitas tertawa sangat baik untuk kesehatan. Sekaligus tertawa mampu meningkatkan hormon endorphin yang memicu bahagia sehingga kemungkinan kecil tidak terjangkit depresi dan stres.

13. Bahagia Cerdas dengan Perbanyak Investasi Akhirat


Pinterest.com

Memiliki popularitas di dunia, kedudukan tinggi, serta banyak harta di dunia belum tentu menjamin hidup seseorang bahagia.

Oleh karena itu, perbanyaklah investasi akhirat juga supaya kamu mendapat kebahagiaan hakiki kelak. Mudah saja, dengan salat lima waktu, puasa, membantu orang lain serta mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, merupakan salah satu cara menikmati hidup dengan bahagia.

14. Lepaskan Diri Dari Ekpetasi Hidup Terlalu Tinggi



Agar hidup damai dan bahagia, cobalah lepaskan diri dari ekpetasi yang terlalu tinggi. Harapan yang tinggi, sementara tak bertemu dengan realita. Sehingga kamu akan merasakan kecewa dan marah. Untuk itu, berhentilah untuk memikirkan ekpektasi hidup yang justru menjadikanmu menanggung beban. Jalani saja apa adanya sesuai kemampuan yang ada.

15. Jangan Sok Menjadi Orang Multitasking


Pinterest.com

Ternyata, menjadi orang multitasking tidak selamanya menyenangkan. Justru berdasarkan pakar psikolog, orang yang berusaha menyelesaikan satu pekerjaan apa saja dalam satu waktu rentan mengalami tekanan darah tinggi dan stress. Sehingga pemicu menikmati hidup bahagia sangatlah kurang. Fokuskan energimu pada satu hal saja agar otakmu tidak lelah bekerja.

16. Batasi Pemakaian Gawai


Pinterest.com

Siapa sangka penggunaan gawai berlebihan menjadi salah satu pemicu seseorang tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Bagaimana tidak, candu dengan gawai akan membuatmu lupa makan dan istirahat yang cukup.

Kamu banyak menghabiskan waktumu untuk stalking media sosial sana-sini. Padahal hal tersebut tidaklah penting. Justru kecanduan gawai membuatmu  tidak memiliki waktu untuk diri sendiri menikmati hidup. Sebaiknya, gunakan gawai dengan bijak, ya!

Nah, 16 tips cara menikmati hidup agar bahagia di atas sangatlah mudah untuk dipraktikkan siapa saja. Manakah tips yang membuat nyaman? 
15 komentar on "16 CARA MUDAH MENIKMATI HIDUP BAHAGIA TANPA STRES"
  1. Wah olahraga bisa buat hidup jadi bahagia... Hal yg jarang aku lakukan.. olahraga 😆 mkasih mbak sudah brbagibtips bahagia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Aku juga jarang olahraga kok. Hahaha.. Tapi mulai sekarang sedang berusaha.

      Hapus
  2. saya juga begini sih mbak, kecuali poin no.16. kebutuhan pekerjaan soalnya. saya dekat sekali dengam gadget. bukan buat scrolling IG sih, tapi lebih ke bikin konten. hahaha..

    ya konten buat jualan, ya buat blogging. intinya sih butuh buat internet marketing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja mbak. Poin 16 ini yang harus dipelajari lagi dan buat aturan yang ketat.

      Hapus
  3. Lebih banyak ibadah dan me time dengan pergi ke tempat ngopi mbak, tapi kadang kalau lagi sendiri berasa mulai down lagi, pengennya berlibur ke tempat yang tenang cuma modalnya belum ada nih, wekekeke. So, belajar berpikir positif pun perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok sekali mbak. Berlibur bisa cari tempat terdekat ya, mbak. Biar nggak berat di ongkos. Hahaha

      Hapus
  4. Aish beberapa sudah kulewati adik syantiiik secara alami bahagia ingin kulewati

    BalasHapus
  5. Nomor satu yang masih sulit untuk saya lakukan. Entah mengapa, rasanya sulit sekali membuang memori akan masa lalu yang tidak menyenangkan. Padahal, kenangan itu benar-benar bikin hidup tidak bahagia.

    BalasHapus
  6. Lha ini nih. Sebulan belakangan aku lagi folus banget sama diriku sendiri. Mulai nggak banyak stalking socmed dan banyakin olahraga. Tidur tepat waktu dan pasang target yang gak terlalu tinggi. Hasilnya? Lumayan bugar, meskipun dr sisi pekerjaan agak menurun peluang. Tapi gpp lah, memang kita nggak bisalah mau semuanya oke. Harus ada prioritas.

    BalasHapus
  7. Aku juga sepakat kalau bahagia itu lebih ke sikap menerima. Dan salah satu tips di atas yang paling ngaruh juga buat aku untuk bisa menciptakan 'bahagia' itu sendiri adalah membuat kamar atau suasana rumah bersih dan rapi. Lalu berbagi kebaikan pada orang lain.

    BalasHapus
  8. Olahraga aku kurang banget nih. Biasanya jalan kaki. Sejak masalah ama lutut, belum cari nih OR yang pas.
    Tidur yg cukup siiii kayaknya udah. Hehe...
    Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  9. Dan kepuasaan diri pun tidak melulu berbicara soal materi dan melejitnya prestasi. ---> setuju banget nih. Sudah pernah ngerasain soalnya. Capek banget lho kalau materi melulu yg dijadikan ukuran bahagia. Kita perlu materi sih tapi perlunya itu cukup dan seimbang dengan kemampuan kita.

    Begitu juga dengan prestasi. Makna prestasi juga luas sebenarnya. Saalah satu cara saya menghargai diri sendiri adalah jika saya hari ini lebih baik dari saya yang kemarin-kemarin. Itu juga prestasi :) Sesimpel itu

    BalasHapus
  10. Pergi Berlibur ke Tempat yang Tenang
    --》》 aku bangets nih
    Dan yang terakhir kutaksanggup jauh dari gawai, kerjanya di situ soalnya hahah
    Tapi dikurangi aja sedikit bolehlah ya

    BalasHapus
  11. Pilih berbagi kebaikan dan investasi akhirata yang pertama, yang lainnya benarr semua dan wajib dilakukan agar hidup terus indah dan bebas stres.

    BalasHapus
  12. Masa lalu memanglah hanya masa lalu. Terkadang ada beberapa orang yang sulit melepasnya.

    Hmm,, dari ke16 list ini, ada beberapa hal yang kayaknya ngena banget di yuni. Misal, pola tidur, acak-acakan banget yuni mah. dan lain-lain yang malu banget kalau disebutin.

    Hehehe

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9