Cara Menaikkan Domain Authority dengan Cepat

Rabu, 27 Mei 2020
cara menaikkan Domain Authority bisa dilakukan dengan 8 cara sederhana

Bagaimana sebuah website bisa berada di urutan posisi paling atas?

Apakah domain authority memiliki peranan penting pada performa blog yang menggunakan teknik SEO?

Pertanyaan seperti ini pasti pernah ada dalam pikiran Anda. Sebab seringkali kita melihat atau bahkan menganalisa beberapa blog yang mampu menduduki peringkat pertama di halaman google, adalah mereka yang memiliki skor domain authority tinggi.  

Pernyataan tersebut pun dibenarkan oleh beberapa  pakar SEO bahwasanya skor Domain Authority memang bisa dijadikan tolok ukur kualitas sebuah blog, sekaligus cukup mewakili jika Anda ingin mengukur pencapaian strategi SEO, agar mampu bersaing untuk menduduki peringkat pertama di pencarian laman google. 

Nah, dari sini justru akan muncul pertanyaan baru. Sebenarnya apa yang dimaksud Domain Authority? Bagaimana cara menaikkan domain authority?

Di artikel ini, saya akan membocorkan semua rahasia cara meningkatkan skor DA dengan cara mudah dan cukup dengan 1 rahasia saja. Pastinya rahasia ini saya dapatkan dari ahlinya langsung. 

Ingat, rahasianya cuma 1 saja ya. Dijamin berhasil, dan mungkin Domain Authority tidak akan menjadi dilema para blogger lagi. Khususnya blogger pemula.

Tetapi sebelum itu, Anda harus memahami terlebih dahulu, apa pengertian domain authority atau otoritas domain? 


Pengertian Domain Authority 


Domain authority adalah adalah skor peringkat di mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP)



DOMAIN AUTHORITY adalah skor peringkat di mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Untuk skala skor domain authority berkisar antara 1 sampai 100, dengan skor DA website atau blog yang semakin tinggi, maka akan semakin bagus posisi peringkatnya dalam SERP. Nah, untuk mengecek skor DA sendiri, Anda bisa menggunakan bantuan moz.com versi gratis maupun berbayar, ya. 

Akan tetapi ada baiknya sebelum proses pengecekan di sebuah tools domain authority checker, Anda harus tahu bagaimana cara Moz menentukan skor domain authority Anda.

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi berdasarkan kriteria moz?

Hal ini penting diketahui di awal guna meminimalisir kekecewaan jika ternyata hasil skor DA tidak sesuai keinginan. Sementara Anda sudah melakukan usaha yang maksimal. 


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Skor Domain Authority


Page authority adalah gambaran rangking pada website maupun blog Anda yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian

Sebelum berpikir lebih jauh tentang berapa jumlah skor ideal Domain Authority website untuk berburu job atau dilirik oleh seorang klien. Ada baiknya Anda memahami terlebih dulu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian moz dalam menaikkan domain authority, antara lain:

Konten Berkualitas

Disebut content berkualitas apabila konten tersebut informatif dan solutif. Selain itu, isi yang disampaikan mendalam, menarik, unik, dan akan menjadi artikel evergreen. Nah, jenis konten yang seperti ini bisa menjadi salah satu gaya naikin domain authority.

Jumlah Backlink berkualitas

Backlink merupakan gabungan dari kata back dan link yang diartikan sebagai link masuk atau lebih popular dengan sebutan inbound link (link masuk ke sebuah postingan blog). 

Backlink bisa jadi penting sebab memiliki peran untuk naikin DA. Semakin banyak jumlah backlick berkualitas yang mengarah ke blog Anda, maka akan bermanfaat untuk kualitas SEO, meningkatkan pageRank, dan peningkatan jumlah visitor. 

Usia Domain

Sebuah domain layak dinilai tinggi oleh google ditinjau dari usia domain itu sendiri. Semakin lama domain tersebut dikelola secara aktif dan konsisten oleh penggunanya, maka akan berpengaruh pada peringkat di hasil pencarian.

Optimasi Seo on page

Banyak cara untuk melakukan optimasi SEO on Page, salah satunya adalah berbicara tentang penggunaan keyword, link eksternal dan internel, Alt image, dan masih banyak lagi. Ulasannya nanti ada di bagian bawah tentang cara menaikkan domain authority website dengan cepat.

Optimasi Seo off page

Off page SEO merupakan teknik SEO yang lebih mendalami tentang link building, back linking, dan social media marketing. 

Nah, lima poin penting di atas adalah sebagian faktor saja yang membantu domain authority website atau blog personal naik. 

Kata dua mentor, yaitu Mas Pewe dan Mas Irwin di kelas gratis 30 hari Domain Authority Blogger up, ternyata masih banyak faktor lain yang bisa diaplikasikan agar DA mengalami kenaikan dalam jangka waktu sebulan. Penasaran? 

Baca tulisan saya sampai habis ya. Dipastikan Anda akan menemukan jawaban kenapa Domain Authority Anda tidak kunjung naik, meski selama ini usaha yang dilakukan sudah maksimal. Check it out! 

8 Cara Menaikkan Domain Authority Dijamin Berhasil


Cara naikkin DA dengan Seo on page secara konsisten

Memang hanya 1 rahasianya untuk meningkatkan Domain Authority. Namun, satu rahasia ini memiliki keterikatan dengan 8 cara yang akan saya bagikan nanti. 

Jadi sebaiknya disimak baik-baik ya. Dan ingat, langkah-langkahnya harus dipraktikkan secara berurutan jika Anda menginginkan DA mengalami kenaikan. 

1. Mengecek Kesehatan Website atau Blog Personal 


Metode menaikkan domain authority yang pertama adalah dengan mengetahui kesehatan website atau blog personal. 

Kesehatan  yang dimaksud di sini tidak ada hubungannya sama sekali dengan ilmu kedokteran, ya, teman-teman. Melainkan ditekankan pada apakah tampilan website atau blog personal Anda sudah 100% tidak bermasalah? 

Apakah template yang Anda pakai untuk website atau blog sudah kategori SEO friendly dan responsive template? 

Apakah konten yang Anda tulis sudah memenuhi kaidah SEO? Bagaimana interaksi Website atau Blog Anda di media sosial? Berapa banyak backlink berkualitas yang menuju website utama Anda? Berapa jumlah brokenlink yang menjadi benalu?

Lebih lengkapnya untuk mengecek kesehatan blog, Anda bisa menggunakan link berikut https://www.seoptimer.com/ ya.

Jika sudah dipraktikkan, silakan Anda melanjutkan ke cara berikutnya. 

2. Memahami Cara Kerja Google Analytic


Syarat mengikuti kelas 30 hari Domain Authority Blogger up adalah para blogger harus sudah menghubungkan website dan blog masing-masing ke google Analytic. 

Google Analytic atau seringkali disebut GA oleh beberapa blogger termasuk tools powerful untuk menampilkan laporan seluruh trafik website atau blog, baik dari search engine, iklan, direct, hingga social media. 

Dengan memahami cara kerja google analytic ini, Anda akan tahu siapa saja audience setia blog, berapa usianya, apa kegemarannya, darimana mereka membaca blog, apa tema yang paling disukai pembaca, dan lain sebagainya. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam menulis konten blog berkualitas serta konten yang mendulang trafik blog secara cepat. 

Jika trafik blog (page authority) memiliki nilai bagus, tentu tidak menutup kemungkinan domain authority akan mengalami kenaikan juga. 

3. Mempelajari Cara Kerja Google Search Console


Persamaan google analytic dan google search consule adalah sama-sama menyediakan fitur untuk meningkatkan trafik.

Sedikit perbedaan dari keduanya, yaitu Google search console atau disebut dengan GSC memiliki kelebihan dimana Anda mampu menganalisa keyword yang dicari oleh banyak orang. 

Tak hanya itu, di tools powerful ini, Anda bisa tahu tulisan mana saja yang bisa mendongkrak posisi pertama Search engine, bagaimana cara membuat artikel kita ke indeks oleh google, memasukkan sitemap pada blog, menghapus konten, apakah sempurna blog kita di mata google, berapa kali google mengunjungi blog kita, dan masih banyak  fitur lainnya yang bisa Anda fungsikan dengan baik.

Silakan praktik setelah membaca artikel ini, ya. 

4. Keyword Research untuk Konten Berkualitas 


Keyword research merupakan teknik paling penting dalam menulis sebuah konten berkualitas. Dan tentunya termasuk salah satu teknik meningkatkan domain authority blog personal atau website. 

Dengan mempelajari keyword research, Anda akan tahu siapa saja yang tertarik membaca artikel yang sudah diposting di website. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan salah satu tools terpercaya seperti (https://neilpatel.com/ubbersuggest/)

Perhatikan contoh berikut: 

Saya ingin menulis topik tentang wisata kuliner Solo. 

Teknik menaikkan domain authority dengan cara seo on page

Maka, keyword yang saya ambil sebagai ide tulisan adalah Kuliner Solo. 

Di situ akan muncul berapa search volume atau berapa banyak orang mencari keyword kuliner solo di pencarian google. 

Kemudian perhatikan langkah selanjutnya:

Metode menaikkan domain autority dengan konten berkualitas

Setelah ditekan search ternyata banyak keyword kuliner solo yang muncul dengan berbagai tambahan.  

Nah, ini yang bisa Anda ulas di blog menjadi konten berkualitas. Dan ingat, semakin banyak jumlah pencarian, artinya semakin banyak saingan. 

Maka dari itu, Coach Irwin menyarankan untuk mencari bagian SD (tingkat kesulitan SEO)  yang sedikit, setidaknya di bawah 20 serta jumlah volume yang terjangkau kemampuan Anda. 

Kebetulan di situ saya memilih kuliner solo legendaris dimana hasil pencarian menunjukkan sekitar 90 orang yang mencari, dan 13 SD saja. Jadi akan sangat memungkinkan artikel saya nantinya bisa berada di posisi page one. 

5. Optimasi SEO On Page


Trik seo on page yang ajarkan mas Irwin sedikit berbeda. Anda harus mempelajari sekitar 18 poin SEO On Page agar menghasilkan konten berkualitas. 

Tapi sayangnya, saya tidak akan membahas semua poin tersebut. Karena jika saya membahas semua poinnya di artikel ini, pastinya butuh tulisan panjang kali lebar sendiri. Bisa juga semalam saya nulisnya nggak bakalan kelar. Hehehe  

Tetapi jika Anda masih penasaran tentang 18 poin di atas, bisa kok ikutan gelombang ke-2 di kelas gratis 30 hari Domain Authority Blogger up ya.

Well, saya akan membahas yang paling dasar saja ya. 

Keyword 

Untuk keyword ini penting sekali. Anda harus benar-benar menyisipkan Keyword relevan di artikel Anda. 

Penggunaan keyword yang tepat sasaran akan memudahkan google untuk meng-crawl tulisan Anda. Sehingga tidak menutup kemungkinan tulisan Anda bisa nangkring cantik di page one dong. 

Search volume

Detailnya, search volume sudah saya jelaskan di atas ya. Sedikit tambahan, data search volume dijadikan acuan untuk mengetahui banyaknya pencarian pada keyword tersebut. Jadi, poin ini juga penting Anda praktikkan.

Mengecek Kompetisi 

Mau tulisannya nangkring di page one, kan? Jadi mengecek kompetisi itu penting. Tips dari Mas Irwin, Anda bisa menggunakan cara sebagai berikut: 

Buka browser, kemudian tulis allintitle:keyword (Tanpa tanda petik ya). Contohnya seperti gambar berikut: 

Cara menaikkan DA itu mudah dengan membuat backlink berkualitas

Dari gambar ini menunjukkan, keyword "wisata kuliner solo" ada 3500 website yang sudah mengulasnya.

Link Internal dan Eksternal

Ternyata, penggunaan internal link ini juga ada maksimalnya, lho, setidaknya ada 3 internal link yang ditautkan dalam artikel.

Dan yang paling penting, internal link yang mengarah dari blog kita sendiri harus do follow, bukan no follow. Apa manfaatnya? 

Manfaatnya tentu saja membantu menaikkan trafik blog dan menurunkan bounch rate. Udah pada paham kan ya apa itu bounce rate? Coba deh searching di google. Hehehe

Sementara untuk link eksternal sangat disarankan untuk mencari link keluar yang berkualitas. Minimal 2 link eksternal ya. Hanya saja, link eksternal tidak bersifat wajib. 

Gimana? Sudah dipraktikkan belum poin-poin dasar SEO on Page di atas? semoga sedikit membantu ya. 

6. Cek Blog MOZ Pro


Yeay! Poin 6 ini nyaris bikin saya pusing. Ternyata setelah cek di Moz Pro, blog saya ketahuan bobroknya. Setidaknya ada sekitar 800 masalah yang harus diperbaiki. 

Mulai dari artikel yang judulnya tidak terdeteksi, heading yang hilang, meta description kosong, dan menu label yang error. 

Nah, saat masalah-masalah tersebut saya perbaiki pelan-pelan, DA yang sebelumnya tak kunjung naik, alhamdulilah naik perlahan. Berikut testimoninya : 

Cara domain authority naik dengan teknik seo on page dan mengecek kesehatan blog

Oh ya,  Moz Pro ini difasilitasi gratis oleh Mas Irwin selama 30 hari, lho. Jadi kami beruntung banget masuk kelas ini. 

7. SEO Off Page 


Setelah dipusingkan dengan SEO on Page, saya langsung pengen teriak-teriak karena melihat kode-kode html yang menurut saya asing banget. 

Selama ini ngeblog ya tahunya cuma menulis. Ternyata penerapan SEO Off Page juga sangat penting. 

Kali ini bagian Mas Pewe jelasin sangat detil. Salah satunya pembahasan tentang link building. 

Nggak tanggung-tanggung, beliau memberikan daftar website yang bisa kami jadikan sumber rujukan agar  domain authority bisa naik skornya dengan maksimal. 

8. Praktikkan 


Nah, poin terakhir ini merupakan teknik menaikkan domain authority paling ampuh yang bisa Anda praktikkan segera. 

Seperti yang saya singgung sebelumnya, bahwa satu rahasia ini menjadi tonggak keberhasilan naik dan tidaknya domain authority blog Anda. 

Logikanya, Anda sudah mendapatkan 7 cara jitu melejitkan DA PA dalam sebulan. Namun, Anda belum mempraktikkannya secara maksimal atau bahkan tidak praktik sama sekali.

Lantas, akankah DA tersebut akan naik?

Domain Authority dan Berburu Job


Pada dasarnya, DA memiliki kriteria nilai 1-100. Namun Anda tak perlu khawatir.  Karena nilai 100 tidak menjadi patokan utama. Tentu ada yang namanya 'Tidak Sempurna'. 

Tips dari saya, tentukan nilai Domain Authority ideal versi Anda sendiri. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog lebih tinggi, maka penuhilah standar DA yang dibutuhkan oleh klien. 

Sebab, saat ini banyak klien yang cerdas. Mereka berburu DA minimal skornya 15 untuk mempromosikan bisnisnya.  

Tapi kembali lagi, jika tujuan ngeblog Anda adalah karena hobi dan bersenang-senang. Rasanya menentukan Domain Authority sebagai patokan keberhasilan sebuah blog tidak penting lagi. 

Apa Enaknya Belajar di Kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authority? 


Serius. Jangan ikut kelas ini kalau Anda tidak ingin menjadi pintar mendadak. 

Coba bayangkan, jika Anda seorang ibu rumah tangga yang terbiasa oprek bumbu masakan di dapur, pegang sutil buat goreng telur. Eh, tiba-tiba saja selama 30 hari digembleng buat belajar kode robot txt, memperbaiki label yang error, rewrite artikel lama yang alay, benerin brokenlink, inspect url ke GSC dan masih banyak lagi. 

Jadi kebayang, kan, ribetnya? 

Yes. Ribet memang. Tapi tahukah, tidak ada yang namanya usaha mengkhianati hasil. Apapun ilmu yang diberikan, kemudian diamalkan. Tidak  menutup kemungkinan Anda akan memetik buahnya yang manis. 

Daaaan, saya bahagia dong. Pegang sutilnya beralih jadi emak yang berani otak-atik blog sendiri. Patut bikin apresiasi buat diri sendiri juga nih. Hehehe

Setidaknya, hasil belajar bersama Mas Pewe dan Mas Irwin, selain  Skor domain authority naik 3 angka,  ada dua artikel baru yang langsung nangkring di page one. 

Teknik cepat menaikkan DA dengan cara seo on page dan seo off page
Posisi 4 (Keyword: Donasi sahabat hosting) 

Metode cepat menaikkan DA dengan keyword populer
 posisi 9( Keyword:Indscript Creative) 

Belum posisi satu sih. Tapi lumayan lah ya. Hehehe

Enaknya di kelas DA ini, dua mentor ini suka melempar umpan daripada menyuapi muridnya dengan makanan lezat yang sudah tersaji di meja. 

Kami bertanya, tetapi tidak langsung dijawab dengan detil. Ada clue-clue yang disampaikan dalam jawaban, selebihnya, ya cari sendiri. Gimana caranya? 

Harus usaha. Entah searching di google atau dua mentor tersebut akan memberikan link rujukan untuk kami baca. 

Bukan tidak sayang atau tidak peduli. Justru kami di sini dituntut lebih mandiri. Mungkin nih ya, didikan ini tujuannya agar kami nantinya tidak terbiasa menjadi blogger manja. Maunya disuapin tapi malas mencari solusi sendiri. 

Dan memang saya merasakan efek positif dari didikan tersebut. Akhirnya, di akhir penutupan kelas, 30 blogger ini saling bahu-membahu, saling membantu jika ada teman yang blognya mengalami masalah.

Gimana, seru sekali, kan? 

Jadi, kalian mau ikutan jejak saya di kelas cara menaikkan domain Authority selama 30 hari?


Sumber Artikel :


45 komentar on "Cara Menaikkan Domain Authority dengan Cepat"
  1. Wah langsung melejit nih DA blog MbakMal habis ikutan kelas ini. Sungguh beruntung, semoga gelombang dua aku bisa terangkut. Emang PR banget tuh benerin kesehatan blog. Selama ini paling baru optimalisasi SEO on page aja, sisanya belum tergarap. Belakangan malah malas update hehe. Makasih ya insight nya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas. Semoga bermanfaat ya. Ini saya juga masih belajar. Hehehe

      Hapus
  2. Ini artikelnya mudah dicerna... Smangat menaikan DA terus mbak malicaaaa.. Semangat belajarrrrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Rini. Alhamdulilah semangat nih. Pengen kayak Mbak Rini, DA-nya luar biasa.

      Hapus
  3. Praktik yang kadang suka diabaikan. Kebanyakan belajar nggak praktek, jadi ya begitu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul banget ini. Kudu praktik intinya.hahaha

      Hapus
  4. Wah saya belajar banyak nih
    Seru kayaknya kelasnya ya
    Jadi penasaran rasanya berguru pada dua mastah itu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mbak. Menantang banget. Semoga nanti bisa belajar sama mereka ya, mbak😊

      Hapus
  5. Kelasnya keren luar biasa beruntung ya mbak bisa masuk. DA-ku nggak masuk untuk ikut kelasnya wakakak. Cukaeee udang nangkring di halaman depan.

    BalasHapus
  6. Bagus dan detil, sy langsung cek pakai link yg ditautkan. Ternyata blog saya sakittt
    Banyak html, itu gimana ngilanginnya. Da pantes anjlok terus, broken link jg banyak.
    Btw mbak, kabarnya BW itu sebenarnya bikin nambah broken link ya, bener gak.

    BalasHapus
  7. Mau dong ikutan kelas free nya. Bagi info ya Mbak. Auto bookmark postingan ini ��

    BalasHapus
  8. Duuuhh kira kira aku bisa gak ya ngikut kelas mas irwin dan mas punto, asli aku taunya cuma nulis, dan takut selama 30 hari ternyata otakku tetap ngeblank. makanya sebelum daftar kelas ke mereka, aku baca2 artikel naikkan DA secara perlahan, dan praktekkan

    BalasHapus
  9. Selama ini saya cuma tulis dan menerapkan yang saya tau, harus belajar lagi nih. Terima kasih ya Mbak Malica, salam kenal!

    BalasHapus
  10. DA blog saya merosot terus, makasih infonya mba. Semoga bisa menerapakan alias praktik sehingga DA blog saya bisa naik.

    BalasHapus
  11. Halo Kak Malica! Semangat dan selamat naik DA hehehe
    Di awal kelas kita pasti sama2 mumet dan stress karena tau banyak penyakit di blog kita. huhuhu

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Sungguh menarik tulisannya , bagaimana cara ikut kelas tersebut Bu.?

    BalasHapus
  14. Semoga nanti pas longgar berkesempatan ikutan kelas dan naikin DA. Blogku asal hidup, xixixixixi

    BalasHapus
  15. beberapa temen blogger bahas hal serupa, aku kok bisa ketinggalan info kelasnya ya. 30 hari alias sebulan les materi ini menarik sekali

    BalasHapus
  16. Bbrp bulan ini aku udh coba untuk pelan2 mulai mengikuti bbrp cara utk naikin DA. Blm semuanya bisa, Krn jujurnya aku sendiri nulis blog msh untuk nyakitin hobi aja mba, blm mau monetisasi.

    Tapi kan tetep yaaa, kalo bisa DA nya tinggi, ya jadi seneng juga :). Makanya aku rutin juga bersih2in broken link, utk postingan jelas hrs yg berkualitas. Pelan2 lah, semoga DA bisa LBH bagus lagi. Apalagi Krn sbntar lagi aku resign juga, udh niat tuh mau serius di blog dan bakal lebih konsisten lagi menulisnya :) . Ga cuma asal nulis, tp ngikutin bbrp cara di atas

    BalasHapus
  17. Ngeblog memang nggak sederhana, banyak hal mesti dipelajari dan dikerjakan. Dan usahanya nggak sepele, butuh waktu lumayan dan fokus ya, Mbak. Saya juga masih berusaha menaikkan DA. Semoga ada perbaikin ya mbak setelah mempelajari materi di kelas 30 hari menaikkan DA :)

    BalasHapus
  18. Beneran deh DA itu bagaikan misteri Ilahi. Dulu sempat DA aku 23 eh sekarang makin turun jadi 19. Kuakui sih dulu rajin nulis bisa 6-7 judul sebulan, sekarang2 4 aja udah bagus hahaha karena kesibukan domestik wkwkwkwkw :D Lagi ngejar DA lagi nih buat seneng hati aja :D

    BalasHapus
  19. Banyak banget nih PR-ku buat membenahi dan menaikkan DA. Apalagi yang postingan-postingan di awal ngeblog 11 tahun lalu. Pe-eeeeer dah.

    BalasHapus
  20. Wah artikelnya bergizi sekali mba. Aku udah periksa kesehatan blog aku dan ternyata hasilnya baru B. Ngomong-ngomong sekarang neilpatel udah ga bisa dipake lagi. Kayaknya mau diduitkan kali ya. Sayang ya

    BalasHapus
  21. Makasih banget, Mbak Malica. Penjelasannya detail banget. Bermanfaat buat saya yang lagi pengen naikin DA. Keyword research, SEO on page penting banget, ya. Note deh, peer bagi saya.

    BalasHapus
  22. Ini harus langsung masukkan ke box simpanan. Biar bisa dibuka setiap saat. Saya kurang di keamanan webnya euy. Kira-kira pakai apa, ya? Satpam web yang bagus adakah? Jadi pengen ikutan belajar. Semoga di batch kedua bisa keangkut, aamiin 😊.

    BalasHapus
  23. Selamat ya udah berhasil menaikkan DA. aku contek ah, kiat2nya. Semoga berhasil padaku juga.

    BalasHapus
  24. Wah ngiriiii
    Mas Irwin dan mas Pewe emang keren banget, langsung praktekin ah ilmunya

    BalasHapus
  25. Bener ya kalo niat ngeblog untuk senang2 aja ya gak usah ribet mikir naikin DA.

    Aku meski santuy tetep berusaha naikin DA, dengan berbagai cara. Meski tetep sih DA itu misteri katanya, hahaha. Aku baca nya sampai berulang kali, aku simpan ya penjelasan nya detil dan mudah dipahami. Kelas nya ada lagi kapan ya, mau deh ikutan

    BalasHapus
  26. Wah keren dan bermanfaat banget sharingnya, langsung praktek :)

    BalasHapus
  27. Alhamdulillaah merasa beruntung sekali bisa keangkut di kelas tersebut walau DA saya sendiri belum naik tapi setidaknya udah tahu rahasia menaikkan DA dan bikin konten dengan menerapkan teknik seo on page .

    BalasHapus
  28. Aku baru tau ada kelas naikin DA, keren ya.

    Semoga manfaat ya untuk semua pesertanya.

    BalasHapus
  29. Menarik banget mba,aku pun lagi pengen naikin DA aku. Pas banget nih, tks banyak yah mba, mudah dicerna dan jadi makin semangat nih

    BalasHapus
  30. Wah very insightful. Akan aku coba terapkan. Terima kasih, mba!

    BalasHapus
  31. Wah semenjak baca artikel ini jd tambah wawasan

    BalasHapus
  32. Apakah SEO blogger dengan SEO YouTuber untuk mendongkrak channel videonya adalah sama perlakuannya?

    BalasHapus
  33. Saya sudah sekian lama memiliki website, Dan ratusan tulisan pun sudah Saya miliki. Akan tetapi koq kayaknya website Saya tidak mengalami peningkatan ya di mata Google. Memang sih Saya sempet vakum 2 tahun karena sekolah, Dan baru-baru ini Saya jug agaknti template. Apakah itu bepengaruh?

    BalasHapus
  34. Ini menarik! Beberapa sudah saya lakukan, namun masih ada yang belum terpenuhi karena malas. hahahaaa. . .
    Terima kasih sudah share ilmu yang sangat bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  35. Aku waktu ngecek kesehatan blog di seoptimer kaget parah, blogku hancur banget SEO nya huehehe. Seneng banget bisa keangkut masuk kelas ini, terus mempraktekkan ilmu-ilmu yang didapat kayak yang mba Malica share ini dan akhirnya DA naik, alhamdulillah :)

    BalasHapus
  36. Kemarin waktu belajar di kelas SEO dibilangin kalau internal link baiknya pakai nofollow saja, tapi disini dikatakan harus nofollow. Auto bingung nih. Beda guru beda ilmu kayaknya

    BalasHapus
  37. Bagus banget infonya... makasih banyak ya kak. Segera diterapkan di blog nih supaya makin baik lagi blognya :)

    BalasHapus
  38. Informatif banget mba untuk optimasi blog. Tapi kalau untuk platform blogger apakah ada cara untuk optimasi SEO lebih mudah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok mbak. Tapi nggak semudah di wordpress. Paltform saya ini pakai blogspot mbak.

      Hapus
  39. Terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9