Inilah 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UKM

Selasa, 19 Januari 2021


 Software akuntansi Umkm

Beberapa tahun terakhir ini, banyak orang yang sudah melek usaha mandiri, terutama para generasi muda Indonesia. 

Pengusaha-pengusaha muda banyak bermunculan, bahkan motivator-motivator bisnis bermunculan bak cendawan di musim hujan. Tentu saja hal ini adalah sesuatu yang patut disyukuri untuk Indonesia yang lebih baik.

Meskipun sebenarnya untuk bisa bertahan dengan bisnis bukanlah hal yang mudah. Terkadang harus jatuh bangun. Pengusaha yang sudah sukses sekalipun. Butuh mental baja memang. 

Tak jarang alur kas yang bermasalah adalah pemicunya. Tidak ada strategi keuangan yang amburadul memang bisa menyebabkan usaha gulung tikar.

Zaman sekarang tak ada sesuatu yang tak mungkin. Insan-insan kreatif bisa mewujudkan banyak hal yang sulit menjadi mudah. Tak piawai mengelola keuangan usaha, di pasaran sudah tersedia software akuntansi sesuai kebutuhan. 

Software Akutansi Sangat Penting bagi UMKM


Strategi keuangan yang baik dan pembukuan yang tersusun rapi sangat penting untuk para pengusaha, terutama UMKM.

Tujuan sebuah pembukuan adalah untuk mengetahui cash flow usaha. Alur masuknya kas keuangan yang tersusun rapi akan memudahkan pemilik usaha untuk mengetahui perkembangan usaha dan kondisi keuangannya. 

Seberapa besar keuntungan usaha perbulan bahkan pertahunnya. Kalaupun terjadi kerugian, bisa segera diatasi masalahnya. 

Kebangkrutan usaha bisa dihindari dan dievalusi untuk menjadi lebih baik. Teknologi sudah semakin canggih. Tak butuh kertas berlembar-lembar untuk menyusun pembukuan yang baik dan rapi. 
Sudah tersedia software akuntansi UMKM yang cara menggunakannya pun mudah.


5 Software Akuntansi Terbaik untuk UKM


Berikut ini adalah 5 software akuntansi terbaik yang bisa Anda pilih selaku pemilik UMKM.


1. Kledo


Dengan software akuntansi Kledo ini, Anda akan mendapat laporan keuangan secara realtime. Bisa login dari mana saja, baik dari PC, Tablet, maupun handphone. 

Kledo bisa membuat invoice dengan praktis, juga menyediakan informasi lengkap tentang status pembayaran atas imvoice tersebut, juga tagihan yang sudah jatuh tempo. 

Laporan neraca keuangan, laporan arus kas, laporan rugi lama, umur piutang atau umur utang, tagihan pelanggan, pendapatan per pelanggan, detail aset tetap, penjualan 30 hari terakhir, dan lain-lain, ada di software akuntansi Kledo.  Semua realtime.


2. Zahir


Jenis software akuntasi ini sudah sangat populer di kalangan pebisnis, bahkan bisa dibilang sebagai pionir. Namanya Zahir Small Business, software akuntansi online berbasis website. 

Aplikasi software akuntansi ini memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengelola keuangan secara online. 

Misal membuat laporan pembelian dan penjualan barang,  mengelola utang piutang, mengelola persediaan barang, serta membuat laporan pembukuan, seperti kas dan tabungan. 

Semua catatan keuangan bisa dilakukan secara realtime melalui komputer yang terkoneksi internet.


3. QuickBooks Online


Software ini dirilis sekitar tahun 1996 oleh perusahaan Intuit Inc. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat laporan penjualan, laporan pembelian, laporan uatng piutang, laporan inventory, serta laporan laba rugi dan neraca.

Anda pun dapat mengelompokkan transaksi pendapatan atau biaya berdasarkan proyek dan lokasi, sehingga bisa membuat laporan laba rugi berdasarkan kelompok proyek maupun lokasi. Cocok untuk pelaku usaha yang memiliki lebih dari satu bidang usaha dengan lokasi yang berbeda.

Software ini bisa dioperasikan melalui komputer, tablet , dan smartphone yang terhubung dengan internet. 

Jangan khawatir keamanan data sangat terjaga karena menggunakan teknologi data enkripsi yang biasa digunakan di dunia perbankan. Anda pun bisa melakukan back up data keuangan yang akan tersimpan secara otomatis.


4. Jurnal


Untuk pelaku usaha yang ingin catatan keuangannya all in, software akuntansi ini sangat direkomendasikan. Mudah digunakan, bahkan untuk pebisnis pemula sekalipun. 

Software ini pun langsung terintegrasi dengan transaksi perbankan, seperti BCA, BNI, BRI, dan yang lainnya. Ada fasilitas online chat juga bagi pengguna yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

Pada software akuntansi Jurnal ini, ada 3 pilihan sistem yang bisa disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Ada pilihan untuk pemula (khusus usaha kecil), Medium dan Enterprise bagi Anda yang butuh pencatatan keuangan yang lebih komplek dan lengkap. 

Jurnal pun menggunakan sistem kemanan enskripsi dengan kunci khusus untuk setiap pengguna. Semua data yang tersimpan dipastikan sangat aman.


5. Omega


Software akuntansi online Omega menyediakan modul standar yang lengkap. Sangat cocok untuk pengusaha kecil, menengah, dan atas. 

Berbasis cloud computing 1.0, yang merupakan generasi terbaru dari cloud computing yang lebih personal. 

Dengan memanfaatkan layanan privat cloud computing dari Omegasoft, Anda dapat menghubungkan semua database setiap cabang usaha di berbagai wilayah, kota, propinsi, hingga antar negara. Sangat aman dan realtime.

Itulah 5 software akuntansi terbaik untuk UKM, yang layak untuk dijadikan pilihan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Semoga dengan pencatatan keuangan yang baik, usaha yang telah dirintis dan dikembangkan akan semakin maju dan bermanfaat untuk masyarakat, serta bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9