Kenapa Traveling Itu Penting?

Selasa, 16 Juni 2020

Traveling? Siapa yang tak kenal kata-kata ini? Membayangkan saja sudah bikin bahagia. Ada sensasi tersendiri saat bisa menyisihkan waktu dan tenaga untuk menjelajahi tempat-tempat dengan beragam kebudayaan dan wisata baru. Bahkan, tak jarang kita rela mengorbankan kocek sedemikian dalam untuk sekadar merasakan sensasi mencicip makanan khas dari kota atau negara lain. 

Tapi, jangan salah! Bukan sekadar buang uang, waktu dan tenaga. Ada berbagai alasan kenapa traveling itu penting, lho! Yuk, kita kupas satu-satu!

1. Sehat Jasmani dan Rohani, All Is Well


Peluang usaha untuk traveler
Freepik.com

Kesehatan adalah hal terpenting yang harus selalu kita jaga. Bukan hanya kesehatan fisik, jiwa atau rohani pun harus terus dalam keadaan sehat. 

Menjaga kesehatan jiwa atau rohani kita tidak bisa diperoleh hanya dengan mengkonsumsi obat, itulah kenapa traveling itu penting, karena salah satu alasannya adalah bisa menyehatkan jiwa atau rohani Anda. 

Hal ini bukan hanya perbincangan atau obrolan di warung kopi semata, tetapi sudah menjadi penelitian ilmiah, di mana jalan-jalan atau melakukan traveling dapat menyehatkan jasmani sekaligus rohani kita. 

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat ada jiwa yang sehat. Jargon olahraga dan kesehatan berbahasa latin ini merupakan dalil yang cukup jelas, bukan?

Nah, jika Anda mulai stres, pusing dan mudah bosan dalam setiap aktivitas, cobalah melakukan traveling! All is Well ...

2. Menambah Wawasan dan Jaringan


Alasan penting kenapa harus traveling
Freepik.com

Wawasan dan jaringan tidak akan berkembang jika Anda hanya berada dalam ruangan saja.

Bekerja dari senin hingga akhir pekan, mulai pagi sampai sore. Belum lagi saat harus lembur melakukan pekerjaan tambahan. Bagaikan katak dalam tempurung, hanya mutar-mutar di situ saja dan bertemu dengan orang-orang yang itu-itu juga.

Dengan melakukan traveling bersama ala-ala backpacker atau jalan-jalan menjelajahi dunia luar, Anda akan menemukan pengalaman baru dan berjumpa dengan orang-orang baru. 

Mempelajari banyak kebudayaan,  pola pikir masyarakat lain bahkan mode yang berbeda. Selain wawasan, pertemanan, jaringan jodoh dan rezeki pun akan semakin berkembang.

Bahkan soal kebudayaan ini, Salah satu teman traveller saya sudah membuktikan. Dia jatuh cinta dengan adat Toraja setelah berkunjung ke sana. Dia sampai bolak balik Toraja setiap 3 bulan sekali. Dari acara adat mayat berjalan hingga tinggal di desa adat Landorundun yang terkenal dengan legenda Putri Landorundun.

Nah, yakin Anda nggak mau traveling?

3. Membuka Peluang Baru


Peluang bisnis traveler
Freepik.com

Perjalanan jauh ataupun dekat seringnya mampu mendatangkan sebuah inspirasi dalam hidup. 

Peluang-peluang kebaikan yang dulunya tidak kita lihat akan mulai terkuak. Hal-hal seperti ini sering kita dengar dari para traveler saat pulang dari perjalanan mereka. 

Ada yang pulang bawa bisnis dan kolega baru, peluang usaha keren, bahkan ada yang memutuskan resign dan memulai pekerjaan lain yang lebih menjanjikan seperti penulis blog traveler, pengusaha dan lain sebagainya.

Hidup memang selalu penuh kejutan. Siapa yang tahu, kejutan menggembirakan itu datang dari hasil perjalanan Anda kali ini atau yang akan datang? Seru, bukan?

4. Menjadi Terampil dalam Mengelola Waktu dan Uang. Ah, yang Bener?
 

Manfaat traveling
Freepik.com

Sejauh yang kita ketahui, mereka yang hobi traveling memiliki alokasi dana dan waktu yang sangat efisien. Terutama untuk yang suka solo traveling.

Menyiapkan segala keperluan semua sendiri. Mulai berburu tiket promo dan mengatur jadwal cuti, ke mana saja akan pergi saat sudah berada di kota atau negara tujuan, makan apa dan di mana, mau menginap di tempat seperti apa, semua sudah tertata rapi sedemikian rupa. Bahkan menreka sudah menyusun plan A, B hingga C untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk saat melakukan traveling.

Buat Anda yang baru pertama kali memulai aktivitas yang satu ini, pasti akan terkagum-kagum sendiri. Bahwa ternyata, emang manusia itu unik. Ia akan mampu melakukan hal yang dianggap mustahil ketika sudah terjun ke dalamnya. Termasuk traveling, merasa tertantang? Buruan nabung!

5. Bikin Anda Makin Pede


Tips aman solo traveling
Freepik.com

The last but not least, ini adalah alasan yang wajib Anda tahu kenapa traveling itu penting. Apalagi selama ini Anda merasa diri kurang dalam segala hal. Penting banget melihat dan memandang ada apa di luar sana. 

Dalam setiap perjalanan akan ada kisah dan pengalaman menakjubkan yang tidak akan terjadi dua kali, meskipun berulang, sensasinya tidak akan sama dengan yang pertama.

6.Mengajarkan Anda dalam Mengelola Emosi


Manfaat traveling untuk jiwa
Freepik.com
Saat memutuskan traveling, sebaiknya Anda tidak membayangkan sebuah perjalanan yang mulus. Meskipun sebelum berangkat Anda telah merancang itinerary dengan sangat baik. Hanya saja tidak menutup kemungkinan ketika Anda berada di lokasi akan mengalami kendala.

Baik kendala tersebut menyoal pelayanan buruk di penginapan, kehilangan barang bawaan, ataupun tersesat di jalan. Sebaiknya jangan buru-buru stress dan marah-marah. Please, tahan emosi!

Tetaplah tenang, supaya Anda tidak mengalami  tekanan. Bukankah tujuan dari traveling adalah bersenang-senang? Lantas kenapa Anda harus menghabiskan waktu dengan suatu hal yang negatif? Bahagiakan diri Anda saat liburan. Jangan sebaliknya, ya.


7. Mengatasi Rasa Takut


Kenapa traveling itu penting untuk kesehatan
Unsplash.com

Siapa yang menyangka jika traveling memiliki dampak positif yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Anda yang biasanya mengandalkan orang lain dalam menyelesaikan masalah.

Saat melakukan solo traveling atau backpacker bersama teman yang belum kenal sebelumnya. Mau tidak mau harus bisa mengatasi rasa takut apabila sewaktu-waktu ada masalah.

Misalnya saja saat traveling, Anda kehilangan uang. Pasti bikin panik, bukan? sementara Anda harus pulang saat itu. Nah, di sinilah saatnya Anda harus mengatasi rasa takut dan panik dalam perjalanan dengan sikap yang tenang.

Yakin, pasti ada solusi. Setidaknya dari melakukan perjalanan ini, Anda dituntun menjadi sosok yang terampil dan pemberi solusi untuk diri sendiri.

Baca juga: Saat Pribadi Ambivert Memutuskan Solo Traveling

8.Mengajarkan Anda Mahir Bernegosiasi


Manfaat traveling untuk Jiwa
Aaronjoelsantos.photoshelter.com

Seorang traveler diwajibkan mampu bernegosiasi. Kenapa? Alasannya sepele, yaitu agar Anda tidak mudah tertipu atau dimanfaatkan. Selain itu, negosiasi juga penting dilakukan supaya apa yang Anda inginkan saat traveling bisa tercapai.

Dan ternyata, dengan seringnya Anda melakukan negosiasi saat traveling. Kebiasaan tersebut akan terbawa di kehidupan sehari-hari. Di mana dampaknya adalah pada orang-orang di sekitar Anda atau para partner kerja akan lebih memahami tentang ide-ide yang Anda sampaikan tersebut.

9. Mendapatkan Inspirasi dan Inovasi


Manfaat traveling


Mereka yang menyukai kegiatan berwisata kebanyakan seseorang yang memiliki ketrampilan, seperti fotografer, pelukis, dan penulis.

Jadi tak heran apabila kegiatan traveling menjadi ajang pencarian inspirasi serta inovasi untuk mengembangkan kemampuan. Karena tak dimungkiri bahwa setiap perjalanan akan menemukan banyak keindahan yang berbeda. Juga pelajaran penuh hikmah.

10.Memahami Pentingnya Mendengarkan


Manfaat traveling untuk kesehatan
www.travelblog.org

Sebagai seorang pelancong yang berkunjung di suatu kota maupun negara, ketrampilan mendengarkan harus benar-benar diperhatikan jika Anda tidak mau tersesat. Ini penting, karena faktanya pelancong tetap membutuhkan orang lain sebagai sumber informasi.

Di lain sisi, seni mendengarkan ini akan mengajarkan Anda untuk menjadi seseorang yang  bisa memahami orang lain. Juga bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah hubungan yang kuat.

Baca juga : Travelers, 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan Wanita yang Ingin Solo Traveling


11. Merasa Lebih Bahagia 


Manfaat traveling
Freepik.com

Tanpa disadari, ternyata manfaat dari traveling menjadikan kita lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Saat traveling, kita bisa bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Secara tidak langsung inilah yang mengajarkan kita tentang bagaimana memaknai kehidupan dengan cara yang berbeda. Hingga ketika kita mengalami masalah, kita bisa belajar dari orang yang pernah kita temui.

Traveling membuat kita lebih bahagia karena kita bisa mencicipi aneka makanan khas, keindahan tempat yang luar biasa, dan belajar banyak hal dari perjalanan.

12. Memahami Makna Berempati daripada Menghakimi


Manfaat traveling untuk kesehatanq
www.aaronphotography.com

Berpetualang ke tempat baru, bertemu orang baru, dan mecoba memahami kehidupan mereka. Sejatinya membuat kita belajar untuk berempati guna menghindari suatu masalah.

Selain itu, dengan belajar berempati dan tanpa menghakimi. Sesungguhnya kita belajar tentang apa itu loyalitas. Menarik sekali, bukan?

Well, terkadang Anda emang perlu main agak jauh, untuk mengetahui betapa berharganya Anda di mata dunia!

Dengan melakukan traveling, Anda akan merasa lebih bahagia, percaya diri dan semakin optimis menjalani hidup.

So, mau ke mana liburan akhir tahun ini?

2 komentar on "Kenapa Traveling Itu Penting?"
  1. setuju banget sama alasan-alasannya, aku seringnya solo traveling dan "ilmu" management waktu dan uang memang bener bener ada, aku harus pinter ngatur duitnya, pengen kemana, waktu juga, karena waktu mempengaruhi ke duit juga, semakin lama stay di satu tempat, atau semakin banyak maunya, tentunya duit yang dikeluarkan juga akan banyak. pinter pinter ngaturnya aja
    lebih mandiri harus ini, karena semuanya dikerjakan sendiri dan dipikir sendiri juga kalau ditempat asing, kecuali kalau disana nantinya ketemu temen atau temen asing yang baru

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9