Resep Cireng Nasi Anti Gagal

Jumat, 19 Juni 2020
Selama pandemi rasanya makin produktif di bidang kuliner.  Ada yang begini?

Camilan cireng nasi

Tepat sekali. saya pribadi merasakan keseruan memasak bersama anak-anak selama dua bulan ini. Awalnya sih coba-coba resep di youtube, tapi lama kelamaan bikin ketagihan. Mulai dari nyobain resep camilan ringan, minuman, hingga olahan masakan untuk lauk. Dan hasilnya, sukses dong. Soalnya resep tinggal nyontek aja, kan? Hehehe 

Sebenarnya, pandemi tidak melulu memberikan dampak negatif kepada kita. Jika dilihat dari sisi yang berbeda, selama masa pandemi sejujurnya banyak hal positif yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya memasak tadi.

Baca Juga:

Saya pribadi memang tidak termasuk ibu yang rajin memasak setiap hari. Terkadang saya masih suka membeli lauk di luar. Namun, selama ada aturan tetap di rumah aja, tanpa disadari telah memaksa saya untuk menjalin bounding anak dan ibu lebih dekat lagi. Nah, kedekatan tersebut terjalin saat kami bertiga berada di dapur, salah satunya pada saat mencoba resep cireng nasi yang lagi kekinian itu.

Ngomong-ngomong, kalian sering nggak punya sisa nasi di rumah? 

Biasanya dibikin olahan apa supaya nasi sisa tersebut tidak terbuang sia-sia?

Pasti nasi goreng, ya? Wah, samaan dong! hahaha

Nasi goreng memang selalu menjadi andalan keluarga ketika banyak nasi sisa di rumah. Kalau nggak, biasanya saya suka minta tolong si mbah untuk menyulap nasi sisa tersebut menjadi olahan kerupuk nasi yang renyah.

Tetapi kali ini, saya tergerak untuk mencoba hal baru. Yaitu olahan cireng nasi yang menggoyang lidah. 

Resep cireng nasi gurih

Menariknya, resep cireng nasi ini sangat mudah banget. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Dan serunya lagi, cireng nasi jadi camilan idola anak-anak, lho. 

Anak-anak bilang, cirengnya lembut. Saat digigit nggak kelihatan kalau cirengnya berbahan dasar dari nasi. Apalagi dimakan saat masih panas, wuih, rasanya unik, kenyal, gurih dan crispy daun bawangnya bikin nagih. Penasaran sama resepnya? Yuk, simak! 

Bahan-bahan: 

  • 1 mangkok nasi dilumatkan sampai halus. Untuk ukuran berapa takaran nasinya, silakan sesuaikan selera, ya. 
  • 2 batang daun bawang, diiris sampai halus
  • 3 sendok tepung tapioca
  • Air hangat secukupnya

Bumbu Halus: 

  • 3 siung bawang putih
  • 2 cabai rawit merah
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan kecuali air. Aduk rata. 
  • Jika sudah rata, masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan sendok
  • Siapkan minyak panas, goreng adonan yang telah disisihkan sampai warnanya kuning atau kecoklatan. 
  • Adonan yang sudah kering dan kecoklatan, angkat kemudian tiriskan. 

Resep cireng nasi crispy

Horay! Cireng nasi ala rumahan yang dibuat dengan penuh cinta siap disajikan, lho. Kalian bisa sajikan dengan saus, sambal, atau saus cuka. Nyummy pokoknya!

Gimana, gampang banget, kan, resep cireng nasi rumahan?

Camilan cireng nasi atau aci digoreng ini memang rasanya unik. Sangat cocok dijadikan makanan favorit buat dicemilin.Apalagi kalau dimakan rame-rame bersama teman, saudara, dan keluarga. Pasti seru!

Ngomong-ngomong, apakah kalian tertarik mencoba camilan sederhana ini? Kuy, praktikkan segera resep cireng nasi di atas, ya. 
2 komentar on "Resep Cireng Nasi Anti Gagal "
  1. aku juag pernah nyoba dengan sahabat2 disabilitas aku

    BalasHapus
  2. wah aku coba entar lumayan ni buat ngisi waktu luang
    makasih resepnya mbak

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9