5 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Senin, 15 Juni 2020
Menu makanan untuk penderita kolesterol


Kolesterol, memang merupakan momok bagi setiap orang. Anda yang memang suka makanan berlemak, gorengan atau apa pun yang berlemak tinggi, tentunya berisiko mengidap kolesterol tinggi. 

Kolesterol ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kardiovaskular, seperti jantung atau stroke. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga asupan makanan agar tidak memiliki kolesterol tinggi. 

Jika memang kolesterol sudah tinggi, maka risiko penyakit-penyakit tersebut dapat menghantui Anda. Bagi Anda yang memang menderita kolesterol tinggi, memang dianjurkan untuk konsumsi obat-obatan yang memang dapat menurunkan kolesterol. 

Baca juga: Pentingkah Memiliki Asuransi Kesehatan? 

Namun, ada juga beberapa makanan untuk penderita kolesterol yang baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya sekedar aman saja, namun makanan ini juga dikenal dapat menurunkan kolesterol. 

Makanan Untuk Penderita Kolesterol


Kolesterol yang umumnya kita ketahui ada dua, yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Kolesterol baik justru bagus untuk kesehatan, sedangkan kolesterol jahat ya memang sesuai dengan namanya. 

Jika memang Anda sering merasa pusing, badan lemas, leher dan punggung terasa pegal dan kaku, tidak ada salahnya untuk segera mengecek kadar kolesterol Anda. 

Jika memang dibawah 180, itu masih normal, jika di atas 180 maka bisa dibilang lumayan tinggi. Maka dari itu, konsumsi lah beberapa makanan ini agar Anda memiliki kolesterol dengan kadar yang seimbang di dalam tubuh. Berikut adalah ulasannya.


1. Kacang-Kacangan


Makanan untuk penderita kolesterol yang pertama adalah kacang-kacangan. Makanan ini memang padat akan nutrisi dan juga lemak. 

Namun, lemak yang tekandung dalam kacang-kacangan ini adalah lemak sehat. Memang tersedia berbagai jenis kacang-kacangan, hampir semuanya juga mengandung  nutrisi yang baik untuk tubuh. Tetapi, jika kita berbicara mengenai kolesterol, maka kacang yang cocok untuk dikonsumsi adalah kacang almond. 

Kacang ini juga sudah terbukti secara medis dapat menurunkan kolesterol jika Anda rajin mengonsumsinya. Dalam waktu 2 minggu, Anda juga sudah dapat merasakan perubahan yang terjadi pada kolesterol Anda. 

Jenis makanan menurunkan kolesterol


Agar dapat beli kacang almond terbaik, Anda dapat membeli produk dari Nutify Indonesia. Tersedia berbagai macam varian rasa kacang almond panggang. Mulai dari yang pedas, manis dan juga asin. 

Anda tenang saja, karena kacang almond yang diolah oleh Nutify Indonesia ini menggunakan bahan-bahan yang asli dan segar tanpa adanya campuran MSG atau bahan kimia lainnya. 

Salah satu variannya adalah Nutify Almond Gourmet Dark Chocolate. Rasa manis dan gurihnya kacang almond berpadu di dalam mulut Anda. Dijamin akan membuat Anda ketagihan!

2. Ikan Berlemak


Yang selanjutnya adalah ikan berlemak. Mungkin, Anda akan sedikit kaget karena ikan berlemak masuk ke dalam jajaran makanan untuk penderita kolesterol. 

Ikan berlemak, seperti ikan makarel, tuna, dan juga ikan salmon, adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat bagus. 

Omega-3 sudah terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik atau dalam istilah kedokteran disebut dengan HDL, dan dapat menjaga kesehatan jantung. 

Ikan ini paling sehat untuk dikonsumsi dengan cara mengukus atau merebusnya. Mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda. 

Baca juga: Waspada! Antibiotik Bukan Obat Dewa. Kenali dengan Bijak, Yuk! 

3. Olahan Kedelai


Yang selanjutnya adalah olahan kedelai. Makanan seperti oncom, tempe, tahu, dan yang lainnya memang sudah terbukti baik untuk kesehatan jantung. 

Selain itu, beberapa studi juga sudah membuktikan bahwa mengonsumsi olahan kacang kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Mengonsumsi sebanyak 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5% sampai 6%. Cara ini termasuk ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. 

4. Oat


Selanjutnya adalah oat. Makanan yang satu ini memang selalu ada dalam setiap rekomendasi makanan sehat. Baik untuk asam lambung, kolesterol, diet menurunkan berat badan dan juga lain-lainnya. 

Fungsi lainnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Anda dapat mengonsumsi sereal oat ini setiap kali sarapan. Kandungan beta-klugan, yaitu sejenis serat larut yang ada dalam oatmeal, efektif menurunkan kolesterol. 

Dengan mengonsumsi oatmeal, kadar kolesterol total bisa turun hingga 5%. Sedangkan kolesterol jahat, bisa turun sampai 7%. Selain bermanfaat, oat ini juga nikmat rasanya dan bisa dicampur dengan berbagai macam buah-buahan yang kering dan sehat. 

Baca juga : 8 Cara Diet Mudah dan Sehat

5. Minyak Zaitun


Yang selanjuntya adalah minyak zaitun. Seperti yang kita ketahui, minyak ini juga merupakan minyak yang bisa kita konsumsi secara langsung tanpa harus mengolahnya dalam sebuah makanan tertentu. 

Minyak zaitun merupakan minyak yang kaya akan asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, dan tentunya dapat menurunkan kolesterol jahat. 

Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 ml dalam sehari. 

Selain itu, Anda  juga dapat mencampurkan buah zaitun pada salad Anda setiap harinya agar rasanya menjadi lebih nikmat. 

Itulah beberapa makanan untuk penderita kolesterol. Konsumsi setiap hari tidak ada masalah, karena memang sangat baik untuk kesehatan Anda. 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9