Lebih Percaya Diri Bersaing di Dunia Kerja bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Senin, 25 Oktober 2021

Hal utama yang dipikirkan ketika kita menyelesaikan pendidikan biasanya adalah untuk mencari kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Kursus online Gratis

Namun, bagi sebagian orang, mencari kerja adalah kebutuhan utama. Hanya saja hal ini tidak diimbangi dengan keterampilan tambahan yang dapat menambah nilai ketika masuk ke dunia kerja. Sehingga banyak sekali fresh graduate yang kalah dalam persaingan dunia kerja ini.


Maka dari itu, sebelum memasuki dunia kerja, penting sekali bagi Anda untuk menyiapkan amunisi agar bisa menghadapi persaingan dunia kerja yang tiap tahunnya semakin sengit.


Baca Juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat


Hal yang Dilakukan  Saat Hadapi Persaingan Dunia Kerja


Namun, sudahkah Anda tahu hal apa saja sih yang harus disiapkan ketika memasuki persaingan dunia kerja? Apakah harus mengambil kursus tambahan? Atau  memiliki banyak kenalan untuk memudahkan mendapat informasi lowongan kerja?


Keduanya tidak salah dan bisa Anda lakukan, tapi ada beberapa tambahan lagi nih yang bisa dilakukan seperti berikut ini.


  • Berpikirlah bahwa persaingan di dunia kerja adalah hal yang biasa. Sehingga apabila Anda mendapat kritikan dari pesaing yang lain, jadikanlah sebagai motivasi untuk melangkah lebih baik dan memperbaiki diri. Jangan langsung patah semangat atau Anda akan kalah.
  • Mulai kenali dan peduli dengan potensi diri sendiri. Sambil terus memperbaiki diri, Anda bisa memaksimalkan potensi dengan baik. Misalnya saja ketika mendapat tantangan melakukan presentasi kerja, Anda bisa lebih percaya diri untuk menghadapinya.
  • Kenali lawan dan jadilah rekan yang baik. Anda bisa terus mengenali kelebihan dan kekurangan lawan sambil menjadi rekan yang baik. Sehingga Anda bisa terus meningkatkan potensi diri lebih dari lawan Anda.
  • Anda harus selalu membudayakan etika kerja yang baik. Contohnya yaitu Anda bisa bersikap rasional dengan perhitungan yang sesuai. Memang lawan terkadang akan berusaha menjatuhkan Anda, tapi sebaiknya Anda harus membalasnya dengan elegan dengan tidak berusaha menjatuhkannya juga.
  • Naikkanlah prestasi sehingga layak promosi. Pembalasan elegan yang sebenarnya adalah dengan terus meningkatkan prestasi kerja sehingga Anda memiliki mental yang layak dipromosikan. Menaikkan prestasi sendiri merupakan salah satu cara meningkatkan personal branding diri Anda dengan baik.

Kemampuan Apa saja yang Dibutuhkan Agar Siap Bersaing di Dunia Kerja?


Aplikasi belajar online

Untuk dapat melakukan 5 hal sebelumnya, Anda wajib tahu kemampuan apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja seperti berikut.


1. Problem Solving (Memecahkan Masalah)


Ketika bekerja, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai masalah. Misalnya saja terjadinya penurunan penjualan. Kita harus mulai berpikir, apa aja sih yang menyebabkan terjadinya penjualan agar tahu mana saja yang bisa diperbaiki.


2. Kemampuan Untuk Selalu Berpikir Kritis


Dari kasus penjualan tadi, setelah tahu sektor apa saja yang menyebabkan terjadinya penjualan. Anda bisa membedah lagi pelanggan seperti apa yang sering membeli? Lalu kelompokkan lagi sifat-sifat pelanggan yang membeli produk itu. Dari sini Anda akan tahu apa saja yang cocok untuk dilakukan agar pelanggan kembali membeli produk.


3. Kreatif dan Inovatif


Di sini Anda bisa mulai dengan memikirkan berbagai macam ide dan usaha untuk kembali menarik pelanggan berdasarkan pengelompokkan sifat-sifat pelanggan yang membeli produk Anda. Juga, menambahkan ekspektasi yang pelanggan Anda inginkan dari produk Anda.


4. Kemampuan Untuk Memanajemen Orang Lain


Ketika berada di tim kerja dan Anda mendapat tugas untuk menjadi ketua, Anda harus mampu menempatkan diri untuk memanajemen orang lain. Di sini Anda harus bisa mendengarkan pendapat dan ide mereka untuk dirangkai menjadi ide baru dan tahu kemampuan masing-masing anggota tim.


5. Mampu Untuk Berkoordinasi Dengan Tim


Ketika Anda menjadi anggota, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan kinerja tim. Berusalah untuk memberikan ide dan gagasan sehingga membantu tim untuk menyelesaikan projek bersama.


Baca juga: 

Pendidikan Modern itu Berbasis Bakat

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Berbagai Posisi


Bagaimana Menjadikan Diri Memiliki Nilai Lebih untuk Menghadapi Dunia Kerja yang Makin Bersaing?


Lalu, gimana sih membuat diri punya nilai lebih untuk menghadapi dunia kerja? Ya tentu saja dengan dengan meningkatkan potensi diri. Di sini Anda perlu tahu apa saja sih kekurangan dan kelebihan diri?


Misalnya Anda kurang pandai berbicara di depan umum, maka Anda bisa mulai dengan mengikuti kelas public speaking dan latihan bersama teman-teman Anda. Atau merasa kurang bisa berpikir kritis? Cobalah dengan sering-sering membaca dan menganalisa bacaan Anda.


Intinya, kenalilah diri sendiri seperti Anda mengenali lawan dengan baik.


Kenapa Penting Meningkatkan Keahlian untuk Bersaing di Dunia Kerja?


Aplikasi belajar online


Dengan meningkatkan keahlian diri, Anda bisa memiliki nilai lebih dari lawan sehingga bisa survive di dunia kerja. Anda bisa mempertahankan posisi Anda atau bahkan layak untuk mendapatkan promosi jabatan tertentu. Dan juga, Anda bisa memiliki relasi yang baik dengan rekan kerja.


Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Solusi Tingkatkan Skill Anti Ribet


Cara meningkatkan skill yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi siap kerja dari QuBisa. Di sini Anda bisa melakukan cara belajar efektif karena  hanya perlu mendaftar dan mengikuti berbagai macam materi peningkatan skill yang sudah disediakan. Praktis! 


QuBisa ini merupakan aplikasi belajar online yang bisa Anda ikuti kapan saja dan di mana saja. Dengan materi yang fleksibel, Anda bisa menyesuaikan waktu belajar dan jadwal pribadi sehari-sehari. Sehingga Anda bisa meningkatkan kemampuan dengan cara belajar gak ribet.


TIPE Course di Aplikasi QuBisa


Aplikasi QuBisa ini menyediakan berbagai macam jenis course yang bisa Anda ikuti seperti:


  • Webinar
  • Belajar Kilat
  • Microlearning
  • Pengembangan Karir
  • Siap Kerja
  • Paket Khusus
  • Sertifikasi

Selain kursus berbayar seperti di atas, QuBisa juga menyediakan kursus online gratis seperti belajar editing video menggunakan Movie Maker atau Movavi dan lain-lain. Bahkan QuBisa juga menyediakan konsultasi karir apabila Anda bingung dengan arah karir Anda nantinya.


Aplikasi siap kerja


Nah, keren banget, kan? Selain memberikan layanan cara belajar efektif, faktanya QuBisa juga memberikan solusi di dunia kerja dengan sangat solutif. 


Pengalaman Belajar Public Speaking di Aplikasi Siap Kerja QuBisa


Dalam dunia kerja pastinya Anda tidak mau cuma gitu aja. Sekadar kerja, melaksanakan kewajiban karyawan, dan ketika tugas selesai, Anda pun pulang. Bukankah ini sangat membosankan? 


Sementara persaingan dunia kerja semakin sengit. Pastinya Anda membutuhkan skill lebih yang nantinya akan membawa Anda pada sebuah tujuan kerja yang membanggakan. Nah, dalam hal ini Anda perlu mengenal yang namanya public speaking.


Kenapa public speaking penting?


Secara umum, skill public speaking memiliki peranan penting untuk membawa seseorang terlihat lebih profesional. Karena dari hasil pengamatan, di Indonesia keahlian berbicara ini belum diterima luas.


Masih banyak orang, terutama di dunia kerja merasa tidak percaya diri dan takut berbicara di depan publik. Nah, jika ini tidak segera diatasi, maka akan berisiko setiap orang tidak bisa menyampaikan gagasan, pesan atau informasi yang ingin disampaikan ke orang lain. Untuk itulah public speaking amat penting untuk dipelajari.


Belajar Online Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa


Karena saya merasa public speaking itu penting, maka saya pun mencari tahu adakah aplikasi belajar online yang akan membahas topik tersebut?


Yes. Saya pun bertemu dengan aplikasi siap kerja QuBisa. Di sini saya bisa mengikuti kursus online secara gratis. 


Nah kelas yang saya ikuti beberapa hari lalu adalah microlearning bertema body language yang baik saat menjadi public speaking. 


Berdasarkan pemaparan dari Lastri Ani Panggabean, ada 11 cara meningkatkan kemampuan public speaking dengan dimulai melalui latihan body language. 


Aplikasi siap kerja


1. Lakukan kontak mata pada audience

Tatap selama 3-5 menit audience Anda, lalu alihkan pandangan anda pada yang lain.  Jangan dipelototin terus ya

2. Hindari melihat ke langit-langit, lantai, atau layar proyektor

3. Perhatikan volume suara Anda 

Pastikan semua audience mampu mendengar suara Anda dengan jelas

4. Atur intonasi

Perhatikan cepat dan lambat ucapan Anda sesuai tema yang dibahas. Berikan tekanan pada hal yang dianggap penting untuk disampaikan

5. Posisikan badan dan kepala dengan tegak

6. Posisi tangan Anda usahakan terbuka ke depan

Hindari melipat tangan,  menaruh tangan di dalam saku, meletakkan tangan di belakang.  Di mana semua tindakan ini menandakan bahwa Anda merasa gugup saat berada di depan audience

7. Jika ingin menunjuk,  gunakan seluruh tangan Anda, bukan dengan satu jari

8. Memberikan sound effect

Misal menjentikkan jari atau menepuk tangan supaya suasana tampak rileks

9. Posisi kaki

Jika Anda ingin berbicara, posisikan kaki dengan berjarak atau dengan langkahkan kaki satu ke depan dan satu ke belakang

10. Bercengkrama dengan audience guna menghindari rasa gugup

11. Lakukan olahraga kecil sebelum berbicara

Ajak audience untuk menghela napas sejenak supaya suasana lebih rileks. Atau ajak audience untuk bermain game. Game tidak melulu identik anak kecil, lho. Game juga bisa membangkitkan hormon bahagia orang dewasa. 


Ada yang menarik dari penutup webinar di aplikasi belajar online QuBisa tersebut. Begini bunyinya:


Public speaking itu sama dengan memasak. Semakin sering Anda memasak, semakin pandai Anda meracik bumbu yang pas. Semakin sering Anda melakukan public speaking, maka semakin Anda bisa menyampaikan pendapat Anda dengan menarik.


Kesimpulannya, public speaking perlu dilatih berkali-kali jika ingin menghasilkan ke tahap mahir.


Dan pertanyaannya sekarang, kenapa saya memilih kursus online di QuBisa?


1. QuBisa merupakan platform serba ada bagi siapa pun yang ingin upskilling dan reskilling 

2. Belajar nggak ribet karena materi tersedia secara online

3. Bisa memilih antara kursus online gratis maupun berbayar

4. Dengan menguasai body language di public speaking, maka bisa dijadikan cara meningkatkan personal branding di dunia kerja

5. Dan terakhir, aplikasinya User friendly sebab siapa saja bisa mendownloadnya di play store. Klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.qubisa atau di app Store https://apps.apple.com/id/app/qubisa/id1538376387?l=id


Ikuti Lomba Blog QuBisa dan Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah


Nah, tertarik untuk upskilling dan reskilling agar lebih percaya diri dan siap bersaing di dunia kerja?


Anda bisa coba mengunduh aplikasi QuBisa di playstore dan ikuti kelas belajar online sesuaikan dengan yang Anda butuhkan. Banyak tipe Course di Aplikasi QuBisa yang bisa Anda manfaatkan dan yang pasti akan sangat menguntungkan di dunia kerja.


Aplikasi siap kerja


Tak hanya itu manfaat yang Anda dapatkan. Anda juga bisa mengikuti lomba yang diadakan QuBisa yang dibuka sejak tanggal 20 September 2021 hingga 10 Desember 2021. Anda pun bisa mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah total 10 juta, lho!


Tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan skill dan kemampuan Anda agar bisa bersaing di dunia kerja secara sehat bersama aplikasi QuBisa! Belajar gak ribet dan menjadi lebih mudah. Cek syarat lombanya di website QuBisa, ya. 


8 komentar on "Lebih Percaya Diri Bersaing di Dunia Kerja bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa"
  1. Makin mudah aja kalau ada QuBisa gini, menambah skill baru tanpa ribet bisa dilakukan di rumah dg bantuan internet.

    BalasHapus
  2. Aduh jadi tertarik nih buat ikutan kursus di QuBisa

    BalasHapus
  3. Coba lah ya zamanku dulu sekolah atau kuliah ada kayak beginian ya. Asyik banget liat aplikasi QuBisa Bisa kebuka banget wawasan diri. Eh, tapi zamanku dulu inet nggak kayak sekarang ding ��

    BalasHapus
  4. Langsung cek website QuBisa.Biar bisa ikutan belajar jugaaa❤️

    BalasHapus
  5. Aku setuju pada poin ini : skill public speaking memiliki peranan penting untuk membawa seseorang terlihat lebih profesional

    BalasHapus
  6. Untuk bisa bersaing di dunia kerja memang harus punya keahlian dan kemampuan yang lebih ya, Mbak

    BalasHapus
  7. Wah, aplikasi yang sangat membantu sekali untuk meningkatkan skill untuk melamar kerja. Makin bikin pede kalo mau ngelamar kerja dan gak ada lagi rasa minder karena kurang pengalaman.

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya mba. Banyak tips keren yang aku dapat setelah membaca artikel ini. Sekali makasih.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9