Tips Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Berbagai Posisi

Selasa, 12 Oktober 2021

Melamar pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah bagi siapapun. Membuat CV berkali-kali untuk terlihat lebih bagus juga sudah dilakukan namun masih saja sulit bagi beberapa orang untuk menarik perhatian HRD di suatu perusahaan. 



Namun, tidak hanya CV saja yang perlu diperhatikan agar terlihat bagus dan terkesan profesional, penting juga bagi Anda yang hendak melamar suatu posisi di perusahaan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan juga benar. 


Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan bagi Anda untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat untuk melamar berbagai posisi. Yuk, simak lebih lanjut!


1. Menuliskan penerima dan alamat perusahaan yang dituju dengan benar


Terkadang, masih banyak kandidat yang melakukan kecerobohan dalam hal yang satu ini, sehingga kesalahan dalam penulisannya pun tidak benar. 


Memang tidak dapat disangkal bahwa kita tidak dapat selalu mengetahui nama penerima sehingga perlu bagi Anda untuk memperhatikan ketika menulis pada bagian yang satu ini. 


Apabila Anda mengetahui nama penerima maka gunakan awalan ‘Yth.’, apabila Anda tidak mengetahui nama penerima maka hanya cukup menuliskan ‘Kepada’ dan diikuti dengan nama perusahaan yang dituju.


2. Jangan lupa untuk menulis salam pembuka


Untuk mengawali surat, jangan lupa untuk selalu menuliskan salam pembuka dan juga kata pengantar yang berisikan tujuan dari surat tersebut. Jangan sampai Anda melewati bagian surat yang satu ini dan malah langsung menuliskan bahwa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut tanpa adanya pembukaan terlebih dahulu.


3. Menulis isi surat dengan lengkap


Isi dari surat ini berisikan mengenai profil Anda mulai dari nama, kontak yang bisa dihubungi hingga kalimat-kalimat yang menjelaskan pengalaman kerja sebelumnya yang memiliki relevansi dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut.


Usahakan juga untuk tidak terlalu bertele-tele dalam hal ini sehingga informasi yang Anda tulis hanya perlu terlihat jelas, singkat dan juga padat. Jangan lupa juga untuk mencantumkan posisi yang ingin Anda isi di perusahan tersebut sehingga HR pun tidak bingung untuk memproses Anda sebagai kandidat.


4. Penutup surat


Setelah menulis berbagai hal yang sekiranya sudah jelas mengenai maksud dan tujuan surat yang Anda buat. Jangan lupa untuk menuliskan bagian penutup pada surat yang berisikan mengenai harapan Anda kepada perusahaan dan juga kata terima kasih. 


Dalam hal penulisan harapan, Anda tidak perlu bertele-tele dalam hal ini dan jelaskanlah dengan satu atau dua kalimat saja.


Untuk HRD akan lebih mudah untuk memproses segala lamaran kerja yang masuk melalui aplikasi HR Indonesia. Salah satu aplikasi HR yang banyak direkomendasikan oleh perusahaan adalah LinovHR.  


LinovHR memiliki berbagai macam fitur dan modul yang memudahkan anda dalam memproses lamaran kerja mulai dari modul rekrutmen, personal administration, performance management, hingga modul payroll untuk menghitung gaji karyawan.


Itu dia sederet hal mengenai tips-tips yang dapat diaplikasikan ketika Anda hendak menulis surat lamaran agar terlihat dan juga terkesan profesional sehingga berkas lamaran Anda pun dilirik oleh HRD dari perusahaan impian Anda.


Selamat mencoba!


Referensi Artikel : https://www.linovhr.com/contoh-surat-lamaran-kerja/

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9