Serba-serbi kehidupan di mata Malica

NGEBLOG SUSAH? SIMAK 17 TIPS NGEBLOG UNTUK PEMULA AGAR MENJADI BLOGGER PROFESIONAL

Selasa, 04 Februari 2020
tips ngeblog untuk pemula


Ngeblog susah? Mungkin inilah yang terpikir saat Anda akan memutuskan untuk ngeblog.

Pada dasarnya ngeblog  tidak serumit yang Anda pikirkan. Sebagai blogger pemula, tentu ada banyak hal yang harus dipelajari tentang blog. Mulai hal-hal dasar hingga hal njlimet soal blog.

Namun Anda tak perlu khawatir, apalagi langsung ingin menyerah begitu saja. Ada banyak tips ngeblog untuk pemula yang bisa dipelajari dari mana saja.

Nah, jika sudah mau belajar, percayalah bahwa menjadi blogger itu mengasyikkan. Anda tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi bejibun pengalaman bisa diperoleh dengan mudah.

Bahkan, meraup penghasilan dari profesi menjadi blogger bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Tapi, sebelum mencapai semua itu, ada baiknya Anda tahu beberapa hal kira-kira apa saja yang harus dilakukan oleh blogger pemula saat memutuskan untuk ngeblog agar bisa menjadi blogger sukses di kemudian hari.

Nah, di sini saya akan membagikan tips ngeblog untuk blogger pemula pada umumnya. Mungkin, tulisan di internet yang membahas tips ini banyak sekali. Dan di sini saya menuliskan versi saya, tentunya berdasarkan pengalaman saat memutuskan untuk menekuni profesi blogger. Simak, ya!


  1. Menentukan Tujuan Ngeblog 




tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : unsplash.com

Untuk apa Anda ngeblog? 


Inilah tips pertama ngeblog bagi pemula yang harus ditanyakan pada diri sendiri jika ingin menjadi blogger sukses. Jangan sampai nih Anda ngeblog tujuannya hanya ingin ikutan teman.

Yang benar, apakah Anda ngeblog karena ingin menyalurkan hobi? Ingin menghasilkan uang? ataukah ada hal lain yang bisa dijadikan alasan kuat untuk terus ngeblog di kemudian hari.

Nah, ketika Anda sudah tahu apa tujuan dari ngeblog tersebut, saya bisa pastikan Anda akan bisa menjalani dunia blogging ini dengan sepenuh hati. Jika ingin ngeblog bisa menghasilkan uang, maka Anda akan bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut dari sekadar hobi.

Nah, jika blog digunakan sebagai personal branding, tentu Anda harus lebih memviralkan blog yang Anda punya. Layaknya Raditya Dika yang sudah sukses membangun brandingnya dari ngeblog atau Agustinus Wibowo, seorang penulis yang karyanya dibukukan berawal dari tulisan di blog saja.

2. Tentukan Topik Blog Anda



tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : unsplash.com

Menentukan topik blog saya tulis sebagai tips ngeblog bagi pemula diurutan kedua. Kenapa?

Alasannya sederhana sekali. Tidak jarang blogger pemula kebingungan menentukan topik blognya sendiri. Padahal jika dipikir-pikir, bukankah blogger akan lebih mudah menjalani ngeblog jika topik yang akan ditulis dalam blog pribadi disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki?

Yup. Pastikan memilih topik yang benar-benar Anda kuasai. Jika Anda suka memasak, maka topik yang tepat adalah seputar dunia kuliner. Atau bisa juga digabungkan dengan traveling. Sebab, kuliner dan traveling bisa menjadi dua topik yang saling berkaitan.

Misalnya lagi, jika Anda memiliki kemampuan dalam berbagi tips perihal pengasuhan anak, suka duka menjadi orang tua, bagaimana menjadi orang tua sekaligus pasangan yang mendidik untuk anak. Maka, Anda bisa mengambil topik seputar parenting untuk blog Anda.

Dengan memilih topik yang benar-benar dikuasai dan sesuai kemampuan, tentu akan sangat berpengaruh untuk proses kelancaran ngeblog Anda.

Realitanya,  banyak blogger pemula menyerah karena pemilihan topik yang kurang tepat. Acapkali mereka mengeluh karena bingung membuat konten yang sesuai dengan topik blog. Jangan sampai terjadi pada Anda,ya!

3. Pilih Nama Blog yang Mendeskripsikan Siapa Anda



tips sukses ngeblog
Sumber gambar : unsplash.com

Memilih nama blog bisa dikatakan penting. Karena nama blog ini bisa dijadikan personal branding. Anda bisa menggunakan nama asli maupun nama pena dalam pembuatan nama blog. Atau bisa juga nama blog Anda diambil dari topik blog.

Seperti contoh nama blog saya pribadi, yaitu www.malicaahmad.com, kali pertama memakai nama pena tersebut. Saya hanya berpikir soal personal branding.

Yup, personal branding sebagai seorang penulis. Entah diakui publik atau tidak, tetapi saya sangat menyukai nama itu. Meski ada beberapa teman yang mendengar nama Malica disebut, tak jarang mereka akan ingat lebih dulu dengan iklan kecap dibanding saya. hahaha

Contoh lain nama blog berdasarkan topik blog. Seperti www.mywordsjourney.com merupakan nama blog saya yang berbasis wordpress. Saat membuat nama sederhana itu, saya hanya terpikir bahwa nantinya konten dalam blog tersebut berisi seputar perjalanan atau traveling.

Dan yang paling penting tips memilih nama blog adalah: 
  • Nama blog mudah diingat
  • Nama  blog tidak terlalu panjang
  • Nama blog mudah diucapkan
  • Nama blog unik 
Sederhana sekali, bukan?

4. Memilih Tema Blog yang Gue Banget



tips konsisten ngeblog
Sumber gambar : unsplash.com


Sebagian orang mengatakan tema atau template blog tidak begitu penting diperhatikan. Tapi bagi saya, pemilihan tema ini penting sekali. Sebab,  tema blog tidak jauh-jauh dari cerminan penulisnya.

Berbagai jenis tampilan blog ini banyak sekali. Tetapi saya sarankan pilih tema yang paling mendeskripsikan siapa Anda. Selain itu, jangan terlalu ramai dengan banyak ornamen, sebab tidak semua pembaca menyukai itu.

Namun Anda perlu tahu, karena penasaran biasanya blogger pemula akan merasa ketagihan untuk otak-atik tampilan blog. Nah, saran saya hindari itu ya. Jika Anda fokus pada tampilan, alhasil waktu untuk menulis akan berkurang. Baiknya, atur tampilan cukup sekali. Apabila Anda tidak mampu membuat tampilan yang keren, serahkan saja dengan ahlinya, Web Developer.

5. Mengisi Konten Berkualitas



tips ngeblog lewat hp
Sumber gambar : www.thedrum.com


Saya sendiri belum memahami jenis konten berkualitas dalam sebuah blog itu seperti apa jelasnya. Karena saya juga masih meraba-raba menulis konten bermanfaat di blog personal.

Hanya saja jika disimpulkan dari beberapa artikel yang saya baca, juga saat melakukan blogwalking di beberapa blog teman, dan pernah ikut kelas SEO, kriteria konten berkualitas kurang lebih seperti ini: 
  • Konten atau artikel yang memecahkan masalah dari pengunjung blog
  • Konten lebih menonjol dari konten yang serupa
  • Disimak atau dibaca dalam waktu yang panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan kagum, terhibur,bahagia, dll
  • Artikel ringan tapi berbobot dengan dukungan sumber data valid
  • Konten positif yang bermanfaat bagi pengunjung

Dari beberapa kriteria konten berkualitas di atas jika diterapkan oleh Anda, percayalah, meski Anda blogger pemula akan sangat mudah mendatangkan visitor pada blog sebagai pengunjung setia yang selalu menunggu update konten menarik dari blog Anda

6. Promosikan Blog Anda 



tips ngeblog bagi pemula
Sumber gambar : www.indonesiana.id


Karena merasa menjadi pemula, lantas Anda akan malu mempromosikan tulisan pada khalayak umum?

Jangan demikian, ya. Sekalipun pemula tetapi konten yang Anda tulis bermanfaat, kenapa tidak dibagikan saja? Karena Anda tidak pernah tahu, pembaca yang mana yang akan berjodoh dengan tulisan yang Anda tulis, bukan?

Jangan bingung mau dipromosikan di mana, karena saat ini sudah banyak media sosial yang bisa menampung tulisan Anda. Misal, facebook, Instagram, twitter, dan media sosial lainnya yang mengundang banyak interaksi.

7. Ubah Blog Gratisan Menjadi Blog Top Level Domain



tips ngeblog bagi pemula

Sumber gambar : pinterest. com


Cara ngeblog bagi pemula agar blog terlihat profesional adalah dengan mengubah blog gratisan menjadi blog berdomain atau kerennya sudah TLD. Apa itu TLD? 

TLD atau top level domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Atau bisa juga disebut akhiran dari sebuah domain. Contonhnya domain malicaahmad.com. malicaahmad adalah nama domain, sementara (.com) adalah top level domain. Lebih tercerahkan?

Adapun tentang TLD itu banyak sekali jenisnya, antara lain .co.id, .id, .net, .go.id, .ac.id dan lainnya, yang mana dalam menentukan nama domain TLD ini bisa dipilih sesuai dengan fungsinya masing-masing.


8. Baca, Lalu Praktikkan



tips ngeblog lewat hp

Sumber gambar : unsplash.com


Sebagai seorang pemula, biasanya sebelum terjun akan mencari tahu lebih banyak  informasi tentang ngeblog. Nggak ada yang salah. Yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya setelah membaca banyak informasi, maka harusnya langsung praktik. Jadi jangan sampai kebalik, banyak baca soal ngeblog. eh, praktiknya NIHIL. Sayang sekali, bukan?

9. Hindari Mengukur Statistik Terlalu Dini



tips ngeblog untuk pemula
Sumber gambar : inBlogspot.com

Blogger pemula ingin ramai pengunjung? Boleh!

Tapi ingat, jangan sampai gara-gara ingin ramai pengunjung, hampir setiap hari Anda terobsesi dengan mengecek angka statistik. Terkadang perihal statistic ini bisa menjadi penyemangat, tetapi bisa juga merugikan. Bagaimana tidak, secara tidak sadar waktu Anda akan terbuang dengan mengecek statistic blog berkali-kali.

Padahal jika dihitung selama 5 menit saja Anda nongkrongin statistik. Saat itu Anda sudah bisa menghasilkan setidaknya tiga paragraf tulisan untuk blog. Hehehe

10. Menulislah Sesering Mungkin



tips ngeblog dapat duit

Sumber gambar : unsplash.com

Sebagai blogger pemula, cara ngeblog paling asyik bisa dimulai dengan menulis sesering mungkin. Selain bisa melemaskan jari, mengasah otak, juga bagus untuk statistik blog Anda.

Usahakan dalam seminggu minimal menerbitkan satu atau dua artikel di blog. Lakukan secara konsisten. Tapi apabila Anda bisa menerbitkan tulisan setiap hari, why not? Justru cara inilah paling efektif menjadikan Anda sebagai blogger sukses di kemudian hari.

11. Terimalah Kritikan Dari Tulisan Anda 



tips ngeblog bagi pemula
Sumber gambar : Grid.id

Anda tidak bisa memaksa semua orang menyukai tulisan Anda. untuk itu, menerima kritikan dari pembaca maupun blogger senior, lalu memperbaikinya bisa membuat Anda terus berkembang.

12. Berjejaring dengan Komunitas Blogger



tips ngeblog bagi pemula

Sumber gambar : Nananggunawan.com

Pada prinsipnya, menjadi blogger tidak boleh malu bertanya apalagi malu bergaul. Karena dunia blogging ini adalah dunia yang sangat luas. Siapapun bisa menjadi blogger sukses, bahkan profesional.

Syaratnya, berjejaringlah.

Bangun networking dengan banyak blogger. Salah satu caranya adalah dengan bergabung bersama komunitas blogger.

Bingung komunitas blogger yang mana saja? tak usah bingung. silakan Anda searching di facebook blogger nanti akan menemukan banyak komunitas dengan berbagai jenis sesuai yang Anda butuhkan. 

13. Buntu Ide? Maka Temukanlah Ide



tips konsisten ngeblog
Sumber gambar : Pinterest.com


Istilah buntu ide ini sebenarnya tidak seharusnya ada dalam kamus seorang penulis maupun blogger. Karena faktanya, keadaaan di sekitar banyak yang bisa dituliskan.

Contoh, Anda adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak suka tatrum saat diajak ke mall. Menariknya, karena Anda suka membaca buku parenting, maka Anda bisa dengan mudah mengatasi anak tatrum tersebut. Nah, kenapa Anda tidak membagikannya dalam tulisan blog? Mudah bukan?

Inilah cara mudah menginspirasi orang lain dari tulisan Anda.

14. Belajar dari Para Master Blogger yang Sudah Senior




tips ngeblog untuk pemula
Sumber gambar : pinterest.com


Ingat, saya meminta untuk belajar pada para blogger senior, bukan meniru lho ya. Takutnya dengan meniru gaya blogger lain, justru akan mematikan ciri khas pribadi Anda. Dan sebaiknya, belajar dari blogger senior ini tidak hanya mendengar apa yang mereka katakan, tetapi langsung mempraktikkan.


15. Jadilah Keren Sesuai Kemampuan



Sumber gambar : dublinsouthcitypartnership. ie

Tidak dimungkiri bahwa blogger pemula memiliki antusias yang tinggi untuk naik kelas. Tapi ingat, untuk naik kelas ini lakukan dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan asal ikut sana-sini yang mengakibatkan Anda kehilangan arah. Intinya, jadilah keren sesuai kemampuan jika Anda ingin menjadi blogger pemula yang sukses. Selain itu, carilah keunikan dalam diri Anda yang bisa dijadikan sesuatu yang luar biasa.

16. Optimasi SEO 



tips sukses ngeblog
Sumber gambar : pinterest. com



Setelah melakukan beberapa hal receh tentang tips ngeblog buat pemula agar menjadi blogger sukses, tidak ada salahnya sambil berproses Anda belajar mengenal apa itu optimasi SEO.

SEO atau search engine optimization merupakan sebuah teknik yang dilakukan beberapa blogger agar konten-konten yang ditulis dalam blog mampu bersaing di halaman pertama pencarian google. Apakah mudah?

Bisa dibilang, untuk optimasi SEO ini tidak mudah karena membutuhkan proses yang tidak sebentar. Karena membuat konten nongkrong cantik rangking 1 di goggle butuh kerja keras dan kesabaran. Butuh berkali-kali trial dan error yang mungkin butuh berbulan-bulan baru berhasil. Namun tak perlu khawatir, sekarang mudah saja belajar SEO pada ahlinya karena pakar SEO banyak yang bersedia untuk terjun ke lapangan membagikan ilmunya. Hehehe

17. Monetisasi Blog 



tips ngeblog dapat duit
Sumber gambar : freepik. com



Tips terakhir agar menjadi blogger pemula yang profesional dan sukses, Anda bisa memulainya dengan monetisasi blog. Di kalangan para blogger, monetisasi blog dengan cara memanfaatkan google AdSense masih sangat popular. Tahu kenapa?

Selain sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, hingga saat ini Google AdSense masih bertengger sebagai platform yang membayar lebih tinggi. Hanya saja perlu diingat, proses mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari program periklanan ini juga membutuhkan kesabaran dan proses yang cukup panjang.

Itulah kenapa, pemilihan topik blog itu penting. Blog yang memiliki topic unik dan banyak dicari orang bisa dirawat dengan sangat baik agar mendulang trafik tinggi yang nantinya berpengaruh pada penghasilan google AdSense.

Gimana? Perjuangan menjadi seorang blogger dari pemula menuju ke profesional cukup panjang bukan?

Namun Anda jangan cepat menyerah. Jika tips ngeblog buat blogger pemula di atas satu per satu dipraktikkan secara konsisten, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah. Selain itu, bisa berkumpul dengan blogger senior bukan lagi menjadi impian saja. Semangat!


3 komentar on "NGEBLOG SUSAH? SIMAK 17 TIPS NGEBLOG UNTUK PEMULA AGAR MENJADI BLOGGER PROFESIONAL"
  1. kereeennn..... saya mau belajar SEO dong kak!

    BalasHapus
  2. Setuju mbak.
    Saya nulis di blog tentang topik yang saya banget, padahal nggak populer, yaitu tentang budaya tradisional Jawa. Tak apa, yang penting saya enjoy. Mbak, mau dong ajarin gimana bisa daftar ads.

    BalasHapus
  3. yang penting memang konsisten, ya konsisten ngeblog dan konsisten belajar terus

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9