12 Cara Mudah Membuat Blog Menghasilkan Uang Untuk Blogger Pemula

Selasa, 07 April 2020

Cara menghasilkan uang dari internet

Tulisan ini sangat ringan, bahkan saya bisa bilang ini hanyalah tulisan curhat blogger pemula. Entah kenapa tiba-tiba ingin mengeksekusi ide tentang cara mudah membuat blog menghasilkan uang, khususnya  untuk blogger pemula. Padahal sebelum ide ini terlintas, saya sedang  mencari topik traveling untuk bahan di blog saya satunya.

Bisa jadi saya teringat ucapan beberapa teman, yang beberapa hari ini menanyakan kenapa sudah tidak aktif lagi menulis buku? Apakah dunia ngeblog sudah mengalihkan duniamu? Apakah blogmu sudah bisa menghasilkan uang? begitu katanya.

"Eh, Mal, kalau udah ngasilin duit blognya. Ajarin dong!" hahahha ...

Tuh, kan, langsung main todong aja. Padahal saya juga belum menghasilkan banget, lho. Kelihatannya aja sudah dapat banyak dari ngeblog. Padahal kita tuh sama-sama pemula kok. Saya Cuma modal gaya aja. Hihihi

Well, menurut kata bijak, setiap hasil yang besar pastinya membutuhkan proses yang panjang. Tsah, saya juga percaya itu. Termasuk saat seorang teman menyarankan untuk menekuni profesi ini, saya bertekad untuk menikmati proses tersebut. Tak peduli berapa lama perjalanan yang ditempuh.

Hal inipun berkesinambungan pada artikel yang saya baca, bahwa jika ingin butuh penghasilan cepat, maka JANGAN ngeblog untuk tujuan mencari uang. Itu berat, jenderal! Sebab, ngeblog itu butuh kesabaran. Ngeblog harus konsisten.

Artinya begini,

Niatkan ngeblog itu karena suka.

Misal Anda suka menulis. Maka jadikan blog sebagai sarana membuang sampah di kepala alias curhat. Nah, dengan begini Anda tidak ambisius ngeblog. Yang mana nanti lama-kelamaan tumbang karena bosan.

Ada kok blogger yang menjadikan blognya tuh ajang curhat, tapi berbuah manis dengan banjir job blogger. Coba intip blognya www.reyneraea.com nyaris rata-rata konten yang ditulis Mbak Rey tentang pengalaman pribadi.

Contoh tulisan beliau tentang "Hanya Ingin Dicintai Tanpa Alasan merupakan kumpulan saran sekaligus perhatian teman-teman FB bagaimana dia harus melalui ujian berat rumah tangganya saat ini.

Oh, ya, beliau sangat asyik curhat di blog tanpa merasa apa yang ia tulis adalah aib kehidupannya.

Justru apa yang ia tulis ditujukan untuk menginspirasi perempuan lain agar berpikiran luas dan berjiwa tangguh. Namun, tak melulu curhat kok. Coba lihat blognya Mbak Rey itu, beberapa artikel berupa content placement, endorse produk, atau artikel lomba yang tak kalah banyaknya.

Hebatnya, Mbak Rey itu rajin banget posting. Kayaknya idenya tuh ngalir terus. Tapi imbang, job blogger juga luber-luber.

Pasti kalian heran, sekaligus penasaran kan?

Ya. karena Mbak Rey suka. Menulis di blog sudah menjadi sarana self healing baginya. bukan sekadar berburu job. Makanya, meski sibuk menjadi ibu rumah tangga. Mbak Rey masih enjoy aja tuh nulis tiap hari. Dia nggak ngerasa beban. Tak heran kalau Allah ngasih rezekinya lewat blog.

Itu sih contoh sederhana saja ya. kebetulan contohnya Mbak Rey, karena saya cukup update jadi follower beliau. Hahahha

Oke. Balik lagi ke cara menghasilkan uang dari internet, khususnya di blog personal yang kita miliki. Gampang atau sulit?

12 Cara Mudah Membuat Blog Menghasilkan Uang Untuk Blogger Pemula


Apa langkah pertama yang harus dilakukan?

1. Membuat Blog


Cara membuat blog menghasilkan

Logikanya, kita mau cari duit di blog. otomatis harus punya blog dulu, kan?

Jadi, buatlah blog dulu.

Bagi kebanyakan blogger pemula, membuat blog baru pun dirasa sulit. Beberapa alasan pun diutarakan, salah satunya tidak memahami teknis membuat blog. Eitss .... itu bukan penghalang kok. Bikin blog itu mudah banget. Kalian tinggal pilih, mau bikin blog darimana?

Mulailah memilih platform yang Anda suka. Platform di sini ada banyak. Tapi saya lebih merekomendasikan dua platform yang cukup popular seperti blogger.com atau wordpress.org Yang paling penting, saat Anda membuat blog harus memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Blognya ramah
  • Sudah digunakan banyak orang dan pastinya kalian juga bisa menggunakan blognya dengan mudah
  • Tampilan design menarik
  • Tentukan blog, mau blog yang gratisan atau berbayar. Untuk perbedaan blog berbayar dan gratisan, Anda bisa baca tulisan ini 6 Langkah menjadi blogger yang sukses
  • Terakhir, membuat blog bukan sekadar wacana. (Langkah terakhir yang ekstrim nih)


Nah, bisa dilihat contoh tampilan blog saya versi handphone ya.

Cara menjadi blogger
www.blogger.com (Niche:Lifestyle)

Cara membuat blog yang menarik
www.wordpress.org (Niche:Traveling)

Sederhana banget, kan? Cocoklah sama deskripsi Malica Ahmad. Hehehe

Baca juga: Simak 33 Alasan Kenapa Harus Ngeblog

2. Menentukan nama Domain atau Alamat Blog


cara membuat blog menghasilkan

Bikin blog udahan, kan?

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah menentukan nama domain atau alamat blog.

Pentingkah membuat nama domain? Jawabannya penting banget. Karena dari sinilah sebuah branding blog terbentuk. Nggak pandang apakah blog yang Anda buat gratisan atau berbayar. Menentukan nama domain juga harus diperhatikan.

Nah, sekadar saran, tentukan nama domain yang mudah diingat, mendiskripsikan siapa pemilik blog atau kerennya Gue banget alamat domainnya, dan yang terpenting jangan menggunakan nama domain lebay seperti www.akucayankkamu.blogspot.com atau www.geloraasmara.com

Aih, mendadak migrain nih. Hahaha

Usahakan nama domain itu berhubungan dengan tema tulisan di blog. Misal kayak blog saya nih yang sengaja mengambil tema traveling. Nama domain dan konten blog cukup ada korelasi, yaitu www.mywordsjourney.com di situ saya menyelipkan kata "Journey" juga "Word" yang kurang lebih ingin memberikan informasi pada teman-teman bahwa ketika alamat domain tersebut saya sebar, mereka sudah paham kalau blog tersebut lebih banyak mengulas tentang perjalanan.

3. Menggunakan Domain TLD atau Berbayar


cara membuat blog di wordpress

Mengapa saya menyarankan domain harus sudah TLD atau top level domain?

Berdasarkan pengalaman sebagai pemula, salah satu  cara menjadi blogger yang bisa mendapatkan penghasilan dari blog itu adalah Anda sudah memiliki blog ber-domain TLD.  Kenapa?

Blog yang memiliki domain TLD seperti misalnya www.malicaahmad.com atau contoh blogger yang sering menang lomba blog www.dianrestuagustina.com itu akan lebih terlihat tingkat profesionalnya.

Selain itu, jika Anda berniat serius menghasilkan uang dari blog, domain TLD sangat disarankan karena beberapa perusahaan atau agensi tidak menerima blog yang menggunakan domain gratis seperti www.malicaahmad.blogspot.com

Manfaat lain dari blog yang sudah memiliki domain TLD adalah blog lebih luas jangkauannya di internet sebab google melihat lebih terpercaya. Nah, untuk membuat alamat domain TLD, Anda bisa membelinya di beberapa penyedia jasa domain.

Banyak penyedia domain yang beredar di dunia maya, namun saya rekomendasikan salah satu penyedia domain dan hosting lokal yang cukup terpercaya seperti di www.sahabathosting.com kenapa?

Selain pelayanannya ramah, provider satu ini tingkat kecepatan aksesnya cukup mengaggumkan. Anda tidak bakal menunggu berjam-jam untuk mengakses alamat domain. Sesi konsultasi tanpa batas juga terbuka lebar kesempatanya.

Tak hanya itu, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Anda pun bisa menikmati paket super duper lengkap seperti membeli alamat domain sekaligus mempercantik blog dengan biaya yang relative murah, namun berkualitas.

4. Membuat Konten Bermanfaat dan Berkualitas


Cara membuat blog di blogger
www.freepik.com

Jika sudah membuat blog, menentukan nama domain, dan mengubah domain menjadi TLD, maka langkah selanjutnya adalah menciptakan sebuah konten bermanfaat untuk blog. Tentu kalian penasaran, kan, gimana membuat konten berkualitas?

Sampai detik ini, saya juga masih tahap belajar membuat konten berkualitas. Tetapi berdasarkan pendapat para blogger senior, konten berkualitas itu kurang lebih diartikan apa yang kita tulis bisa mencerahkan pembaca. Artikel kita bisa menjadi solusi masalah pembaca.

"Berapa kata ya artikelnya?"

Nah, ini juga seringkali ditanyakan berapa kata artikel yang pantas menjadi konten berkualitas.

Hmmm .... Saya sih tidak berpatokan dengan jumlah kata. Pokoknya saya enjoy saat menulis, itu saja sudah menjadi modal utama menyelesaikan sebuah konten untuk blog.

Yang terpenting di dalam tulisan kita itu bermanfaat, menginspirasi, mengubah kehidupan orang lain.

Ini penting, karena dari dampak konten berkualitas akan menarik pengunjung blog untuk terus berkunjung ke blog Anda.

Nah, di sini tidak menutup kemungkinan jika blog Anda akan direkomendasikan saat pencarian job blogger. Dan inilah peluang penghasilan blogger yang bisa Anda manfaatkan.

Kalau nggak punya ide mau menulis apa di blog, coba baca di sini tipsnya Cara Menangkap Ide Menulis Agar tidak Jalan di Tempat

5. Tampilan Blog Menarik


Cara membuat blog di hp
www.freepik.com

Ketahuilah, tampilan menarik sebuah blog itu nggak harus berwarna-warni atau banyak ornament blog yang ditambahkan atau font huruf di blog yang didesign dengan tingkat seni yang tinggi atau font banyak gaya. Hihi

Justru, blog yang bisa menghasilkan uang itu adalah blog yang rapi. Berikut beberapa kriteria blog rapid an menghasilkan berdasarkan sumber data dari buku Blogging Have Fun And Get The Money karya Carolina Ratri :

  • Template blog baik
  • Background Putih Lebih disukai
  • Template yang didesign dengan sidebar atau widget berada di sebelah kanan. Mengapa di sebelah kanan? Konon, ada kaitannya dengan teknik SEO sih. hehehe
  • Template responsive dan loading cepat
  • SEO friendly. Di sini Anda bisa membeli template premium. Harga template premium sekitar 100-200 ribu, ada juga lebih dari 200 ribu. Pastikan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Kalau saya membeli template sekaligus minta teknisi langsung untung memasangnya. Untuk hal ini bisa saya mempercayakan pada teknisi web langsung, yaitu Endo Putra sebagai front end web developer. Bisa kepoin Instagram @endoputra17
  • User Friendy. Artinya saat pengunjung membaca blog Anda, mereka tidak bingung mencari di mana menu navigasi yang idealnya ada di bagian atas, kotak search di bagian atas, dll.


Gimana, sudah kebayang bagaimana cara membuat blog yang menarik? Kontak saya deh kalau masih juga bingung. hehehe

6. Belajar Teknik SEO


Cara menghasilkan uang dari website
www.freepik.com

Meski dibilang blogger pemula, salah satu syarat cara menghasilkan uang dari website atau blog adalah dengan Anda menguasai teknik SEO.

Memang seberapa penting menerapkan teknik SEO di blog kita?

Saya pribadi masih belajar mengenai teknik SEO. Jadi bisa dibilang belum mahir. Namun, dari sedikit belajar ini saya menyimpulkan bahwa praktik teknik SEO dalam blog kita itu penting.

SEO atau search Engine optimization secara singkat mempelajari tentang bagaimana membangun sebuah konten agar bisa dideteksi oleh mesin pencari sehingga konten yang kita buat di blog bisa naik di peringkat pertama halaman google.

Nah, jika salah satu atau beberapa tulisan kita ada yang nangkring di halaman pertama akan berpengaruh pada penghasilan blog yang meningkat, terutama blogger yang sudah memasang iklan atau google Adsense di blog personal.

Tidak hanya itu, kualitas artikel yang bisa nangkring di halaman pertama setidaknya terpercaya. Artikel Anda bisa berada di halaman paling atas karena banyak yang mencari dan merekomendasikan, artinya konten Anda telah memberi manfaat bukan?

Selain itu, optimasi SEO juga bisa dijadikan portofolio pada klien yang hendak menyewa jasa blogger untuk sebuah job endorse atau lainnya. Tidak semua klien meminta syarat seperti ini, tapi ada kok.

Oh ya, Anda pun bisa ikut berburu job SEO loh untuk menambah penghasilan ngeblog.

7. Gabung Komunitas Blogger


Cara menghasilkan uang dari internet
www.freepik.com

Bergabung dengan komunitas blogger akan memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi sebuah job. Selain itu, di komunitas blogger bisa menjalin silaturahmi dan saling mendukung sesama blogger dengan mengikuti kegiatan blogwalking.

Dan tak kalah penting, bergabung dengan komunitas blogger bisa menambah ilmu soal dunia blogging.

Beberapa komunitas blogger yang direkomendasikan seperti komunitas blogger perempuan network, komunitas Emak blogger, Blogger Indonesia, dan grup blogger via whatsapp.

8. Mulailah Branding Diri Menjadi Seorang Blogger


Cara membuat blog menghasilkan
www.freepik.com

Pentingkah membranding diri menjadi blogger?


Wah, penting banget dong. Logikanya orang tidak akan mengenal siapa Anda, jika Anda sendiri tidak memperkenalkan pada khalayak umum bukan?

Nah. Media sosial menjadi platform paling jitu untuk membangun personal branding. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempromosikan artikel-artikel ke semua media sosial, sesekali kenalkan pada teman di media sosial bahwa Anda adalah blogger, atau bisa juga bercerita tentang sebuah produk dimana Andalah seorang blogger yang mereview produk tersebut.


9. Tingkatkan Traffik Blog


Cara membuat blog di wordpress
www.freepik.com


Salah satu cara mengembangkan sebuah blog adalah mendatangkan pengunjung ke blog kita. Sangat mustahil jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog, namun blog Anda sepi pengunjung. Aneh, kan?

Jadi, sebisa mungkin tingkatkan trafik blog Anda terlebih dahulu sebelum berburu banyak job blogger.

Di sinilah pentingnya belajar tentang poin-poin yang ada di google Analytic. Karena di google Analytic, Anda bisa menganalisa siapakah pembaca setia blog Anda? Konten seperti apa yang mereka sukai? Jam berapa rata-rata pengunjung akan berkunjung ke blog?

Dari hasil analisa tersebut, Anda bisa merencanakan mulai dari jam posting, jenis konten, dan lain-lain. Bersyukur banget saya bisa belajar materi google analytic ini di sebuah kelas online. Berbayar tak masalah yang penting kita mampu menyerap ilmunya dan praktikkan.

10. Menentukan Topik Blog yang Tepat


Cara menghasilkan uang dari internet
www.freepik.com

Hmmm.... ternyata topik blog juga berpengaruh untuk mendapatkan job bagi blogger pemula. Kok bisa?

Topik blog ini saya artikan nyawa dalam sebuah blog. Di mana rasa semangat dan antusias seorang blogger bisa terbaca dari konten yang sudah diterbitkan di blog personal.

Contoh salah satu seorang blogger yang memilih topic blognya mengulas tentang kesehatan www.widyantiyuliandari.com sejak awal dibangun memilih niche ini.

Maka, secara tidak langsung Mbak Wid sudah memiliki target pengunjung berdasarkan kriteria. Jadi siapa saja yang membutuhkan informasi seputar diet, pola hidup sehat, dan tips kesehatan lainnya, mereka akan berkunjung ke blog tersebut.

Selain itu, ketika ada sebuah agensi yang mencari job blogger dengan niche kesehatan, otomatis mereka akan memilih blogger yang sesuai dengan topic yang dicari daripada blog yang topiknya gado-gado.

Eits ... tapi bukan berarti blog dengan topik random tidak akan mendapatkan penghasilan. Tetap ada penghasilan kok, tergantung bagaimana Anda mampu mengelola blog tersebut.

11.Membangun Kedekatan dengan Pengunjung Blog



cara menghasilkan uang dari website
www.freepik.com


Cara membangun kedekatan dengan pengunjung bisa dengan cara membalas komentar yang ada di blog. Kemudian, giring mereka untuk berteman di media sosial. Nah, ketika sudah saling follow di media sosial, tentu akan memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan Anda bukan?

Jadi, ketika ada artikel baru yang Anda promosikan di media sosial, mereka pun langsung bisa menuju ke blog Anda segera.

12. Sumber Penghasilan Blogger


Nah, cara terakhir ini belum tentu berhasil jika dari 11 cara di atas belum dipraktikkan.

Jadi intinya praktik, praktik, dan praktik ya. Agar blogger pemula bisa naik kelas. Jangan lupa jaga konsistensi dan komitmen Anda. (Duh, nonjok diri sendiri ini hahha)

Berikut sumber penghasilan blogger yang perlu Anda ketahui:

  • Pemasangan iklan di Blog atau lebih popular disebut google Adsense
  • Konten Kerjasama. Ada 2 tipe, yaitu content placement dan content writing. Content placement adalah Anda mempublish artikel yang sudah disediakan oleh klien di blog Anda. Sementara content writing adalah Anda menulis artikel sesuai brief yang dianjurkan oleh klien, kemudian mempublish artikel di blog Anda.
  • Guest Post atau disebut penulis tamu di blog orang lain. 
  • Membuka jasa, seperti jasa penulisan artikel, jasa design blog, jasa template, jasa SEO,  reviewer dan lain-lain.
  • Membuat Produk Sendiri, seperti membuka jasa pembuatan blog, membuat e-book tutorial blogging, mengadakan kelas online, menjadi publisher iklan, menjual buku, merchandise, dll.
  • Menjadi Endorser atau influencer sebuah brand atau produk
  • Program Affiliasi atau affiliasi marketer dengan kolaborasi bersama ahlinya
  • Event blogger
  • Lomba blog 

Sebenarnya masih ada beberapa jenis penghasilan yang bisa didapatkan oleh blogger.

Mungkin saya akan menuliskannya lebih detail khusus jenis-jenis job blogger di postingan selanjutnya, ya. Semoga saja masih ada yang mau menyimak. Hehehe

Nah, setelah membaca cara mudah membuat blog menghasilkan uang di atas, sekarang adalah giliran Anda untuk membagikan informasi ini kepada siapapun yang ingin memulai karir di dunia blogging.

Memang, blogging itu bukanlah profesi yang cepat untuk menghasilkan uang. tetapi profesi blogger merupakan pekerjaan yang mulia. Karena selain melatih kesabaran, Anda juga termotivasi untuk membuat postingan blog yang memberi manfaat pada orang lain, bukan?

5 komentar on "12 Cara Mudah Membuat Blog Menghasilkan Uang Untuk Blogger Pemula "
  1. Awwww.. Terimakasih banyak kesayangan.
    Ibu muda yang tangguh, yang jadi sumber inspirasi saya juga ��

    Betul banget tuh, menulis itu healing banget, bonusnya bisa dapatin duit, meski ga luber juga, tapi insha Allah berkah dan cukup ��

    Btw blognya bagus nih, saya dong mau ganti template biar lebih cantik kok ya banyak mikirnya mulu ��

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah, Nice info, dek. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. kereen blog nya. tampilane minimalis.

    BalasHapus
  4. Selalu suka ama tipsnya mba Malica ��

    BalasHapus
  5. Kalo mau cari penghasilan dengan ngeblog memang harus sabar. Masih berjalan untuk menuju lebih serius ngeblog nih!

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9