Metode Perawatan Gigi Berlubang yang Wajib Dilakukan

Rabu, 08 November 2023

  


Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja. Bukan hanya pada anak-anak, orang tua pun bisa mengalami rasa sakit yang luar biasa karena adanya lubang pada gigi. 

Jangan abaikan hal tersebut karena bisa berdampak muncul infeksi dan komplikasi. Karena itu Anda perlu segera cari solusi atasi sakit gigi berlubang tersebut. 

Karena rasa sakit yang luar biasa, tidak jarang penderita sakit gigi berlubang memilih untuk mencabut gigi yang rusak tersebut, namun dokter hanya akan mencabut gigi berlubang ketika tidak sedang sakit. 

Proses cabut gigi akan mengurangi penampilan dan menjadikan fungsi rangkaian gigi untuk mengunyah makanan tidak maksimal

5 Metode Perawatan Gigi Berlubang

Cabut gigi bukan satu-satunya solusi untuk mengatasi gigi berlubang, kecuali memang sudah parah. Resiko adanya lubang pada gigi cukup banyak. 

Rasa ngilu yang luar biasa yang dialami penderita dapat mengalami bengkak, tidak nafsu makan hingga infeksi dan komplikasi. Karena itu, penanganan yang tepat sangat diperlukan.

Sebagai pertolongan awal, Anda bisa meminum obat pereda sakit, namun hal tersebut tidak dapat mengobati atau menghilangkan lubang pada gigi tersebut. Pengobatan ini hanya bersifat sementara dan rasa sakit akan muncul kembali. Beberapa solusi atasi gigi berlubang adalah: 

Kumur dengan air garam

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan pada saat mengalami sakit gigi karena berlubang adalah berkumur dengan air garam. Garam akan mengurangi tegangan pada permukaan gusi dengan gigi sehingga rasa sakit yang sebelumnya muncul bisa berkurang.

Namun cara ini tidak akan menyembuhkan, hanya mengurangi rasa sakit dalam waktu sementara saja. Pasien tetap harus melakukan tindakan lanjut untuk mengatasi gigi berlubang tersebut agar tidak terasa sakit kembali.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah

Pemasangan Crown

Pada kondisi gigi berlubang yang sudah parah, gigi akan menjadi rapuh. Agar kembali kuat, dokter akan membuatkan crown atau mahkota gigi palsu untuk membuat gigi kuat kembali. Mahkota ini akan dipasang di atas gigi yang rusak. proses pengobatan ini perlu beberapa tahap. 

Dokter akan melakukan tindakan pengikisan bagian gigi yang rusak dan berlubang. Selanjutnya dokter akan membuat crown berdasarkan bentuk gigi yang rusak tersebut kemudian memasangnya. Bahan pembuat crown bisa berasal dari porselin, emas, resin, dan bahan lainnya.  

Perawatan saluran akar

Cara selanjutnya untuk mengatasi lubang pada gigi adalah dengan melakukan perawatan saluran akar atau dikenal dengan nama root canal. Perawatan dengan cara ini dilakukan apabila kondisi gigi sudah sangat buruk, seperti pembusukan yang sampai pada bagian dalam gigi atau pulpa dan sudah banyak saraf gigi yang mati.

Gunakan fluoride

Apabila lubang pada gigi masih sangat kecil, bisa ditutup dengan menggunakan fluoride. Untuk tujuan menutup lubang tersebut, dokter akan menyarankan produk yang mengandung bahan fluoride lebih banyak dibanding pasta gigi biasa.

Jenis fluoride yang bisa digunakan dapat berupa cairan, gel, busa dengan menggosokkan ke bagian gigi berlubang secara rutin. Bahan dalam fluoride akan mengisi lubang sehingga tidak semakin parah.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tambal

Sebagai solusi agar gigi berlubang tidak perlu dicabut adalah dengan melakukan penambalan pada bagian berlubang tersebut. Saat ini cara menambal gigi sudah semakin canggih dan modern. Bahan yang digunakan pun semakin beragam. 

Anda bisa memilih bahan tambal gigi yang tidak hanya bisa menghilangkan lubang, tetapi juga membantu merangsang regenerasi jaringan pada gigi sehingga sehat dan normal kembali, yaitu tambal gigi dengan bahan bioaktif. Bahan ini bisa mengatasi kondisi gigi berlubang yang sangat parah. 

Bahan tambal gigi terbaru ini dapat mengisi rongga yang berlubang dengan sempurna karena mengandung bahan kaca bioaktif. Jenis bahan tambal gigi bioaktif akan mengeluarkan senyawa yang terdiri dari fosfor, kalium, dan fluor.

Secara bertahap, bahan tersebut akan membantu untuk memperbaiki jaringan yang rusak sehingga meminimalkan resiko terjadi lubang yang baru. 

Mencabut gigi bukan satu satunya solusi Atasi sakit gigi berlubang, masih ada beberapa cara lain yang juga efektif dan ampuh. Apalagi saat ini sudah ada teknologi terbaru dalam mengatasi lubang pada gigi, yaitu dengan menggunakan bahan bioaktif yang tidak hanya menutup lubang tetapi juga merangsang regenerasi jaringan. 

Kamu juga bisa menggunakan COOLING 5 PLUS sebagai obat ampuh mengatasi sakit gigi karena berlubang. Cooling 5 Plus yang merupakan obat semprot rongga mulut dengan kandungan (Phenol Crystal dan Benzocaine) berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit  misalnya sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi .

Cara pemakaiannya juga mudah. Untuk setiap kali pemakaian, cukup disemprotkan 2-3 kali pada area yang sakit. Semprotan dapat diulang tiap 3 jam sampai gejala reda. Sekadar info, obat ini tidak dianjurkan untuk ditelan, ya. Selamat mencoba!


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9