Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Minggu, 16 Juli 2023



Bau mulut bisa sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri. Sebagai resiko Anda tidak bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. 


Karena itu, masalah tersebut harus segera diatasi sehingga Anda bisa lebih meningkatkan prestasi dan percaya diri dalam pergaulan. Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya ternyata cukup mudah.

 

Penyebab bau mulut sangat beragam. Begitu juga dalam penanganannya. Anda bisa menggunakan cara alami maupun dengan bantuan medis. 


Beberapa kondisi kelainan pada gigi dapat menjadi pemicu bau mulut karena terdapat sela yang menyebabkan sisa makanan mengumpul dan menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.


Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut 


Untuk menentukan cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yang paling tepat, perlu mengetahui penyebabnya. Dengan demikian tindakan yang dilakukan tepat. 


Sebagai contoh untuk bau mulut yang disebabkan karena kelainan gigi, mungkin saja memerlukan tindakan operasi kecil.


Meski demikian, banyak hal mudah yang bisa dilakukan agar bau mulut tidak pernah datang sehingga Anda bisa tampil sempurna. 


Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar aroma mulut menjadi segar dan tidak timbul bau yang kurang enak:


Minum air putih secara teratur


Air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya memperlancar metabolisme, konsumsi air putih sangat baik untuk rongga mulut. Dengan meminumnya secara teratur sesuai kebutuhan, rongga mulut akan tetap lembab. 


Pada saat minum, dapat menghilangkan kotoran atau sisa makanan yang tertinggal sehingga tidak menjadi sarang kuman. Air putih juga mendorong rongga mulut untuk memproduksi liur sesuai kebutuhan sehingga tetap sehat. 


Hindari konsumsi makanan penyebab bau


Beberapa makanan dapat menjadi penyebab bau mulut. Dengan menghindari makanan tersebut, berarti Anda sudah meminimalkan resiko munculnya bau kurang sedap tersebut. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya adalah: petai, jengkol, bawang merah dan bawang putih. 


Makanan tersebut mengandung senyawa yang mendorong terbentuknya sulfur. Zat ini yang kemudian menimbulkan bau tidak sedap tersebut. 


Apabila tetap ingin mengkonsumsinya, jangan berlebihan dan segera sikat gigi menggunakan sikat yang lembut dan pasta gigi. 


Sikat gigi dengan pasta gigi secara benar


Sebaiknya menyikat gigi setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin menempel di sela gigi. Bukan hanya intensitas, kualitas dalam membersihkan gigi perlu mendapat perhatian. 


Tidak sedikit orang yang sudah menyikat gigi namun tetap tidak bisa menghilangkan bau mulut. Penyebabnya adalah proses menyikat tersebut tidak benar-benar dapat menghilangkan sisa makanan. 


Gunakan sikat yang terbuat dari bahan lembut sehingga mudah masuk ke sela-sela gigi dan menghilangkan semua sisa makanan.


Melakukan flossing


Flossing adalah proses membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus. Langkah dalam menggunakan benang tersebut harus ekstra hati-hati karena jika salah bisa menyebabkan luka dan gusi berdarah. 


Untuk membersihkan gigi menggunakan benang, bisa dilakukan sendiri atau di klinik kesehatan. Flossing bukan hanya bisa membersihkan sisa makanan tetapi juga dapat mencegah pembentukan karang gigi yang mengganggu penampilan.


Menggunakan antiseptik


Cara lain untuk menjaga rongga mulut sehingga tidak timbul bau kurang sedap adalah dengan menggunakan antiseptik. Produk ini tersedia dalam bentuk obat kumur. 


Berkumurlah dengan produk tersebut minimal dua kali dalam sehari. Pastikan cairan yang digunakan dapat menjangkau semua bagian gigi dan mulut sehingga semua kuman mati. 


Selain terbuat dari bahan kimia, banyak produk penghilang bau mulut yang terbuat dari bahan alami, seperti sirih. Bahan ini lebih aman dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Dengan penggunaan secara tepat, maka kuman penyebab bau mulut akan mati.


Rutin memeriksakan kesehatan rongga mulut


Tidak sedikit orang yang enggan untuk memeriksakan gigi karena merasa tidak sakit. Padahal masalah pada gigi tidak selalu ditandai rasa sakit, tetapi kerusakan yang terjadi secara bertahap. Rasa sakit justru baru terasa jika kondisinya sudah parah sehingga semakin sulit diatasi. 


Dengan memeriksakan gigi secara rutin 6 bulan sekali, apabila ada lubang akan mudah diketahui. Lubang pada gigi merupakan tempat berkumpulnya sisa makan dan sarang berkembangnya kuman. 


Jika diketahui lebih dini, dokter bisa segera menambal lubang tersebut sehingga tidak semakin membesar.


Tidak merokok


Rokok merupakan penyebab munculnya berbagai jenis gangguan kesehatan, termasuk bau mulut. Asap rokok yang tertinggal di rongga mulut merupakan sumber bau kurang sedap. Perokok juga berpotensi lebih tinggi menderita berbagai penyakit pada gusi yang menimbulkan bau. 


Menghindari rokok akan menyehatkan tubuh. Dengan demikian kuman tidak mudah berkembang biak. Aroma asap rokok dan kuman bisa menimbulkan bau tidak sedap yang lebih kuat. 


Karena itu, berhenti merokok adalah salah satu cara untuk membuat rongga mulut tetap sehat dan tidak menimbulkan bau. 


Banyak cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Dari semua cara tersebut, yang paling penting adalah menjaga kebersihan rongga mulut. Kuman penyebab bau akan mudah bersarang dan berkembang biak jika ada sisa makanan yang menempel.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9