Solusi Memperbaiki Mobil Lecet dengan Menggunakan Jenis Dempul Mobil Terbaik

Kamis, 19 Mei 2022

Dempul mobil merupakan sebuah cara murah untuk memperbaiki bagian body pada kendaraan, terutama karena penyok maupun lecet dengan cara memoles kembali lapisan pada kerangkanya supaya terlihat seperti baru kembali. 




Walaupun bisa dilakukan pada bengkel, ada beberapa cara dempul mobil terbaik yang benar dan bisa dilakukan di rumah hanya di rumah tanpa harus ke bengkel.  


Namun, nantinya Anda harus memastikan supaya semua aspek sudah dipilih dengan baik agar menghasilkan finishing yang lebih berkualitas dan juga tahan lama. 


Meski menjadi solusi untuk mobil lecet, berikut ini adalah beberapa jenis dempul mobil terbaik yang dapat Anda gunakan nantinya.


Baca juga: Tips Menabung Anak untuk Single Parents 


Jenis Dempul Mobil yang Paling Terbaik


Saat ini, setidaknya akan ada tiga jenis dempul mobil yang paling terbaik yang bisa untuk Anda pilih nantinya berdasarkan dengan kebutuhan dan juga anggaran yang dimiliki, beberapa jenis dempul mobil tersebut adalah:


1. Dempul Buatan (lacquer putty)


Jenis dempul yang satu ini adalah dempul buatan yang di terbuat dari campuran antara lapisan dasar dan juga bubuk talc.  


Bahan utama dari dempul buatan ini adalah sebuah acrylic resin dan nitrocellulose sehingga cara dalam pengaplikasiannya juga hanya perlu secara tipis-tipis saja di bagian yang mengalami goresan.


2. Dempul plamir (epoxy putty)


Jenis dempul plamir adalah dempul yang asalnya dari bahan amine dan juga epoxy resin sehingga dalam aplikasinya harus terlebih dahulu dicampurkan dengan memakai thinner.


Bahan dempul plamir ini juga dipilih oleh banyak orang karena mempunyai kemampuan tahan karat dan juga daya rekat yang sangat baik. Namun, dalam pengeringannya akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.


Baca juga: 5 Keuntungan Investasi Mata Uang Asing Sangat Menjanjikan Saat Ini


3. Dempul plastik (polyester putty)


Dempul plastik ini merupakan jenis bahan yang cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan bahan dari plastik dengan pasta supaya bisa mengeras teksturnya. 


Dempul ini juga banyak sekali digunakan karena mempunyai daya kering yang begitu cepat.


Pastikan untuk terlebih dahulu mencampurkan dengan semua bahan menyesuaikan dengan takaran supaya nanti hasilnya dapat mengeras setelah dempul tersebut mengering.


Tips Dempul Mobil Sendiri yang Baik dan Benar


Ada beberapa cara dempul mobil sendiri yang baik dan benar yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa harus ke bengkel.  


Pertama, persiapan alat dan juga bahan, seperti sarung tangan, masker, jenis dempul yang akan dipakai, lap microfiber, kertas ampelas besi, thinner agar dapat mencairkan campuran zat perekat beserta pewarna yang padat, dan cat dasar. 


Setelah alat dan bahan lengkap, berikutnya adalah menerapkan langkah dasar untuk dempul mobil sendiri dengan benar, yaitu:


1. Campurkan Dempul 


Setelah dempul mobil yang bagus dicampurkan, Anda harus menunggu setidaknyaa 25 menit sebelum bahan tersebut dapat digunakan. Pencampuran dempul pada umumnya bisa dilakukan di dalam wadah maupun tatakan yang rata. 


Barulah setelah itu dempul bisa dicampurkan dengan menggunakan pengeras sampai warnanya mulai berubah menjadi kuning maupun hijau.


2. Bersihkan Permukaan Pada Mobil 


Sebelum nantinya akhirnya didempul, pada permukaan mobil wajib harus sudah dalam keadaan yang bersih, baik itu terbebas dari kotoran atau karat.  


Oleh sebab itu, membersihkan permukaan mobil yang kotor memakai kertas ampelas yang halus untuk dapat membersihkan karat maupun body part fiber agar debu menjadi lebih mudah hilang, menjadi hal penting dan harus dilakukan. 


Namun, jika terdapat bagian mobil yang sedikit penyok, Anda harus mengatakannya terlebih dahulu memakai dolly atau hammer sebelum nantinya dapat dibersihkan secara merata.


3. Dempul mobil diaplikasikan dan kemudian dikeringkan


Sebelum nantinya dempul mobil mulai dioleskan, penting untuk tahu jika dempul tersebut harus diaplikasikan dengan cara mencampurkan cat basic dan thinner terlebih dahulu dengan menggunakan perbandingan 1:1. 


Setelah dicampurkan, barulah nantinya proses pengecatan akan dilakukan dan dilanjutkan dengan cara mengoleskan dempul ke pada bagian yang penyok maupun keropos yang akan dikembalikan ke semula secara tipis dan juga perlahan dan merata. 


Setelah itu, Anda bisa menunggu sampai dempul mengering barulah diratakan kembali memakai kertas ampelas supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

 





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9