Panduan Menjadi Blogger Profesional dan Konsisten Ngejob

Rabu, 30 Maret 2022
Untuk Menjadi seorang musisi yang luar biasa, Anda harus sangat memperhatikan detail terkecil dan bersedia memiliki kesabaran tanpa batas dalam mengejar cita-cita Anda. Anda memerlukan kontrol mutlak dan profesionalisme (Yehudi Menuhin)



Bagi Anda yang saat ini sedang membangun blog, atau sudah punya blog tapi semangat menurun, atau baru saja memulai ngeblog, atau bahkan baru sekilas berpikir ingin berencana punya blog, tidak ada salahnya berdiskusi dengan saya di postingan kali ini tentang panduan menjadi blogger profesional dan konsisten ngejob. 


Well, dengan membuat postingan ini bukan berarti saya adalah blogger yang sudah mahir atau profesional atau sudah kebanjiran job, ya. Tetapi lebih kepada ingin berbagi saja. 


Sebab, semakin hari jumlah blogger makin bertambah. Tentu saya maupun Anda harus memiliki 'Value' yang harus dijual agar menarik hati klien, bukan?


Nah, simak baik-baik panduan yang akan saya bagikan ini. Dan pastikan bahwa Anda membacanya sampai habis, lalu praktikkan, ya!


Pandangan Anda tentang Dunia Blogger di Indonesia Saat Ini?


Mengetahui pandangan dunia blogger di Indonesia saat ini sangatlah penting. Sebab dari sinilah arah tujuan ngeblog Anda lebih terkonsep. Kok bisa? 

Well, Anda harus tahu jika dunia blogger saat ini jauh berbeda dengan kiprahnya 15 tahun lalu. Jika dulu ngeblog hanya sebatas hobi dan ajang curhat. Seiring dengan peran internet semakin berkembang, kini blog seolah menjadi alat untuk mencari uang di internet.

Untuk itu, sebelum terjun menjadi blogger tidak bisa sembarangan lagi. Setidaknya Anda harus memikirkan tentang niche blog yang menghasilkan uang, personal branding blog, paham skill SEO dan masih banyak lainnya. Tahu kenapa? 

Satu alasannya, yakni supaya ngeblog Anda tidaklah sia-sia. Anda tidak cepat menyerah ketika tahu persaingan dunia blog yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan.  

Menurut Anda, Apa Peranan Blogger di Indonesia? 


Sebagaimana saya jelaskan di atas, jika jumlah blogger meningkat sekarang ini. Maka, tak menutup kemungkinan jika peran blogger di Indonesia sangatlah banyak. 

Selain menggaungkan literasi digital agar tidak mudah termakan hoax, blogger juga sebagai influencer atau endorser untuk mempromosikan sesuatu. 

Tak hanya itu saja, dalam bidang pariwisata, blogger akan berperan mempromosikan pariwisata di setiap daerah. Begitu juga di bidang pendidikan, blogger yang fokus pada Niche pendidikan memiliki peran untuk menyebarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan cara mudah dan bahasa yang ringan. 

Dengan mengetahui perannya, saya bisa pastikan jika blogging semakin lama akan semakin diminati. Konten akan tetap menjadi kunci bacaan terpercaya sampai kapanpun. Itulah kenapa peran blogger penting sehingga blogger pun dituntut untuk menulis informasi yang berkualitas dan mendidik. 

Ceritakan Bagaimana Anda Terjun di Dunia Blogger? 


Mulanya tujuan saya ngeblog adalah ingin berbagi lewat tulisan. Karena kala itu, saya sedang menjalani terapi lewat tulisan setelah mengalami depresi. 

Tetapi seorang teman mematahkan tujuan ngeblog saya tersebut. Karena dia bilang, saya harus mengoptimalkan peluang dari blog, sebab nantinya saya akan mendapatkan banyak keuntungan dari blog. 

Hingga saya dibuatkan blog berbayar oleh teman tersebut, lalu saya pun mulai belajar bagaimana menjadi seorang blogger pemula menjadi profesional. Bagaimana saya mendapat job, dan lain sebagainya. Dan ternyata, itu nggak mudah. Sekali lagi saya bilang, menjadi blogger profesional dan konsisten ngeblog itu tidak mudah. 

Lantas, bagaimana cara saya memulai ngeblog? 

Bagaimana Cara Memulai Ngeblog? 


Langkah awal menjadi blogger profesional pastinya dengan mengubah blog gratisan saya menjadi blog berbayar. Setelah itu, saya harus menentukan NICHE blog. 

Saat niche blog sudah terkonsep dengan baik, selanjutnya saya harus mendesign blog saya agar terlihat menarik. Setidaknya, bikin tampilan menarik adalah salah satu trik untuk menjadikan blog BERPENGHASILAN. 

Tampilan menarik saja, pun tidak cukup loh. Karena saya harus belajar konsisten menulis. Bikin Content plan agar blog update setiap bulan. Dan selanjutnya, saya harus mulai berkomunitas untuk memperluas networking. Tentu tujuannya adalah untuk personal branding blog untuk mengundang cuan.

Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut? 


Saya sempat ngomongin Niche di atas kan? Memang, apa itu Niche blog? 

Niche adalah tema atau topik yang dibahas khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche konten, Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. 

Dan Niche blog saya adalah lifestyle. Karena di sini saya suka menulis random. Menulis apa saja yang terlintas di kepala, menulis yang saya suka, dan tentunya menulis untuk job. 

Meski topik yang saya bidik masih random, saya tetap melakukan riset kata kunci agar konten yang saya tulis tetap berisi. 

That's the poin, bahwa konten adalah kunci agar blog berkualitas. Menjadi blogger profesional dan kebanjiran job pun tak lagi sekadar mimpi. 

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis? 


Selain Niche, banyak teman-teman blogger menanyakan, bagaimana sih mbak menjaga konsistensi dalam menulis? Saya akan bocorkan rahasianya di sini. Apa sih tips konsisten menulis ala saya? 

  1. Tentukan goal kenapa Anda harus konsisten menulis 
  2. Perbanyak membaca agar ide menulis terus mengalir
  3. Action menulis segera tanpa ditunda 
  4. Lakukan evaluasi setiap seminggu sekali tentang goal yang sudah dibuat 
  5. Kuatkan tekad dan meyakini kekuatan proses 

Jika 5 tips di atas Anda lakukan, saya bisa jamin ngeblog tidak sekadar mampir. Ngeblog tidak dijadikan hobi doang, tetapi lebih dari itu, Anda akan menikmati hasil dari ngeblog yang tidak terbayangkan sebelumnya. 

Dari sini juga saya pun tertarik dengan keuntungan ternak blog. Alhamdulillah, saya sudah menerapkan ternak blog, tetapi saat ini masih proses membangun. Doain, ya! Hehehe

Perlukah Blogger Paham SEO? 


Selain konsisten menulis, menurut saya panduan menjadi blogger profesional dan konsisten ngejob, salah satu rahasianya adalah penting untuk paham SEO. Kenapa SEO sangat penting?

Jawabannya singkat, SEO adalah strategi marketing paling ampuh. Kenapa saya bilang demikian? Karena saya sudah membuktikan manfaat dari menerapkan teknis SEO di blog. Ya, sekalipun kemampuan SEO saya sebatas TAHU, bukan mahir

Nah, apa saja yang  didapatkan blogger dengan paham SEO? 

  • Performa blog lebih diperhitungkan google karena banyak konten yang muncul di halaman pertama
  • Meningkatkan brand awareness 
  • Berpeluang untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak dari mesin pencari
3 hal di atas hanya sebagian saja manfaat dari paham SEO. Sedangkan manfaat lainnya masih banyak lagi. Namun pada intinya, kunci utama startegi SEO adalah untuk marketing blog kita sendiri. 

Sejauh Mana Pemahaman Anda Soal SEO? 


Jika ditanya sejauh mana saya paham SEO, di atas sudah terjawab. Saya TAHU strategi SEO, hanya saja masih sangat dasar. 

Tetapi sekalipun dasar, saya akan coba menjelaskan dengan bahasa sederhana tentang poin utama yang bisa Anda pelajari di mana tujuannya adalah untuk menjadi blogger profesional yang siap dengan tantangan ngeblog yang semakin hari tampaknya tidak mudah. 

Karena bagi saya pribadi, SEO itu SENI. Jadi setiap hari, bulan, atau bahkan tahun, tentu startegi SEO ini akan ada update dari para pakarnya. Hingga saya pun punya catatan pribadi bahwasanya untuk menuju ahli SEO, sebagai pemula, setidaknya Anda paham 4 poin penting berikut ini. 

1. Paham tentang riset keyword 
2. Paham menempatkan keyword di artikel 
3. Paham penerapan link building 
4. Paham tentang site audit blog 

Nah, 4 poin di atas merupakan konsep dasar SEO yang bisa Anda pelajari dulu, ya. Jika sudah dipelajari dan diterapkan, saatnya Anda analisa, kira-kira manfaatnya apa setelah belajar konsep SEO dasar di atas? 

Menurut Anda, Apa itu Site Audit? 


Prospek menjadi blogger memang terbuka lebar. Tetapi untuk membuat blog sekaligus menjadi blogger profesional, itu sangat tidak mudah. 

Nah, di atas sudah saya singgung tentang strategi SEO. Selanjutnya, saya akan mengulas tentang audit blog pada poin 4 yang termasuk konsep dasar SEO serta bisa dijadikan ikhtiar kebanjiran job. 

Emang, apa itu site audit? Dan apa hubungannya dengan strategi SEO?

Site audit atau website audit adalah memeriksa atau memperbaiki performa blog dari berbagai aspek, seperti dari sisi teknis, user experience, maupun SEO. 

Gampangnya, hal paling mendasar seperti brokenlink, gambar tidak muncul, heading, kecepatan loading, design blog dan lainnya yang belum SEO friendly di mata google, maka wajib Anda benahi.

Memang, kenapa blog harus dilakukan proses site audit? Dan kenapa Anda harus belajar site audit blog?

Mengapa Anda Ingin Mempelajari Site Audit? 


Mengapa harus belajar site audit?

Belajar site audit itu penting jika Anda ingin meningkatkan value ngeblog. Sebab, blog yang sudah melakukan site audit, maka performa blog akan lebih diperhitungkan di mata google. 

Dari sisi sebuah klien brand pun, blog Anda akan lebih dilirik.  Sehingga tak dimungkiri jika goal ngeblog Anda telah mencapai potensi terbaiknya.

Sementara dari sisi pembaca, melihat performa blog yang user friendly, tentu akan membuat mereka tak bosan berkunjung ke blog Anda, lagi dan lagi. 

Lantas, blog Mbak Malica sendiri, kira-kira sudah melakukan proses site audit? Apa yang perlu diperbaiki? 

Apa yang Perlu Diperbaiki dari Blog Anda? 


Yuhuu, pertanyaan bagus nih. Hahaha

Saya sudah melakukan beberapa kali site audit blog, loh. Tapi kenapa masalah selalu ada? 

Well, pinjam ucapan mentor, katanya, selama kita ngeblog, masalah yang ada di blog itu selalu ada dan akan terus ada. 

Contohnya, dulu blog saya ini bermasalah pada heading 3 yang double. Sementara heading 2 tidak ada di html. Sudah diperbaiki, Alhamdulillah kelar. 

Tapi sekarang, masih saja ada masalah ketika saya cek di Moz. Seperti duplicate content, link url kepanjangan, meta deskripsi zonk, dan masih banyak lagi. 

Makanya, saya tertarik banget dengan kelas yang diadakan oleh masirwin.com selepas lebaran nanti. Belajar site audit guna memperbaiki performa blog lebih baik lagi. Makin terlihat profesional gitu. Hehehe

Kenapa Anda perlu Ikut Kelas Site Audit? 


Kenapa saya harus ikut kelas audit? Ya, jelas jawabannya saya ingin menjadi blogger naik kelas. Tidak cukup dengan menulis dengan baik saja. Tetapi, saya juga harus tahu, apa hal-hal yang harus dibenahi dari blog saya. 

Dengan tahu 'buruknya' blog saya, maka saya akan lebih berhati-hati dalam merawatnya. Contoh kecil, tidak lupa kompres image sebelum posting atau melakukan strategi off page untuk menaikkan page view, dan banyak lagi. 

Dan alasan yang paling mendasar, tentu saya ingin menjadi blogger yang lebih profesional dan performa ngeblog saya lebih bisa diandalkan untuk mendulang CUAN. Sepakat kan? Hehehe

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan Adanya YouTube? 


Nyambung dengan pembahasan site audit yang berdampak pada performa blog, seharusnya dengan hadirnya youtuber yang semakin menjamur dan super kreatif, percayalah, para blogger tidak bakal tergeser namanya kok. 

Tahu kenapa?

Ibaratnya, tidak semua orang suka makan nasi kan? Blogger dan Youtuber juga demikian. Tidak semua orang suka menonton, ada kalanya mereka juga butuh membaca konten untuk mencari informasi. 

Maka, tugas saya dan Anda agar tetap memiliki nama di dunia blogging, buatlah konten berkualitas dan khas supaya kita menjadi blogger yang 'Value' banget. 

Dan asal tahu saja, pangsa pasar YouTube dan blog itu berbeda. Tentu brand juga memiliki target sendiri kapan produknya butuh diviralkan lewat YouTube dan kapan butuh konten berkualitas. 

Apa Pencapaian Terbesar Anda di Dunia Blogger? 


Hal yang membuat saya semakin jatuh cinta dengan dunia blog adalah saya lebih mudah untuk berbagi dengan banyak orang melalui konten blog. 

Tetapi setelah tahu peluang ngeblog yang menggiurkan, saya pun mulai menetapkan target. Dan hasil dari target tersebut adalah pencapaian terbesar saya selama ngeblog. Nah, apa saja itu? 

1. Saya bisa memenangkan beberapa lomba blog, salah satunya lomba blog traveling yang bisa mempertemukan saya dengan keindahan alam Toraja. Saya sudah menuliskannya di sini 

2. Memiliki beberapa blog yang dijadikan ternak untuk dapat cuan lebih banyak 

3. Bisa mendesign blog dan belajar platform wordpress.org sekalipun saat ini belum mahir 

4. Terakhir, saya mendapatkan kepuasan batin saat menulis di blog. Rasanya, ini adalah pencapaian terbesar saya. 

Nah, bagaimana dengan Anda? Apa yang sudah didapatkan dari ngeblog? 

Harapan Anda untuk Dunia Blogger? 


Last but not least, sebagai blogger yang masih pemula di dunia blogging, tentu saya memiliki banyak harapan. Beberapa di antaranya: 


1. Blogger bisa dibayar pantas 


Yup. setidaknya, blogger memang harus dibayar pantas sesuai dengan usaha yang dilakukan saat mendapatkan job. Karena semakin ke sini, persaingan semakin ketat sehingga job-job blogger yang didapatkan melalui jalur tangan kedua, ketiga atau lainnya, biasanya fee akan mengalami penurunan. Ini bikin mengsedih. Hiks ... 


2. Buat Pemula, Nikmatilah Proses Jika Ingin Hasil Maksimal


Jangan berharap hasil maksimal ketika belum menikmati proses. Buat pemula, pelajari seluk-beluk dunia blogging hingga akarnya. Karena ngeblog tak sebatas menulis saja. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipraktikkan agar kita bisa bertahan di dunia blogging. 


3. Fokus 


Mentor saya berkata, kita tidak bisa menguasai semua hal dalam satu bidang. Ngeblog pun demikian. Di dunia blogging, kita dihadapkan oleh berbagai pilihan skill untuk diasah. Misal, mau fokus menjadi food blogger, praktisi SEO, content creator dan lain-lain. 

Nah, jika ingin mendapatkan hasil dari ngeblog, tentu kita tidak bisa menguasai semua itu. Setidaknya, ada satu atau dua skill yang kita miliki, lalu fokus dan lakukan secara kontinyu. Di sini lah nanti, gimana kita bisa menikmati manisnya sebuah proses dan fokus. 

Dari 3 poin di atas, yang paling utama adalah bagaimana blogger saat ini bisa menjaga ATTITUDE, baik dalam hal menulis konten atau membuat visual blog. Sebisa mungkin hindari COPAS, karena ini membuat jalan rezeki kita tidak faedah. 

Berkarya lah dengan jujur, niscaya hidup akan mujur. Ini harapan saya untuk para blogger di masa depan. 

Kesimpulan


Panduan menjadi blogger profesional agar dapat job secara konsisten yang saya tulis di atas adalah versi pribadi. 

Mungkin, versi blogger lain akan berbeda. Akan tetapi, apapun tips menjadi blogger profesional, pada intinya tergantung pada pribadi masing-masing. 

Anda cukup menjawab pertanyaan saya ini, sebenarnya apa goal Anda menjadi blogger? 

Dari sini, saya yakin bahwa Anda akan menentukan strategi buat diri sendiri untuk menjadi blogger yang mempunyai 'VALUE' dalam proses ngeblognya. 

Nah, apakah Anda sudah menentukan apa VALUE dari diri sendiri sebagai blogger? 






1 komentar on "Panduan Menjadi Blogger Profesional dan Konsisten Ngejob "
  1. Kerennn ih...emang dah mbak malica nih mantul.. kece mbak. Aku suka dengan 3 pertanyaan terakhir deh. Jawabannya nampol buatku.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9