Bikin Blog Dapat Duit? Baca Dulu Tips Berikut Sampai Habis!

Sabtu, 10 April 2021




“Are blogs worth it for money? How long a blog becomes worth it in average?”


Pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan dari rasa penasaran Mr. Bule, klien saya yang tinggal di Belgia.


Melihat saya yang nyaris sering begadang untuk menuntaskan konten-konten blog klien. Dia pun mulai bertanya-tanya. Memang bikin blog bisa dapat duit? Berapa lama bisa menghasilkan uang?


Saya bilang kepadanya,”Of course, I can get money from blogging. But many things that I have to be sacrificed.”


Dan tentang many things yang saya maksud di atas, saya sudah merangkumnya dalam tulisan berjudul Jangan jadi blogger jika nggak kuat.


Di sana saya menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk ngeblog sekaligus menjadi blogger konsisten.


Benarkah Ngeblog itu Tidak Instan? 


Benarkah ngeblog itu tidak instan? Jawabannya adalah benar.


Ya, cara dapat duit dari blog itu tidak bisa instan. Ngeblog pun saya katakan tidak mudah. Bahkan jika pertama kali niat Anda ngeblog hanya untuk mendapatkan uang, maka saya bisa katakan jika proses ngeblog bisa saja berhenti di tengah jalan.


Asal tahu saja, kebanyakan blogger pemula berhenti ngeblog karena awalnya mereka berpikir jika blog dapat duit bisa dilakukan dengan cepat. Sayangnya, itu cukup mustahil. 


Setidaknya Anda membutuhkan waktu paling sedikit adalah 6 bulan sampai 1 tahun ngeblog secara konsisten  barulah Anda bisa berpenghasilan dari blog. Meski uang yang didapatkan tidak dalam jumlah besar setidaknya Anda tetap dibayar dari hasil menulis di blog.


Saya sendiri butuh waktu 1 tahun mengembangkan blog agar bisa dapat uang. Jungkir balik deh pastinya. bahkan mata panda terlihat jelas. Nah, yang kayak gitu, demi apa coba?


Jadi, bisa saya simpulkan bahwa blog bukan cara singkat untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi blog bisa Anda jadikan sebagai penghasilan sampingan yang berpotensi sebagai sumber penghasilan.


Bagaimana jika sudah terlanjur jatuh cinta dengan ngeblog, lalu memutuskan menjadi fulltime blogger agar ngeblog dapat uang?


Ya bagus dong. Justru patut ditiru karena ternyata blog tidak sekadar kerjaan sampingan, tetapi dari blog bisa dijadikan sebuah profesi yang menjanjikan.   




Kalau Ingin Bikin Blog Dapat Duit, Maka Pahami 7 Langkah Ini



Seperti yang saya bilang, jika proses ngeblog tidak bisa kilat. Meski demikian, Anda tetap bisa membuat blog hingga dapat uang.


Mungkin saya belum cukup kompeten memberikan tips berkelas agar sukses ngeblog. Tetapi semoga cara sederhana dari pengalaman pribadi saya saat ngeblog selama setahun ini cukup membantu para blogger pemula yang ingin berkarya lewat blog.  


1. Ubah Mindset “Ngeblog Susah Jadi Mudah”



Sejak awal terjun ke dunia blogger, saya cukup banyak mendengar cerita para blogger bahwa ngeblog tak semulus yang dibayangkan. Tetapi saya tipikal orang yang rasa keponya tinggi. Saya tidak menelan mentah-mentah cerita tersebut.


Saya mencoba mencari tahu, apa penyebab ngeblog tidak mulus?


Dalam artian, "kira-kira apa sih kendala ngeblog? Apa saja kerugian ngeblog? Dan apa saja kelebihan dari ngeblog?"


Setelah saya tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, dengan cepat saya mengubah mindset yang tadinya ngeblog susah menjadi mudah. Saya tanamkan kalimat sederhana tersebut dalam pikiran yang mana tujuannya adalah agar saya tetap optimis untuk ngeblog.


Mungkin perkara mindset ini bisa saja dilupakan oleh blogger pemula yang tujuan ngeblognya agar jadi blogger dapat duit. Sehingga tak heran ketika sudah usaha keras ngeblog, ternyata duit tak kunjung mendekat. Akhirnya, pesimis banget serta akan bilang “Saya gagal ngeblog”. Padahal tidak demikian.


2. Jadilah Blogger yang Bermodal


Seringkali saya membaca banyak pertanyaan bersliweran di grup blogger, “Apa langkah sukses menjadi blogger pemula agar bisa menghasilkan? Blognya boleh gratisan?”


Pertanyaan di atas sebenarnya tidak ada yang salah. Karena tergantung tujuan ngeblog. Jika tujuan ngeblognya hanya untuk iseng, maka sah-sah saja blognya dibikin gratisan saja. Tetapi jika ingin ngeblognya dapat uang, ya alangkah baiknya harus diubah ke berbayar.


Memang blog yang gratisan nggak bisa menghasilkan ya?


Ya, bisa saja sih. Tapi menurut saya, membuat blog agar dapat uang sebaiknya blog Anda sudah berdomain. Jika blog Anda sudah berdomain atau TLD akan terlihat profesional. Kesempatan dilirik untuk mendapatkan job blogger pun sangat mungkin sekali.


Selain modal membeli domain, bagi Anda yang ingin membangun blog atau website self-host, maka Anda juga harus merogoh kocek untuk hosting. Untuk urusan hosting, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Nah, Anda bisa berburu hosting murah harga bersahabat di sahabathosting.com. Saya sudah membuktikan kualitasnya. Pelayanan oke selama 24 jam.


Nah, ternyata domain dan hosting saja juga belum cukup bikin blognya menghasilkan duit. Dari beberapa cerita blogger senior, mempercantik tampilan blog dengan template premium untuk menarik pengunjung blog supaya konsisten berkunjung ke blog juga perlu diperhatikan oleh blogger pemula.


3. Memahami SEO


Mungkin SEO hanya salah satu cara blog dapat duit. Namun tidak ada salahnya blogger pemula mempelajarinya. Setidaknya ketika Anda memahami ini bisa bikin performa blog Anda lebih bagus lagi.


“SEO bikin kepala pening, Mbak Malica.”


Ya sudah, Nggak apa-apa. Mau belajar SEO atau tidak adalah pilihan. Hanya saja jika saya boleh menyarankan pelajarilah selagi sempat. Sebab SEO ini merupakan cara ampuh mendapatkan job blogger.


Kenapa saya bilang ampuh?


Coba Anda bayangkan, jika anda berhasil menerapkan teknik SEO pada blog Anda. Lalu ternyata konten yang Anda optimasi dengan teknik SEO tersebut berhasil menduduki rangking pertama halaman google. Plus konten Anda pun berkualitas. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang related dengan konten blog Anda tersebut, akan mengajak Anda untuk bekerjasama.


Bukankah sangat menarik? Remeh sih, tapi penting!


4. Pahami Cara Berpenghasilan Melalui Blog


Jika Anda menuliskan kata kunci cara berpenghasilan dari blog di google. Saya yakin akan ada banyak artikel membahasnya. Nah, Anda wajib baca semuanya. Karena dari setiap artikel memberikan pembahasan berbeda sekalipun tujuannya sama.


Saya juga pernah mengulas bagaimana seorang blogger bisa ngasilin duit di Artikel cara mudah berpenghasilan dari blog untuk blogger pemula. Klik saja ya, siapa tahu bermanfaat.


5. Buatlah Blog Profesional



Sebenarnya kalau ngomongin blog profesional, pastilah setiap blogger memiliki ciri khas. Tetapi mungkin Anda bisa jadikan patokan apa yang dimaksud blog profesional pada umumnya. Silakan simak infografis  di bawah:


6. Konsisten Update Tulisan


Mungkin Anda akan bertanya, mengapa blogger jika ingin blognya jadi duit harus update konten secara konsisten?


Jawabannya sederhana.


Pertama, konten diupdate secara konsisten bertujuan untuk menarik pembaca sehingga pengunjung blog akan mengalami peningkatan setiap harinya.


Kedua, mesin pencari menyukai konten yang fresh sehingga ketika Anda update artikel secara konsisten sekaligus isi tulisan berkualitas, maka pengunjung organik Anda akan meningkat. Sebab banyak artikel yang anda terbitkan, maka search engine akan rajin pula melakukan crawling. Begitu penjelasan dari beberapa mentor.


Namun pertanyaannya, seberapa sering harus update Artikel?


Dikutip dari panduanim.com, blogger pemula tidak disarankan untuk update konten berkualitas dalam waktu singkat. Ini cukup sulit dan ditakutkan akan menjadi bosan yang mengakibatkan kualitas menurun.


Jadi tipsnya adalah, silakan Anda update 2—3 artikel per minggu untuk blog baru agar kemampuan menulis terasah dan lebih baik. Lalu seiring berjalannya waktu, Anda bisa sesuaikan update konten sesuai frekuensi sembari tingkatkan kualitas konten.


Tetapi sedikit catatan, jika Anda memang mampu update artikel satu hari satu artikel plus tulisannya pun berkualitas. It’s Okey tidak menjadi masalah. Kembali kepada masing-masing blogger, ya.


7. Investasi Leher ke Atas


Sebenarnya poin terakhir ini bisa saja saya gabungkan dengan poin 2 di atas. tetapi saya ingin membahasnya lebih detil sendiri.


Jadi tak banyak blogger yang ingin sukses dan berpenghasilan mau investasi leher ke atas. Rata-rata akan bilang bahwa jawabannya semua ada di google.


Sayangnya berkebalikan dengan prinsip saya yang suka sekali mengosongkan gelas untuk menerima ilmu baru walaupun itu berbayar. Karena menurut saya, dibimbing mentor langsung lebih memudahkan saya untuk belajar daripada menonton video youtube yang sudah ada.


Selain itu, dengan memiliki mentor blogging Anda bisa terarah maksud dan keinginan. Yang mana ketika Anda mencari masalah yang sedang dihadapi, ada real mentor yang menjadi petunjuk jalan. Sementara google hanya akan menyajikan Anda solusi melalui tutorial dan sebagainya. Nah, bagi saya cara di atas belum cukup memuaskan sehingga saya butuh investasi leher ke atas  dengan mengikuti kelas gratis maupun berbayar untuk asah skill ngeblg. 


Kesimpulan  


Bikin blog jadi duit memang bukan perkara mudah bagi blogger pemula. Tetapi bukan berarti tidak bisa. 7 langkah yang saya dibagikan di atas semoga bisa menjadi solusi bagi Anda yang masih bingung untuk mencari penghasilan dari blog.


Namun sedikit catatan, tips di atas hanya berdasarkan pengalaman. Jadi tulisan yang saya bagikan pun sangatlah sederhana. kiranya ada yang mau menambahkan tips sukses berpenghasilan dari blog sangat diperbolehkan. 


Nah, bagi Anda yang saat ini belum tertarik untuk ngeblog karena bingung bagaimana cara membuat blog, silakan saja mengambil promo pembuatan website murah di sahabathosting.com. 

Ada PROMO  khusus selama bulan ramadan, yakni bikin website gratis E-Book Rahasia Blogger Pemula dan beli Hosting sambil Berdonasi. 

Klik sahabathosting.com  untuk info selengkapnya. Atau Anda bisa order melalui link berikut MAU DONASI. 





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9