Bikin Blog Dapat Duit? Baca Dulu Tips Berikut Sampai Habis!

Sabtu, 10 April 2021




“Are blogs worth it for money? How long a blog becomes worth it in average?”


Pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan dari rasa penasaran Mr. Bule, klien saya yang tinggal di Belgia.


Melihat saya yang nyaris sering begadang untuk menuntaskan konten-konten blog klien. Dia pun mulai bertanya-tanya. Memang bikin blog bisa dapat duit? Berapa lama bisa menghasilkan uang?


Saya bilang kepadanya,”Of course, I can get money from blogging. But many things that I have to be sacrificed.”


Dan tentang many things yang saya maksud di atas, saya sudah merangkumnya dalam tulisan berjudul Jangan jadi blogger jika nggak kuat.


Di sana saya menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk ngeblog sekaligus menjadi blogger konsisten.


Benarkah Ngeblog itu Tidak Instan? 


Benarkah ngeblog itu tidak instan? Jawabannya adalah benar.


Ya, cara dapat duit dari blog itu tidak bisa instan. Ngeblog pun saya katakan tidak mudah. Bahkan jika pertama kali niat Anda ngeblog hanya untuk mendapatkan uang, maka saya bisa katakan jika proses ngeblog bisa saja berhenti di tengah jalan.


Asal tahu saja, kebanyakan blogger pemula berhenti ngeblog karena awalnya mereka berpikir jika blog dapat duit bisa dilakukan dengan cepat. Sayangnya, itu cukup mustahil. 


Setidaknya Anda membutuhkan waktu paling sedikit adalah 6 bulan sampai 1 tahun ngeblog secara konsisten  barulah Anda bisa berpenghasilan dari blog. Meski uang yang didapatkan tidak dalam jumlah besar setidaknya Anda tetap dibayar dari hasil menulis di blog.


Saya sendiri butuh waktu 1 tahun mengembangkan blog agar bisa dapat uang. Jungkir balik deh pastinya. bahkan mata panda terlihat jelas. Nah, yang kayak gitu, demi apa coba?


Jadi, bisa saya simpulkan bahwa blog bukan cara singkat untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi blog bisa Anda jadikan sebagai penghasilan sampingan yang berpotensi sebagai sumber penghasilan.


Bagaimana jika sudah terlanjur jatuh cinta dengan ngeblog, lalu memutuskan menjadi fulltime blogger agar ngeblog dapat uang?


Ya bagus dong. Justru patut ditiru karena ternyata blog tidak sekadar kerjaan sampingan, tetapi dari blog bisa dijadikan sebuah profesi yang menjanjikan.   




Kalau Ingin Bikin Blog Dapat Duit, Maka Pahami 7 Langkah Ini



Seperti yang saya bilang, jika proses ngeblog tidak bisa kilat. Meski demikian, Anda tetap bisa membuat blog hingga dapat uang.


Mungkin saya belum cukup kompeten memberikan tips berkelas agar sukses ngeblog. Tetapi semoga cara sederhana dari pengalaman pribadi saya saat ngeblog selama setahun ini cukup membantu para blogger pemula yang ingin berkarya lewat blog.  


1. Ubah Mindset “Ngeblog Susah Jadi Mudah”



Sejak awal terjun ke dunia blogger, saya cukup banyak mendengar cerita para blogger bahwa ngeblog tak semulus yang dibayangkan. Tetapi saya tipikal orang yang rasa keponya tinggi. Saya tidak menelan mentah-mentah cerita tersebut.


Saya mencoba mencari tahu, apa penyebab ngeblog tidak mulus?


Dalam artian, "kira-kira apa sih kendala ngeblog? Apa saja kerugian ngeblog? Dan apa saja kelebihan dari ngeblog?"


Setelah saya tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, dengan cepat saya mengubah mindset yang tadinya ngeblog susah menjadi mudah. Saya tanamkan kalimat sederhana tersebut dalam pikiran yang mana tujuannya adalah agar saya tetap optimis untuk ngeblog.


Mungkin perkara mindset ini bisa saja dilupakan oleh blogger pemula yang tujuan ngeblognya agar jadi blogger dapat duit. Sehingga tak heran ketika sudah usaha keras ngeblog, ternyata duit tak kunjung mendekat. Akhirnya, pesimis banget serta akan bilang “Saya gagal ngeblog”. Padahal tidak demikian.


2. Jadilah Blogger yang Bermodal


Seringkali saya membaca banyak pertanyaan bersliweran di grup blogger, “Apa langkah sukses menjadi blogger pemula agar bisa menghasilkan? Blognya boleh gratisan?”


Pertanyaan di atas sebenarnya tidak ada yang salah. Karena tergantung tujuan ngeblog. Jika tujuan ngeblognya hanya untuk iseng, maka sah-sah saja blognya dibikin gratisan saja. Tetapi jika ingin ngeblognya dapat uang, ya alangkah baiknya harus diubah ke berbayar.


Memang blog yang gratisan nggak bisa menghasilkan ya?


Ya, bisa saja sih. Tapi menurut saya, membuat blog agar dapat uang sebaiknya blog Anda sudah berdomain. Jika blog Anda sudah berdomain atau TLD akan terlihat profesional. Kesempatan dilirik untuk mendapatkan job blogger pun sangat mungkin sekali.


Selain modal membeli domain, bagi Anda yang ingin membangun blog atau website self-host, maka Anda juga harus merogoh kocek untuk hosting. Untuk urusan hosting, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Nah, Anda bisa berburu hosting murah harga bersahabat di sahabathosting.com. Saya sudah membuktikan kualitasnya. Pelayanan oke selama 24 jam.


Nah, ternyata domain dan hosting saja juga belum cukup bikin blognya menghasilkan duit. Dari beberapa cerita blogger senior, mempercantik tampilan blog dengan template premium untuk menarik pengunjung blog supaya konsisten berkunjung ke blog juga perlu diperhatikan oleh blogger pemula.


3. Memahami SEO


Mungkin SEO hanya salah satu cara blog dapat duit. Namun tidak ada salahnya blogger pemula mempelajarinya. Setidaknya ketika Anda memahami ini bisa bikin performa blog Anda lebih bagus lagi.


“SEO bikin kepala pening, Mbak Malica.”


Ya sudah, Nggak apa-apa. Mau belajar SEO atau tidak adalah pilihan. Hanya saja jika saya boleh menyarankan pelajarilah selagi sempat. Sebab SEO ini merupakan cara ampuh mendapatkan job blogger.


Kenapa saya bilang ampuh?


Coba Anda bayangkan, jika anda berhasil menerapkan teknik SEO pada blog Anda. Lalu ternyata konten yang Anda optimasi dengan teknik SEO tersebut berhasil menduduki rangking pertama halaman google. Plus konten Anda pun berkualitas. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang related dengan konten blog Anda tersebut, akan mengajak Anda untuk bekerjasama.


Bukankah sangat menarik? Remeh sih, tapi penting!


4. Pahami Cara Berpenghasilan Melalui Blog


Jika Anda menuliskan kata kunci cara berpenghasilan dari blog di google. Saya yakin akan ada banyak artikel membahasnya. Nah, Anda wajib baca semuanya. Karena dari setiap artikel memberikan pembahasan berbeda sekalipun tujuannya sama.


Saya juga pernah mengulas bagaimana seorang blogger bisa ngasilin duit di Artikel cara mudah berpenghasilan dari blog untuk blogger pemula. Klik saja ya, siapa tahu bermanfaat.


5. Buatlah Blog Profesional



Sebenarnya kalau ngomongin blog profesional, pastilah setiap blogger memiliki ciri khas. Tetapi mungkin Anda bisa jadikan patokan apa yang dimaksud blog profesional pada umumnya. Silakan simak infografis  di bawah:


6. Konsisten Update Tulisan


Mungkin Anda akan bertanya, mengapa blogger jika ingin blognya jadi duit harus update konten secara konsisten?


Jawabannya sederhana.


Pertama, konten diupdate secara konsisten bertujuan untuk menarik pembaca sehingga pengunjung blog akan mengalami peningkatan setiap harinya.


Kedua, mesin pencari menyukai konten yang fresh sehingga ketika Anda update artikel secara konsisten sekaligus isi tulisan berkualitas, maka pengunjung organik Anda akan meningkat. Sebab banyak artikel yang anda terbitkan, maka search engine akan rajin pula melakukan crawling. Begitu penjelasan dari beberapa mentor.


Namun pertanyaannya, seberapa sering harus update Artikel?


Dikutip dari panduanim.com, blogger pemula tidak disarankan untuk update konten berkualitas dalam waktu singkat. Ini cukup sulit dan ditakutkan akan menjadi bosan yang mengakibatkan kualitas menurun.


Jadi tipsnya adalah, silakan Anda update 2—3 artikel per minggu untuk blog baru agar kemampuan menulis terasah dan lebih baik. Lalu seiring berjalannya waktu, Anda bisa sesuaikan update konten sesuai frekuensi sembari tingkatkan kualitas konten.


Tetapi sedikit catatan, jika Anda memang mampu update artikel satu hari satu artikel plus tulisannya pun berkualitas. It’s Okey tidak menjadi masalah. Kembali kepada masing-masing blogger, ya.


7. Investasi Leher ke Atas


Sebenarnya poin terakhir ini bisa saja saya gabungkan dengan poin 2 di atas. tetapi saya ingin membahasnya lebih detil sendiri.


Jadi tak banyak blogger yang ingin sukses dan berpenghasilan mau investasi leher ke atas. Rata-rata akan bilang bahwa jawabannya semua ada di google.


Sayangnya berkebalikan dengan prinsip saya yang suka sekali mengosongkan gelas untuk menerima ilmu baru walaupun itu berbayar. Karena menurut saya, dibimbing mentor langsung lebih memudahkan saya untuk belajar daripada menonton video youtube yang sudah ada.


Selain itu, dengan memiliki mentor blogging Anda bisa terarah maksud dan keinginan. Yang mana ketika Anda mencari masalah yang sedang dihadapi, ada real mentor yang menjadi petunjuk jalan. Sementara google hanya akan menyajikan Anda solusi melalui tutorial dan sebagainya. Nah, bagi saya cara di atas belum cukup memuaskan sehingga saya butuh investasi leher ke atas  dengan mengikuti kelas gratis maupun berbayar untuk asah skill ngeblg. 


Kesimpulan  


Bikin blog jadi duit memang bukan perkara mudah bagi blogger pemula. Tetapi bukan berarti tidak bisa. 7 langkah yang saya dibagikan di atas semoga bisa menjadi solusi bagi Anda yang masih bingung untuk mencari penghasilan dari blog.


Namun sedikit catatan, tips di atas hanya berdasarkan pengalaman. Jadi tulisan yang saya bagikan pun sangatlah sederhana. kiranya ada yang mau menambahkan tips sukses berpenghasilan dari blog sangat diperbolehkan. 


Nah, bagi Anda yang saat ini belum tertarik untuk ngeblog karena bingung bagaimana cara membuat blog, silakan saja mengambil jasa pembuatan website murah di sahabathosting.com. Bisa kontak saya di sini 

Atau buat Anda yang membutuhkan hosting murah dengan pelayanan ramah dan terpercaya, silakan kepo dulu PROMO HOSTING di bulan Juli ini. Cek deh info di Instagram sahabat hosting (Klik ya). Hihi

Singkat kata mengakhiri artikel saya ini, profesi apa pun membutuhkan waktu untuk sampai di titik menghasilkan. Tak terkecuali profesi blogger. So, nikmati saja prosesnya ya!

Blog jadi duit

Sahabathosting.com







36 komentar on "Bikin Blog Dapat Duit? Baca Dulu Tips Berikut Sampai Habis!"
  1. Bikin mie instan aja butuh waktu, ya kan :))
    Waktu 1 tahun itu cukup lama juga ya mbak, tapi kalau dilakukan secara istiqomah, bisa dapat hasil yg sesuai keinginan. Pelan-pelan mulai dari blog gratisan ke berbayar, tapi yg masih jadi PR, konsisten ngeblog nih, biasanya masih oleng sama kesibukan lain :))

    BalasHapus
  2. Ngeblog kini sangat membantu di kala pandemi. Di kala cari kerjaan susah, blog malah kebanjiran job mulu ya kak. Asal ya bisa dicek penawaran yang masuk, cocok ngga dengan rate card kita. Kalo kita emg serius, mau jadi seperti Mbak Malica mah gampang. Hehehe..ayo semangaaat.

    BalasHapus
  3. Suka sama tulisan ini tetap semangat buat kita semuaaa yaa.makin sukses kedepannya mbak malica

    BalasHapus
  4. Berusaha buat istiqamah ngeblog dan nabung artikel, karena emang passionku nulis. Sudah belajar SEO, tinggal prakteknya.

    Eh tapi belum bisa bikin grafis sendiri wkwkkw.

    Ngeblog emang seru (apalagi kalau ada sponsored post) xiixix.

    BalasHapus
  5. Saya mengernyitkan dahi dengan point' Investasi leher ke atas. Maksudnya apa? Oalah... Ternyata... Emang itu peribahasa atau apa kok saya malah baru tahu, ehhehe...

    Tapi saya setuju. Kita ini jangan jumaw.a tetap ada yang lebih expert di bidangnya dan saya juga lebih suka kalau belajar tuh tatap muka dengan gurunya langsung

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan 7 langkah yg dipaparkan mba Malica. Investasi leher ke atas emang penting bangettt:)

    BalasHapus
  7. Saya investasi leher ke atas ini masih terkendala nih. Ngeblognya masih main aman aja, makanya ga maju2 seperti teman2 bloger. Mungkin nanti bisa berjalan dengan Sahabat Hosting agar langkahnya sebagai blogger semakin terarah. Makasih tipsnya mba.

    BalasHapus
  8. Point soal SEO, nih, yang belum mudeng-mudeng juga. Mesti banyak sabar dan praktek ilmunya terus.

    BalasHapus
  9. Nah aku nih jadi malu update blog lebih sering kalau lagi ada job. Ya ampun jadi tersindir aku tuh. Tutup muka ah

    BalasHapus
  10. memiliki blog yang bisa mendatangkan penghasilan itu nggak mudah ya mbak
    butuh modal dan proses juga

    BalasHapus
  11. Iya setuju sekali dengan tujuh tips di atas, ngeblog ga bisa instan butuh passion utk bisa konsisten mengerjakannya... Alhamdulillah sejauh ini masih bisa istiqomah.

    BalasHapus
  12. Ngeblog itu buat saya adalah me time yang paling menyenangkan
    Jadi menulis dengan asyik dan dari hati itu yang mendorong saya bikin blog
    Nah kalau kemudian bisa dapat penghasilan, itu bonusnya dong
    Apalagi kalau digarap serius dengan siap belajar biar lebih expert
    Makasi tipsnya mbak Malica. Saya juga pengen belajar banyak nih, selama ini saya taunya nulis-nulis aja, urusan teknis di belakang layar saya gak ngerti hehe

    BalasHapus
  13. Betul banget, Mba Malica. Ketika kita pengen dapat uang dari blog. Kita mesti berusaha keras untuk menunjang blog kita semakin cakep, keren dan SEO Friendly. 😊

    BalasHapus
  14. sejak kembali aktif ngeblog tahun lalu menjadi sumber penghasilan saya di saat pandemi, terutama sejak mengikuti kelas blog gratis hehe

    BalasHapus
  15. Sepakat kak. Saya dulu ngeblog beneran niatnya buat share apa2 yg saya minati, ketahui, pny ilmunya. Sekalian buat curcol. Alhamdulillah sekarang tahun ke 8 apa ya. Sudah bisa berpenghasilan dari Blog

    BalasHapus
  16. Asik nih lagi promo hosting, aku pengen ih kapan-kapan bikin wordpress ada hostingnya. Kita-kira habis berapo ya Mal?

    BalasHapus
  17. Dulu awal ngeblog ngga ada niatan jadi salah satu sumber penghasilan. Sekedar hobi nulis aja. Tahun kedua mulai deh, ada niat monetisasi dan keterusan sampai sekarang.

    Memang ngga bisa instan ya. Sekarang malah saya agak kesulitan rutin update karena lagi punya baby. Tapi tetep harus disempet-sempetin sih. Karena awalnya dari hobi jadi ngga terasa berat.

    BalasHapus
  18. Nggak ada yang instan untuk suatu keberhasilan, apalagi nge-blog. Nggak bisa ujug-ujug jadi keren, kudu paham bener dulu terutama dengan perintilan yang segambreng hehe

    BalasHapus
  19. saya baru tahu istilah leher ke atas ini mba heheh, tapi betul juga saya lebih suka punya mentor sendiri dalam hal appaun daripada nanya cari aja di google

    BalasHapus
  20. Setuju ngeblog yang menghasilkan GK bisa secara instan ya mb. Butuh usaha ekstra termasuk komit menulis ya. Kalau aku pemula msh merangkak...nulispun blm konsisten. Smoga dgn membaca artikel ini jadi lebih semngat. Thx ya mba insightnya.

    BalasHapus
  21. Awal nge-blog bener2 enggak niat buat dapet duit. Having fun nulis aja.
    Beli domain TLD biar artikelku bisa dibaca lebih banyak orang. Gitu aja.
    Begitu juga dengan belajar SEO.
    Kalau artikel nongkrong di page one kan mayan tuh. Lebih banyak yang visit blogku pasti, hehe.
    Jadi beneran gak nyangka banget bahwa ada "efek samping"nya, yaitu bisa dapet job.
    Rejeki, Alhamdulillah.

    BalasHapus
  22. Kalau blog pertama emang biasanya gitu, butuh waktu lebih lama. Tapi kalau udah blog kedua atau ketiga, udah punya pengalaman dan relasi biasanya bisa lebih cepat.... hehehe. Tapi biarpun begitu blogku cuma satu, bingung mengatur waktunya ...

    BalasHapus
  23. Nah iya aku diprotes teman yang sudah waktunya perpanjang domain mbak bilangnya setahun belum menghasilkan... Trus ku cek blognya baru berisi 5 artikel ckckck bingung mau ngomong apa jadinya

    BalasHapus
  24. Hai, kak
    Kukira nama Malica Ahmad itu cowok. Gak taunya cewek ��

    Btw, yang udah paham asam manisnya ngeblog paham lah ya kalau SEO itu bikin kepala pening. Mana google selalu update algorimenya mulu. Kan kita juga kudu update terus ilmu nya ��

    BalasHapus
  25. kalo hobinya udah menulis..insyaallah gampang ya buat dapet cuan dari blog.Tapi emang butuh proses gak bisa instan juga..

    BalasHapus
  26. investasi leher ke atas itu bisa berupa ilmu dan skinker dong kak? wkwk suka deh sama tips2nyaa.. menyegarkan dan mencerahkan buat blogger lainnya

    BalasHapus
  27. Sepertinya aku harus aktif nulis 2-3 artikel per minggu deh biar bisa konsisten ngeblognya dan dapat cuan. Soalnya, semenjak ganti domain yang kerasanya memulai ngeblog dari awal berasa susah banget dapet duitnya karena job rata2 ambil DA atau DR yg tinggi, ehehe. mamacih mbak tipsnya 💖💖

    BalasHapus
  28. Terima kasiiihhh minta tolong dibisikin kalau mau ngurusin WP gimana caranya, wkwkwk

    BalasHapus
  29. Setuju pake banget klo ngeblog itu gak bisa instant. Prosesnya itu lhooo sempat bikin nyeraah. Hehe
    Untung ya ada banyak teman2 senasib seperjuangan akhirnya gak jadi nyerah. Alhamdulillah ngeblog bisa jadi cuan

    BalasHapus
  30. awalnya kupikir investasi leher ke atas itu perlugoyang kepala kalau nulis, duh salah yaa.

    memang aku juga percaya sih, ilmu gratisan memang banyak, tapi kalau mau lebih terarah dan deep kelas berbayar lebih worth it ya mbak..

    BalasHapus
  31. Betul banget kalau ngeblog ngga instan, saya kenal blog dari 2010 wkkek.. Tapi bener2 konsisten nulis dan punya penghasilan ya setaun terakhir ini.

    BalasHapus
  32. Setuju mba, bukan tidak mungkin, hanya butuh waktu dan konsisten.
    Saya jg suka ikut kelas2 blog tapi masih yg gratisan hehe, dan itu juga yg tidak terlalu ketat karena sebagai emak dengan bayi ya begitulah hihi

    BalasHapus
  33. Semua memang gak ada yang instan yaa, Mba. Saya percaya, apa yang kita dapat tergantung dari seberapa besar usaha yang kita keluarkan, termasuk juga dalam mencari uang lewat menulis di blog

    BalasHapus
  34. Skin care-an aja butuh waktu berhari-hari bahkan berbulan2 yaa untuk hasil yang maksimal, begitupun ngeblog yang bercaun, hehehe

    BalasHapus
  35. Konsisten kayaknya poin paling susah bagi saya yang moodyan :(

    BalasHapus
  36. saya masih belajar mengatur waktu, membuat content plan dan banyak hal untuk bisa jadi blogger :D. Konsiten sepertinya penting yah

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9