Berani Resign dengan Mengoptimalkan Peluang Ngeblog

Sabtu, 10 Oktober 2020


Tips Optimalkan penghasilan ngeblog


"Jangan Mengerdilkan Rezeki Sendiri, Carilah Jalan Ninjamu. Berani resign, maka kamu berani keluar dari zona nyaman."

Kalimat pendek tersebut yang membuat saya berani resign. Hingga pada tahun 2019, tepatnya awal September  saya memantapkan hati untuk  menghadap kepala unit kantor dengan membawa surat pengunduran diri mengajar. 

Tangan gemetar, langkah kaki pun terasa berat. Saya berusaha mati-matian menahan air mata supaya tidak menangis di depan kepala unit kantor. Kalau boleh jujur, saya masih berat melepaskan pekerjaan mengajar tersebut. 

Pertama, Hampir 7 tahun saya mengabdi di lembaga bimbingan belajar tersebut. Meski sempat berpindah kantor dari kota Lamongan ke kota Cirebon, tetapi saya merasa semua pengajar di sana adalah keluarga. Ini yang membuat berat hati untuk resign. Seolah-olah saya merasa kehilangan keluarga untuk berbagi keluh-kesah. 

Ketakutan lain yang membuat saya tidak berani resign adalah ketika saya harus memikirkan 'Nanti kerja apa' sementara ada dua anak yang harus saya penuhi kebutuhannya.

Saat itu saya hanya bisa pasrah dan meminta sama Allah. "Kuatkan ya Allah. Semoga ini jalan yang terbaik."
 
Di saat hati merasa bimbang, pikiran bingung tak karuan, meminta pertolongan sama Allah adalah penguat paling ampuh buat diri saya yang sedang dilema. Dan tepat pada hari rabu siang, saya resmi menjadi emak-emak pengangguran. 

Tawaran Datang di Saat yang Tepat


Bagi seorang single mom seperti saya, memutuskan resign harus dipikirkan berulang kali. Apalagi saya tidak memiliki tabungan untuk persiapan bulan-bulan berikutnya.

Saat memutuskan resign, saya hanya mengandalkan uang dari hasil kerja online menjadi content writer di beberapa media online. Fee yang dibayarkan tidak banyak karena per artikel hanya dihargai Rp. 15.000 saja. 

Mungkin orang yang tahu gaji saya sebagai content writer akan berpikir, "Uang 15 ribu per artikel, emang cukup buat jajannya anak setiap hari? Bayar SPP sekolah? SPP mengaji? Belum lagi beli bayar listrik, bayar Air PDAM dan kebutuhan lainnya?"

Tepat sekali. Saya juga berpikir demikian. Namun terkadang hitungan matematika kita, tidaklah sama dengan hitungan matematika Allah. Bisa saja yang kita hitung selama ini berbeda dengan hitungan rezeki dari Allah sehingga saya tidak mau mengerdilkan rezeki sendiri. 

Oleh karena itu, saya harus berpikir positif tentang rezeki. Pelan-pelan, saya mulai menggali skill diri. 

"Kira-kira, saya memiliki skill apa saat ini?"

Kalimat ini yang saya pikirkan setahun lalu. Hingga terbesit untuk fokus dalam satu skill saja, yaitu menulis. Memang menulis bisa menghasilkan uang? 

Awalnya tidak begitu yakin menulis adalah jalan ninja saya untuk mendapatkan uang. Tetapi saya diingatkan kembali oleh pesan seorang mentor di acara Workshop Writerpreneur BEKRAF di Surabaya. Beliau bilang,

"Penamu mampu menembus masa depan. Maka, kamu sisipkan kata-kata yang baik. Selipkan harapan. Dan juga doa saat menulis. Rezeki akan mengikuti."

Saya  mulai merenungi perkataan mentor saya tadi. Lalu saya mencoba memetakan skill menulis yang benar-benar dikuasai. 

Dari 10 profesi menulis, ternyata profesi blogger berada di pilihan pertama. Dan saat itu juga sebuah tawaran datang dari seorang web developer asal Minang.

"Mbak Malica ngeblog aja deh. Nanti saya bantu buat percantik blognya. Mbak fokus isi kontennya aja, ya."

MasyaAllah, sejenak saya tertegun membaca chat dari teman tersebut. Apakah ini jawaban dari semua kegelisahan saya perihal pekerjaan setelah resign? 

Saat itu juga teman developer meyakinkan dengan menceritakan pengalaman dia ngeblog dan bergabung di komunitas blogger Jakarta.

Peluang-peluang ngeblog yang menjanjikan. Saya pun tergiur ingin mengikuti jejaknya. Bahkan saya sempat berpikir, menjadi blogger enak banget kayaknya.  

Dan seketika itu, saya bilang sama dia.

"Aku mau jadi blogger, uda. Mohon bimbingannya, ya."

Tak lama setelah diskusi saya dan web developer tersebut berlangsung,  lahirlah blog lifestyle sederhana www.malicaahmad.com. 

Tips Mengoptimalkan Peluang Blog untuk Blogger Pemula


Tak jarang pertanyaan seperti ini muncul di pesan whatsapp saya.

"Mbak Malica kasih tips ngeblognya dong. Gimana sih jadi blogger pemula yang menghasilkan kayak mbak?"

Saya selalu tersenyum ketika ada yang bertanya tips ngeblog. Jujur, sebagai blogger anyaran yang baru terjun di dunia blog selama 1 tahun. Saya tidak memiliki rahasia khusus agar bisa berpenghasilan dari blog. Saya hanya menerapkan teknik ngeblog sederhana yang sesuai dengan kemampuan saja. 

Sedikit banyak teknik tersebut sudah dilakukan oleh blogger senior. Dan saya menirunya, memodifikasi sesuai skill yang dimiliki dan berani trial dan error sampai berhasil. 

Coba deh disimak. Pasti kalian bakal bilang, "Yah, Cuma gitu aja tipsnya." Hehe

Tips memanfaatkan peluang blog


1. Konten adalah Koentji 


Content is the king. Mantra ini yang saya pegang mulai dari awal ngeblog. 

Sejak memutuskan menjadi blogger, saya membuat jadwal update tulisan. Setidaknya dalam 1 minggu ada 3 konten yang saya posting. 

Kenapa demikian?

Anggaplah Konten tersebut sebagai sarana personal branding. Dari konten tersebut, saya ingin mengenalkan pada teman media sosial saya. Bahwa saat itu saya telah memiliki blog sebagai wadah untuk berbagi. Meski saya tahu, konten yang saya tulis masih receh. Tetapi saya berpikir positif, jika suatu saat konten receh tersebut akan menemukan takdirnya. 

Dan yang terpenting, konten yang saya jadikan kunci personal branding blog, merupakan tulisan yang memang saya kuasai dan khas dengan karakter "Gue banget".


2. Kenalkan Karya Melalui Media Sosial yang Kamu Kuasai


"Media sosialmu mana yang ramai pengunjung?"

Inilah yang saya jadikan patokan untuk mengenalkan blog Malica. Dan media sosial yang akrab dengan branding saya saat itu adalah facebook.  Saya usahakan update di facebook setiap kali ada artikel yang tayang di blog Malica. 

Kenapa facebook? Kenapa nggak pakai media sosial lain? 

Yup. Saya bukanlah blogger multitalenta di bidang optimasi media sosial. Jadi media sosial mana yang benar-benar saya kuasai, itulah yang saya optimalkan dengan maksimal. So, di bagian ini kalian bebas ya.


3. Ilmu adalah Investasi


Banyak yang ingin sukses, tetapi enggan investasi leher ke atas. Ini salah. 

Saat berani resign, saya berjanji pada diri sendiri untuk belajar hal baru yang belum saya kuasai. Dan untuk belajar hal baru ini, mau nggak mau saya harus investasi leher ke atas agar skill mengalami peningkatan. 

Selain alasan di atas, saya juga sadar betul skill ngeblog saya kurang. Ilmu ngeblog saya masih cethek banget.Makanya, saya butuh ilmu agar proses ngeblog lancar.

Sebagai pemula, saya mulai melirik ilmu SEO atau search engine optimization dasar. Saya belajar step by step bagaimana trik membuat artikel bisa menduduki peringkat pertama di laman google. 

Tak hanya SEO yang saya pelajari waktu itu. Sekalipun saya paham cara menulis, tetapi saya belum tahu teknik menulis blog menyenangkan pembaca. Nah, ikutan deh kelas content writing. 

Pokoknya, awal terjun menjadi blogger, saya tidak eman (Kata orang Jawa) untuk investasi ilmu blogging lebih mendalam. 

Dan tak lupa, praktik adalah kunci keberhasilan dari sebuah kelas yang kita ikuti untuk meningkatkan skill. Tanpa praktik, sebanyak apa pun materi yang saya dapatkan di kelas tidak akan berguna. Sepakat, ya! 


4. Memperluas Networking 


Memperluas networking harus dilakukan oleh seorang blogger. Jangan malu mencari partner yang memiliki tujuan sama. Jangan malu bertanya kepada blogger senior yang lebih tahu. 

Menjalin relasi itu penting. Dengan memiliki relasi, kita bisa saling berbagi rezeki. Inipun yang saya yakini selama menjadi blogger setahun ini. 


5. Carilah Mood booster yang Bikin Kamu Semangat Ngeblog


Nah, mood booster adalah sesuatu yang urgensi buat saya. Sebagai blogger pemula, semangat ngeblog saya up dan down. Untuk menyiasati itu, saya sangat perlu mencari mood booster terlebih dahulu agar suasana menjadi good mood. 

Maka, jika kalian memiliki tipikal sama kayak saya, sebaiknya carilah mood booster agar semangat ngeblog tidak meredup begitu saja.


6. Konsisten Itu Penting


Konsisten sebagai penutup tips memanfaatkan peluang blog ala saya. 

Dan tahu nggak, konsisten ini tidaklah mudah. Saya pernah hampir sebulan membiarkan blog Malica dihinggapi sarang laba-laba. Tidak ada tulisan yang diunggah selama 30 hari. 

Nah, di sini saya mengingat kembali apa tujuan ngeblog. Jika saya berani resign dengan mengambil peluang berpenghasilan dari blog, maka saya harus menjaga konsistensi ngeblog.
 
Memang sih, membangun blog hingga menghasilkan cuan itu tidak mudah. Membangun konsisten juga tidaklah gampang. Namun jika saya diam dan bermalas-malasan, saya bakal menjadi blogger yang moddy-an. 

Nggak mau, kan? Sayang banget domain dan hosting yang sudah dibayar!   

Nah, setelah tahu tips dasar ngeblog, pasti kalian penasaran, apa saja sih penghasilan yang didapatkan selama 1 tahun ngeblog secara konsisten? 

Berikut portofolio pemula saya. 

Tips mengoptimalkan peluang blog untuk pemula


Menjadi Blogger Perempuan Berdaya di Tahun 2020 Bersama IIDN dan IM3 Ooredoo


Cara berpenghasilan dari blog

Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang pahit. Hadirnya wabah pandemi di pertengahan tahun, ternyata memporak-porandakan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut berdampak juga pada dunia blogging.

Ngeblog tidak seasyik setahun lalu ketika saya memutuskan berani resign. Konsistensi yang saya junjung agar naik kelas menjadi blogger profesional tidaklah cukup. 

Banyak syarat yang harus dipenuhi agar tetap menjadi blogger berdaya dan dilirik oleh sebuah brand untuk ditawari job.

Konten berkualitas memang masih menjadi pertimbangan klien dalam menyewa jasa blogger. Tetapi masa pandemi ini, klien juga berpikir cerdas. Angka DA menjadi syarat utama untuk berburu job blogger. 

Di sini saya mulai gigit jari. Secara nih, DA saya masih kecil dan jauh dari syarat yang diinginkan klien. 

Oleh karena itu, saya sangat beruntung ketika komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis yang digawangi oleh Widyanti Yuliandari, mengadakan webinar  berkolaborasi dengan IM3 Ooredoo dengan tema "Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog."


Tips memanfaatkan peluang blog untuk pemula


Ada 25 materi dalam webinar tersebut. Tetapi dari 25 materi tersebut, saya memilih "Mengenal dan Mengoptimalkan Domain Authority" bersama Irwin Andriyanto. 


Coach satu ini asyik banget dalam penyampaian materi. Padahal sebenarnya materi yang disampaikan cukup berat untuk blogger pemula. 

Nggak hanya berat sih, mumet juga. Tetapi anehnya, ratusan blogger blogger yang hadir menyimak dengan seksama. Masih bisa ketawa-ketiwi. Pertanyaan demi pertanyaan muncul tanpa jeda. 

Menurut Coach Irwin, ada 3 Teknik Optimasi DA dan PA sesuai kriteria MOZ, antara lain: 


1. Struktur Web atau Blog Harus Baik


Struktur web atau blog yang baik menurut parameter Moz adalah blog yang memiliki 3 poin penting ini.

Level Easy 


  • Perhatikan penggunaan judul artikel. Judul artikel harus pas porsinya. Tidak boleh terlalu pendek, tidak juga terlalu panjang. Idealnya, judul yang disukai Moz memiliki panjang 75 karakter saja.
  • Selain panjang karakter judul, usahakan judul tidak hilang atau terdeteksi duplicate title oleh google. So, be creative! 
  • Pastikan heading 1 dalam template blog kamu berjumlah hanya satu saja. Tidak boleh hilang, juga tidak boleh lebih dari satu. 
  • Meta description blog tidak boleh kosong. Wajib ada hukumnya. Dan idealnya, meta description blog berjumlah 150 karakter. 

Level Medium


  • Usahakan menulis artikel yang benar-benar menyelesaikan masalah pembaca. Jangan hanya karena ingin update blog setiap hari, kamu membuat artikel pendek dan tidak bermanfaat. 
  • Pastikan tag meta robot blog kamu sudah terindeks oleh google. Jika belum terindeks, segeralah mendaftarkan blog kamu di google search console.
  • Panjang url artikel disarankan berjumlah 55 karakter
  • Error 4xx atau redirect 4xx harus diatasi segera. Karena jika masalah error tersebut terjadi pada blog kamu, maka akan sangat rugi. Kamu akan kehilangan visitor blog karena alamat blog kamu tidak bisa diakses. Untuk itu, segeralah melaporkan pada penyedia hosting jika masalah tersebut terjadi.  

Level Medium


Level Medium ini khusus untuk blog yang menggunakan platform wordpress. Simak ya apa saja yang menjadi kendala DA/PA tidak naik secara maksimal, antara lain: 

  • Error 5xx
  • Error 4xx
  • Redirect Chain
  • Robot txt no index
  • Robot txt no follow

Jika 5 masalah di atas terjadi pada blog Anda, segeralah perbaiki agar DA bisa meroket. Hehe 


2. SEO on Page


Memahami dan menerapkan SEO on page versi Coach Irwin untuk menaikkan DA ini terbagi menjadi 24 poin, antara lain:

  • Blog dapat diakses oleh search engine
  • Hindari kata kunci yang banyak di judul
  • Hindari menggunakan banyak judul dalam 1 halaman
  • Hanya 1 halaman canonical
  • Masukkan kata kunci dalam halaman setidaknya 1 kali
  • Perhatikan jumlah karakter bukan kata
  • Perhatikan jumlah kalimat pada paragraf
  • Hindari keyword stuffing dalam artikel
  • Menggunakan kata kunci yang general atau target pada judul 
  • Masukkan kata kunci pada Header (H2,H3)
  • Jangan lupa sisipkan eksternal link, meskipun ke sosial media
  • Perhatikan panjang judul artikel
  • Pastikan keyword ada pada url
  • Gunakan statistic url
  • Gunakan karakter yang standar pada url
  • Jangan lupa memberi deskripsi pada artikel
  • Masukkan kata kunci pada deskripsi  
  • Masukkan kata kunci di ALT gambar
  • Jangan keyword stuffing pada url
  • Minimalkan panjang URL
  • Hanya 1 meta description
  • Optimalkan panjang deskripsi
  • Jangan banyak memasukkan link internal
  • Jangan banyak memasukkan link eksternal 


3. Optimasi Off Page


Ada tiga cara optimasi off page untuk menaikkan DA versi Mas Irwin, yaitu: 

  • Rajin share ke medsos 
  • Pahami link building
  • Lakukan apa yang blogger lain lakukan 

Di akhir sesi, Mas Irwin juga berpesan jangan terrfokus pada DA/PA saja.  Itu hanya parameter saja. Masih banyak parameter agensi seperti Ahref (DR),  Alexa rank, Majesti (TF)  dan banyak lagi. 

Tetapi saya bisa simpulkan, jika memang blogger pemula ingin berkompetisi dengan blogger lama, belajar meningkatkan DA/PA itu penting untuk mengoptimalkan peluang blog. 


Sinyal Lancar, Ngeblog Lancar


Dunia blogging erat kaitannya dengan sinyal. Ketika sinyal lancar, ngeblog aman tanpa kendala.

Sayangnya, saya termasuk blogger yang tinggal di desa.  Yang menjadi kendala utama ngeblog adalah susah sinyal. Maka dari itu, saya harus menjadi smart blogger dalam memilih provider internet yang tepat. 

Beruntung, saya bisa ikut webinar IIDN x IM3 Ooredoo. Ternyata saya tidak hanya mendapatkan ilmu ngeblog saja, tetapi solusi dari masalah susah sinyal yang sudah hampir setahun ini bikin nyesek. Saya temukan di sini. Yes, Im3 Ooredoo jawabannya.

Kenapa saya bilang IM3 Ooredoo adalah solusi yang tepat? Ada 7 keunggulan yang saya dapatkan di sini, antara lain: 


1. Bebas online


IM3 Ooredoo memanjakan penggunanya dengan layanan bebas online, sehingga semua orang bisa online dengan akses cepat, terjangkau, dan tanpa khawatir sinyal tersendat. 

2. Paket Freedom Internet


IM3 Ooredoo memberikan layanan freedom internet. Internetan selama 24 jam tidak masalah. Kamu bisa menikmati youtube dengan bebas, streaming aplikasi, nelpon, dan sms sepuasnya. Super hemat pokoknya! 


3. Pulsa Safe 


Kamu nggak perlu khawatir pulsa akan terpotong. Karena IM3 Ooredoo memiliki layanan pulsa safe yang membuat internetan tetap aman dan asyik. 

4. Data Rollover


Takut kuota hangus? Tidak dong! Dengan DATA ROLLOVER bikin internetan nggak dikejar waktu. Sisa kuota bisa digunakan bulan selanjutnya. 


5. Freedom Postpaid 


Ingin internetan bersama teman dan keluarga tanpa lemot dengan budget minimalis? Bisa banget! IM3 Ooredoo memiliki layanan freedom postpaid dengan biaya tetap setiap bulannya. Kamu tetap bisa nelpon, sms, hingga mendapat bonus 4G sepuasnya. 


6. Aplikasi Kekinian My IM3


My IM3 adalah aplikasi kekinian yang menawarkan berbagai kemudahan. Di  sini kamu bisa cek pulsa, kuota, isi ulang bonus beli paket data, kelola akun. Bahkan kamu juga bisa mengontrol data dan mendapatkan promo sekaligus penawaran khusus. 


7. Jaringan 4G Plus Kuat


Dengan IM3 Ooredoo kamu nggak khawatir lagi akses internet lemot. Jangkaun 4G Plus membuat akses internet cepat dan makin kuat. 

Dari 7 keunggulan IM3 Ooredoo di atas, tentu membuat saya semakin percaya, bersama IM3 Ooredoo peluang ngeblog bisa dikerjakan secara optimal. 

Tidak berhenti di sini, kamu juga harus tahu jika IM3 Ooredoo  pun meluncurkan beberapa jenis produk baru, salah satu di antaranya adalah IMPreneur. 

IMPreneur merupakan produk terbaru dari IM3 Ooredoo yang bisa menjadi solusi komunikasi sesuai kebutuhan saat ini. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah: 

  • Tersedia paket kuota dalam jumlah besar yang bisa dibagikan untuk tim bisnis 
  • Tersedia paket grup share yang terdiri dari 25 orang sehingga akan sangat mendukung kegiatan pemasaran, penjualan, distribusi dan lainnya.
  • Tersedia paket pelanggan prabayar dan pascabayar
  • Layanan sharing Quota bebas nelpon dan kuota sesuai aplikasi yang dibutuhkan     
  • Bisnis Semakin mudah dan lancar dengan IMPreneur 

Apakah Blogger Cocok Menggunakan IMPreneur? 


Jawabannya cocok sekali. Blogger juga bisa dikatakan pebisnis. Profesi blogger merupakan salah satu entrepreneur masa kini. 

Dengan memanfaatkan produk IMPreneur, kegiatan ngeblog jadi mudah menjalin komunikasi dengan para relasi. Blogger tidak perlu takut lagi aktivitas ngeblog tersendat hanya perkara sinyal. Karena IMPreneur  hadir memberikan solusi agar blogger semakin berkembang lebih maju. 

Bagaimana, tertarik mencoba profesi blogger? 
Cara menghasilkan uang dari blog


Teruslah belajar agar menjadi blogger profesional. Kuasai ilmu blogging, lalu praktikkan berulang-ulang. Tidak ada ilmu ngeblog yang bisa dicapai secara instan. Pantang menyerah,  berusaha, ikhtiar, dan berani memanfaatkan peluang ngeblog adalah pencapaian ngeblog yang sangat membahagiakan.

Dan jangan lupa, memilih koneksi internet yang tepat untuk mendukung ngeblog lancar juga tidak boleh dilupakan. Pastikan IM3 Ooredoo menjadi sahabat pendukung yang bikin kamu semakin produktif ngeblog, ya


Peluang dunia blog



12 komentar on "Berani Resign dengan Mengoptimalkan Peluang Ngeblog"
  1. Astaga mirip banget kisah perjalanan ngeblognya kak. Aku pun resign juga kala itu dr bank dan memutuskan ngeblog karena satu dan lain hal hehehe. Semangatttttt for us...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat. Saya masih harus banyak belajar buat jadi blogger kayak kakak nih

      Hapus
  2. Semangat ngeblog. Bismillah ada rejekinya ya mba. Akupun pindah ke malang itu sesungguhny dalam keadaan "oleng". Alhamdulillah justru krn itulah mulai aktif ngeblog lagi. Setelah sekian purnama off.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Harus semangat pokoknya mbak

      Hapus
  3. Keren! Makasih ilmunya. Aku malah belum kepikiran sama sekali buat nge-blog😭 tapi, memang benar, segala sesuatu harus konsisten. Sukses terus ya, Maak🙏

    BalasHapus
  4. Konsistensi adalah kunci, setuju banget Mbak. Banyak bloger berguguran karena merasa ga membuahkan hasil padahal belum terbukti konsisten membuat konten dan menambah ilmu lagi dan lagi. Plus perluas jaringan, insyaallah tawaran demi tawaran segera menyambangi. The Power of silaturahmi katanya, apalagi sekarang ada IMpreneur, aku baru tahu. Padahal udah 10 tahun pakai IM3. Tetap semangat ngeblog!

    BalasHapus
  5. Blogging ternyata potensial banget ya Mbak. Ga cuma dapat teman tapi dapet rezeki juga, senangnya kalau bisa dapat pundi-pundi rupiah apalagi dolar. Saya pun baru mulai merintis blog soal bahasa Jawa, ngenalin bahasa lokal sekaligus ngarep dapat iklan, entah kapan, hehe. Semoga beruntung, Mbak!

    BalasHapus
  6. Jadi makin semangat nih buat ngeblog. Memang berat buat konsisten karena ada aja alasan buat malas hehe. Semangat dan semoga tambah maju, Mbak!

    BalasHapus
  7. Baru ngeh dengan hashtag #IMPreneur :-)

    BalasHapus
  8. Mbak jasa menpeecantik blognya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kontak saya di sini bu 082231060498

      Hapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9