Ingin Jago Masak Olahan Khas Timur Tengah?Cobain Aja Bumbu Nasi Biryani Berikut Ini!

Senin, 24 Mei 2021

Seperti apa nasi Biryani? Inilah kali pertama yang ada dibenak saya ketika seorang teman pamer masakan pertamanya khas Timur Tengah telah berhasil setelah beberapa kali gagal. Gara-gara dia, saya jadi penasaran bagaimana memasak Nasi Biryani tersebut untuk anak-anak.


Nah, bagi Anda yang belum tahu seperti apa Nasi Biryani, saya akan mengulasnya di artikel jago masak Olahan Khas Timur Tengah. 


Bumbu Nasi Biryani


Olahan ini merupakan hidangan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah sayuran dan daging. Anda bisa menggunakan daging kambing, ikan, udang dan sapi. Biar lebih praktis dan mudah, teman saya menyarankan buat menggunakan bumbu Nasi Biryani dari Cairofood saat hendak ingin memasak olahan Khas Timor Tengah ini. Sebab kaya akan rempah dan rasanya otentik. 


Penasaran gimana cara masaknya? Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Simak yuk!


Kenapa Nasi Biryani Istimewa?


Menu nasi Biryani ini memang menyajikan rasa istimewa karena menggunakan beras basmati. Apa beda beras Basmati dan dengan beras biasa? Di mana membeli beras basmati? Pasti ini kan pertanyaan Anda?


Sebelum memasak, baiknya memang mengetahui  jenis bahan yang akan digunakan. Dengan mengetahui bahan yang akan dipakai, maka Anda juga bisa memastikan kandungan apa saja yang ada dalam bahan-bahan tersebut.


Seperti beras basmati yang memiliki kandungan protein lebih banyak daripada beras putih. Beras Basmati juga memiliki kandungan karbonhidrat yang lebih rendah dibandingkan beras putih biasa sehingga inilah yang menjadikan olahan nasi biryani disebut sebagai makanan yang bisa menurunkan berat badan, menekan peningkatan kadar gula darah, serta bisa mengurangi risiko penyakit jantung.


Tak hanya itu, jika ngomongin soal beras basmati yang digunakan bahan utama dalam pembuatan nasi biryani, kelebihan beras basmati sudah terkenal sejak dulu karena beras yang tampilan bijinya panjang dan ramping ini, konon dijadikan makanan para bangsawan.


Rasanya yang lembut, lalu aroma wanginya yang khas telah membuat para bangsawan menganggumi jenis masakan ini. Dan asal tahu saja, asal mula beras basmati ini ditanam di area pertanian India dan Pakistan. Kemudian seiring waktu, banyak negara yang mengidolakan beras basmati sebagai olahan makanan timur tengah sehingga diekspor ke beberapa negara.


Beras Basmati di Indonesia sendiri bisa Anda beli di beberapa marketplace secara online dengan harga mulai dari Rp. 77.000 sampai Rp. 200.000 tergantung kualiitas beras basmati itu sendiri.


Resep Nasi Biryani Dimasak dengan Ricecooker Doang dan Bumbu Nasi Biryani Cairofood


Jika kamu ingin mencicipi kelezatan nasi biryani tetapi cukup sulit menemukan di daerah Anda tinggal. Tak perlu khawatir, karena Anda bisa memasaknya sendiri menggunakan bumbu Nasi Biryani Cairofood dan hanya dengan memanfaatkan ricecooker di rumah aja, lho! Gimana caranya? Cek yuk! 


Bahan-Bahan Untuk Membuat Nasi Biryani


1 kg daging kambing dengan tulang

1 liter beras basmati

3 bawang Bombay (potong dadu)

Bawang putih

3 sdm bumbu biryani Cairo food 

100 gram yogurt

3 buah tomat (blender halus)

50 gram daun ketumbar 

50 gram daun mint

Minyak goreng secukupnya

Garam sesuai selera


Cara Memasak Nasi Biryani dengan ricecooker dan bumbu nasi biryani cairofood 


  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam selama 15 menit 
  2. Potong dadu bawang bombai, kemudian sisihkan
  3. Haluskan bawang putih, kemudian sisihkan
  4. Tumis bawang bombai, bawang putih sampai harum dan berubah warna kecoklatan. Jika sudah berubah warna, maka masukkan tomat, yogurt, dan bumbu biryani Cairo Food
  5. Masukkan daging, lalu tambahkan air, dan rebus hingga daging lunak. Sisakan air kaldu sebanyak 1,5 liter untuk digunakan selanjutnya
  6. Masukkan beras yang telah direndam tadi ke dalam ricecooker, lalu gunakan kaldu sisa di proses memasak sebelumnya
  7. Tambahkan daun ketumbar, daun mint yang sudah dipotong kecil-kecil
  8. Masak hingga matang
  9. Selesai

Bumbu Nasi Biryani Cairo Food, Solusi Anda yang Nggak Jago Masak dan Dijamin Sehat!


Sejak saya hobi memasak selama pandemi ini, juga saat mencoba memasak nasi kebuli sebelumnya, saya juga tertarik membuat nasi biryani. Maka saya selalu berlangganan mengintip resep-resep di website cairo food. Di mana resep dan bahan yang ditulis sangat simpel dan mudah dipraktikkan. 


Selain itu, memasak olahan timur tengah dengan bumbu Cairo Food dijamin berhasil dan antigagal. Anda bisa menerapkan masakan mudah dan praktis. Oh ya, tak hanya itu. kenapa banyak orang memilih bumbu nasi biryani cairo food? Ada beberapa kelebihan di antaranya bumbu Cairo Food halal, tanpa pengawet, tanpa MSG, tanpa pewarna, tanpa garam, tanpa gula, dan pastinya sehat. 


Tahu kenapa saya bilang bumbu nasi biryani cairofood sehat?


Sebab bahan-bahannya diracik sangat istimewa dan berkualitas. CairoFood 100 % terbuat dari rempah alami, bukan bahan kimia , tidak juga ada bahan pengawet dan anti kempal alami. Dan bahkan saking terpercayanya bumbu Cairo Food ini, banyak restoran, hotel dan catering memakai bumbu ini sebagai standar masakan khasTimur tengah yang dihidangkan. 


Tips Memasak Nasi Biryani Anti Gagal


1. Anda harus pastikan jika karakter beras dan skala air selalu berbeda sehingga Anda harus mengatur volume air dalam nasi agar hasil masakannya tidak pulen

2. Resep bisa diubah sesuai selera

3. Setiap garam memiliki kadar asin berbeda. Jadi Anda harus memastikan takaran yang tepat sesuai selera

4. Jangan lupa untuk merendam beras basmati sebelum memasak 

5. Anda bisa mengganti yogurt dengan santan atau susu 

6. Hindari penggunaan MSG pada masakan walaupun bisa membuat makanan lebih gurih dan lezat

Kesimpulan 


Menjadi koki andal di rumah di era digital seperti sekarang bukanlah hal sulit. Apa saja resep yang Anda butuhkan bisa dicari di internet. Anda cukup memanfaatkan smartphone cerdas Anda dengan berburu resep sesuai selera di beberapa website masakan terpercaya. 

Contohnya saya, ketika ingin mencoba hal baru di dunia perdapuran sekaligus ingin masakan gaya olahan Timur Tengah. Saya suka berselancar di website cairofood.id di mana segala masakan timur tengah dikemas apik dengan resep mudah dan praktis. 

Anda juga akan mendapatkan solusi baru bahwa masak nggak harus ribet karena ada bumbu Cairo Food yang sehat dan praktis yang bisa Anda coba. Seperti resep bumbu nasi biryani di atas, cukup mudah bukan cara membuatnya? 

Nah, sahabat Malica bisa praktikkan segera, ya. Dan jangan lupa share pengalaman memasak nasi biryani di kolom komentar. Selamat mencoba!




2 komentar on "Ingin Jago Masak Olahan Khas Timur Tengah?Cobain Aja Bumbu Nasi Biryani Berikut Ini!"
  1. aku doyan biryani mbak, udah lama banget nggak makan, makan biryani kalo pas ke luar negeri aja :D
    dannn kalau ada bumbu instannya begini enak juga ya, bisa masak sewaktu waktu
    kan jadi kepo sama bumbunya terus kasih ke orang rumah buat dimasak nih

    BalasHapus
  2. Naaah kalo ada bumbunya gini anti gagal niiih :D. Selama ini kalo kangen briyani aku pasti larinya ke restoran timur tengah Deket rumah.

    Sukaaa banget Ama makanan2 khas timur tengah gini, Krn pada dasarnya aku memang terbiasa Ama makanan kaya rempah mba. JD makanan Kairo, Arab LBH cocok masuk ke lidahku. Udh familier :). Soalnya kan ada juga orang2 yg ga kuat Ama makanan rempah, Krn terlalu tajam rasa dan aroma. Aku sih nyium aromanya juga lgs lapeeer hahaha

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9