IDN MEDIA Menggelar Kompetisi Film Pendek di Sundance Film Festival Asia 2021

Rabu, 26 Mei 2021

Apa sih yang dimaksud Film pendek? Seberapa memikat film pendek di era digital ini?


Sundance Film Festival

Menurut Wikipedia, Film pendek adalah salah satu bentuk film simple dan paling kompleks. Di awal perkembangannya, film pendek ini telah dipopulerkan oleh comedian Charlie Chaplin. Dikatakan film pendek karena durasi film di bawah 50 menit. 


Meski demikian, Anda tidak bisa meremehkan jenis-jenis film pendek yang sudah beredar di pasaran. Justru di era perkembangan digital saat ini, semakin hari film pendek ini semakin popular, juga memiliki kekhasan yang cukup memikat para pemirsa dan filmmaker itu sendiri. 


Seperti halnya film pendek yang diadakan oleh IDN MEDIA dan XRM Media di Sundance Film Festival Asia 2021 ini. Yang ternyata tidak sekadar asah bakat pembuatan film pendek saja, tetapi ada juga pelaksanaan Short Film Competition juga, lho! 


Nah, bagaimana keseruan kompetisi film pendek di Sundance Film Festival Asia tahun ini? Simak ulasannya, ya! 


Tentang IDN Media dan XRM Media, Perusahaan Digital yang Mendukung Generasi Muda Berkarya di dunia Perfilman


Nama IDN Media tentu sudah tidak asing didengar, bukan? Begitupun saya yang mengenal IDN Media sebagai perusahaan media platform yang artikel-artikelnya sangatlah informatif. Selain itu, IDN Media juga menjadi wadah berkarya para generasi milenial dan Gen Z di Indonesia, khususnya mereka yang tertarik dengan dunia kepenulisan dan  digital. 


Tak heran jika IDN Media semakin terdepan dari tahun ke tahun, sebab media digital ini memiliki visi untuk mendemokratisasi informasi sekaligus membawa dampak positif bagi masyarakat. Nah, kali ini IDN Media juga mendukung dunia perfilman, lho. Lebih tepatnya ikut bergabung sebagai kurator di acara Sundance Film Festival Asia 2021. 


Selain IDN Media, ada juga XRM Media selaku perusahaan hiburan dan teknologi yang juga mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multicultural. Nah kali ini XRM Media berkolaborasi dengan IDN Media di ajang Sundance Film Festival guna mengenalkan para sineas muda agar bisa maju di dunia perfilman global. 


Kompetisi film pendek



Apa Sih Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival Asia?  


Short Film Competition atau kompetisi film pendek sebagai salah satu rangkaian acara di festival Sundance tahun ini. Disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini digelar untuk para insan  perfilman. Tujuan dari kompetisi ini tidak lain adalah untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film sekaligus mengenalkan para filmmaker baru ke kancah global. 


Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa Sundance Festival tahun ini lebih mendukung kompetisi film pendek, kan? Apa sih istimewanya? 


Menurut Winston Utomo selaku CEO IDN Media mengatakan bahwa film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan story telling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival Asia. Harapannya di ajang kompetisi ini akan lahir karya-karya kreatif dan menarik dari para sineas Indonesia, sekaligus bisa menjadi wadah bagi perkembangan industri film di Indonesia. 


Tak hanya CEO IDN Media saja yang mendukung berkibarnya film pendek di era digital. Ada juga Michael Chow selaku founder of XRM Media yang merasa bangga dan terhormat bisa membawa Sundanese Film Festival dari Asia ke Jakarta, Indonesia di short film competition bersama dengan Argo. Michael yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Juga akan mendukung komunitas film lokal di Asia menuju audiens global. 


Sundance Film Festival, Panggilan untuk Insan Perfilman Indonesia


Di awal saya mengatakan bahwa ajang festival film yang diusung oleh perusahaan media platform memang tidaklah main-main. Terlebih saya tahu jika partner sekaligus kurator di ajang perfilman kali ini telah dipegang oleh Sundance Institute. 


Sundance Film Festival


Sundance Institute adalah lembaga nirlaba yang menyediakan tempat berkarya untuk para seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk lebih kreatif dan berkembang. Melalui acara Sundance Film Festival ini, Sundance Insitute ingin menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu agar tetap terhubung di ruang kreatif . Tak hanya itu, Sundance Film Festival juga sedang membangun kedekatan antara para seniman dengan penontonnya yang tujuannya adalah untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik. 


Jika ada yang penasaran dengan kinerja Sundance Institute, berikut beberapa proyek yang pernah dijalankan, seperti Clemency, Never Rarely, Sometimes Always, Zola, Call Me By Your Name dan masih banyak lagi. Keren sekali, bukan? 


Nah, apakah Anda yang saat ini berprofesi sebagai filmmaker tertantang untuk ikut Di Sundance Film Festival? Simak cara mendaftar di bawah ini ya. 


Cari Tahu Syarat dan Ketentuan Kompetisi Film Pendek di Sundance Film Festival 


Bagi para generasi muda yang saat ini berkecimpung di dunia seni, khususnya film. Kompetisi film pendek yang diadakan oleh Sundance Film Festival bisa menjadi langkah awal Anda mengasah skill perfilman, sekaligus sebagai sarana branding agar bisa melaju ke kancah global. 


Untuk itu, para filmmaker harus benar-benar memanfaatkan kesempatan baik ini, ya. Jika berminat, Anda bisa menyiapkan diri dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain berusia minimal 18 tahun dan berstatus warga asli Indonesia. Untuk domisili bisa bertempat di mana saja, asalkan memang berminat di dunia film. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan benar tentang durasi kompetisi film pendek yang diminta, yakni film pendek hanya berkisar antara 3 sampai 20 menit saja. 


Tertarik ikutan? Yuk, asah skill perfilman bersama IDN Media dan XRM Media di ajang Sindance Film Festival segera. Anda akan mendapatkan sensasi luar biasa atau mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Jangan lupa submit karya Anda terakhir 19 Mei 2021, ya! 


Selamat Mencoba, Sahabat Malica.   


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9