SEBELUM BILANG BLOGGING ITU NGGAK PENTING, SIMAK 33 ALASAN KENAPA HARUS NGEBLOG

Kamis, 24 Oktober 2019


"Kamu yakin memutuskan resign kerja dan ingin fokus NGEBLOG di rumah saja?"

Pertanyaan konyol yang ditanyakan salah satu teman kerja, ketika saya hendak memutuskan resign dari sebuah lembaga bimbingan belajar beberapa minggu lalu. 

Dan saat itu, saya bilang ke dia ingin fokus ngeblog di rumah sambil mengasuh anak. Dia tampak heran dan syok, bagaimana bisa saya memutuskan sesuatu yang cukup berisiko. Saya sih maklum jika teman saya itu heran. Karena dunia blogging itu nggak penting bagi beberapa orang yang belum tahu manfaatnya. 

Kenapa saya bilang demikian? 

Istilah blogging bagi beberapa orang memang sedikit asing. Bahkan jika orang tersebut tidak terbiasa berkecimpung di dunia digital, kata blogging bisa saja menjadi sesuatu hal yang baru mereka dengar. 

Saya bisa berkata demikian karena mengaca pada pengalaman. Ketika saya bercerita tentang profesi Blogger pada siswa SMA yang pernah saya ajar. Awalnya, saya mengira mereka paham siapa itu Blogger. Secara dong. mereka generasi Z yang sudah melek digital, kan? Jadi saya pikir, mereka nggak tabu lagi dengan kata blogger tersebut. Eh, faktanya saya salah. 

Mereka memang generasi Z melek digital. Tetapi mungkin yang mereka tahu, bisa jadi seputar media viral saja. Misal istilah Vlogger dan Youtuber, siswa saya mengakui bahwa mereka tahu media online tersebut. Bahkan, ada beberapa Vlogger dan Youtuber yang diidolakan. 

Nah, dari sini justru saya bangga menjadi orang pertama yang memberikan informasi pada mereka, betapa menjadi BLOGGER itu mengasyikkan. 

Lalu, kenapa saya memutuskan menjadi Blogger?Berani resign demi menekuni dunia blogging? Yakin?

Yang benar saja,menjadi blogger penghasilannya tidak tetap. Tetapi menjadi seorang karyawan sudah pasti akan mendapatkan gaji setiap bulan. Sedikit konyol bukan jika harus resign demi menekuni blogging? 

Hidup itu pilihan. Mau tidak mau, saya harus menentukan ke mana akan melangkah walaupun risiko selalu ada di depan mata. Keputusan yang saya ambil akan menjadi tanggung jawab saya pribadi, bukan?

Oleh karenanya, saya tak perlu membantah dengan komentar teman dan saudara dengan keputusan saya resign tersebut. Toh, saya memiliki dua anak yang lebih membutuhkan ibunya untuk stay at home.

Karena memang selain ingin fokus ngeblog, alasan utama saya resign adalah demi anak-anak. Nah, agar kedua profesi tersebut bisa berjalan seimbang, baik menjadi ibu rumah tangga maupun blogger. Saya harus mengorbankan satu profesi di luar rumah, yaitu sebagai pengajar di sebuah bimbel tersebut.

Sekali lagi, hidup ini pilihan, teman. Jangan pernah takut untuk menentukan pilihan sesuai dengan kata hati. Karena sesuatu yang dikerjakan dengan keterpaksaan hasilnya tidak memuaskan. 

KENAPA HARUS NGEBLOG? 



"Kenapa harus ngeblog?"

Pertanyaan tersebut sudah saya mulai tanyakan terlebih dulu pada diri sendiri sebelum memutuskan untuk serius di dunia blogging. Awalnya ragu, apakah benar blogging ini nantinya akan menjadi passion saya yang bakal serius ditekuni? 

Mengingat beberapa tahun sebelumnya saya telah berkecimpung di beberapa jenis profesi penulis. Namun ujung-ujungnya saya tidak bisa fokus di salah satu. Semuanya dijalani tetapi justru ingin menjadi penulis seperti apa, tidak jelas.

Nah, akhirnya saya membuat mind mapping tentang profesi yang ingin ditekuni. Dan setelah dikerucutkan dari beberapa profesi menulis tersebut, BLOGGER menjadi pilihan.Sejak saat itu, saya benar-benar menata niat dalam hati. saya harus bisa dan belajar di dunia baru ini.

Mau tahu, kenapa sih saya harus ngeblog? Kenapa ngeblog itu seruu banget. Kalau sudah kecanduan ngeblog, kenapa kok susah move on ya?

Yuk, simak alasan receh saya, tetapi mungkin bisa menjadi inspirasi kamu buat ngeblog. Nih, ada 33 alasan ngeblog, lho! 
  1. Ngeblog membuat jiwa sehat
  2. Ngeblog itu seru, karena bisa curhat elegan di blog
  3. Ngeblog makin tertantang karena banyak lomba BLOG yang hadiahnya menggiurkan
  4. Ngeblog asyik karena bisa bernostalgia dengan pengalaman pribadi
  5. Ngeblog itu belajar jadi orang keren karena bisa meningkatkan personal branding dengan apik
  6. Ngeblog itu membuat hati dan jiwa tentram karena bikin waras pikiran
  7. Ngeblog itu Memperluas jaringan di dunia offline maupun online
  8. Ngeblog itu nagih. Sebab bisa eksis di setiap event dengan beberapa blogger
  9. Ngeblog itu bisa kecanduan karena sering dapat produk Endorse secara gratis
  10. Menjadi Blogger bakal kaya wawasan sebab banyak ilmu pengetahuan baru yang kita dapat saat menulis maupun bertemu dengan para blogger di dunia nyata maupun maya.
  11. Ngeblog itu bisa bebas berpenghasilan tanpa terikat waktu
  12. Ngeblog melatih keterampilan menulis
  13. Ngeblog itu bikin mujur. Selain bisa jujur dengan diri sendiri melalui tulisan. Blogger juga sering mendapat undangan gratis
  14. Ngeblog bisa membantu banyak orang agar bahagia
  15. Melatih untuk menjadi seorang penulis produktif
  16. Selain diundang dalam event keren secara gratis, blogger akan mendapat fasilitas lengkap, seperti goodie bag dan produk yang ditawarkan
  17. Ngeblog bisa berkeliling dunia untuk berburu konten ciamik
  18. Ngeblog bisa menyalurkan hobi
  19. Blog bisa diwariskan
  20. Menjadi Blogger selalu punya cara untuk up date dan up grade diri
  21. Ngeblog bisa menantang diri untuk belajar pemasaran online
  22. Ngeblog sebagai bentuk ekspresi diri karena saya bisa eksis lewat tulisan, video, dan foto
  23. Ngeblog bisa membangun kepercayaan dengan klien atau teman online
  24. Ngeblog bisa digunakan untuk portofolio diri
  25. Ngeblog bisa menjadikan diri sebagai seorang ahli
  26. Melatih ketrampilan dalam berkomunikasi
  27. Ngeblog bikin bahagia
  28. Ngeblog membuat saya jadi pribadi yang disiplin waktu
  29. Ngeblog bisa dijadikan me time yang menyenangkan
  30. Ngeblog memberi pelajaran agar lebih bersabar
  31. Ngeblog membantu untuk beropini. Jadi suara kecil kita didengar
  32. Ngeblog bisa ngerasain sedikit popularitas karena blogger adalah seorang influencer 
  33. Ngeblog melatih diri dalam mengatur waktu

Dari manfaat blog yang mungkin baru sebagian saya bagikan di atas itu. Bukankah ngeblog itu memang lebih seru? 

Tidak menutup kemungkinan jika ngeblog mampu membawa keadaan seseorang lebih baik lagi. selain menambah wawasan dengan ngeblog, aktivitas kita di media sosial terlihat lebih memiliki gaya maksimal dan profesional. Pertanyaannya, kapan kamu bakal ngeblog? Apa alasan kamu ingin ngeblog? Yuk,saling berbagi di kolom komentar, ya!




19 komentar on "SEBELUM BILANG BLOGGING ITU NGGAK PENTING, SIMAK 33 ALASAN KENAPA HARUS NGEBLOG"
  1. yey...ikut ngeblog juga saya mba, mantap jadi bloger

    BalasHapus
  2. Wow banyak banget alasan yang nggak bisa ditolak buat jadi blogger ya, Mbak...hihi. Kalau saya nggak tahu sebanyak apa alasan saya ngeblog, yang penting buat saya ngeblog itu menyenangkan aja, kalau sudah bikin happy pasti menjalaninya bisa dengan sepenuh hati dan hasilnya akan baik insya Allah...Alhamdulillah saya pun senang ngeblog. Sukses selalu ya, Mbak :)

    BalasHapus
  3. Wuidih alasan ngeblog terbanyak yg pernah saya baca

    BalasHapus
  4. waduh 33 alasan ngeblog, keren pisa bisa sebanyak ini.

    BalasHapus
  5. Ada beberapa orang yg menganggap ngeblog itu ngebosenin. Atau kok bisa sih ngetik sebanyak itu? Aku sih cuma jawab. Ya bisa aja. Karna hoby. Semua yg dilakukan karena dasar suka pasti menyenangkan. Sperti ngeblog ini.

    BalasHapus
  6. yes ngeblog itu bisa menambah teman dan penghasilan... diluar itu ngeblog bisa menjadi me time yang berfaedah hehehe

    BalasHapus
  7. Awalnya bingung blog mau diisi apa, tapi setelah dijalani, enjoy banget dan benar ngeblog bisa untuk me time yang menyenangkan.

    BalasHapus
  8. Aku juga sedang menuju ke arah "fokus jadi blogger". Karena sudah banyak banget manfaat dan benefit yang kuraih dari aktivitas blogging. Dari ngeblog, aku berkesempatan ikut event keren hingga kerjasama dinas pemerintah. Dan dikenal sebagai blogger itu rasanya keren banget buatku pribadi��

    BalasHapus
  9. Wih mantep Mbak, memang hidup adalah pilihan salut deh karena memilih menjadi seorang blogger yg full.

    Klo sya ngeblog karena hoby, dan blum menghasilkan hehe yg penting nulis lah :)

    BalasHapus
  10. Wuih, alasannya benar semua. Saya pun tak jauh dari itu. Jadi sebel aja yang suka meremehkan pekerjaan sebagai blogger.

    BalasHapus
  11. Yup banyak alasan ya kenapa ingin ngeblog dan saya setuju dengan 33 alasan yang dikemukakan di atas. Malah sekarang kalau dalam sehari saja saya nggak ngeblog rasanya ada yang kurang, yah walau untuk posting tulisan nggak setiap hari juga sih.

    BalasHapus
  12. Wah jujur dulu Saya terjun ke dunia kepenulisan itu awalnya ingin nulis buku, tapi gatau kenapa malah nyasar jadi Blogger, meskipun belum produktif tapi Saya insyaallah udah yakin untuk serius dengan profesi ini, karena banyak banget pengalaman dan pembelajaran berharga selama setahun ini, mudah-mudahan bisa jadi sarana menebar manfaat

    BalasHapus
  13. Alasan ngeblog awalnya karena dimotuvasi teman sebenarnya. Katanya tulisan saya daripd kececer mending ditaruh di blog aja. Ya udah saya nurut hehehee...
    Setelah TLD baru deh mulai agak diseriusin blognya, meski gak selalu diisi setiap hari juga. Dari sinilah akhirnya mulai banyak tawaran content placement, penulisan artikel, dsb.
    Tetap semangat ngeblog & kerja dari rumah ya mbak... Semoga berkah.

    BalasHapus
  14. Saya mulai kenal blog sejak 2010 tapi angin-anginan, hehe. Baru serius jadi blogger dan tidak malu ngaku blogger sih pertengahan 2017. Mulai gabung komunitas blogger dan di tahun berikutnya baru mulai datang2 ke event blogger. Belum maksimal sih karena waktu utama saya masih untuk si batita ;) Tapi justru saya sangat terhibur dengan berani serius ngeblog di situasi "sempit" spt saat ini.
    So, I agree with your 33 points ;)

    BalasHapus
  15. Ngeblog itu memang menciptakan maafaatnya sendiri buat blogger. Entah itu membuat bahagia karena bisa menghasilkan rupiah atau bisa berbagi cerita.

    BalasHapus
  16. Wah...udah tercatat 33, kayaknya masih banyak lagi deh keseruan dan benefit dari nge blog ini. Makin lama makin suka dan bikin ketagihan.. hahah

    BalasHapus
  17. Daku setuju dengan nge Blog bisa mengatur waktu karena belajar disiplin dan bisa memilah waktu dari pada bengong mending ngeblog

    BalasHapus
  18. Ngeblog memang enak ya mba, malah bisa ikut lomba blog, nah yang satu ini Insya Allah kapan-kapan aku akan coba

    BalasHapus
  19. Memang banyak yang belum paham dengan dunia blogging. Taunya kita jalan-jalan, dan makan-makan. Padahal kita keja.. Hihi. Banyak memang manfaat dari blogging. Menambah wawasan, ilmu, saudara, dan juga uang saku.. He2..Alhamdulillah...

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9