Tips Mudah Memilih Air Conditioner untuk Rumah

Jumat, 17 Mei 2024

Memilih Air Conditioner untuk rumah harus tepat karena tidak hanya berhubungan dengan kenyamanan, tetapi juga kesehatan seluruh anggota keluarga. Udara yang terlalu panas dapat mendatangkan banyak sekali penyakit, sebab itu Anda membutuhkan penyejuk udara yang aman dan berkualitas. 



Semakin banyaknya produsen yang menawarkan AC dengan berbagai fitur modern memudahkan Anda untuk mendapatkan produk sesuai keinginan. Namun Anda tetap harus selektif sebab banyak produk berkualitas yang ternyata menyebabkan penggunaan listrik boros atau masalah lainnya. 

Tips Memilih AC yang Tepat

Untuk bisa mendapatkan Air Conditioner yang sesuai Anda perlu mempertimbangkan penggunaan jangka panjang. Sayang sekali jika Anda sudah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk membelinya, ternyata tidak mendapat manfaat maksimal atau merasa bahwa produk tersebut tidak sesuai.

Harga AC yang murah tidak berarti hemat karena bisa jadi membutuhkan listrik besar atau cepat rusak. Agar tidak salah pilih, bisa mempertimbangkan beberapa poin berikut ini: 

Sesuaikan luas ruangan

Kekuatan AC dikenal dengan istilah PK. Semakin besar nilai PK maka pendingin udara tersebut mampu mendinginkan ruangan lebih luas. Sebelum membeli, pertimbangkan akan dipasang di area mana dan berapa perkiraan luas ruangan tersebut.

Jika ukuran PK terlalu kecil, maka AC tersebut harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Sebaliknya, apabila Anda memilih produk dengan PK besar, maka untuk menjalankanya membutuhkan banyak daya yang berarti pengeluaran untuk listrik lebih banyak. 

Tipe sesuai kebutuhan

Tipe AC berdasarkan pada kecepatan kompresor dan penggunaan energi ada dua, inverter dan non inverter. Untuk tipe inverter mempunyai kompresor dengan sistem kerja rendah sampai mencapai suhu yang diinginkan.

Sebaliknya, untuk tipe non inverter kompresor yang digunakan dapat beroperasi secara maksimum sehingga cepat mencapai suhu yang diinginkan. 

Pilih yang membutuhkan daya rendah 

Daya AC berkaitan dengan kebutuhan listrik yang secara langsung menyebabkan pengeluaran keluarga bertambah. Karena itu sebaiknya memilih seri yang hemat energi dan efisien sehingga Anda tidak perlu membayar lebih untuk listrik selama menggunakan pendingin ruangan tersebut.

Produsen biasanya sudah memberi label pada produk untuk memudahkan konsumen agar bisa mendapatkan produk seperti keinginan. Label tersebut memuat informasi tentang tingkat efisiensi energi AC. Sebaiknya memilih produk dengan rating efisiensi terbaik (A, A+, atau A++) yang lebih hemat energi. 

Cek fitur

Semakin canggih fitur pada AC harganya lebih mahal namun memudahkan Anda dalam penggunaan dan mempunyai beberapa keunggulan sesuai fitur tersebut. Namun tidak semua fitur Anda butuhkan. Karena itu, pastikan fitur apa saja yang Anda inginkan sebelum membelinya.

Dengan demikian Anda hanya membayar produk yang benar-benar memberi manfaat maksimal sesuai kebutuhan. Tidak perlu tergiur dengan penawaran produk yang mempunyai banyak keunggulan karena jika Anda tidak menggunakannya hanya akan membuang uang saja. 

Mudah dibersihkan

Terakhir, pastikan AC yang Anda pilih mudah dibersihkan. Secara berkala pendingin ruangan ini perlu dibersihkan agar kinerjanya maksimal dan awet. Manfaat lain dari menjaga kebersihan perangkat ini adalah menjadikan ruangan tetap sehat sebab tidak terkena debu yang sebelumnya menempel.

Anda dapat membersihkan sendiri AC di rumah dengan peralatan yang ada. Namun jika ingin membersihkan secara menyeluruh sekaligus mengecek kondisinya bisa memanggil teknisi yang berpengalaman.

Pada saat membersihkan AC tersebut, jangan lupa juga untuk mengecek freon di dalamnya. Freon merupakan zat yang dapat menghasilkan dingin dan membuat udara menjadi segar. 

Pastikan Memilih AC Polytron Deluxe 2 Series

Salah satu produsen AC yang terpercaya adalah Polytron. Brand satu ini selalu melakukan inovasi sehingga produknya tidak pernah ketinggalan zaman dan mengusung teknologi mutakhir. Keunggulan dari AC Polytron Deluxe 2 Series antara lain: 

Hemat listrik

Polytron menggunakan teknologi low energy consumption 390Watt sehingga AC seri terbaik ini dapat menghemat energi sampai 15% dibandingkan AC lain.

Fast cooling

Fitur ini dapat membuat AC lebih cepat mendinginkan ruangan. Selain itu, AC Polytron Deluxe 2 Series juga menggunakan refrigerant R32 yang ramah lingkungan atau eco friendly. 

Pendeteksi kebocoran

Untuk mengecek apakah terjadi kebocoran pada AC tidak perlu memeriksa semua bagian sebab Polytron Deluxe 2 series dapat memberikan input atau deteksi dini ketika terjadi kebocoran. Dengan demikian Anda dapat mengantisipasi agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah. 

Auto cleaning

AC Deluxe 2 secara otomatis dapat membersihkan evaporator sehingga mengurangi jamur dan bakteri yang menyebabkan bau kurang sedap dan udara dari AC pun bersih. Anda pun semakin nyaman menggunakan pendingin ruangan ini tanpa gangguan bau. 

Polytron sangat menjaga kualitas produk yang diproduksi agar awet dan tahan lamanya tentunya #QualityThatMatters dengan jaminan garansi 10+3 Tahun ditambah dengan jaminan garansi service 1x24 jam dari Polytron.

Kini saatnya untuk segera memiliki produk Air conditioner terbaik Polytron Deluxe 2 melalui website resmi Polytron atau bisa juga melalui official store Polytron di e-commerce kesayangan anda.  

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9