Biaya Apa Saja saat Menggunakan Kartu Kredit? Cek Di sini!

Minggu, 12 Mei 2024

Kartu kredit bisa menjadi solusi cepat ketika kamu harus berbelanja namun belum ada uang cash. produk bank ini sangat membantu siapa saja yang mempunyai fasilitas tersebut dari bank penerbit. Tidak hanya kemudahan bertransaksi secara langsung maupun online yang bisa diterima oleh pemilik kartu kredit, tetapi juga diskon, cashback, hingga fasilitas lounge.

Perkembangan bank digital yang sangat pesat memberi banyak kemudahan, termasuk bagi kamu yang akan mengajukan aplikasi kartu kredit karena tidak perlu datang ke kantor. Kamu bisa mempunyai credit card dengan cara yang praktis dan cepat. 

Sebelum Gunakan Kartu Kredit, Cek Biaya yang Harus Dibayar Di sini!

Selain kemudahan, pada saat menggunakan kartu kredit ada biaya yang harus dibayar oleh pengguna. Kemudahan daftar bank digital, termasuk untuk bisa memiliki kartu kredit harus dipertimbangkan dengan baik.  Kamu harus bijak dalam menggunakan kartu. Biaya tersebut penting untuk diketahui agar bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit.

Gencarnya promo pelayanan bank digital kadang bisa membuat penggunanya mengalami masalah keuangan karena dengan mudah menggunakan fasilitas yang dimiliki, termasuk untuk kartu kredit. Namun kamu bisa menghindari masalah beban biaya kartu kredit selama mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban. 

  1. Biaya Tahunan (Annual Fee)

Annual fee adalah biaya tahunan dari kepemilikan kartu kredit yang menjadi kewajiban bagi pemilik. Meski tidak menggunakan fasilitas tersebut, kamu tetap mempunyai kewajiban untuk membayar iuran tahunan selama kartu yang dimiliki masih aktif.

Karena itu sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit, perlu mempertimbangkanya. Besarnya annual fee untuk masing-masing bank penerbit kartu kredit berbeda-beda. Tagihan untuk biaya tahunan akan masuk sebagai beban angsuran yang langsung digabung dengan tagihan penggunaan kartu kredit.

Jadi bagi kamu yang mempunyai kartu kredit dan tidak pernah menggunakannya jangan kaget jika ada tagihan karena bisa jadi itu merupakan kewajiban tahunan atau annual fee.

Berkaitan dengan bank digital apa saja yang memberikan fasilitas kartu kredit, kamu bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan memilih bank yang menyediakan pelayanan terbaik.

Begitu juga dengan jawaban untuk pertanyaan, berapa bank digital di Indonesia? Sampai saat ini jumlahnya terus bertambah, begitu juga dengan jumlah bank yang menyediakan fasilitas kartu kredit untuk nasabahnya. 

  1. Biaya Bulanan (Monthly Fee)

Biaya bulanan hampir mirip seperti biaya tahunan namun penarikannya setiap bulan. Kamu tidak perlu takut dengan beban biaya yang tinggi karena bersamaan waktu pembayaran antara biaya tahunan dan biaya bulanan karena biasanya penerbit kartu kredit membedakan waktu penarikannya.

Untuk besar biaya bulanan dari kartu kredit yang kamu punya tergantung jenis kartu dan bank provider atau penerbit. Beberapa bank memberlakukan biaya yang cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp. 20 ribu namun ada juga yang mencapai Rp. 500 ribu.

Biaya ini muncul apabila pengguna kartu kredit membayar tagihan dengan cara mencicil. Sebaiknya, jika membayar semua tagihan secara langsung atau lunas dalam satu periode maka bank provider tidak memberlakukan biaya bulanan atau monthly fee. 

  1. Biaya Keterlambatan

Apabila pemegang kartu kredit tidak membayar tagihan yang seharusnya dibayar, maka bank provider akan memberlakukan biaya keterlambatan yang dihitung dengan sistem persentase dari tunggakan.

Besarnya biaya keterlambatan ini untuk masing-masing provider dan masing-masing jenis kartu kredit berbeda, namun biasanya pada kisaran 3%. Biaya keterlambatan merupakan denda yang harus dibayar sebagai konsekuensi dari pemegang kartu kredit yang tidak memenuhi kewajiban tepat waktu.

Beberapa provider menghitung biaya keterlambatan secara akumulasi dengan saldo tunggakan. Cara penghitungan ini bisa jadi cukup memberatkan bagi pemilik kartu kredit. Untuk menghindari beban biaya tersebut sebaiknya kamu selalu membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan limit yang sudah ditentukan.

  1. Biaya Bunga (Interest Fee)

Biaya bunga atau interest fee merupakan salah satu kewajiban yang umum harus dibayar oleh peminjam, baik pinjaman umum maupun dalam bentuk kartu kredit. Besarnya bunga pinjaman variatif dan masuk dalam tagihan bulanan.

Tidak sedikit pemilik kartu kredit yang saat mendaftar atau apply hanya mempertimbangkan besar interest fee saja, sementara sebenarnya banyak kewajiban lain yang harus dipenuhi. Bahkan besar kewajiban lain tersebut bisa jadi lebih besar dari bunga pinjaman yang harus dibayar tersebut.

Sebelum mengajukan permohonan kartu kredit kamu perlu mengetahui berapa biaya bunga dan biaya-biaya lainnya. Jangan sampai karena ingin mendapatkan biaya bunga yang rendah namun ternyata harus mengeluarkan uang dalam jumlah lebih besar untuk memenuhi kewajiban biaya lainnya.

Karena cukup banyak orang yang mengajukan kartu kredit yang hanya fokus pada biaya bunga, maka biaya tersebut digunakan untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menawarkan bunga rendah namun menaikkan biaya lainnya sehingga justru merugikan pemegang kartu kredit. 

Kemudahan daftar bank digital bisa dimanfaatkan untuk mengajukan kartu kredit yang bisa menjadi alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan saat mendesak. Jika kamu ingin memiliki kartu kredit yang aman dan menguntungkan bisa memanfaatkan fasilitas dari digibank by DBS yang menawarkan fitur kartu kredit aman dan praktis.

Dengan kartu kredit digibank by DBS, kamu bisa memenuhi semua kebutuhan dengan mudah tanpa bingung mengenai biaya-biaya dari penggunaan kartu kredit tersebut. Kamu juga bisa mengakses Aplikasi digibank by DBS di mana saja melalui ponsel yang setiap hari dibawa. Apabila ingin merasakan kemudahan Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat mengunduhnya di Google Play atau App Store.

Aplikasi digibank by DBS yang salah satu fasilitasnya berupa kartu kredit ini merupakan bank digital terbaik di Indonesia. Untuk bisa segera menikmati semua kemudahan yang ditawarkan,  mesti di elaborate KK digibank, highlight USP-nya kamu bisa klik di sini


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9