Pentingnya Kamera CCTV di Area Taman Kompleks Perumahan

Kamis, 28 Desember 2023


Banyak perumahan yang memiliki area ruang terbuka seperti taman di antara pemukiman. Taman memiliki fungsi utama sebagai tempat relaksasi dan rekreasi untuk penduduk komplek perumahan tersebut. Area taman juga membutuhkan sistem keamanan yang memadai dan ketat agar terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan pemasangan smart CCTV di sana.

Dengan memasang smart CCTV terbaik, maka lingkungan taman di perumahan bisa diawasi selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu non stop. Ini sangat baik untuk meningkatkan keamanan area taman yang seringkali digunakan juga oleh warga luar komplek untuk nongkrong dan berbuat yang tidak baik.

Manfaat Kamera CCTV di Area Taman Kompleks

Ada berbagai manfaat yang akan didapatkan oleh penduduk area komplek jika memasang CCTV di area tamannya. Tidak perlu ragu lagi untuk melakukan pemasangan smart CCTV karena anda akan merasakan manfaat-manfaat dibawah ini bersama warga komplek lainnya:

1.      Mencegah Tindak Kejahatan di Taman

Pemasangan kamera CCTV di area taman komplek dapat mencegah tindak kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi di sana. Dengan adanya kamera CCTV outdoor terpasang di taman, maka siapa pun yang melihatnya pasti akan merasa segan untuk berbuat hal yang tidak baik, karena merasa diawasi. Oleh karena itulah, pemasangan CCTV dapat menjadi upaya preventif dalam mencegah kejahatan yang akan terjadi.

2.      Memantau Aktivitas yang Terjadi di Taman Komplek

Manfaat selanjutnya adalah, CCTV dapat digunakan untuk melakukan pemantauan seluruh aktivitas yang terjadi di taman. Mulai aktivitas anak-anak yang bermain, kegiatan warga, bahkan dapat mengawasi jika ada orang luar komplek yang nongkrong di sana. Kamera CCTV dapat mengawasi apapun yang terjadi di taman, sehingga dapat memberi rasa aman bagi semua.

3.      Menjadi Alat Bukti Kuat di Hadapan Hukum

Jika nantinya terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di area taman, maka bukti rekaman CCTV tersebut bisa dijadikan bukti yang kredibel di mata hukum. Misalnya saja terjadi bullying, pencurian atau tindakan asusila di sana, maka pihak keamanan yang menjaga monitor CCTV dapat menyerahkan bukti tersebut pada pihak berwenang untuk melakukan penindakan lebih lanjut  jika ada pelaporan.

4.      Meringankan Beban Kerja Petugas Keamanan

Hal ini sangat jelas karena dengan adanya pemasangan kamera CCTV tersebut maka petugas keamanan akan serasa memiliki asisten yang membantu dalam pengawasan area taman. Dengan begitu petugas keamanan bisa menjaga area lainnya dengan lebih mudah, tanpa khawatir area taman tidak ada yang mengawasi, karena ada CCTV terpasang di sana.

Kriteria CCTV Outdoor yang Bagus untuk Taman Kompleks

Lalu bagaimana kriteria CCTV outdoor yang cocok dipasang di area taman komplek? Setidaknya ada empat kriteria yang harus dipenuhi agar hasil sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda harus jeli dalam memilih CCTV yang akan di pasang, berikut empat kriteria CCTV outdoor yang harus terpenuhi:

1.      Spesifikasi Bagus

Kamera keamanan yang akan dipasang diluar ruangan atau outdoor memang harus memiliki spesifikasi yang bagus agar awet. Terutama spesifikasi pada lensa kamera yang digunakan. Lensa CCTV yang Anda pilih harus mampu menangkap gambar dengan baik dan jelas di seluruh area taman. Pastikan semua perangkatnya bagus dan bisa digunakan dalam waktu yang lama serta minim kendala.

2.      Vandalproof material

Kamera CCTV yang dipasang di luar ruangan memang harus memiliki ketahanan yang lebih kuat dibanding indoor. Hal ini karena pemasangannya yang berada di luar ruangan, menyebabkan kamera ini akan terpapar panas, hujan, angin ataupun badai. Kamera yang Anda pilih harus kuat menerjang itu semua, pilih kamera yang weatherproof agar tahan terhadap berbagai cuaca.

3.      Memiliki Fitur Night Vision

Fitur night vision artinya kamera tersebut mampu melakukan pengawasan di malam hari bahkan saat kondisi gelap atau terbilang minim sekali pun. Kamera yang memiliki fitur night vision seperti colorVU yang mampu merekam di kondisi minim cahaya, akan mampu menangkap semua kejadian di taman selama 24 jam, termasuk di malam hari dan pagi buta saat kondisi gelap.

4.      Memiliki coverage area yang luas

Smart CCTV yang dipasang di taman harusnya memiliki viewing angle yang luas, sehingga dapat meminimalisir blind spot. Dengan jangkauan pemantauan yang luas maka akan lebih mudah bagi security untuk melakukan pengawasan di seluruh area taman komplek.

5.      Memiliki Tekonologi Motion Detection

Terakhir adalah pilih CCTV dengan fitur motion detection yang mampu mendeteksi pergerakan-pergerakan yang mencurigakan di area taman. Kamera akan merekam lebih jelas jika ada pergerakan yang terjadi di taman dan kemudian dapat memperingatkan petugas keamanan untuk bertindak jika diperlukan.

Rekomendasi CCTV Hikvision AccuSense Terbaik untuk Outdoor 

Area taman di komplek perumahan adalah area yang tidak kalah penting untuk diawasi, karena juga menjadi tempat pusat kegiatan warga. Dengan adanya pengawasan yang ketat maka jika ada peristiwa yang tidak diinginkan bisa terpantau melalui CCTV dan pihak keamanan bisa mencegahnya. Area taman membutuhkan smart CCTV outdoor untuk dipasang di area tersebut.

Pilih CCTV outdoor yang sesuai dengan kriteria di atas untuk mendapatkan kamera CCTV terbaik. Ada merk smart CCTV terbaik yang recommended untuk digunakan yaitu CCTV Hikvision AccuSense yang memang diperuntukan untuk penggunaan outdoor.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan seperti, memiliki respon lebih cepat, lebih akurat dan lebih efisien dalam penggunaannya. Serta yang paling penting adalah mudah digunakan karena sudah menggunakan teknologi AI. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang kamera CCTV masa depan ini, Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya hanya di sini.

 

 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9