Servis Motor Rutin, Cek 8 Bagian ini Saat Service

Rabu, 27 September 2023


Pemilik motor harus memperhatikan kondisi kendaran agar performanya tetap handal. Salah satunya dengan service motor berkala. Service secara berkala akan membantu mendeteksi jika ada hal yang bisa mengganggu performa kendaraan.


Pastikan 8 Bagian ini Dicek Saat Service Berkala


Service berkala bertujuan untuk memastikan bahwa semua komponen bisa bekerja dengan maksimal sehingga mendukung performa motor. Ada 8 bagian yang harus dicek saat service berkala.


Ban


Bagian pertama yang harus dicek adalah ban. Bukan hanya batikan dari ban saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga tekanan dan posisinya apakah masih centre. Ban sangat penting untuk keselamatan, jika batikan sudah botak atau ada bagian yang lebih tipis dari lainnya harus segera ganti karena saat dikendarai motor bisa oleng.


Kampas rem


Kampas rem merupakan komponen yang akan mencengkeram dan membuat motor berhenti saat kamu menekan rem. Dalam keadaan kendaran melaju kecepatan tinggi maupun rendah, untuk menghentikannya, fungsi kampas pada rem sangat penting.


Kamu perlu memastikan apakah kampas masih cukup tebal dan berfungsi dengan baik, sebab jika sudah tipis, tidak akan pakem ketika kamu mengerem kendaraan dan bisa berakibat fatal.


Filter udara


Bagian ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam komponen mesin.

Udara tersebut seringkali membawa debu. Jika tidak disaring maka kotoran tersebut akan menyumbat sistem injeksi dan karburasi mesin yang menyebabkan kerusakan. Dengan adanya penyaring, hanya udara yang bersih yang masuk ke dalam mesin sehingga bisa bekerja optimal.


Busi


Spare part ini mempunyai fungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang kemudian membuat mesin dapat menyala. Fungsi busi sangat penting karena jika tidak bisa mengubah aliran listrik koil menyebabkan mesin motor tidak akan menyala. Kamu pun tidak akan bisa mengendarai motor.


Aki


Aki merupakan spare part yang juga tidak kalah penting dari komponen lain. Sebagai sumber daya, komponen ini yang akan menyebabkan busi bisa menyala.


Jadi jika aki motor tidak berfungsi, maka secara keseluruhan mesin kendaraan tidak akan menyala dan menyebabkan motor mogok Komponen ini selain berfungsi untuk menyalakan busi, juga penting dalam sistem daya bagi sein, klakson dan lampu. Sein penting sebagai penanda ketika kamu akan belok yang berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara.


Oli gardan


Oli gardan merupakan jenis peluma yang bekerja pada bagian gear kendaraan. Dengan adanya pelumasan ini, maka gear bisa menggerakkan rantai dengan lancar yang kemudian akan menarik roda untuk melajukan motor.


Dibanding dengan oli mesin, oli untuk gardan lebih awet. Kamu bisa mengganti oli gardan, setelah 2x mengganti oli mesin atau setelah menempuh perjalanan sekitar 5000 km. Meski awet, jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi oli gardan untuk memastikan performa mesin motor tetap maksimal. 


Sebagai catatan, oli gardan merupakan oli motor matic terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan motor secara berkala.  Oli gardan berguna untuk melumasi komponen pada kendaraan sehingga bisa tetap awet, licin, dan tidak mudah rusak

Oli mesin


Tidak sedikit kendaraan yang mogok atau mengalami penurunan performa karena kelalaian dalam mengganti oli mesin. Selain melumasi mesin, oli ini juga mendinginkan dan melindungi bagian-bagian penting pada mesin.


Selain jumlah atau volume oli, kekentalannya juga perlu diperhatikan. Oli yang terlalu kental kurang maksimal dalam melumasi dan mendinginkan bagian mesin sehingga cepat panas dan mudah mogok. Biasanya penggantian dilakukan setelah motor menempuh perjalanan 2500 km.


Saat ini kamu tidak perlu bingung memilih oli karena sudah ada jenis oli yang menggunakan teknologi ester yang bisa memperpanjang masa penggunaan oli hingga 5000 km atau 2x lipat dari biasanya.


Tune up berkala


Tune up secara berkala sangat penting untuk mengetahui kondisi semua komponen.


Beberapa bagian dari kendaraan kadang tidak dicek pada saat melakukan service sehingga seringkali menjadi penyebab performa motor tidak maksimal. Dengan pengecekan secara menyeluruh, kerusakan motor bisa dicegah.


Pada saat tune up kadang kamu perlu ganti oli mesin, oli gardan atau spare part. Jika ada komponen yang harus diganti, teknisi akan menginfokan terlebih dulu sehingga kamu bisa mempertimbangkan biayanya.


Service Motor Rasa Baru


Pada saat akan melakukan service, kamu perlu memilih bengkel yang profesional. Saat ini, kamu tidak perlu bingung karena bisa service motor rasa baru di Planet Ban. Bengkel terpercaya ini ditangani oleh teknisi profesional yang berpengalaman.


Service motor rasa baru memberi pelayanan terpadu, sehingga performa mesin meningkat.


Kamu tidak perlu menunggu lama karena proses service cepat. Teknisi akan bekerja cermat, bukan hanya mengecek bagian yang biasa, tetapi semua bagian termasuk yang sulit terjangkau. dengan service di Planet Ban, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti:


  • Performa mesin akan meningkat karena menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi, mesin juga jadi jarang rusak.

  • Penggunaan spare part asli yang menjadikan motor lebih nyaman dikendarai, tahan lama, tarikan enteng dan tidak cepat panas.

  • Jika sebelumnya ganti oli per 2500 km, kini bisa per 5000 km sehingga lebih hemat
  • Ikut menjaga lingkungan karena emisi yang dihasilkan mesin lebih rendah

Apa sih Bedanya Service Motor di Planet Ban?


Tidak jarang setelah service kamu merasa kesal karena ternyata mesin tidak bersih sempurna. Kotoran seperti debu dan sisa pembakaran masih banyak ditemukan yang menjadikan tarikan mesin terasa berat.


Beda dengan service di Planet Ban, semua bagian akan dicek sehingga performa mesin menjadi baru kembali. Kepala silinder, blok CVT, piston, throttle body hingga klep mesin akan dibersihkan semua sehingga tidak ada sisa pembakaran, debu dan kotoran lain.


Mesin motor terasa baru kembali, emisi bisa turun sampai 70% dan hemat BBM. Biaya service di Planet Ban juga terjangkau. Service motor injeksi hanya Rp. 20.000, service CTV berikut rantai Rp. 19.500 dan service throttle body pun hanya Rp. 20.000 saja. 


So, kapan terakhir service? Yuk bawa motor ke Planet Ban untuk di-service.

7 komentar on "Servis Motor Rutin, Cek 8 Bagian ini Saat Service"
  1. Kita samaan nih mbak.sepeda motor suami udh langganan sama planet ban

    BalasHapus
  2. Nah ini info yang penting untuk ibu yang sering antar jemput anak pakai motor agar kendaraan tetap nyaman dan awet, thanks mba, sangat informatif

    BalasHapus
  3. Kalo mau awet ya rajin di service ya Mal. Aku juga nih bulan belum servis. Allhamdulillah diingatkan jadi mau sempetin waktu ngurus.

    BalasHapus
  4. Wah mantap nih, utk cewe biasanya paling males perawatan motor, bisa jadi referensi stlah baca tulisan ini. Makasih Mba

    BalasHapus
  5. Servis motor itu suka dilupakan orang-orang padahal penting banget :) untung planet ban ada di mana2 jadi orang2 bisa pada aware

    BalasHapus
  6. Ban motorku sampai halus dong.. Sudah diingatkan bapakku berkali-kali, aku teledor banget urusan servis motor kalau nggak bapak atau adikku yang bawa ke bengkel buat servis. hehehe

    BalasHapus
  7. wah samaan kitaaa, akhirnya jatuh cinta sama servis motor matic ke Planet Ban ya...

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9