Cabai Hiyung Resep Rahasia Pedasnya Sambal Favorit Keluarga Indonesia Ini!

Minggu, 01 Oktober 2023



Siapa yang gemar makan sambal? Silakan unjuk jarimu dan toss dulu karena kita punya kesukaan yang sama yaitu makan sambal. Sambal memang bumbu tambahan yang sangat populer di Indonesia, terutama guna memperkaya cita rasa masakan. 

Dikenal dengan kepedasannya yang khas, sambal ini menjadi pilihan favorit untuk menemani hidangan makanan. Namun, tahukah kamu apa itu  Cabai Hiyung?

Asal Usul Cabai Hiyung

Cabai Hiyung merupakan salah satu jenis cabai yang khas dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan, merupakan daerah asal Cabai Hiyung. Tanaman ini tumbuh subur di daerah Tapin karena kondisi tanah dan iklim yang cocok untuk pertumbuhan cabai.

Kondisi tanah yang gembur dan iklim yang cukup lembab membuat Cabai Hiyung tumbuh dengan baik di daerah ini. Cabai Hiyung sendiri merupakan cabai lokal yang telah tumbuh di daerah Tapin sejak zaman dahulu.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat Tapin, Cabai Hiyung pertama kali ditemukan oleh seorang petani di daerah Tapin pada akhir tahun 1950-an. Petani tersebut menemukan sejenis cabai yang memiliki bentuk unik dan keriting seperti rambut manusia. Petani itu kemudian memberikan cabai tersebut pada pemuka adat setempat untuk dipelajari dan ditanam.

Setelah diuji coba, cabai tersebut diberi nama Cabai Hiyung yang berasal dari bahasa Banjar, yaitu "Hiyung" yang berarti rambut manusia. Nama tersebut dipilih karena bentuk cabai yang menyerupai rambut manusia yang keriting dan melingkar.

Cabai Hiyung kemudian makin dikenal di daerah Tapin dan jadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan lokal. Sekarang, cabai berkualitas ini bahkan sudah menjadi satu bahan dasar pembuatan sambal yang beredar di nusantara.

Manfaat Cabai Hiyung


Dari hasil panen Cabai Hiyung yang ditanam di Kalimantan, ada satu tempat yang menghasilkan cabai dengan kualitas terbaik karena keunikan cara penanaman dan budidayanya, yakni di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Nggak hanya itu, penanaman Cabai Hiyung juga menggunakan mulsa untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar. Jadi, wajar banget kalau rasa pedasnya cukup unik daripada yang lain.

Ternyata bukan hanya soal rasa, Cabai Hiyung juga kaya akan manfaat lho, terutama untuk kesehatan. Apa iya, makanan pedas bisa bagus untuk kesehatan? Yes, tentu saja. 

Cabai Hiyung mengandung senyawa capsaicin yang dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih dalam tubuh. Sel-sel darah putih ini berperan penting dalam melawan infeksi dan menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, kandungan capsaicin pada Cabai Hiyung dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan mengurangi berat badan. Senyawa capsaicin pada Cabai Hiyung juga dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti gas, kembung, dan sembelit.


Buat kamu yang mau nyobain Cabai Hiyung, gak perlu jauh-jauh ke Kalimantan karena bisa kamu cobain di Sambal ABC! 


Sambal ABC, Bukan Sambal Biasa

Sebagai salah satu sambal pilihan no.1 oleh keluarga Indonesia, Sambal ABC memiliki 5 varian sambal berbeda rasa yang bisa dinikmati keluarga Indonesia. Mulai dari Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Bisa banget dijadikan bahan makanan atau pasangan makanan apapun baik yang digoreng atau makanan berkuah. Kalau aku nih, suka banget makan Mie Instan pake Sambal ABC!

Gimana, penasaran pengen coba? Info lebih lengkapnya bisa kamu dapatkan di sini  trus cuss.. langsung order gih. Banyak kok tersedia di toko makanan dan pasar tradisional di seluruh Indonesia. Bahkan sambal ini juga bisa kamu beli di toko - toko terdekat atau pesan secara online melalui berbagai situs e-commerce lho. Misalnya di Shopee, Tokopedia, Lazada serta Blibli

 

 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9