6 Tips Memilih Deposito Bank Terbaik Untuk Pemula

Selasa, 24 Mei 2022

Apakah Anda masih bingung cara memilih deposito aman? 



Di era sekarang, deposito menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Hal ini karena instrumen investasi tersebut menawarkan suku bunga yang tinggi dengan risiko yang minim. Tentunya siapa pun akan merasa tergiur, bukan?


Deposito adalah uang yang disimpan dalam rekening dan mempunyai jangka waktu tertentu di mana nasabah tidak bisa menarik uang tersebut. 


Deposito berjangka tentu akan membuat uang lebih aman. Anda pun bisa mengambil kapan saja. Namun, akan terkena penalti jika mengambil sebelum jatuh tempo.


Tips Mudah Memilih Deposito Aman Bagi Pemula


Beberapa orang mungkin bertanya apakah deposito di bank aman? 


Nyatanya, deposito menjadi salah satu pilihan investasi yang aman dan sangat rendah risiko. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba memulai investasi secara kecil-kecilan. 


Nah, untuk Anda yang ingin memilih deposito secara aman, berikut beberapa tipsnya.


1. Mengetahui Jumlah Minimum Deposito


Salah satu tips yang bisa dicoba untuk memilih deposito adalah dengan mengetahui jumlah minimum deposito. 


Di era sekarang, jumlah deposito yang harus disetorkan ke pihak bank semakin terjangkau, yakni hanya Rp 1.000.000 saja. Akan tetapi, ketentuan ini tidak berlaku pada semua bank sehingga penting untuk melihat sebelum memutuskan untuk membuka deposito di bank tersebut.


Itulah penting untuk mencari tahu bank mana saja yang cocok untuk membuka deposito bagi pemula. Usahakan untuk memilih jumlah deposito yang tidak membebani finansial. 


Tujuannya untuk menghindari adanya penarikan dana sebelum waktu jatuh tempo tiba. Biasanya informasi ini bisa didapatkan di brosur, aplikasi bank, akun sosial media, dan lain sebagainya.


2. Memilih Bank Terpercaya


Cara memilih deposito yang baik bisa dilakukan dengan memilih Bank Terpercaya. Karena meski instrumen investasi ini minim akan risiko, bukan berarti Anda tidak akan menghadapi kerugian. Hal ini karena tidak sedikit oknum yang nyatanya menawarkan produk deposito bermodalkan minim tapi keuntungannya tinggi.


Meski memang pada dasarnya deposito menawarkan suku bunga yang tinggi dibandingkan tabungan, tapi jika terlalu tinggi, maka patut diwaspadai. Hal ini karena suku bunga deposito biasanya sudah ditentukan. 


Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu informasi terkait perbankan atau lembaga keuangan tertentu sebelum membuka deposito.


Selain memilih Bank Terpercaya, Anda juga bisa memilih deposito yang tepat dengan cara memilih Bank yang reputasinya baik. Pastikan juga bank yang dipilih sudah sesuai dengan standar suku bunga Bank Indonesia, ya.


Ada baiknya juga untuk mencari bank deposito yang berada di bawah naungan pemerintah dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.


3. Menyesuaikan Jangka Waktu Deposito


Tips memilih deposito aman bisa dilakukan dengan menyesuaikan jangka waktu deposito. Secara umum, jangka waktu untuk deposito terbagi menjadi beberapa bagian, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan. Itulah kenapa penting untuk melakukan perencanaan jangka waktu sesuai kebutuhan.


Pasalnya, deposito harus ditarik saat sudah jatuh tempo. Jika Anda ingin menariknya sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan pinalti. Tentunya hal ini akan terasa rugi, bukan? 


Pilihlah jangka waktu dengan bijak agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini karena semakin lama yang didepositokan, maka semakin tinggi juga persentase suku bunga bank tabungan.


4. Membandingkan Margin Deposito Antar Bank


Cara mengetahui deposito aman atau tidak bisa dilakukan dengan membandingkan margin deposito antar bank. Hal ini karena setiap bank mempunyai margin yang berbeda-beda. Margin atau yang dikenal sebagai bunga bisa ditentukan dari banyak hal, seperti suku bunga acuan, kebijakan pemerintah, likuiditas bank, dan lain sebagainya.


5. Mengelola Finansial dengan Baik


Tips yang bisa dicoba untuk memilih deposito aman adalah dengan mengelola finansial dengan baik. Pasalnya, finansial bagi beberapa orang terkadang menjadi sesuatu hal


yang sulit diatur. Banyaknya pengeluaran dan kebutuhan hidup membuat seseorang merasa sulit untuk menyisihkan uangnya. Oleh karena itu, pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membuka deposito.


6. Melihat Fitur Deposito Bank


Memilih deposito aman bisa dengan melihat fitur deposito bank itu sendiri. Hal ini karena setiap bank menawarkan fitur yang berbeda pada setiap produk depositonya. Ada yang menawarkan ARO atau Automatic Roll Over, ada pula yang menawarkan fitur lainnya.


Ingin Memilih Deposito Aman? Pilih OK Bank Saja


Memilih deposito aman


Setelah melihat beberapa tips memilih deposito bank yang aman dan terbaik, apakah Anda tertarik untuk membuka deposito? 


Jika iya, salah satu solusi yang bisa dicoba adalah OK Bank. Visinya adalah memberikan pelayanan terbaik secara prima kepada setiap konsumen.


Sementara misinya adalah memberikan kepercayaan kepada konsumen dan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui layanan terbaik. Meski bagi beberapa kalangan, OK Bank masih belum terlalu terkenal, tapi ada sejumlah penghargaan yang sudah berhasil didapatkannya. Bahkan, OK Bank berhasil meraih peringkat 1, lho.


Ada beberapa alasan kenapa Anda harus membuka deposito di OK Bank. Simak, ya.


  • Suku bunga yang ditawarkan kompetitif. 
  • Sifatnya yang fleksibel sehingga bisa dibuka melalui internet banking dan mobile banking. Akan tetapi, fitur tersebut hanya khusus untuk nasabah individu saja.
  • Return sangat menarik dengan suku bunga yang kompetitif sehingga menguntungkan.
  • Pilihan tenor yang fleksibel yaitu 1, 3, 6 atau 12 bulan sesuai dengan rencana keuangan nasabah.
  • Aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Pinjaman atau LPS.

Syarat Pembukaan Deposito di OK Bank


Persyaratan untuk membuka rekening sangat mudah. Cukup dengan nilai minimal sebesar Rp. 8.000.000, mengisi formulir dan melampirkan identitas KTP bagi WNI. Sedangkan untuk WNA dapat melampirkan KITAS atau paspor.


Dengan menyimpan dana melalui deposito OK Bank, nasabah secara tidak langsung membantu pengembangan usaha kecil di Indonesia melalui mitra LKM. 


Lembaga keuangan ini menerima penyaluran pinjaman untuk diteruskan kepada pelaku usaha, pelatihan dan pengembangan teknologi, khususnya dalam bidang perbankan.


Setelah melihat beberapa tips memilih deposito aman, apakah Anda ingin mencobanya? 


Tidak ada salahnya untuk melakukan investasi kecil-kecilan sejak dini. Jadi, siapkah merasakan keuntungan dari membuka deposito? Bagaimana cara bukanya? 




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9