Penyebab Darah Tinggi dan Tips untuk Mengatasinya

Sabtu, 16 April 2022

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dikenal the silent killer. Umumnya gangguan kesehatan ini tidak menunjukkan gejala sehingga banyak penderita tidak menyadarinya. 


Penyebab darah Tinggi


Akibatnya, selalu terlambat penanganannya dan menyebabkan komplikasi. Lantas apa saja penyebab Darah Tinggi dan tips untuk mengatasinya?


Hipertensi merupakan suatu keadaan ketika seseorang mempunyai tekanan darah di atas normal. Berdasarkan, riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, mengatakan bahwa prevalensi hipertensi masyarakat umur 18 tahun di Indonesia mencapai 25,8%.


Baca juga: Testimoni Mosehat, Obat Alami Daun Kelor Kaya Manfaat


Penyebab Darah Tinggi dan Tips untuk Mengatasinya 


Penyebab darah tinggi ternyata biasa dipengaruhi oleh pola hidup tidak sehat dan mengkonsumsi makanan pemicu hipertensi. Berikut ini sudah beberapa penyebab hipertensi yang harus diwaspadai.


1. Obesitas


Penyebab tekanan darah tinggi berikutnya, kelebihan berat badan atau obesitas. Semakin berat tubuh, maka oksigen dan nutrisi yang diperlukan juga tinggi. Hal ini menyebabkan jantung lebih keras bekerja dan membuat tekanan darah semakin meningkat.


2. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik


Jarang melakukan aktivitas fisik menjadi salah satu pemicu tensi darah meningkat. Kurang gerak bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.


3. Merokok


Kebiasaan merokok, ternyata dapat meningkatkan tensi darah. Kandungan zat kimia rokok bisa menyebabkan lapisan dinding arteri rusak. Hal ini yang membuat arteri menyempit dan tekanan darah semakin meningkat.


4. Konsumsi Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol dapat memicu peningkatan tekanan darah. Hal ini karena alkohol bisa meningkatkan lemak dalam darah. Sehingga bisa memicu hipertensi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.


Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes 


Tips untuk Mengatasi Darah Tinggi


Bila sebelumnya membahas penyebab darah tinggi, maka bagian ini akan mengulas tips mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Berikut ini sudah ada beberapa tips mengatasi hipertensi secara alami dan cepat.


1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat


Tips mengatasi darah tinggi bisa dengan konsumsi makanan tinggi serat. Menurut penelitian, makanan berserat bisa menurunkan darah tinggi sampai 11 mmHg.


2. Kurangi Minuman Berkafein


Kebiasaan minum teh, kopi, atau soda memang terlihat umum. Namun, minuman tersebut dapat menjadi penyebab darah tinggi.


3. Hindari Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol akan berpotensi untuk meningkatkan resiko terjadinya hipertensi. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan mengurangi efektivitas dari obat darah tinggi yang telah dikonsumsi.


4. Mengurangi Makanan Tinggi Garam


Makanan tinggi garam menjadi pantangan bagi penderita hipertensi. Hal ini karena makanan tersebut dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan asin yang mengandung penyedap rasa atau MSG harus dihindari.


5. Berhenti Merokok


Menghentikan kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu tips mengatasi darah tinggi. Dengan menghentikan kebiasaan merokok maka sudah menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah.


6. Lakukan Olahraga Rutin


Olahraga dapat membuat pembuluh darah elastis dan aliran darah menjadi normal. Pilihan olahraga yang dapat dilakukan seperti kardio, jogging, berenang, senam aerobik, bersepeda, dan lainnya.


7. Menjaga Berat Badan Ideal


Sudah disebutkan di atas bahwa obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab darah tinggi. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal bermanfaat untuk mencegah hipertensi.


8. Hindari Stres


Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab darah tinggi. Keadaan tersebut bisa semakin parah bisa ditambah dengan kebiasaan buruk seperti merokok ataupun mengkonsumsi alkohol.


Oleh sebab itu, penting sekali memahami diri sendiri agar tidak mudah stres. Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan agar tidak mudah bosan. Sementara itu, Anda tetap harus mengetahui penyebab Darah Tinggi dan tips untuk mengatasinya.





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9