Kenali Jenis-jenis Plastik Laminating Agar Tidak Salah Pilih

Kamis, 07 April 2022

Mesin laminating merupakan salah satu benda yang digunakan untuk proses pelapisan plastik pada dokumen tertentu bertujuan agar dokumen lebih tahan air dan sebagainya.





Bagi pebisnis fotocopy mesin ini harus ada untuk melengkapi usahanya. Lantas berapakah harga mesin laminating?


Umumnya, harga mesin laminating tergantung dengan ukurannya. Bila Anda ingin membeli mesin lihatlah dulu ukurannya agar tidak salah memilih. 


Jenis-Jenis Plastik Laminating 


Plastik laminating sering dikenal dengan laminasi. Laminating berfungsi untuk melapisi kertas agar tahan terhadap air dan rayap. 


Perbedaan dari kertas laminating dan laminasi terlihat dari ketebalan dan modelnya. Plastik laminating umumnya digunakan pada pengusaha fotocopy atau percetakan, ada beberapa ketebalan yang dapat Anda ketahui.

 

Plastik laminating ukuran 30 mikron


plastik ini digunakan sebagai plastik undangan berbentuk gulungan dengan panjang dan lebar bervariasi.


Plastik laminating ukuran 100 micron


plastik ini digunakan untuk melapisi dokumen seperti akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, surat-surat dan berbentuk lembaran.


Plastik laminating ukuran 175 micron


plastik laminating ini digunakan untuk kartu, KTP, dan lain-lain. 


Plastik laminating ukuran 250 micron


Plastik ini digunakan untuk laminating kartu namun lebih tebal.


Jika membahas tentang laminating ada beberapa jenis plastik laminating yang harus Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :


  1. Plastik Laminasi Doff


Jenis laminasi ini berbahan tidak mengkilap atau bentuknya buram. Bahan laminasi doff ini digunakan untuk melapisi undangan khitanan, pernikahan, dan sering dipakai untuk membuat lapisan cover buku, majalah serta leaflet. Hanya dengan menggunakan laminasi doff hasil cetakan terlihat lebih elegan dan enak dipandang. 


  1. Plastik Laminasi Glossy


Jenis plastik laminasi glossy kebalikan dari laminasi doff karena memiliki karakteristik mengkilap atau licin. Laminasi jenis ini sangat sering digunakan untuk hasil cetakan buku yasin, cover brosur, poster, leaflet, foto. Namun, biasanya digunakan untuk cetakan selain undangan.


  1. Plastik Laminasi Spot UV


Plastik laminasi ini sama dengan jenis plastik glossy yang menghasilkan lapisan licin atau mengkilap. Namun, pembedanya hanya spot UV yang ada pada bagian tertentu saja. 


Misalnya Anda pernah melihat cetakan undangan yang mengkilap pada bagian tulisan. Sedangkan, bagian lainnya berbentuk biasa saja. Lapisan seperti inilah yang menggunakan jenis laminasi spot UV.


  1. Plastik Laminating Window


Plastik laminasi window ini berbentuk sama dengan jendela. Biasanya, karakter laminating ini mengkilap dan banyak digunakan untuk pembuatan kotak roti. 


Laminasi windows berarti isi kotak terlihat dari luar tanpa harus membukanya, sama halnya dengan kemasan roti. Sedangkan, pada bagian atas kotak lubang akan dilapisi dengan plastik tipis.


Beberapa jenis plastik ini sering digunakan untuk Roti, Mainan, Makanan, Alat Elektronik, dan kemasan lainnya.


Jika sudah menemukan plastik, selanjutnya ada proses varnish UV yang tidak termasuk dalam kategori laminating. Namun tetap perlu disampaikan untuk menambah wawasan Anda terkait Laminating. 


Umumnya, proses varnish UV memiliki corak yang sama seperti laminasi. Namun, biasanya berbentuk glossy atau licin yang bertujuan untuk melindungi hasil cetakan. 


Proses dari pembuatan varnish UV ini hanya disemprotkan dengan cairan tertentu agar melindungi hasil cetak.


Bagi Anda yang membutuhkan laminating terbaik bisa mengunjungi atau pesan langsung ke maxipro.co.id


Maxipro adalah salah satu jasa Laminating terbaik yang bisa Anda gunakan dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.


Hasil Laminating yang terbaik akan didapatkan dari mesin Laminating A4. Sebelum menggunakannya Anda harus paham terlebih dahulu jenis-jenis plastiknya.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9