5 Tips Mengembangkan Bakat Anak Tanpa Maksa

Senin, 25 April 2022


Setiap orangtua pasti ingin anaknya berprestasi. Caranya dengan mengembangkan bakat yang sudah anak. Meski lahir dari rahim yang sama, belum tentu anak-anak mempunyai bakat sama. Bahkan dengan orang tuanya sekalipun. Tips mengembangkan bakat anak tanpa maksa bisa mendorongnya untuk berprestasi.


Agar dapat berprestasi, orangtua perlu mendampingi mengembangkan bakat tersebut, tentu tanpa pemaksaan. Usia munculnya bakat berbeda-beda. Namun umumnya sekitar umur 2-5 tahun. Bagaimana orang tua dapat mengetahuinya?

Cara mengetahui bakat anak

Seperti sifatnya, anak mempunyai kebiasaan untuk meniru dan mencoba. Apa yang dilihat akan dilakukannya.

Orang tua berperan penting dalam membentuk karakter dan mengasah kemampuan anak. Namun untuk mengetahui apa potensi terbesarnya tidak dapat dilakukan secara cepat.

Ketika melihat pertunjukan menari, bisa jadi anak akan menirukannya dalam beberapa hari. Hal ini belum bisa menjadi dasar kesimpulan bahwa sang anak mempunyai bakat dalam bidang tersebut.

Bisa jadi beberapa hari kemudian sudah melupakan dan ganti dengan hal baru. Lalu bagaimana mengetahui bakat sang anak yang sesungguhnya? Melansir dari Novak Djokovic Foundation, anak mempunyai fokus dan daya ingat yang tinggi terhadap bakatnya.

Biasanya mereka akan menunjukkan perilaku penasaran terhadap hal yang berkaitan dengan bakat tersebut, imajinasi tinggi dan mampu memecahkan persoalan ringan. Selain itu juga menyukai hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut serta banyak bertanya secara kritis.

Tips mengembangkan bakat anak tanpa maksa

Bakat dan minat tidak akan berkembang tanpa dukungan serta lingkungan yang tepat. Tugas orangtua memfasilitasinya sehingga potensi tersebut dapat berkembang. Jangan salah, hal ini bisa jadi akan mendukung karirnya kelak. Bagaimana caranya?

  1. Jangan menolaknya

Sebagai orangtua bisa jadi mempunyai harapan yang berbeda dengan si anak. Mungkin ingin anaknya menjadi penyanyi seperti mereka atau profesi lain. Namun ternyata sang anak lebih cenderung sebagai pelukis. Orangtua yang baik tidak boleh menolak dan memaksa anaknya untuk mengikutinya. 

  1. Biarkan mereka melakukan hal baru

Bakat merupakan kemampuan yang terpendam. Tidak akan dapat muncul tanpa ada kesempatan. Membiarkannya melakukan hal baru berarti memberi kesempatan pada bakatnya untuk tumbuh dan berkembang. Anak pun akan dengan senang hati menjalaninya. Dengan demikian lebih mudah untuk mencapai prestasi.

  1. Sediakan fasilitas

Potensi yang dimiliki seorang anak perlu mendapat fasilita agar dapat berkembang. Anak yang mempunyai hobi menggambar, tidak akan dapat menyalurkan bakatnya tanpa adanya kertas, kanvas, crayon, cat air dan pendukung lainnya. Dengan menyediakan fasilitas tersebut berarti orangtua sudah mendukung dan memberi kesempatan untuk berprestasi. 

  1. Dorong kemampuan non-kognitif

Prestasi seorang anak tidak hanya berkaitan dengan angka akademik semata. Tanpa kemampuan non-kognitif, maka pencapaiannya saat ini tidak gunanya. Apa yang dimaksud kemampuan non-kognitif?

Istilah ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk berusaha, pantang menyerah dan bersemangat. Bekal inilah yang akan mengantarkannya pada kesuksesan.

  1. Beri media untuk menunjukkan kemampuannya

Berkompetisi akan membuat kemampuan anak semakin terasah. Mereka juga akan belajar tentang perjuangan, berhasil dan gagal. Hal ini dapat mendorongnya untuk lebih semangat mengejar prestasi.Untuk melakukannya cukup mudah. Banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh si anak. Salah satunya adalah Yupi’s Got Talent 2022.

Ajak anak mengikuti Ajang Yupi’s Got Talent 2022

Saat ini Yupi mengadakan ajang bergengsi untuk mengasah bakat dan kemampuan anak-anak. Kegiatan ini dapat membantu anak-anak menunjukkan bakat dan prestasinya. Bukan hanya itu, mereka juga akan mampu meningkatkan kemampuan non-kognitifnya.

Jenis kompetisi yang diadakan juga bermacam-macam. Mulai dari singing, dancing, music performance, sport, photo contest dan lainnya. Anak-anak dengan didampingi orangtua dapat mendaftar sesuai dengan minat masing-masing.

Bagaimana cara mengikutinya? Sangat mudah. Cukup dengan mendaftar pada http://www.yupiland.com/ygt Peserta tidak dipungut biaya sama sekali. Sebelumnya, pendaftar harus mempunyai kode unik. Cara mendapatkannya dengan membeli produk Yupi versi Shine dan Bright seharga Rp 15.000.

Produk tersebut dapat diperoleh di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, DJ.ID, Lazda, Tiktok Shop dan Yupi Gummy Store di Yupiland. 

Bagi Anda penggemar belanja di Shopee dan Tokopedia, bisa memberi produk Yupi di link berikut ya: 

https://shopee.co.id/Yupi-Got-talent-box-Bright-Package-2022-i.62794964.12281655073

https://www.tokopedia.com/yupi-store/yupi-got-talent-package-2022-bright



Kode unik yang diperoleh setiap pembelian merupakan syarat untuk mengikuti Yupi’s Got Talent 2022.

Nah, kini saatnya orang tua mendampingi anak-anak untuk menunjukkan potensinya dengan mengikuti Yupi’s got Talent 2022.  Menang atau kalah merupakan proses. Keberanian untuk tampil mengikuti berbagai ajang perlombaan merupakan sebuah prestasi. 

 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9