Pentingnya Memahami Self Care untuk Kesehatan Mental

Jumat, 11 Februari 2022

Kehidupan memiliki banyak rintangan yang membuat pribadi menjadi kuat atau lemah. Hal itu tergantung dari mana cara menyikapi dan solusi dalam menghadapinya.


Self care


Sayangnya kemampuan dan mental seseorang memiliki perbedaan yang bisa membahayakan kesehatan mental yang ada. Maka harus ada edukasi pentingnya self care untuk kesehatan mental yang harus dipahami oleh setiap orang. 


Sebab kesehatan mental yang tidak baik bisa merusak pandangan maupun masa depan seseorang karena rasa sakit yang belum bisa disalurkan oleh siapapun.


Apa Sih Self Care Itu?


Pengertian self care sendiri adalah sebuah tindakan yang bermanfaat untuk fisik, emosi, sosialisasi, maupun pendidikan dan pekerjaan dengan tujuan untuk menjaga dari dalam diri. Sehingga kegiatan yang dilakukan dengan tujuan self care memiliki manfaat dalam kebahagiaan diri sendiri untuk lebih baik dalam jasmani dan rohani.


Self care artinya juga bisa dianggap sebagai suatu cara untuk mengenal diri sendiri dan mencintainya dengan segala keterbatasan dan masalah yang dihadapi. Hal itu tentu berkaitan dengan mental yang bisa menurun dan akan berpengaruh kepada kesehatan fisik.


Sehingga self care akan memberikan manfaat kepada diri sendiri secara mental dalam meningkatkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan berdamai dengan diri sendiri. Jika mental yang ada di dalam diri sudah baik, maka kesehatan pada fisik akan meningkat.


Maka edukasi mengenai pentingnya self care untuk kesehatan mental juga harus didasari dengan ahlinya sehingga tidak bisa melakukan diagnosa sendiri, perlu penanganan dengan ahlinya agar self care bisa sesuai dengan harapan dan menimbulkan kenyamanan.


Jika ada penurunan pada perasaan dan emosi sehingga harus membutuhkan self care psikologi. Tujuannya untuk mendapatkan bagaimana solusi terbaik dan mengikuti emosi dengan tepat saat masalah mental datang dan sulit dikendalikan.


Jenis-Jenis Self Care, Kamu Wajib Tahu!


Masalah mental yang dialami tidak bisa dilakukan diagnosa secara sendiri karena membutuhkan seseorang yang ahli untuk menyelidiki penyebab dan cara penanganan yang tepat. Jangan sampai cara yang dilakukan bisa membuat mental semakin kurang baik.


Ada 7 jenis self care yang bisa dipahami dalam penanganannya agar kualitas kesehatan menjadi lebih baik, yaitu:


1. Physical self care


Physical self care berhubungan pada kegiatan fisik yang bisa dilakukan agar lebih sehat dan terjaga. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengikuti yoga untuk membuat pikiran lebih tenang dan tubuh istirahat.


2. Emotional self care


Self care memiliki hubungan pada dalam tubuh dan emosi yang datang. Sayangnya emosi yang tidak terkendali bisa membuat mental tidak sehat karena perubahan yang cepat. Jenis self care ini bisa membuat diri sendiri dalam belajar mengontrol emosi dan menerima kekurangan.


3. Spiritual Self Care


Jika ingin mencoba mengenal diri sendiri dan meningkatkan hubungan kepada Tuhan, spiritual self care bisa dilakukan dengan cara meditasi atau mendatangi acara keagamaan.


4. Personal Self Care


Setiap orang memiliki kelemahan maupun kelebihan yang harus diterima dengan baik. Hal itu belum tentu mudah bagi beberapa orang dalam berdamai dengan dirinya. Padahal jika hubungan dengan diri sendiri sudah baik akan meningkatkan sosialisasi di lingkungan sekitar atau pekerjaan.


5. Space Self Care


Space self care berhubungan dengan penataan perabot atau ruangan yang ada agar meningkatkan kenyamanan saat beristirahat. Bagian ini cukup bermanfaat dalam peningkatan kepedulian pada diri sendiri yang membuat lebih nyaman dalam beristirahat dan meluangkan waktu saat sendiri.


6. Financing Self Care


Mengatur keuangan juga bagian dari self care untuk masa depan agar terhindar dari rasa khawatir dan masalah yang rumit. Sehingga pada bagian ini, seseorang sangat pandai dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari maupun masa depannya.


7. Work Self Care


Self care juga dibutuhkan pada lingkungan pekerjaan. Tujuannya untuk mengatasi stress yang sering terjadi ketika deadline.


Manfaat Self Care yang Perlu Disadari 


Self care adalah suatu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam menerima diri sendiri dalam kekurangan maupun kelebihan. Sehingga dalam melakukannya akan banyak manfaat self care yang akan didapatkan untuk diri sendiri maupun orang lain, yaitu:


1. Mengurangi stress


Self care bertujuan untuk mengurangi stress dengan tindakan yang menenangkan seperti yoga dan berdiam diri. Sebab stress yang berlebih bisa membuat emosi tidak terkendali dan dapat berpengaruh kepada kesehatan.


2. Membuat tubuh lebih segar


Jika emosi dapat dikelola dengan baik akan memberikan energi positif pada tubuh yang membuat lebih segar. Hal itu disebabkan karena pemikiran lebih baik dan membuat bersemangat saat melakukan aktivitas.


3. Menerima kekurangan


Tujuan dari self care bisa menjadi cara untuk berdamai dengan diri sendiri terhadap kekurangan yang ada dan meningkatkan kelebihan ke arah yang lebih positif. Sehingga dalam kehidupan sosial akan lebih bersemangat dalam melakukannya.


Maka dalam kehidupan dan pengenalan diri perlu memahami pentingnya self care untuk kesehatan mental agar lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu self care akan membuat pribadi yang lebih mencintai diri sendiri dan Bahagia.




1 komentar on "Pentingnya Memahami Self Care untuk Kesehatan Mental"
  1. informasi yang bagus, ada artikel dari universitas airlangga yang juga akan memberikan informasi loh buat kalian... berikut link tautannya https://www.unair.ac.id/2022/08/16/psikolog-unair-bagikan-informasi-urgensi-self-care

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9