Kelebihan dan Kekurangan OS Windows

Rabu, 09 Februari 2022
Seperti yang diketahui bahwa Windows adalah sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Tidak hanya sekadar user friendly atau mudah digunakan saja, tetapi juga ada beberapa hal lain yang membuat banyak orang menggunakannya. Dan berikut kelebihan dan kekurangan OS Windows.


 

Apa itu sistem operasi Windows?


Windows adalah salah satu sistem buatan Microsoft yang telah sukses menghadirkan banyak varian. 

Sistem yang satu ini dapat membantu user atau pengguna untuk melihat dan menyimpan file, menjalankan perangkat lunak, bermain game, menonton video, dan menyediakan cara untuk bisa terhubung ke internet. Windows memang dirilis untuk komputasi rumah dan pekerjaan profesional.

Versi Microsoft Windows yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini adalah windows 7. Framework atau kerangka kerja utama sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft adalah MS-DOS. 

MS-DOS ini sendiri merupakan sistem operasi dasar yang memiliki interface baris pesanan. Bentuk baru dari sistem operasi Microsoft juga berfungsi sebagai utilitas MS-DOS. 

MS-DOS masih digunakan dalam melakukan beberapa pekerjaan seperti membuat catatan, memperkenalkan modul pada beberapa produk, menggunakan GIT dan penggunaan lainnya. 

Dan berikut ini adalah beberapa contoh sistem operasi Windows:

  • Windows 95
  • Windows 98
  • Windows XP
  • Windows vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10

Kamu bisa dapatkan hosting murah gratis SSL dan layanan hosting terbaik VPS DomaiNesia di sini. 

Kelebihan sistem operasi Windows


1. Dapat mendukung seluruh hardware


Sistem operasi Windows dapat mendukung untuk semua hardware atau perangkat keras karena telah digunakan oleh 95 persen pengguna, maka sebagian besar vendor perangkat keras membuat driver untuk windows.

2. Mudah digunakan oleh user


Semua versi Microsoft Windows memiliki kesamaan di dalamnya yang memudahkan user atau pengguna berpindah dari satu versi ke versi lainnya. 

Pengguna Windows 7 tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan perpindahan ke Windows 10. 

Alasannya karena sebagian besar fitur pada Windows 10 sama dengan windows 7. Interface pengguna Windows juga mudah digunakan dibandingkan UNIX dan MAC.

3. Dapat mendukung berbagai macam software


Seperti yang kita tahu bahwa Windows memiliki jumlah audiens yang besar. Sehingga banyak sekali developer atau pengembang lebih memilih membuat utilitas, game, dan perangkat lunak untuk OS windows.

4. Terdapat fitur plug and play


Sebagian besar perangkat keras dapat dideteksi secara otomatis oleh fitur plug and play. Kamu tidak perlu lagi menginstal perangkat keras secara manual karena sudah terpasang otomatis contohnya seperti webcam, keyboard, mouse, perangkat seluler, dan lain-lain.

5. Sudah dilengkapi untuk perangkat layar sentuh


Khusus untuk Windows 10 juga telah dibuat untuk perangkat layar sentuh dan komputer desktop. 

Selain itu, interface pengguna Windows 10 dibuat sedemikian rupa sehingga berfungsi lebih baik untuk semua jenis perangkat Windows.


Kekurangan sistem operasi Windows


1. Memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan virus


Windows memiliki tingkat serangan programmer yang tinggi. Banyak pemrogram yang bisa merusak sistem keamanan dengan mudah. 

Oleh karena itu, klien Windows rata-rata harus perlu refresh sistem operasi secara berkala untuk mengikuti patch keamanan terbaru.

2. Sebagian besar produk Windows berbayar


Sebagian besar program Windows berbayar contohnya seperti game, pemrograman desain (Photoshop), download chief (IDM) dan lain-lainnya. Kamu perlu membeli produk ini atau membayar biaya bulanan untuk dapat menggunakannya.

3. Reboot ulang framework


Jika framework atau kerangka kerja mulai melambat saat beroperasi atau eksekusi maka kamu perlu reboot ulang. 

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu melakukan reboot apabila sedang memuat banyak proyek secara bersamaan, karena sistem operasi akan turun atau lambat dan ditutup. Jadi, satu-satunya jawaban untuk mengatasi hal ini adalah reboot.

4. Membutuhkan biaya yang besar


OS Linux adalah open source dan diizinkan untuk digunakan oleh semua orang, kecuali sistem operasi windows memiliki izin berbayar dan tidak dapat digunakan secara gratis. 

Biaya pembelian duplikat sistem operasi Windows juga tinggi. Kamu perlu membeli perangkat lunak Microsoft lainnya seperti MS Office agar dapat digunakan di PC. 

5. Aset PC yang tinggi


Jika menggunakan Windows maka PC harus memiliki batas smash yang tinggi, banyak ruang hard drive, dan design card yang bagus. 

Dan apabila ingin menggunakan pemrograman ilustrasi seperti Photoshop, maka disarankan untuk menggunakan smash 16 GB.

Itulah kelebihan dan kekurangan Windows. Kelebihannya kamu dapat menggunakannya dengan mudah, bisa mendukung berbagai macam hardware maupun software bahkan sudah dilengkapi fitur plug and play. Namun, kekurangannya adalah kamu memang perlu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk mendapatkan semua produk Windows. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9