6 Tips Mudah Menjaga Kebersihan Kolam Renang

Jumat, 25 Februari 2022

Membersihkan kolam renang secara rutin dapat membuat pemakainya menjadi nyaman dan semakin senang berolahraga air ini. Kontraktor Kolam Renang Surabaya memberikan tips yang mudah untuk dilakukan.



Tips membersihkan sendiri kolam renang


Air yang bersih dan segar bagi perenang membuat badan semakin fresh. Anda tentu tidak mau berenang di kolam yang banyak lumut, alga, endapan debu, dan daun yang rontok.


Untuk menjaga kolam renang di rumah Anda tetap bersih cukup mudah. Bahkan dapat melakukannya sendiri. Anda pun tidak memerlukan peralatan tambahan. Cukup menggunakan alat yang setiap hari digunakan untuk membersihkan rumah saja.


1. Membersihkan manual 2x sehari


Daun tumbuhan penghias di sekitar kolam renang yang jatuh ke dalam air dapat menyebabkan kotor dan keruh. Jika tidak segera dibersihkan, bahkan dapat menimbulkan bau kurang sedap. Oleh karena itu bersihkan secara teratur setiap hari.


Minimal lakukan secara manual dua kali sehari, pagi dan sore. Gunakan alat yang dapat mengait daun sehingga dengan mudah diambil dan dikeluarkan dari kolam. Biasanya berupa tongkat yang pada ujungnya terdapat penyaring.


2. Menggunakan klorin


Klorin merupakan zat yang biasa untuk membersihkan air dalam kolam renang. Selain menjernihkan air, zat ini juga dapat mencegah tumbuhnya lumut di dinding kolam maupun alga yang mengambang.


Penggunaan klorin harus dengan takaran yang pas sesuai ukuran dan volume air kolam. Vendor berpengalaman seperti Jasa Pembuatan Kolam Renang Surabaya menyarankan kadar klorin antara pH 7,2 sampai 7,4


3. Menyikat dinding dan dasar kolam renang


Kerak dan lumut sering menempel pada dinding serta lantai kolam renang. Membersihkannya secara rutin adalah cara perawatan terbaik. Gunakan sikat khusus yang dapat mengangkat semua kotoran.


Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai. Pilih yang aman bagi kulit. Setelah itu, pastikan membilasnya sampai benar-benar bersih. Jangan ada sisa karena bagi yang sensitif bisa menimbulkan rasa gatal.


Cara ini mungkin cukup berat karena harus melakukannya secara manual, tetapi hasilnya sangat maksimal. Apalagi jika Anda tipe yang teliti. Kebersihan kolam renang akan membuat seluruh penghuni rumah betah dan nyaman di area ini. 


4. Mengurangi sinar matahari langsung ke kolam renang


Menanam pohon yang cukup tinggi dan rimbun atau membuat kanopi di sisi kolam renang merupakan salah satu cara untuk membuatnya lebih nyaman.


Selain peneduh bagi Anda ketika sedang berenang, ternyata pohon dan kanopi tersebut dapat menjaga kebersihan kolam renang. Salah satu penyebab kolam renang menjadi kotor dan kurang nyaman adalah banyaknya lumut dan alga atau ganggang.


Keduanya memerlukan sinar matahari yang cukup untuk dapat tumbuh di dalam air. Peneduh akan mengurangi intensitasnya sehingga menghambat pertumbuhan lumut dan alga. Namun menanam pohon di sekitar kolam membuat Anda harus lebih sering membersihkan dengan cara manual.


5. Vacuum kolam renang


Partikel kecil berupa debu bisa menjadi masalah dalam kolam renang. Zat ini jika tidak dibersihkan secara tuntas justru dapat menyumbat mesin pembersih air. Sebaiknya lakukan vacuum dasar kolam renang minimal seminggu sekali.


Proses pengeringan atau pembuangan air belum tentu akan membawa serta seluruh debu dari dasar kolam. Bahkan bisa jadi justru malah menumpuk di bagian dasar atau di celah-celah lantai dan dinding. Proses vacuum dapat membersihkan secara tuntas.


6. Membersihkan residu minyak


Sering melihat kilau seperti minyak pada permukaan air kolam renang? Jangan bingung dulu. Belum tentu penyebabnya adalah minyak yang tertumpah ke dalam kolam.


Tidak jarang, kilau minyak hanya berasal dari tabir surya, produk perawatan kulit dan rambut yang dipakai sebelum berenang. 


Cara membersihkan sangat mudah. masukkan bola tenis bekas secukupnya. Residu minyak tersebut akan terserap pada bulu-bulu bola sehingga kolam bersih kembali.


Kebersihan kolam renang di rumah harus tetap terjaga. Karena bersifat privat, yaitu hanya digunakan oleh anggota keluarga seharusnya membuat tetap bersih dan higienis bukan hal yang sulit.


Kontraktor Kolam Renang Surabaya setelah selesai mengerjakan proyek biasanya memberikan saran kepada klien cara untuk menjaga kebersihannya. Selain aktivitas berenang terasa nyaman, juga membuat bangunan kolam renang lebih awet. 



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9