Menggali Bekal Ilmu Masa Depan bersama Universitas Pertamina

Sabtu, 08 Januari 2022

Indonesia memiliki deretan nama universitas yang siap membekali generasi bangsa dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat.


Universitas Pertamina menjadi salah satu pilihan kampus yang bisa Anda jadikan tujuan. Universitas ini menawarkan program studi yang beragam dan kualitas pendidikannya bisa diandalkan. Mari simak lebih jauh tentang kampus yang satu ini!


Universitas Pertamina

Sejarah Universitas Pertamina

Universitas Pertamina atau UP berdiri secara resmi pada tahun 2016 silam. Pendirian universitas ini dilakukan berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan No.60/KPT/I/2016. Tentunya kehadiran UP menambah banyak pilihan universitas yang tersedia di Indonesia.

UP hadir sebagai wujud kontribusi dari PT Pertamina terhadap masyarakat lewat bidang pendidikan tinggi. Universitas ini berdiri dengan semangat untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas terbaik di bidang bisnis dan teknologi energi. Pengelolaan universitas dilakukan langsung oleh Pertamina Foundation yang sudah lama berkontribusi besar di kalangan masyarakat.

Mulai dari tahun 2015, Pertamina Foundation sudah lebih banyak berfokus pada dunia pendidikan. Bermula dari pendanaan berbagai jenis program pendidikan, kini Pertamina Foundation telah mendirikan fasilitas perguruan tinggi sendiri. Diberi nama Universitas Pertamina, diharapkan kampus ini bisa memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi masyarakat.

Pilihan Program di Universitas Pertamina

Meskipun masih terbilang sebagai universitas baru, namun universitas ini telah menyediakan banyak pilihan program. UP menawarkan 6 fakultas dan 15 program studi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Berikut adalah 6 nama fakultas yang tersedia:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas SAINS dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Universitas pertamina


Secara keseluruhan memang program kuliah di UP ini lebih berfokus pada bidang teknologi dan energi. Sesuai dengan penyelenggaranya yakni Pertamina yang juga bergerak di bidang energi. Tak heran jika kampus ini juga dikenal dengan nama kampus energi.

Perlu diketahui bahwa semua fakultas dan program studi UP didukung oleh fasilitas tenaga dosen lulusan master dan doktor berkualitas terbaik. Tidak hanya dosen lulusan dalam negeri, UP juga merekrut dosen lulusan universitas luar negeri. Selain itu ada juga 225 tenaga penunjang meliputi dosen tidak tetap, laboran, pustakawan, teknisi, dan lain sebagainya.

Jalur Seleksi dan Beasiswa


Universitas Pertamina menyediakan dua jalur seleksi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Dua jalur seleksi tersebut adalah seleksi berdasarkan nilai rapor dan seleksi dengan ujian masuk atau UM. Keduanya sama-sama memiliki peluang yang besar sehingga calon mahasiswa bisa memilih jalur sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Untuk jalur penerimaan dengan nilai rapor, UP mengadakan dua periode seleksi. Periode pertama di bulan Januari dan periode kedua di bulan Oktober. Sementara itu, untuk jalur penerimaan dengan ujian masuk atau UM akan diselenggarakan secara online. Untuk informasi lebih lanjut dan ter-update bisa dilihat secara langsung melalui website resmi Universitas Pertamina.

Sementara itu bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendapatkan program bantuan beasiswa dari UP. Pertamina Foundation sebagai salah satu pihak yang telah lama berkecimpung di bidang sosial tentu tak melupakan masyarakat kurang mampu. Telah disediakan dana beasiswa khusus bagi mahasiswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah.

Keunggulan kuliah di Kampus Negeri Pertamina


Sebagai universitas yang belum lama muncul di Indonesia, UP berusaha menghadirkan berbagai kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh UP kepada masyarakat, khususnya mahasiswa:

  • Kurikulum yang berfokus pada kemampuan berpikir kritis dan kompleks.
  • Lingkungan belajar yang membentuk karakter kuat.
  • Menerapkan sistem belajar bilingual dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 
  • Didukung oleh tenaga pengajar dari lulusan universitas dalam dan luar negeri terkemuka. 
  • Menyediakan fasilitas pembelajaran berkualitas terbaik demi mendukung kelancaran proses belajar mahasiswa. 

Pada intinya, UP berusaha menyediakan fasilitas pendidikan terbaik bagi mahasiswa. Mulai dari sarana belajar, lingkungan, kurikulum, metode belajar, juga tenaga pengajar yang terlibat. Diharapkan semua lulusan UP bisa memiliki karakter yang baik dan kecerdasan otak yang matang. 

Tujuan Universitas Pertamina


Kampus negeri


Sejak berdiri pada tahun 2016 silam, UP terus berusaha untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi masyarakat. UP memang memiliki tujuan yang begitu besar yakni ingin menjadi salah satu universitas yang masuk ke dalam daftar peringkat terbaik dunia atau top world university. Tentunya untuk mencapai tujuan ini tidaklah mudah apalagi persaingan universitas juga begitu ketat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, UP menyusun beberapa strategi. Pertama, UP terlebih dahulu akan mencetak lulusan berdaya saing tinggi yang tentunya bisa bersaing di tingkat internasional. 

Lalu, UP juga akan menghasilkan berbagai jenis produk penelitian dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Universitas ini juga akan terus aktif menyebarkan hasil inovasi kepada masyarakat.

Kehadiran UP diharapkan bisa menjadi solusi kampus negeri yang menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Selain bertekad mencerdaskan kehidupan bangsa, UP juga ingin memberikan inovasi terbaik di bidang pendidikan. Kampus energi ini diharapkan akan terus berkembang semakin besar dan menjadi salah satu fasilitas pendidikan terbaik di Indonesia juga dunia. 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9