Benarkah Computer System Engineering Jurusan Masa Depan?

Rabu, 06 Oktober 2021

Berbagai jenis jurusan kuliah kini tersedia di universitas tanah air. Computer System Engineering adalah salah satunya. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, Computer System Engineering disebut sebagai salah satu jurusan paling menjanjikan di masa depan.



Mengenal Computer System Engineering


Mari terlebih dahulu berkenalan dengan jurusan yang satu ini. Jurusan ini berkaitan erat dengan dunia teknologi dan komputer. Di sini mahasiswa akan belajar banyak mengenai cara merancang serta membangun sebuah perangkat komputer. Mahasiswa juga akan belajar seperti apa cara mengendalikan sebuah sistem komputer.


Tak hanya sampai di situ, mahasiswa dari jurusan ini juga akan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan pemrograman. 


Khususnya pemrograman untuk sebuah perangkat keras. Beberapa mata kuliah yang akan ditemui di jurusan ini adalah elektronika, sistem mikroprosesor, pemrograman multimedia, robotika, dan lain sebagainya.


Jurusan ini sering dipandang sama dengan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Namun secara keseluruhan jurusan ini mempelajari bidang yang berbeda meskipun masih di lingkup yang sama. Secara mudah, jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu Teknik Informatika dengan Teknik Elektro.


Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat


CSE, Pilihan Jurusan Masa Depan


Computer System Engineering

Jurusan ini menawarkan banyak kelebihan yang membuatnya disebut sebagai jurusan masa depan. Tak heran jika setiap tahunnya jurusan ini mendapatkan banyak jumlah peminat. 


Berikut adalah beberapa alasan yang membuat Computer System Engineering adalah jurusan masa depan:


1. Berhubungan dengan Teknologi


Jenis jurusan ini memiliki hubungan yang begitu erat dengan bidang teknologi. Hal ini membuat jurusan Computer System Engineering akan terus berkembang pesat. Seperti kita tahu bahwa teknologi tak pernah bergerak mundur. 


Teknologi akan terus berubah dan berkembang sehingga ilmu-ilmu yang mendukung dan berhubungan dengannya juga terus berkembang.


Jurusan ini disebut sebagai jurusan masa depan karena memang sangat dibutuhkan seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi di masa depan akan membutuhkan tenaga orang-orang yang kompeten. Salah satunya adalah orang-orang dari lulusan jurusan ini.


2. Ilmunya Selalu berkembang


Faktor lain yang menyebutkan bahwa jurusan Computer System Engineering adakah jurusan masa depan yakni perkembangan ilmunya yang terus terjadi. 


Ilmu ini akan terus berubah seiring dengan munculnya teknologi-teknologi baru. Bisa dikatakan bahwa ilmu di jurusan ini tidak hanya ada untuk saat ini tapi juga untuk masa yang akan datang.


Jelas sekali bahwa materi yang dipelajari di bidang ini akan berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Setiap tahun, seiring berjalannya waktu akan selalu ada ilmu-ilmu baru di bidang ini. Itulah yang menyebabkan jurusan ini akan menjadi pilihan jurusan masa depan yang menjanjikan.


3. Mendukung Revolusi Industri 4.0


Computer System Engineering juga akan terus mendukung gerakan revolusi industri 4.0. Di era yang semakin maju seperti sekarang, revolusi industri menuntut semua sektor untuk bergerak lebih cepat. Tentunya dibutuhkan digitalisasi untuk memenuhi tuntutan perubahan teknologi.


Di masa depan nanti, kecepatan perkembangan industri mungkin akan terus meningkat. Lulusan dari Computer System Engineering sudah pasti akan sangat dibutuhkan. Bahkan di masa depan nanti ilmu ini akan jauh lebih bermanfaat dan banyak diaplikasikan terutama di bidang industri.


4. Prospek Karier Terbuka Lebar


Jurusan ini membuka prospek karier yang begitu luas bagi lulusannya. Selesai kuliah di jurusan ini, ada banyak jenis profesi yang bisa ditekuni. 


Tentunya semua profesi tersebut juga berhubungan dengan teknologi dan komputer. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini juga memengaruhi ketersediaan lapangan kerja di bidang teknologi yang semakin banyak.


5. Pilihan Prospek Kerja


Bicara tentang prospek karier lulusan Computer System Engineering memang begitu luas. Ada banyak jenis profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan ini. Berikut adalah beberapa pilihan profesi tersebut:


  1. Computer System Analyst

Computer System Engineering

Profesi ini akan berhubungan erat dengan dunia IT. Tanggung jawab utamanya adalah membangun sebuah fondasi sistem mulai dari konsep sampai praktik pelaksanaannya. Profesi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan IT dan gajinya pun lumayan besar.


2. Computer Network Expert 


Tak hanya bekerja langsung pada sistem perangkat keras, lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja sebagai computer network expert.


Profesi ini akan bertanggung jawab dalam mengelola stabilitas jaringan komputer di sebuah perusahaan. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan profesi ini dengan penawaran gaji yang besar.


3. Konsultan IT


Jelas sekali bahwa lulusan dari Computer System Engineering punya peluang besar bekerja sebagai konsultan IT. 


Profesi ini juga sangat menjanjikan apalagi di masa depan dengan kondisi teknologi yang semakin canggih. Gajinya pun semakin meningkat seiring dengan pengalaman yang dimiliki sebagai konsultan IT.


Ini hanya sebagian kecil pilihan profesi yang bisa ditekuni setelah lulus, selebihnya masih ada banyak lagi yang lain. Jurusan Computer System Engineering tampaknya tak berlebihan jika disebut sebagai jurusan masa depan. Pilihan jurusan ini akan membawa mahasiswanya untuk lebih siap menghadapi masa depan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.


Baca juga: Kelebihan Pembelajaran Daring dengan Metode Blended Learning


Jurusan CSE di Prasetiya Mulya


Pilihan jurusan Computer System Engineering atau CSE ini tersedia di Universitas Prasetiya Mulya. 


Kampus ini memiliki penawaran program pendidikan tinggi yang berkualitas dan menyediakan banyak pilihan jurusan. Universitas Prasetya Mulya STEM juga merupakan tempat yang tepat untuk calon Technopreneur. 


Nah, penasaran dengan Universitas Prasetya Mulya? Yuk, simak informasi lebih lengkap mengenai universitas ini!


Tentang Prasetiya Mulya STEM


Computer System Engineering

Universitas Prasetiya Mulya STEM merupakan perguruan tinggi yang menjadi pelopor program MBA dan sekolah bisnis di tanah air.


Lembaga pendidikan ini mulai berdiri pada tahun 1982 dan hingga sekarang telah membuka begitu banyak program jurusan yang bergengsi.


Pada tahun 2005 lalu, Prasetiya Mulya STEM memulai program sarjana dan berdedikasi untuk mendidik para wiraswasta muda di tanah air. Universitas ini terus berkembang dan mendapatkan peminat yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hingga akhirnya pada tahun 2016 lalu, universitas ini berubah menjadi kampus masa depan di Indonesia.


Saat ini Prasetiya Mulya STEM memiliki dua lokasi kampus yakni BSD Campus dan Cilandak Campus. Cilandak Campus merupakan lokasi pertama berdirinya Prasetiya Mulya STEM. Di akhir tahun 2009 lalu, Prasetiya Mulya STEM menambah lokasi kampus di BSD City. Tentunya hal ini karena jumlah peminat kampus ini terus meningkat.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring


Apa Saja Pilihan Jurusan di Universitas Prasetiya Mulya STEM? 


Ada banyak pilihan jurusan bonafid yang ditawarkan oleh Prasetiya Mulya STEM. Sejak berdiri hingga saat ini, kampus Prasetiya Mulya telah membuka total 14 program jurusan untuk jenjang S1 dan 6 jurusan untuk jenjang S2. Beberapa di antaranya menjadi jurusan bonafid yang berkualitas tinggi dan diminati oleh banyak orang.


Salah satunya adalah jurusan S1 Hukum Bisnis Internasional yang memiliki banyak peminat. Kemudian ada jurusan S1 Teknologi Bisnis Digital yang juga tak pernah sepi pendaftar. Jurusan S1 Teknologi Bisnis Pangan dari Universitas Prasetiya Mulya juga tak kalah populer.


Selain itu, program jurusan S1 Computer System Engineering juga menjadi salah satu pilihan jurusan bonafid yang bisa ditemui di kampus ini. 


Jurusan CSE ini bahkan disebut sebagai jurusan masa depan yang memiliki prospek sangat menjanjikan. Prasetiya Mulya STEM menghadirkan CSE sebagai jurusan ilmu yang berkualitas dan siap mendidik SDM baru yang kompeten.


Alasan Memilih Prasetiya Mulya STEM


Universitas Prasetiya Mulya ini disebut-sebut sebagai pilihan kampus masa depan. Tentunya hal ini bukanlah tanpa alasan! Berikut adalah beberapa alasan memilih Prasetiya Mulya STEM sebagai kampus masa depan:


1. Menawarkan Jurusan Bonafid


Kampus Prasetiya Mulya STEM menawarkan banyak sekali pilihan jurusan yang bonafid. Telah disebutkan sebelumnya beberapa jurusan yang bergengsi dari Prasetiya Mulya. 


Salah satunya adalah jurusan Computer System Engineering yang telah menjadi pilihan jurusan masa depan.


2. Jaringan Alumni yang Kuat


Prasetiya Mulya STEM memiliki jaringan alumni yang kuat. Terdapatn Ikatan Alumni Universitas Prasetiya Mulya atau IKAPRAMA. Asosiasi ini menjadi wadah bagi semua alumni kampus Prasetiya Mulya untuk saling membantu. Khususnya di masa depan ketika sudah masuk dunia kerja.


3. Menerapkan Pendidikan yang Inovatif


Universitas Prasetiya Mulya menerapkan program pendidikan yang inovatif. Ini menjadi salah satu misi yang diusung oleh Prasetiya Mulya STEM. Dengan adanya inovasi dalam setiap program pendidikan yang ditawarkan maka universitas ini akan terus bisa bersaing di masa depan.


Pilihlah jurusan Computer System Engineering dari Prasetiya Mulya STEM sebagai program pendidikan masa depan yang cemerlang. Jurusan dan kampus ini akan membawa Anda untuk lebih siap di dunia kerja setelah lulus. Program ilmu yang diberikan juga sesuai dengan perkembangan zaman di masa kini dan nanti.


Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan cek infonya di sini http://stem.prasetiyamulya.ac.id Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung menjadi calon Technopreneur di universitas keren ini, masih ada kesempatan terbuka lebar.


Periode pendaftaran sudah dibuka sejak 14 September-11 Oktober 2021. Untuk tes online akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Oktober 2021. Klik link pendaftarannya di sini ya prasmul.link/pendaftarans1


Yuk, jangan sampai lewatkan kesempatan emas dengan menjadi mahasiswa sukses di universitas Prasetya Mulya STEM!


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9