Ingin Sukses dalam Memasarkan Produk Baru?Go To Market Strategy Bisa Jadi Solusi

Jumat, 01 Oktober 2021
Memasarkan produk terbaru dalam sebuah bisnis dibutuhkan strategi jitu agar banyak orang tak sekedar mengenal, tapi juga tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

Contoh strategi terbaru yang mulai kerap digunakan para milenial adalah go to market strategy atau strategi go to market yakni sebuah cara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan start up agar bisa sukses dalam memasarkan produknya.



Menggunakan strategi lain mungkin bisa menghasilkan, tapi keuntungan yang didapat tidak bisa sebesar go to market tersebut. Namun, sebelum melakukannya dibutuhkan pemahaman dan langkah yang tepat dalam menggunakannya.

Mengenal Apa Itu Go to Market Strategi


Dari namanya saja sebagian besar orang mungkin sudah bisa menebak bahwa istilah ini erat kaitannya dengan kegiatan pemasaran. 

Strategi ini telah banyak digunakan oleh para pelaku usaha dan untuk dunia start up peran strategi marketing ini dianggap sangat penting.

Pengertian dari go to market strategi adalah langkah-langkah yang kerap dilakukan saat meluncurkan sebuah produk ke pasaran. ertujuan agar produk yang diluncurkan dapat diterima, seorang pelaku bisnis tentunya harus dapat mengidentifikasi target audience, merancang strategi pemasaran dan pembuatan marketing plan.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dan sangat penting adalah dapat mengidentifikasi masalah yang dihadapi target pasar yang sedang diincar. Bisa jadi produk yang dihasilkan dapat jadi solusi terbaik dari masalah yang tengah dihadapi.

Komponen Penting dalam Go to Market Strategi


Go to market strategi juga memiliki komponen dengan peran dan tujuan masing-masing. Keempat komponen yang terliput di dalamnya antara lain:

1. Product Market Fit


Produk yang berdaya guna dan bermanfaat adalah jenis produk yang dapat menjadi solusi yang terjadi di pasaran. Misalnya saja yang tengah dikembangkan adalah produk dengan teknologi canggih. 

Artinya dalam kehidupan produk dengan kecanggihan teknologinya tersebut harus bisa menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. Paling tidak Anda harus paham dengan masalah yang mungkin bisa diselesaikan dari produk tersebut.


2. Sasaran Produk


Meluncurkan sebuah produk tanpa tahu siapa sasaran atau yang akan jadi pemakai tentu akan jadi hal yang sia-sia. Sebelum produk resmi diluncurkan, sebaiknya Anda mencari tahu dahulu siapakah yang memiliki masalah dan dapat teratasi dengan produk tersebut.

Dari sinilah setidaknya Anda bisa mencari tahu apa paint pointe yang dapat Anda bantu dengan produk tersebut.

3. Kompetisi


Dalam sebuah usaha, kompetitor adalah hal yang biasa dan akan selalu ditemui. Untuk masalah ini ini Anda harus tahu siapa saja kompetitor Anda yang memiliki produk untuk solusi yang sama dan siapa mereka.

Adanya kompetitor dalam pasar adalah hal yang baik. Selain untuk memotivasi Anda lebih banyak juga sebagai bukti bahwa produk yang akan diluncurkan memang tersedia pasarnya dan memiliki audience yang besar pula.

4. Distribusi


Distribusi merupakan bagian penting dalam peluncuran sebuah produk. Dalam pemilihannya, jangan lupa untuk mempertimbangkan produk apa yang Anda miliki serta keinginan pembeli ingin produk yang seperti apa. Sebaiknya pilih distribusi yang memberikan banyak kemudahan.

Langkah-Langkah dalam Membuat Go to Market Strategy


Sebelum menerapkan go to market strategi, terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan diantaranya adalah:


Mendefinisikan Pelanggan yang Ideal


Pelanggan adalah bagian penting suksesnya sebuah usaha. Mereka yang dikatakan ideal adalah para pelanggan yang dapat menyaksikan keunggulan dan manfaat dari produk yang ditawarkan serta mau membayar dengan harga yang sesuai.


Riset Kompetitor


Kenali siapa saja yang jadi kompetitor Anda serta berikan nilai tambah pada solusi berupa produk seperti yang Anda tawarkan.


Pesan dan Target


Buat pesan semenarik mungkin tentang produk tersebut dan tentukan target yang jelas. Dengan demikian Anda akan dapat memiliki pandangan jelas terkait dengan apa yang perlu dilakukan.

Menentukan Strategy


Untuk bisa berhasil menggaet pelanggan ideal dibutuhkan strategi yang tepat. Oleh sebab itu, tentukan strategi semacam apa yang akan dilakukan agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Berikan Umpan Balik


Go to market strategi butuh ekseskusi dengan baik, untuk memastikannya telah dilakukan dengan baik, buatlah feedback antara pemasaran, penjualan serta untuk pengembangan produk.

Go to market strategi memang tidak menjanjikan akan keberhasilan sepenuhnya dan terhindar dari kegagalan. Namun, penggunaan strategi satu ini setidaknya dapat membantu Anda dalam menemukan pasar yang lebih tepat dan cepat.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9