Strategi Digital Marketing Anda Gagal? Ini Sebabnya!

Kamis, 07 Oktober 2021

Apakah Anda sudah merasa melakukan berbagai strategi marketing dengan budget yang besar, namun hasil yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi?



Mungkin ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari dan berimbas pada strategi digital marketing Anda.


Menjalankan strategi digital marketing sendiri tanpa adanya pengetahuan mendalam atau pengalaman sebelumnya memang sangat sulit. 


Hal itu lah yang menjadi alasan dari banyak brand dan bisnis untuk menyewa jasa digital marketing agency untuk membantu mereka dalam merancang dan mengimplementasikan strategi marketing yang tepat untuk bisnis mereka.


Namun jika Anda memilih untuk mengerjakan upaya marketing bisnis Anda sendiri, baiknya Anda melakukan evaluasi  terkait strategi apa saja yang menyebabkan digital marketing Anda gagal. Dengan meninjau kembali, Anda dapat menemukan solusi dan inovasi baru untuk bisnis Anda agar tidak melakukan kesalahan yang sama.


Berikut beberapa kesalahan umum yang menyebabkan strategi digital marketing Anda gagal:


1. Salah dalam Memilih Target Audiens


Dalam berbisnis, penting untuk mengetahui siapa target audiens yang ingin Anda tuju. Jika Anda berhasil membidik target audiens yang tepat, maka strategi digital marketing Anda dapat berjalan sesuai rencana.


Saat Anda telah menentukan target audiens yang sesuai dengan objektivitas brand, budget dan waktu yang Anda keluarkan akan lebih efektif sehingga strategi marketing dapat berjalan lebih maksimal.


Kumpulkan dulu data calon konsumen berdasarkan lifestyle, usia, tempat tinggal, jenis kelamin, platform yang sering digunakan, dan karakteristik lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan audiens Anda. 


Data ini akan memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi strategi sehingga bisa lebih tepat sasaran.


2. Kualitas Konten yang Kurang Baik


Konsep “Content is a king” memang sudah menjadi rahasia umum dalam dunia digital marketing. Saat konten yang Anda hasilkan tidak relevan dengan kebutuhan audiens, kemungkinan besar mereka akan beralih ke kompetitor Anda.


Padahal, 95% konsumen mengatakan konten membantu mereka untuk lebih percaya pada suatu bisnis. Inilah alasan mengapa Anda perlu memperhatikan konten apa saja yang perlu disajikan kepada target audiens.


3. Menggunakan Platform yang Kurang Tepat


Ketika Anda menggunakan platform yang tidak sesuai dengan target audiens, Anda akan sulit mengoptimalkan strategi marketing Anda selanjutnya.


Sebagai contoh, target audiens Anda adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak usia sekolah dasar. Tapi Anda terlalu fokus memasarkan produk di platform TikTok karena berfikir platform tersebut sedang ramai digunakan dan mudah untuk viral.


Padahal para ibu rumah tangga umumnya kurang mengikuti perkembangan teknologi, yang mana mereka lebih banyak menggunakan Facebook atau Instagram.


Memang tidak ada salahnya untuk mencoba segala peruntungan, tapi akan lebih baik jika Anda melakukannya di tempat yang memang sesuai dengan target audiens sehingga konten yang Anda buat tidak sia-sia.


4. Terlalu Puas dengan Penjualan


Mungkin Anda merasa setelah mendapatkan penjualan, Anda tidak perlu melakukan strategi lain. Padahal perlu dilakukan usaha-usaha lain agar bisnis Anda tetap bisa berjalan dan menjaga stabilitas penjualan. 


Setelah Anda mendapatkan penjualan awal, ada baiknya Anda terus menjaga relasi dengan konsumen Anda.

Karena saat konsumen sudah pernah melakukan pembelian, mereka akan lebih mudah aware dengan brand Anda. 


Memanfaatkan peluang ini untuk terus menjangkau para potensial konsumen, karena proses marketing akan lebih efektif jika orang-orang sudah mengenal brand Anda dengan baik dibandingkan menjangkau target audiens baru. 


Kesimpulan


Dunia digital marketing memang bergerak lebih cepat dibandingkan marketing konvensional. Sudah sewajarnya sebagai pebisnis digital Anda perlu melakukan banyak evaluasi dan memperbaiki kesalahan agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor lain.


Setelah mengidentifikasi faktor apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis, Anda akan lebih mudah untuk fokus merencanakan strategi digital marketing, menciptakan inovasi baru, serta mengoptimalkan performa brand Anda.


Bekerjasama dengan digital marketing agency dalam menjalankan strategi digital marketing juga merupakan pilihan yang cukup menguntungkan paling tidak karena aspek fleksibilitas dan keterjangkauan yang dihadirkannya.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9