Serunya Self Healing dari Rumah Bersama Shopee

Rabu, 29 September 2021

Apakah kamu mengalami banyak perubahan selama pandemi?

Kebiasaan hidup sudah berbeda. Kamu tak lagi saling sapa dengan banyak teman. Karena anjuran tak berjarak telah ditetapkan. Pandemi juga menggusur pekerjaan yang mungkin kamu idamkan dulu, tetapi sekarang, bisa saja hancur lebur bak debu. 

Sedih? Ingin marah? Atau bahkan Mentalmu sudah terganggu?

Sabar. Ini memang cobaan. Fokus pada solusi, bukan keluhan, ya. Jika saat ini kamu bermasalah dengan kesehatan mentalmu, mari sembuhkan! Bagaimana caranya? Saya akan menjawabnya di sini. 

 

Sejak pandemi, kesehatan mental menjadi perhatian. Tidak sedikit yang mengeluh, khususnya para perempuan yang mendadak berperan ganda. Selain menjadi ibu rumah tangga multitasking, perempuan juga menjadi tulang punggung keluarga. 



Berdasarkan peran perempuan yang cukup penting di atas, maka diperoleh data dari Institut Pertanian Bogor bahwasanya perempuan yang sudah menikah mengalami gangguan psikologis, di antaranya 50% mudah cemas dan gelisah, 46,9% mudah sedih dan 35,5% sulit berkonsentrasi. Ini adalah tanda adanya masalah kesehatan mental. 


Berjuang Agar Tetap Waras Selama Pandemi


Bersyukur, walaupun sempat mengalami masalah kesehatan mental akibat banyak keluarga dekat yang meninggal karena virus Corona. Saya bisa bangkit kembali. 

Awalnya saya terseok-seok. Ini bukanlah hal mudah karena melihat orang tersayang tak lagi di dunia. Namun, saya harus berani berjuang demi anak-anak. Mereka butuh ibu yang bahagia. Mereka butuh saya yang selalu optimis. 

Hingga akhirnya saya berpikir, bagaimana caranya saya tetap waras?

Saya pun bertemu dengan aplikasi Shopee, yang membuka mata saya bahwa meski pandemi meminta kita di rumah saja. Kita bisa menjaga kesehatan mental dengan cara yang mudah dan murah. We are happy!


Nah, berikut aktivitas yang saya lakukan untuk menjaga kewarasan diri selama pandemi. 


Belajar Memasak agar Terhindar dari Depresi


Memasak bukan keahlian saya sejak zaman masih single. Tetapi sejak pandemi, demi menjaga kesehatan mental, saya memilih untuk belajar memasak.


Menurut pakar psikolog, memasak adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan fokus. Sehingga ini bisa menjadi cara paling ampuh terhindar dari stress dan depresi karena aktivitas ibu rumah tangga yang lebih banyak di rumah.



Mempercantik Diri demi Jiwa yang Sehat


Mempercantik diri bukan sekadar bersolek biasa. Tetapi sebuah sarana untuk lebih mencintai diri sendiri. 


Saya pribadi ketika melakukan perawatan kecantikan secara rutin, di situ saya merasa telah memberikan kebahagiaan pada diri saya. Saya meluangkan waktu untuk me time dengan cara bermain make up.


Dan ketika saya melihat hasil make up saya bagus. Saya merasa bahagia. Nah, inilah terapi sebenarnya. 


Mengaktifkan Otak Kiri dengan Melukis 


Tahu nggak, ternyata salah satu penyebab kita gampang moody dan emosi adalah tidak seimbangnya cara kerja otak kanan dan kiri.  


Teman saya bilang, saya adalah perempuan yang condong aktif di bagian otak kanan. Jadi andai ketika suatu waktu saya mendapatkan masalah, maka saya akan down parah. 


Nah, untuk menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan, dia menyarankan saya untuk melakukan aktivitas yang lebih mengasah otak kiri. Akhirnya saya pun memilih melukis sebagai self healing selama pandemi ini. 


NgeBlog untuk Menjaga Kewarasan dan Menghasilkan Cuan


Writing is Healing. - Anonim 


Ngeblog tak sekadar menulis sebuah konten. Lebih dari itu, ngeblog bisa untuk terapi self healing dan menghasilkan cuan.


Saya sendiri merasakan betapa ngeblog mengubah hidup saya. Niat awal menjadi blogger dua tahun lalu adalah ingin terapi self healing lewat tulisan. Namun faktanya, saya keasyikan #NgeblogDariRumah hingga bisa menghasilkan cuan, dan saya  pun berani resign.


Nggak hanya itu saja, setelah menantang diri untuk mendalami dunia blogging, saya pun semakin tertarik banyak hal. Seperti contohnya adalah mengikuti #Kontesblog bersama Shopee.


Sejak pengumuman lomba dibagikan di media sosial, saya langsung tertarik ikut lomba. Karena saya mempunyai banyak pengalaman menarik bersama Shopee saat berbelanja online untuk kebutuhan ngeblog. 


Jadi, daripada disimpan sendiri pengalamannya, lebih baik saya bagikan kepada banyak orang, bukan? 


Siapa tahu, blogger pemula mendapatkan banyak manfaat dari tulisan saya tersebut. Saya pun mendapatkan pahala. Iya nggak? 


Ketika Belanja Online adalah Cara Jitu Menjaga Kewarasan


Ngomongin soal belanja, perempuan punya makna sendiri saat ingin berbelanja sesuatu. 

Pasalnya, mereka berani mengeluarkan uang untuk belanja adalah salah satu cara mengusir stres. 

Apalagi di saat pandemi seperti sekarang. Tingkat stres para perempuan pastilah naik drastis akibat pekerjaan di rumah yang tak kunjung usai. Mereka butuh refreshing!

Namun karena nggak bisa keluar traveling untuk self healing, maka berbelanja menjadi cara jitu menjaga kewarasan. 

Saya sendiri sejak pandemi ini berprinsip bahwa saya harus menyisakan sekian persen penghasilan dari ngeblog untuk membahagiakan diri dengan belanja online. 

Toh, barang-barang yang saya beli di e-commerce, adalah kebutuhan yang masuk prioritas. Seperti skincare, make up, properti foto untuk ngeblog, baju untuk traveling dadakan, sepatu, alat memasak, alat lukis, dan masih banyak lagi. 

Semuanya itu saya beli di shopee. Solusi belanja saat pandemi. Caranya mudah, cukup install aplikasi Shopee di playstore, lalu isi data diri untuk pembuatan akun. Dan setelahnya bisa bebas berbelanja online. 


Shopee Penuhi Semua Kebutuhanku Selama Pandemi


Buat saya, shopee tak sekadar toko online atau marketplace yang ada di Indonesia dengan fitur layanan jual beli barang. Lebih dari itu, Shopee selalu menyediakan apa yang saya butuhkan.


Terlebih untuk sarana self healing dari rumah, Shopee selalu menjadi Sahabat berbagi masalah.



Sudah sejak lama saya berlangganan belanja online di Shopee dan enaknya tidak pernah mengecewakan. 


Bahkan saya semakin jatuh cinta dengan shopee karena beberapa seller di sana memberikan pelayanan optimal. 


Seperti beberapa hari lalu, saya butuh baju batik tenun untuk dibawa ke acara undangan Blogger di Tana Toraja dua hari ke depan. 


Setelah scroll sana-sini, ketemulah dengan toko @tenun_ikat yang berlokasi di Jepara. Saya lihat kualitas produk dengan membaca beberapa testimoni. Hingga akhirnya, saya pun mantap membeli di sana. 


Sebelum proses check out membeli, saya banyak bertanya mulai dari kainnya bagaimana, ukuran baju dan lainnya. Untungnya customer baik banget. Apa yang saya tanyakan, dia menjawabnya dengan sopan dan fast respon. 


Bahkan saya diinfo jika ingin ukuran custom, saya bisa menambahkan catatan di bagian pesanan. 



Kesimpulan 


Itulah cerita saya selama pandemi di rumah aja. Meski tidak bisa ke luar rumah secara bebas menghirup udara segar, saya tetap bisa bahagia di rumah bersama Shopee. 


Saya pun bisa tetap menjaga kewarasan diri dengan ditemani Shopee yang siap membantu saya kapan saja saat butuh sesuatu untuk segera dibeli. Tinggal klik pesan, besok diantar. Enak bukan? 


Nah, kamu punya cerita apa nih selama pandemi? Yuk, berbagi!


Catatan: 


Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9