Laptop Mobile Workstation, Pilihan Terbaik Mengembangkan Karir dan Bisnis Digital Marketing

Minggu, 26 September 2021

Setinggi apapun Pangkat yang dimiliki, kamu tetaplah pegawai. Sekecil apapun usaha yang kamu punya, kamu adalah bosnya. (Bob Sadino)


Kata bijak dari Bob Sadino di atas, saya jadikan patokan saat hendak memulai karir sebagai blogger. Yang kurang lebih maknanya adalah mengajak kita untuk memiliki mindset pebisnis.



Bisnis yang dimulai dengan usaha kecil akan lebih menyenangkan karena kita sendirilah yang menjadi pengendali dari hulu ke hilir. Sedangkan setinggi apapun jabatan kita di tempat kerja, kita hanya penumpang yang hak dan kewajibannya terbatas.


Makanya, ketika saya ditawari peluang berkarir menjadi blogger oleh seorang teman yang berprofesi sebagai web developer. Tanpa basa-basi saya langsung mengiyakan. Bahkan saya memutuskan resign setelah mengambil keputusan menjadi blogger.


Bisa dibilang modalnya cuma yakin dan percaya jika profesi ini akan gemilang di era teknologi yang semakin berkembang.


Ditambah dengan peran blogger yang cukup penting di era digital, membuat keyakinan saya meningkat 100% bahwa profesi ini akan membuka banyak jalan dalam bisnis digital.

 

Dan benar, tak lama saya menekuni dunia blogging, ternyata muncullah banyak peluang yang bisa saya manfaatkan sebagai bisnis masa depan, salah satunya adalah digital marketing. 


Dulu sih saya masih belum banyak tahu sebenarnya pekerjaan seperti apa yang harus dilakukan oleh seorang digital marketing. Tetapi semakin ke sini, cakupan digital marketing cukup luas. Dan dalam hati, saya patut mencobanya.


Digital Marketing, Pekerjaan Masa Depan yang Menjanjikan Kesejahteraan


Bagi seseorang yang akrab dengan dunia teknologi, karir digital marketing bukan hal yang asing didengar. Tetapi bagi Anda yang belum memahaminya, saya akan sedikit mengulas pengertiannya sekaligus prediksi masa depan Digital Marketing.


Menurut Wikipedia Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, cepat dan relevan.  Strategi ini dinilai efektif dan efisien sebab jangkauan konsumen yang lebih luas mampu meningkatkan brand awareness.


Lantas, apa alasan yang menjadikan Digital Marketing menjadi pekerjaan masa depan yang menjanjikan?



Cukup mengejutkan dilihat dari data Hootsuite tahun 2021, bahwa pengguna internet di Indonesia tembus 200 juta lebih  pengguna yang hampir semua online dari ponsel. 


Mereka menggunakan koneksi selular dan wifi untuk mengakses internet dengan berbagai tujuan. Mulai dari memanfaatkan smartphone untuk bersenang-senang saat ada waktu luang, untuk bekerja secara remote working, berbelanja online maupun bisnis online.


Dari data kominfo juga menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 sebagai pengguna internet terbesar di dunia. Bahkan pengguna internet terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.


Hal ini bisa menjadi alasan bahwa pekerjaan digital marketing bisa menjadi profesi masa depan. Jika semakin hari teknologi mengalami kemajuan, maka di situlah peran digital marketing akan terus dibutuhkan.


Alasan lainnya, banyak perusahaan sudah mulai memanfaatkan digital marketing untuk promosi melalui platform media sosial, seperti social media marketing, email marketing atau memanfaatkan jasa digital marketing. 


Selain mengikuti perkembangan zaman, melakukan promosi secara online dianalisa biaya pengeluaran untuk iklan lebih rendah dibandingkan dengan bentuk tradisional marketing, seperti iklan TV, media cetak, atau billboard.


Dan yang terakhir prediksi profesi digital marketing paling banyak dicari 5 tahun ke depan, dibuktikan dengan data dari E-Marketer di tahun 2020, di mana total belanja iklan digital di Indonesia mencapai 658, 5 juta dollar AS atau sekitar 9,5 triliun yang mana format iklan digital tersebut seperti, display ad, search ad, classified ad.


Jika dilihat dari angka yang cukup besar tersebut, bisa dibayangkan betapa cerahnya masa depan  profesi digital marketing. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan profesi pekerjaan online seperti influencer, SEO Specialist, Data Analyst, UI Designer, Web Developer, Copywriter, dan lainnya.



Sementara kenapa banyak perusahaan dan pebisnis menggunakan digital marketing untuk bisnis yang sedang dikelola, Anda simak keunggulannya pada ilustrasi di bawah ini. 




Bagaimana Cara Memulai Karir Digital Marketing?


Setelah Anda tahu pengertian, manfaat dan peluang pekerjaan digital marketing, pasti Anda akan bertanya bagaimana cara memulai karir di bidang ini. 


Hal ini juga sempat saya pikirkan setahun lalu ketika saya tahu bahwa saya tertarik terjun menjadi seorang digital marketer. 


Karena saya tipikal orang yang cukup detail ketika ingin terjun ke suatu bidang, maka saya tidak ingin buru-buru action. Setidaknya, saya harus tahu seluk beluk digital marketing lebih dalam, skill yang harus saya kuasai dan jobdesknya apa saja.


Nah, begini cara saya memulai karir digital marketing dengan 7 tips sederhana yang mudah diterapkan pemula.


1. Perbanyak Membaca Info terkait Digital Marketing


Digital marketing memang sebuah karir yang cukup terbuka peluangnya, namun juga cukup sulit ditembus karena sedang naik daun sehingga banyak pesaing. Tetapi saya tidak putus asa karena saya percaya suatu saat saya bisa berhasil menekuni karir ini.


Akhirnya, sebagai langkah awal saya banyak membaca informasi apa saja yang berhubungan dengan digital marketing. Kenapa harus membaca?


Seperti kata pepatah bahwa membaca adalah jendela dunia. Dan benar, dengan banyak membaca di internet tentang pengetahuan dasar digital marketing, seperti teknik SEO/ SEM, Content Marketing, Web Analytic, Marketing funnel, juga affiliate marketing. Saya jadi banyak tahu.


Hanya modal membaca, saya pun  mendapat banyak insight dan jadi paham apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan agar bisa lebih dalam terjun di dunia digital marketing. 


Di sini sumber bacaan online yang saya rekomendasikan belajar Digital Marketing adalah Neil Patel Blog, Moz Academy dan Marketing Land.


2. Update dan Upgrade Pengetahuan


Sudah bisa dipastikan bahwa teknologi akan terus maju. Bisa jadi pengetahuan digital marketing tahun ini akan berbeda dengan 5 tahun mendatang. 


Maka Anda pun harus selalu update ilmu digital marketing, menambah informasi tentang algoritma untuk pengembangan platform digital, juga marketing yang user friendly yang banyak digunakan brand besar.

 


Selain update, saya juga kerap upgrade beberapa skill dasar yang berhubungan dengan dunia digital marketing yang mana tujuannya adalah mencari satu skill yang bisa benar-benar saya tekuni.


3. Memahami Seluk Beluk Analytic


Ternyata untuk menuju kata mahir di bidang digital marketing, memiliki kemampuan menulis saja tidak cukup. Anda harus memahami cara kerja dan cara membaca analytic.


Tujuannya tak lain adalah untuk menganalisa sekaligus mengevaluasi performa digital campaign ke dalam sebuah laporan, juga analisa pasar.


4. Memperluas Networking


Jika ingin berkecimpung ke dunia digital marketing secara serius, maka Anda wajib memperluas networking. 


Jangan membatasi diri berkenalan dengan orang baru karena bisa jadi mereka adalah calon partner bisnis atau bisa saja Anda jadikan mentor untuk mengasah skill digital marketing.


Bagaimana memperluas networking? Di awal terjun, saya rajin mengikuti seminar online yang berkaitan dengan digital marketing.


5. Menciptakan Peluang Kerja untuk Diri Sendiri


Belajar teori saja tidak akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa jika tidak diimbangi dengan action. Meski saya pemula, saya tidak malu menantang diri untuk menciptakan project sendiri.


Waktu itu, saya beranikan diri terima tawaran mengelola blog salah satu klien yang fokus di penghasilan adsense. Nah, apa yang saya lakukan agar klien ini bisa bekerjasama dalam jangka waktu yang panjang?


Maka saya pun mulai lebih sering berkutat dengan riset kata kunci untuk optimasi konten SEO, Analisa pasar berdasarkan niche yang difokuskan untuk penghasilan adsense, tools apa saja yang relevan digunakan untuk mengembangkan Adsense dan lainnya.


6. Perbanyak Portofolio dengan Menjadi Freelance Sukarela


Tidak munafik jika kita hidup pasti membutuhkan uang. Tetapi bukan hal yang salah jika kita menawarkan jasa dengan cara sukarela terlebih dahulu demi menambah pengalaman. Di mana nantinya bisa kita jadikan portofolio kerja.


Lagi dan lagi saya pun tidak menolak tawaran dari salah satu klien untuk menulis artikel deep konten yang SEO Friendly. Saya juga mencoba menerima tawaran sukarela membuat design microblog tema Self improvement dan Relationship. Meski masih bermodal canva, tapi saya tidak patah semangat untuk memberikan hasil yang maksimal.


7. Mulai Karir Digital Marketing dengan Membuka Jasa Kepenulisan 


Akhirnya pertengahan tahun 2020, tepatnya bulan Juli saya memberanikan diri untuk membuka bisnis digital, yakni di bidang jasa kepenulisan artikel SEO Friendly dan copywriting. Namun tak jarang ada permintaan mendadak tentang pembuatan video marketing.


Selain membuka bisnis sendiri, saya juga masih melamar menjadi copywriter di beberapa situs freelance dan handle grup affiliate marketing di bisnis start up, salah satu penyedia layanan hosting Indonesia.


Begini Strategi Digital Marketing Agar Siap Bersaing



Jika sejak awal sudah diniatkan membangun bisnis digital, maka mau nggak mau penyusunan strategi yang matang sangatlah dibutuhkan. Setidaknya bisnis yang kita bangun pondasinya kuat dan sekalipun banyak pesaingnya, kita siap berkompetisi secara elegan. Untuk itu, ada 4 strategi digital marketing yang perlu disiapkan agar siap bersaing.


Memahami Target Konsumen


Pertama kali yang harus saya lakukan saat membangun bisnis kepenulisan, adalah memahami siapa target konsumen yang tepat. Dari sini saya bisa memetakan beberapa hal, seperti bisnis yang dijalankan, usia, pekerjaannya apa, pendidikan, kelamin, berapa penghasilan, status, dan lainnya.


Dengan pemetaan seperti di atas, saya pun akan lebh mudah membidik umpan supaya tepat sasaran sesuai dengan produk yang saya jual. Terkesan receh, tetapi jika dilakukan secara konsisten, maka tidak menutup kemungkinan akan sangat membantu sukses dan tidaknya bisnis digital.


Temukan Cara yang TEPAT


Menemukan cara yang tepat dalam memasarkan produk bukan hal mudah. Setidaknya Anda mampu menganalisa 5 hal ini, yakni masalah calon pelanggan, solusi dari masalah calon pelanggan, produk yang bisa mengatasi masalah pelanggan, menentukan jenis penawaran yang tepat, dan tools pendukung digital marketing.


SMART Goals


Strategi ketiga dalam meningkatkan digital marketing adalah menjadikan SMART goals sebagai peluang dalam mencapai target. SMART merupakan akronim dari:


Specific : tujuan dirancang dengan spesifik, misalnya harus menggunakan rumus 5W+1H 

Measurable: tetapkan sasaran terukur agar tidak ambigu dalam mencapai tujuan

 Achievable: Tujuan yang ingin dicapai realistis 

Relevant : Tujuan dan rencana berjalan selaras 

Time bound (tepat waktu) : Beri tenggat waktu atas tujuan yang ingin dicapai


Marketing PLAN


Adanya marketing plan membuat tujuan bisnis lebih terarah.


Sudah siapkah Anda menjadi digital marketer andal? Strategi di atas jangan sampai lupa untuk dipraktikkan, ya.


Kendala di Bisnis dan Karir Digital Marketing


Pada dasarnya, kendala utama para pelaku digital marketing yang pekerjaannya lebih sering bercengkarama dengan teknologi, adalah tentang perangkat kerja yang kurang mumpuni, yakni laptop.


Saya sendiri suka bermasalah dengan urusan laptop. Ketika sedang fokus riset keyword untuk artikel SEO dan mengumpulkan data-data, eh, tiba-tiba laptop mendadak lemot parah. Terkadang saya juga sering mengalami beberapa data penting hilang padahal sebelumnya sudah disimpan. Parahnya, saat ngetik si laptop mati tiba-tiba.


Tak hanya itu saja, notebook saya sudah cukup usang. Jadi sepertinya ingin istirahat. Karena beberapa hari lalu sempat saya coba install bandicamp untuk kebutuhan proyek baru yang lebih banyak materinya diadaptasi dari video. Nah, lagi-lagi laptop saya cuma bisa muter-muter doang.


Apalagi ketika saya melakukan aktivitas design flyer menggunakan canva. Duh, bisa berjam-jam nunggu gambar terdownload dengan sempurna. Bikin kesel banget dan tak jarang bikin mood ambar sehingga kerjaan yang urusannya dengan digital marketing tertunda.


Anda sebel nggak sih kalau kayak gini? Terus solusinya apa? Yes, saya membutuhkan laptop gahar supaya kerjaan sebagai digital marketing lancar. 


Laptop HP Workstation, Laptop Gahar Bikin Senyum Melebar 


Urusan memilih laptop nggak boleh main-main. Saya harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan membeli. 

Karena bagaimanapun, laptop ini menjadi alat tempur kerja sehingga harus benar-benar tahan banting dan berkualitas. 

Nah, karena saat ini masih belum bisa membeli, meskipun saya ingin ganti laptop baru. Maka jalan satu-satunya adalah mencari referensi laptop yang canggih dengan fitur-fiturnya yang mumpuni untuk menunjang profesi digital marketing. 

Yang akhirnya, sejak pandangan pertama, saya jatuh cinta dengan PC Workstation HP.  Laptop canggih yang bisa diajak kerja lebih keras. Beragam fiturnya yang memiliki banyak keunggulan akan sangat mendukung pekerjaan saya sebagai Digital Marketer. 

Kenapa memilih mobile workstation? Bukan laptop tipe biasa aja?

Dulu, saya menggunakan laptop hanya sekadar untuk kepentingan mengetik, browsing, dan simpan dokumen penting. Berbeda dengan sekarang, bahwasanya laptop untuk bekerja secara online. Maka, saya butuh laptop mobile workstation

Tak cukup untuk menyimpan data saja, tetapi laptop mobile workstation memiliki performa dengan produktivitas tinggi, jumlah core processor lebih banyak sehingga cocok dengan profesi digital marketing yang  butuh banyak tools sebagai penunjang  bisnis. 

Tak hanya itu saja, Laptop HP Workstation ini juga mempunyai GPU yang mampu menangani pekerjaan 2D dan 3D berat. 

Dan spesifikasi keren di atas, akan saya dapatkan di laptop powerful HP Zbook series. Tak hanya menawarkan spek tinggi tetapi juga budget friendly. 


Nah, siapa yang nggak tergiur coba?

Keunggulan PC Workstation HP Zbook Power G7


30 tahun dalam kesempurnaan, HP selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. 

Seperti baru-baru ini telah meluncurkan produk HP Zbook series Workstation yang tangguh, kinerja tinggi, dan canggih. 

Terus berinovasi demi mencapai tujuan, yakni memudahkan pekerjaan penggunanya. Nah, kali ini saya bakal mengulas keunggulan PC Workstation HP Zbook Power G7 yang bisa support karir dan bisnis digital marketing. 

Design Kokoh dan Tetap Portabel 


Bagi para pebisnis tak akan salah jika memilih Hp ZBook Power G7. Laptop kelas Workstation yang mengedepankan portabilitas. 

Laptop design terbaik  memilih design bodi tangguh sesuai standar militer. Sehingga sangat bisa diandalkan untuk bekerja secara ekstrem. 




Memiliki ketebalan 22,9 mm dan berat 1,89 kg, ZBook Power G7 sangat nyaman dibawa bepergian. Apalagi sasisnya menggunakan material aluminium yang kokoh, tak heran jika terlihat sangat berkelas. 

Ditambah engsel display ZBook Power G7 juga didesain kokoh, berikut dengan keyboardnya yang dilapisi komponen spill resistant sehingga bisa melindungi dari percikan air dan minuman. Anda bekerja pun tak khawatir lagi andai sewaktu-waktu tak sengaja ada air tumpah. 

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari laptop workstation ini adalah Display laptop dengan menampilkan Bezel yang relatif tipis, kamera bersensor inframerah yang digunakan saat login karena sudah memakai Windows Hello. 

Agar aman, kamera juga dilengkapi penutup manual, lho!


Memiliki Port Lengkap 




Workstation satu ini menawarkan produktivitas maksimum Karena dilengkapi dengan beberapa pilihan sort plot.  


Kapasitas Baterai Tahan Lama 


Tak hanya design ringan dari HP ZBook Power G7 yang bikin nyaman saat dibawa bepergian. Dengan kapasitas baterai 83WH yang bisa bertahan selama 8 - 13 jam rekomended banget untuk bekerja maupun bisnis online. 

Dengan 3 keunggulan ini saja sudah cukup membuktikan bahwa laptop workstation ini memang "Worth it" banget mendukung kinerja karir digital marketing. 

Nah, jika Anda membutuhkan PC Workstation HP ini untuk menunjang karir maupun bisnis. Silakan membelinya di distributor resmi, yaitu di PT. Synnex Metrodata Indonesia. 

Sebuah perusahaan distribusi ICT di Indonesia berfokus di bidang distribusi produk dan solusi ICT paling efisien, juga didukung infrastruktur yang andal. 

Sehingga Anda tak perlu khawatir memesan produk sejenis Workstation HP Zbook Power G7 karena proses pengiriman sampai barang sampai di rumah bisa dipantau secara transparan melalui aplikasi Point of Delivery yang didukung oleh SAP Cloud Platform. 

Maka bisa dipastikan barang eletronik Anda bisa sampai di rumah dengan aman. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9