Tips Memilih Dapur Bersama untuk Usaha Kuliner

Senin, 16 Agustus 2021

Memulai bisnis kuliner saat ini menawarkan banyak kemudahan baik dalam proses produksi maupun distribusi berkat bantuan teknologi. 



Tak hanya itu, efisiensi lokasi semisal penggunaan dapur bersama menjadi alternatif yang membantu banyak pelaku usaha UMKM karena modal yang cenderung kecil.


Lebih akrab disebut cloud kitchen, ini merupakan tempat produksi makanan yang bisa menghasilkan lebih dari satu jenis makanan. Banyak pebisnis, yang memilihnya karena hemat biaya dan jauh lebih praktis.


Baca juga: Traveling Wishlist Bersama Anak-Anak Usai Pandemi


Tips Memilih Cloud Kitchen


Jika Anda berminat untuk memilih Cloud Kitchen daripada menggunakan dapur pribadi, beberapa poin di bawah ini penting untuk diperhatikan:


1. Lokasi Strategis


Memang, usaha kuliner online tidak terlalu memandang lokasi sebagai aspek terpenting layaknya sebuah restoran. Hal ini lantaran jenis usaha yang memang tidak menerima konsumen untuk makan di tempat.




Namun, bukan berarti Anda harus menyepelekan masalah lokasi. Di banyak jasa cloud kitchen, lokasi merupakan bagian penting agar mudah dijangkau dengan aplikasi. 


Setidaknya, pilihlah lokasi cloud kitchen yang berdekatan dengan pasar konsumen Anda. Semisal untuk jenis makanan rice bawl, memilih dapur bersama di kawasan perkantoran atau universitas adalah pilihan tepat.


Selain rasa, orang akan memilih membeli melalui jarak agar tidak perlu menunggu terlalu lama. 


2. Perlengkapan Lengkap


Pastikan kitchen set yang digunakan lengkap dan sedetail mungkin semisal alat pembersih, perabotan memasak otomatis serta alat pembersih lainnya.


Proses produksi dibutuhkan tak hanya sebatas enak namun juga higienis agar kualitas makanan tidak bermasalah. Di sisi lain, perabotan otomatis juga bisa membantu proses memasak menjadi lebih baik. 


Bukan hanya perabotan memasak, jaringan internet stabil juga harus Anda pastikan untuk memilih cloud kitchen. Karena bisnis Anda bergerak di bidang teknologi kuliner memastikan jaringan stabil untuk proses pemesanan harus dilakukan. 


3. Sistem Memadai


Ada dua sistem yang harus dipastikan dalam sebuah bisnis yaitu sistem online serta proses pengiriman produk. Tanpa keduanya, usaha Anda tentu tidak akan berjalan dengan baik. 


Pastikan pula sistemnya mudah dimengerti sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan usia.


Baca juga: Resep Cireng Nasi Anti Gagal 


4. Memiliki Bahan Packing Multifungsi


Selain cita rasa dan proses pengiriman, kemasan merupakan penilaian penting bagi konsumen. 


Jika kemasan tersebut buruk, maka kesan pertama jelas tidak akan baik. Pastikan tempat Anda memiliki bahan packing khusus multifungsi berguna. Meski, Anda mungkin sudah menyiapkan packing khusus produk.


Selain itu, kemasan juga akan menjaga kualitas makanan selama perjalanan, menghindari dari kerusakan atau risiko lain yang merugikan konsumen dan pengusaha. 


Pertimbangkan setiap aspek kemasan dengan baik, desain dsb untuk memberi kenyamanan kepada konsumen. 


Berbasis Teknologi Point of Sales (POS) 


Karena berkaitan erat dengan teknologi, ada baiknya untuk memilih cloud kitchen yang menggunakan sistem Point of Sales (POS).


Teknologi ini memungkinkan penggunanya memantau proses pembayaran, sekaligus dapat diakses dengan mudah di mana pun Anda berada. 


Pengawasan terhadap kuantitas penjualan merupakan langkah untuk evaluasi di kemudian hari.


Dalam mengelola sebuah bisnis, keuangan sehat merupakan pilar penting untuk bisa bertahan bukan sebatas seberapa besar jumlah pembelian. Oleh karena itu, pahami alur pencatatan keuangan dengan sistem memadai.


Untuk menemukan cloud kitchen yang memenuhi semua standar di atas, Anda bisa menggunakan everplate, cloud kitchen yang telah memiliki tujuh lokasi dan berpusat di Jakarta. 


Ada berbagai kemudahan bisa didapatkan dengan mempercayakan usaha makanan Anda pada Everplate.


Pertama, biaya hemat karena kelengkapan fasilitas, lokasi strategis, hingga bantuan pemasaran sangat memadai. 


Dapur bersama ini bahkan bisa membantu Anda mengelola toko online dengan basis sistem untuk menganalisa performa penjualan dan mengembangkannya.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9