Ingin Tulang Tetap Kuat Saat Tua? Ini Dia Rahasia Menjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Diketahui

Rabu, 07 Juli 2021

Tulang adalah bagian utama dari sistem rangka tubuh manusia. Seiring bertambahnya usia kekuatan dan kepadatan kekuatan perlahan akan semakin berkurang. 



Untuk itulah penting sekali menjaga kesehatan tulang sejak dini agar kepadatan tulang tetap terjaga dan terhindar dari osteoporosis saat tua. Cara menjaga kesehatan tulang pun harus diketahui sejak masih muda agar tidak semakin lalai.


Banyak anak muda yang suka menyepelekan hal ini dan beranggapan bahwa menjaga kekuatan tulang bukanlah hal yang penting dilakukan sejak dini. Ketika telah terkena berbagai macam penyakit yang menyerang tulang, barulah sadar tentang pentingnya gaya hidup sehat yang berkaitan dengan tulang.


Cara Menjaga Kesehatan Tulang yang Tepat Sejak Dini


Tentunya tidak ingin bukan mengalami masalah tulang beragam saat tua nanti?


Untuk menghindari hal tersebut terdapat banyak hal penting yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut. 


Tentang cara menguatkan tulang yang beragam dan mudah,bisa Anda simak selengkapnya di sini.


1. Mengonsumsi Beragam Sayuran



Kekuatan tulang memang erat kaitannya dengan asupan vitamin D, tapi asupan vitamin lain tidak boleh diabaikan. Misalnya saja vitamin C . Vitamin ini berfungsi untuk membantu produksi sel yang membentuk tulang. 


Untuk menjaga kesehatan tulang, para ahli kesehatan menyarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sayur-sayuran adalah contohnya.


Tidak hanya baik untuk tulang, vitamin C juga banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akiat radikal bebas.


2. Mencukupi Asupan Vitamin D Harian


Cara menjaga tulang tidak bisa dilepaskan dari peran asupan vitamin D harian yang rutin. Vitamin ini mampu membantu penyerapan kalsium, melindungi tulang dan membantu pembentukan tulang secara sempurna.


Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Misalnya saja ikan sarden, salmon, minyak ikan, tiram, udang, ikan tuna , kuning telur dan jamur. 


Berjemur di bawah sinar matahari juga bisa membantu pembentukan tulang yang baik. Namun, hindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari secara langsung.  Utamanya di atas jam 8 pagi.


3. Lakukan Olahraga Secara Rutin




Cara menjaga tulang dapat pula dilakukan dengan rutin melakukan olahraga sesuai saran para ahli kesehatan tulang. Melakukan olahraga secara rutin,akan membantu kekuatan otot, koordinasi dan keseimbangan tubuh akan terjaga dengan baik. Risiko terkena osteoporosis juga dapat diminimalisir dengan baik.


4. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol


Untuk menjaga kesehatan tulang,hal penting yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba menghindari atau menghentikan kebiasaan merokok. Penyebabnya adalah rokok banyak mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kebiasaan minum minuman yang beralkohol juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis.


5. Mencukupi Kebutuhan Kalsium


Mencukup kebutuhan vitamin D saja tidak cukup. Agar kekuatan dan kesehatan tulang senantiasa terjaga, maka asupan kalsiu harian juga harus terpenuhi dengan baik. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun secara perlahan. Bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan risiko mudah mengalami patah tulang.


Kebutuhan kalsium ini bisa dipenuhi berdasarkan usia. Semakin tua kebutuhan akan semakin banyak, sekitar 1000 mg kalsium per harinya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium ini kamu bisa memperolehnya dari berbagai jenis makanan seperti tempe, brokoli, susu, keju, tahu, bayam, ikan sarden, kubis, salmon dan kale.


6. Mengonsumsi Suplemen Kalsium


Pada beberapa keadaan tertentu, olahraga dan konsumsi makanan yang dapat memperkuat tulang saja tidak cukup. Misalnya untuk ibu hamil dan menyusui kebutuhan kalsiumnya akan semakin tinggi. 


Untuk itu dibutuhkan tambahan kalsium yang harus dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.


Beberapa suplemen kalsium biasanya telah mengandung vitamin D dan C sekaligus. Kombinasi tersebut akan turut membantu penyerapan kalsium yang maksimal oleh tubuh.


7. Batasi Konsumsi Obat yang Memicu Pengeroposan Tulang


Beberapa jenis obat telah diketahui dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Obat tersebut antara lain steroid dan antasida yang diklaim mengandung aluminium dan selective serotonin reuptakeinhibitor(SSRIs). Apabila harus terpaksa mengonsumsi obat tersebut, konsultasikan tentang dosis yang tepat pada dokter profesional.


8. Yoga dan Menari


Cara menguatkan tulang paling cepat dan mudah adalah dengan membuat semua bagian tubuh bergerak aktif. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang dan bisa membuat kamu lebih bahagia.


Bagi kamu yang suka melakukan yoga, untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral pada pinggul, tulang belakang dan tulang paha, lakukan pose kobra selama beberapa waktu.  Manfaatnya adalah untuk meminimalisir terkena osteoporosis saat tua nanti.


Kesimpulan 


Berbagai cara menjaga kesehatan tulang di atas bisa Anda coba mulai sekarang untuk mengurangi terkena osteoporosis dan kerusakan tulang lainnya. Namun, jika telah memiliki riwayat gangguan tulang sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli agar bisa melakukan hal yang aman dengan kondisi tersebut.

10 komentar on "Ingin Tulang Tetap Kuat Saat Tua? Ini Dia Rahasia Menjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Diketahui"
  1. Aku dulu pernah ikut seminar kesehatan gitu mbak. Dibilang katanya, tulang itu adalah organ paling bodo.

    Apapun asupannya dia terima, tapi dia ga akan olah kalau ga pernah dipake.

    Means, gerak itu wajib untuk menjaga kesehatan tulang

    BalasHapus
  2. wah molly harus pandai juga nih menjaga kesehatan tulang. molly pernah liat ada nenek dari jepang usia 80an tahun masih pandai ngecheers coba? hebat banget kan tulangnya. meskipun udah tua. kayaknya sih nenek itu dari mudanya gizinya bagus dan rajin olahraga. :)

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya banyak banget nih prku buat menjaga kesehatan tulang biar nggak keropos di masa tua nanti. Pengen sih mulai konsumsi vitamin D dari sekarang karena katanya selain itu bagus buat tulang juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh di masa covid begini

    BalasHapus
  4. Jadi ingat hobi aku yang uda lama aku tinggalkan...nari.
    Hehhee...ternyata bagus untuk kesehatan tulang yaa.. Aku pikir hanya untuk kelenturan badan. karena selama ini menari membuat hormon bahagia meningkat.

    Tulang ini harus dirawat karena semakin naik usianya, maka akan semakin tampak kekurangan demi kekurangan.
    Mengubah gaya hidup agar lebih sehat ini penting sekali. Investasi masa depan yang penuh semangat karena sehat selalu.

    BalasHapus
  5. Pola hidup sehat dengan banyak kebiasaan baik, ternyata memang membantu kita jalan-jalan lebih jauh meski usia sudah di angka yang nggak sedikit ya (mau bilang tua saja, pake dipanjang-panjangin :D)
    Reminding yang bermanfaat.
    Mari menua dengan tetap jalan-jalan kesana kemari

    BalasHapus
  6. Tulang sangat penting untuk dijaga mbak. Tips-tips di atas sangat betul dan paling utama adalah asupan makanan sehari-hari yang bisa menopang kebutuhan tulang.

    BalasHapus
  7. Baru sekarang aku sadar butuh olahraga dan banyak vitamin agar tulang tidak segera keropos mbak. Seandainya sejak muda udah punya kesadaran ya mungkin sekarang aku gak sering sakit pinggang ��

    BalasHapus
  8. Kerasa banget nih kesehatan tulang agak terganggu pasca hamil dan melahirkan. Setelah aku baca karena bayi membutuhkan vitamin D yang diambil dari ASI sehingga otomatis berasal dari ibu. Habis itu rutin minum suplemen vitamin D, alhamdulillah nyeri tulang lama-lama hilang.

    Memang menjaga kesehatan tulang itu penting banget ya mba.

    BalasHapus
  9. Mumpung masih muda, penerapan pola hidup sehat mesti digalakkan nih kayaknya dr sekarang, utamanya menyangkut kesehatan tulang di hari tua nantinya. Abis baca ini,lagi2 jadi makin memantapkan hati untuk ikutan yoga dong mba. Biar lebih sehat, apalagi sekarang kan lagi PKMM segalanya jd serba terbatas kalau mau keluar rumah. Cukup latihan via zoom, biar makin sehat bareng instruktur hihi

    BalasHapus
  10. Allhamdulilah dapet tips keren yang wajib diterapkan biar sehat, buger, dan tulang terjaga dengan baik. Suwun ya Mal.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9