Apa Itu Insecure dan Cara Mengenali Pribadi Insecure

Kamis, 15 Oktober 2020
Cara mengenali pribadi insecure


Belakangan, apa itu insecure sering diperbincangkan. Bahkan seringkali juga kata insecure disisipkan dalam kosa kata yang diucapkan oleh generasi milenial. 


Konon kata ini diucap ketika perasaan cemas, ragu, tidak percaya diri, hingga takut menghampiri. 


Orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi pun pada kondisi tertentu juga akan mengalaminya, misal merasa pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal, merasa tidak berguna, hingga fisik yang tidak enak dipandang. 


Apakah insecure normal? 


Normal, kok! Namun, yang perlu dipahami, insecure yang berlebihan dan dibiarkan lama-lama bisa menghambat potensi diri. Berhubungan dengan orang over insecure pun juga akan merepotkan karena akan memberikan dampak negatif.


Sebenarnya, apa itu insecure?


Insecure merupakan istilah yang mendeskripsikan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, dan tidak percaya diri. 


Insecure tidak muncul dengan sendirinya. Penyebab insecure bisa berasal dari luar atau dalam diri sendiri. Contoh penyebab dari luar adalah perlakuan over protective, sementara penyebab dari dalam adalah perasaan takut gagal.


Penting untuk Dibaca: 7 Cara Mengatasi Insecure Pada diri Sendiri


Cara Mengenali Pribadi Insecure


Sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi, insecure akan menjadi penghambat untuk bisa tampil sebagai diri sendiri dan menghambat aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, insecure yang berlebih akan memengaruhi mental. Berikut ini adalah cara mengenali pribadi insecure.


Merasa Rendah Diri


Orang insecure terlalu fokus mengeluhkan kekurangan yang dimiliki dan sering merasa understimate dengan kemampuannya. 


Akibatnya, mudah mempermasalahkan hal-hal sederhana yang seharusnya tidak perlu dipusingkan. Tidak jarang orang insecure butuh pengakuan dan pujian untuk menutupi perasaan rendah dirinya. Contoh, ‘rambutku bagus, kan’ atau ‘penampilan aku tadi bagus, kan’.


Merendahkan Orang Lain


Untuk mentupi kekurangan diri dan mencari perhatian, tanpa disadari orang insecure akan merendahkan orang lain. 


Tujuannya adalah agar terlihat lebih dan mempunyai nilai plus yang bisa dibanggakan. Ini sebagai bentuk pembuktian bahwa ada yang lebih buruk dari dia. Tidak jarang, orang insecure akan melontarkan kalimat negatif yang menjatuhkan dan membuat malu orang lain.


Mudah Tersinggung dan Marah


Bukan tanpa alasan, ini terjadi karena orang insecure terlalu mendengar orang lain tanpa mencari tahu siapa subjek dari pembicaraan karena mereka mengira bahwa setiap orang sedang membicarakan dirinya. Orang insecure terlalu sensitif sehingga mudah tersinggung dan marah. 


Suka Membandingkan Diri Sendiri dan Orang Lain


Pernahkah berpikir jika media sosial membuat seseorang menjadi pribadi yang insecure? 


Di media sosial seseorang lebih suka menampilkan versi terbaik dari dirinya dan orang insecure akan membandingkan dirinya dengan orang lain. Perasaan ‘Kok, aku tidak seperti dia, ya’ pun sering muncul. Pada akhirnya, ini akan membuat terpuruk dan timbul perasaan iri. 


Kita tidak pernah tahu bagian lain dari kehidupan seseorang, baik di dunia nyata atau hasil sharing di media sosial. Untuk itu, tidak perlu repot-repot membandingkan kehidupan dengan orang lain agar tidak menjadi pribadi insecure. 


Insecure bisa dikategorikan sebagai masalah yang berhubungan dengan kejiwaan. Terlebih, jika sudah diluar batas normal dan menimbulk an perasaan tidak aman. 


Insecure tidak bisa dihilangkan dalam waktu yang singkat dan dapat terulang kembali. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan level insecure.


Hargai Diri Sendiri


Penghargaan tidak hanya datang melalui pujian dari orang lain, baik dari pasangan, keluarga, maupun atasan. Tidak juga harus berupa materi. 


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghargai apa yang ada pada diri sendiri. Sulit? Pasti. Namun, bukan berarti mengeluh, menyalahkan diri sendiri, hingga marah pada Tuhan. Dengan menghargai diri sendiri, rasa percaya diri, kecemasan, dan rasa takut yang berlebih akan dapat diatasi.


Menulis Kata-Kata Positif  Di Tempat yang Sering Dilihat


Apakah kamu termasuk orang yang percaya dengan kekuatan kata-kata? Kata-kata positif yang sering dilihat, diucap, dan dipikirkan bisa menjadi do’a yang mampu mengubah perilaku seseorang dan juga masuk ke pikiran bawah sadar. 


Kamu bisa menulis kata-kata tersebut dalam jurnal, dinding kamar, meja kerja, bahkan sebagai wallpaper handphone dan laptop. Semakin sering membaca kata-kata tersebut, secara perlahan pikiran akan terbentuk sesuai dengan kata-kata.


Menjaga Kebersihan Diri


Sehat berawal dari pola hidup bersih yang diterapkan dalam gaya hidup. Tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat secara mental. 


Dengan menjaga kebersihan diri, maka akan membantu mengatasi insecure yang muncul. Kebersihan diri menimbulkan rasa nyaman dan percaya diri. Karena itu, penting menjaga kebersihan diri mulai dari hal paling sederhana, seperti mengatasi bau badan dan keringat yang berlebih. 


Masalah bau badan yang muncul akibat ketiak yang bau, bisa membuat kamu insecure dan menjadi masalah juga bagi orang yang berada disekeliling. 


Untuk itu, kamu bisa menggunakan Rexona Antibacterial Defense Deodorant Spray yang akan memberikan 10x perlindungan antibakteri yang menyebabkan bau badan.


Insecure bukanlah masalah tanpa solusi. Ketika mengerti apa itu insecure dan tahu juga tipe orang penyebab insecure, maka kamu akan berusaha untuk mengatasinya. Selain itu, insecure bukan sesuatu yang harus ditakuti secara berlebih.


1 komentar on "Apa Itu Insecure dan Cara Mengenali Pribadi Insecure"
  1. Betul mbak terkadang insecure karena selalu membandingkan diri sama orang lain terus jadi tidak nyaman deh akhirnya ..setuju banget dengan point hargai diri sendiri kalau bukan kita sapa lagi yang mau menghargai diri sendiri yakan..

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9