7 Sosok Single Mom Inspiratif yang Luar Biasa!

Rabu, 01 Juli 2020
Single mom tangguh dan mandiri

7 Sosok Single Mom Inspiratif yang Luar Biasa- Menjadi seorang single mom atau ibu tunggal bukanlah hal yang mudah. Kehilangan suami tercinta karena meninggal atau perceraian adalah hal yang tidak bisa diduga. 

Seorang ibu tetaplah wanita tegar yang harus selalu kuat dan siap menjadi tempat bersandar bagi anak-anak mereka. Begitu banyak pesan moral dan pembelajaran dari kisah inspiratif single mom yang bisa kita ambil. Betapa mereka terus berusaha untuk membahagiakan sang buah hati hingga terkadang lupa dengan diri sendiri.

Berikut saya rangkum 7 orang sosok single mom inspiratif yang kisahnya mampu membuat kita mengerti bahwa kebahagiaan bisa diciptakan tanpa harus bergantung dengan orang lain. 

Beberapa dari artis ibukota, adapula wanita-wanita yang sukses dari bisnis sendiri dan juga 4 wanita penulis buku The Single Moms. Yuk, kita simak!

Ririn Ekawati


Cara menjadi ibu tunggal tangguh
nakita.id

Ririn, sapaan akrabnya merupakan seorang single mom yang saat ini memiliki dua orang anak perempuan Jasmine (16 thn) dan Catleya (3 tahun). 

Meski tanpa seorang suami, Ririn tetap bekerja dan juga tidak pernah terlewatkan dengan masa pertumbuhan anak-anaknya. 

Pasca bercerai dengan sang suami, Ririn tetap berhubungan baik demi perkembangan Jasmine.

Sebuah pukulan berat harus dia alami setelah menikah kembali dan dikaruniai anak keduanya, Catleya. Saat sang anak berusia 6 bulan sang suami tutup usia dan itu menjadikan Ririn depresi hingga mempengaruhi ASI-nya. Dengan dukungan dari banyak pihak, wanita ini terus berusaha untuk tegar dan kuat.

Kini, wanita yang mendapat gelar the millennial mama of the month edisi juni 2020 dari sebuah website parenting itu akhirnya bangkit. 

Ia mampu menjadi sosok single mom tangguh untuk kedua buah hatinya. Aktris ini juga tak ragu membagikan cerita dan kisah perjuangannya selama ini di akun sosial media yang ia miliki. Begitu banyak pesan dan cara bangkit single mom dari keterpurukan yang dapat kita ambil untuk pelajaran hidup, seperti salah satu di bawah ini:

“Ibu adalah malaikat tak bersayap. Menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah yang Allah berikan. Tidak mudah menjalani peran sebagai ibu karena butuh kekuatan, perjuangan, tanggung jawab. Menjadi ibu adalah proses belajar tanpa batas. Setiap ibu di dunia ini punya cerita dan perjuangan masing-masing, seperti aku yang menjadi single mom, semua harus lebih ekstra. Ekstra sabar, ekstra kuat, ekstra tanggung jawab.”

Desi Ratnasari


Tips mengatur finansial untuk single mom
CewekBanget.ID

Wanita yang pernah menjadi Aktris dan model papan atas di tahun 90-an ini juga menjadi seorang single mom tangguh untuk putri semata wayangnya. 

Meski kini ia telah banting setir menjadi seorang anggota legislatif, ia tak pernah lupa akan kisah perjalanan kesuksesannya dahulu. 

Setelah 8 tahun menjanda Desi memilih untuk terus menjadi seorang single mom tangguh untuk sang buah hati. Ia pun mampu membuktikan dapat menjadi sosok single mom bahagia yang juga sukses dalam karier politik yang begitu cemerlang.

Any Farida


Rahasia menjadi single mom bahagia
m.brilio.net

Any adalah salah seorang sosok single mom tangguh lain yang berasal dari Manggar, Sumatera Selatan. 

Untuk menghidupi ketiga buah hatinya ia harus rela keliling berjualan roti hingga harus ke daerah yang cukup jauh. Berbagai cobaan dan rintangan sering ia alami, seperti ban motor yang pecah di tengah hutan, roti bawaannya jatuh, tidur dan makan tidak teratur, dan lain sebagainya.

Namun, atas kerja keras dan kegigihan yang ia miliki, usahanya berkembang pesat dan kini ia memiliki karyawan dan kendaraan roda 4 yang lebih memadai. 

Ia berhasil membuktikan bahwa seorang single mom bisa berdiri di atas kaki sendiri. Menjadi single mom bukan aib yang harus mendapat gunjingan dan stigma negatif. Kisah Any dapat memberi jawaban bahwa seorang single mom juga bisa bahagia.


Empat Wanita Hebat Penulis Buku “The Single Moms”


Pekerjaan untuk single mom
mommiesdaily.com

Mereka adalah Budiana Indrastuti, Mia Amalia, Rani Rachmani Moediarta, dan Ainun Chomsun. Keempat single Mom tangguh ini menjadi sosok inspirasi yang akhirnya diminta oleh sebuah penerbit mayor untuk menuliskan kisah inspirasi mereka.

Dalam buku ini keempatnya menceritakan dan menunjukkan bahwa single mom bukan aib. Siapa pun menginginkan sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis. 

Menjadi single mom bukan pilihan hidup wanita mana pun. Mereka berhasil mengungkap dan menghapuskan stereotip miring tentang seorang single mom. 

Budiana Indrastuti, juga mengangkat pembahasan bahwa janda bukanlah orang terhina yang harus dicurigai. Para single mom ini justru sangat tangguh dan mereka berhak bahagia.

"Bu, kenapa harus hati-hati sama janda? Hati-hati tuh sama teroris!." Tulisnya dalam buku berjudul “The Single Mom” itu

Lain pula dengan Mia Amalia.Demi buah hatinya ia rela menjadi freelancer sehingga bisa membuatnya nyaman tetap bekerja sebagai single mom

Meskipun dicap “nekat” oleh teman-temannya, ia berhasil tampil sebagai single mom tangguh.

Rani Rachmani Moediarta dan Ainun Chomsun juga sukses menjadi single mom bahagia. 

Meski berat, mereka mampu melewati semuanya. Menjadi sosok ayah dan ibu sekaligus demi membahagiakan si buah hati. 

“Menjadi single parent tidak selalu sedih dan merana. Justru setiap pencapaian walaupun kecil terasa sangat berarti karena aku kerjakan sendirian.” Tulis Ainun dalam kisah inspirasinya.


Apa Rahasia Single Mom Tangguh dan Tetap Bahagia? 


Menjadi single mom memang bukan perkara mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui. Tetapi jangan pernah menyerah karena setiap tantangan memiliki solusi. 

Mungkin di awal menyandang status single mom ini sangatlah berat. Atau bahkan Anda merasa tidak akan kuat. Namun percayalah, ini justru tantangan yang harus ditaklukan, bahkan wajib dibuktikan. 

Saya selalu berbicara pada diri sendiri. Apabila single mom ini berat dijalani, saya selalu mengatakan hal yang sama, dan berulang-ulang di depan kaca bahwa "Single Mom pun berhak bahagia".

Menangislah bila Anda ingin hingga merasa lega. Lalu segera bangkit sebagai contoh sosok yang tegar, kuat dan tangguh bagi anak-anak.

Lantas, apa rahasia menjadi single mom bahagia? 


Pertanyaan di atas itulah yang sering sekali ditanyakan kepada saya. 

Gimana cara saya bangkit?
Kok bisa saya terlihat enjoy menjalani status single mom?

Gimana bisa selalu bahagia di tengah tantangan menjadi single mom yang cukup berat? 

Well, 5 tahun menjadi single mom mungkin cukup memberikan saya banyak pelajaran.  Setidaknya, agar saya tetap bahagia dan tangguh, ada beberapa hal yang dilakukan. Seperti:

  • Ikhlas dan menerima, inilah pilihan hidup saat ini. Jadi, tak perlu disesali, bukan? 
  • Bukan lagi saatnya mengeluh. Menjadi single mom memang bukan pilihan. Tetapi ketika status itu tersemat dalam diri kita, maka saatnya berpikir cerdas, mandiri, dan mengubah kesendirian menjadi keberkahan. 
  • Ingat. Ada amanah yang harus kita jaga. Jika Anda adalah single mom yang memiliki anak. Maka, tetaplah  terlihat bahagia dan kuat di depan anak-anak bagaimanapun keadaannya. Untuk sebuah kebaikan,  berbohong tidak masalah, bukan? 
  • Agar tetap bahagia, maka siasatilah kesendirian. Jangan jadikan kesendirian sebagai siksaan. Atau bahkan menganggap sendiri selalu merana. Ah, tidak juga kok. Dengan melakukan banyak kegiatan positif, menyibukkan diri dengan berbagi, atau mungkin sesekali traveling. Kita bisa menjadi single yang bahagia. 

Tips di atas hanya sebagian cara yang saya lakukan selama ini agar tetap menjadi ibu tangguh dan bahagia buat dua bocah.  

Selebihnya, saya telah merangkumnya dalam sebuah buku. Buku solo pertama saya yang berjudul "Ramuan Bahagia Single Mom" yang insyaAllah segera terbit. 



Berikut bocoran cover dan gambaran isi bukunya.

Buku ramuan bahagia single mom

Di buku tersebut saya tidak hanya bercerita tentang cara bangkit dari keterpurukan menyandang status single mom, suka dan dukanya menjadi ibu tunggal. Tetapi saya juga mencoba ulas tentang cerita para sosok perempuan tangguh dalam islam, kemudian motivasi tetap mandiri dengan berpenghasilan dari rumah, pekerjaan yang cocok untuk single mom, dan masih banyak lagi. 

Di mana tujuan utama saya menulis buku tersebut adalah untuk berbagi dengan para perempuan.  Mereka yang menyandang status single mom atau yang sedang bingung soal jodoh, atau menjadi ibu tangguh untuk anak-anaknya. 

Memang bertema SINGLE MOM,  tetapi saya tidak mengkhususkan buku ini hanya bisa dinikmati single mom. Kalian yang tidak berstatus single mom pun, bisaaaa banget menikmati bacaan sederhana, ringan, dan semoga banyak pelajaran atau hikmah yang dijadikan  pelajaran. 

Ada yang tertarik segera meminang? 

Atau sudah tidak sabar untuk membaca buku solo saya? Hihi

Boleh banget, lho, ikutan pre-ordernya dari sekarang. Mau sharing ringan sama saya juga boleeeeh banget. Kontak di sini aja deh 082231060498. Kali aja kita berjodoh untuk saling berbagi kebaikan, kan? 

Siapa tahu? Hehehe

Dear, teman ... 

Menjadi ibu tunggal memang harus siap mental. Tetapi semoga dengan sepenggal kisah inspiratif single mom di artikel saya ini,  bisa memberi gambaran kepada kita bahwa siapa pun berhak untuk bahagia. 

Semoga pesan-pesan moral dari kisah 7 perempuan versi blog Malica bisa menjadi sebuah penyemangat bagi seluruh single mom di mana saja. Bahwa mereka adalah wanita tangguh yang luar biasa.

11 komentar on " 7 Sosok Single Mom Inspiratif yang Luar Biasa!"
  1. Ibu mertua saya juga seorang single mom. Anaknya 5 laki-laki semua. Beliau menghidupi ke-5 anaknya dengan bekerja dan berjualan. Saya belajar banyak dari ibu mertua tentang ketangguhan seorang perempuan.
    Sukses dengan penerbitan bukunya, mba :)

    BalasHapus
  2. Perjuangan seorang single mom memang luar biasa, semangat terus untuk semua single mom. Perempuan-perempuan tangguh, salut. Luar biasa 🤗

    BalasHapus
  3. bisa jadi motivasi yang luar biasa baik bagi single mom atau yang masih memiliki suami. Semua itu akan membantu kehidupan kita ke depannya ya mak

    BalasHapus
  4. Inspiratif banget.. Bukunya juga pasti keren nih, jadi bisa bahan bacaan buat siapapun, baik yang single mom atau yang masih bersama suami.

    BalasHapus
  5. Inspiratif mbak. Luar biasa. Mom tangguh. Tulisannya keren. Sukses untuk buku solo nya ya

    BalasHapus
  6. Sukaaa deh kalau ketemu single mom yang optimis seperti Mbak Malica ini. Iya kok, menjadi single mom itu nggak mudah. Tapi bukan berarti jadi nggak akan mampu dijalani. Awalnya mungkin seperti nggak punya pijakan, tapi setiap penerimaan selalu akan berbuah manis.

    Selamat buat buku barunya ya, Mbak! Semoga menginspirasi siapapun yang membacanya.

    BalasHapus
  7. waniat itu memang punay sisi hebat

    BalasHapus
  8. Sudah nggak sabar nunggu bedah bukunya di KSB, biar langsung dengar dari narsumnya. 🤗😀

    BalasHapus
  9. Wiii... keren! Sukak! Ujungnya... hihi.

    Ibu saya single mom juga. Meskipun anak-anak udah besar tapi baru 2 yang nikah. 4 lainnya masih kuliah. Barakallah... single mom tangguh kaya mbak Malica

    BalasHapus
  10. ririn ekawati ini sosok yang kuat dan luar biasa sekali. semoga bisa menjadi ibu yang menginspirasi anak-anaknya
    iya nih mbak kadang muncul pendapat di masyarakat yang bilang kalau "janda" itu negatif. padahal nggak semua seperti itu
    buku single mom ini sepertinya menarik, penasaran dari sudut pandang masing masing penulisnya

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9