11 Tips Mahir Memasak Untuk Pemula

Selasa, 28 Juli 2020

“Menjadi istri idaman itu mudah. Kamu hanya perlu jago memasak agar bisa mengambil hati mertua,” begitu kata salah satu teman. 

Lantas, dalam hati saya membatin,” Tapi mahir memasak bagi pemula? Mungkin nggak sih?” 

Mendengar ucapan seperti di atas saat hendak menikah dulu, saya mendadak ciut nyali. Secara saya bukanlah perempuan yang pandai memasak. Otomatis saya bukan istri idaman dong? saya hanya bisa memasak sebatas menggoreng ikan, merebus air, serta membuat menu sayuran bening. Ya, semacam sup, sayur bayam, sayur asam. Pokoknya sayuran yang mudah dibuat di mana bumbunya tinggal cemplung saja. 

Anehnya, setelah menjadi single parent beranak dua, justru saya mengakui bahwa memasak memang aktivitas yang menyenangkan. 

Memasak itu seru. Bahkan 3 bulan selama pandemi ini, saya lebih banyak menghabiskan banyak waktu memasak dengan anak-anak. 

Memasak menjadi kegiatan rutin yang saya lakukan bersama anak-anak setiap pagi. Menu yang kami buat juga beragam. Misalnya pagi hari, jadwal memasak kami adalah membuat menu lauk pauk. Kemudian siang harinya, kami praktik membuat camilan ringan dari hasil berburu resep di youtube. Dan di sore hari jika saya dan anak-anak nggak mager, kami pun bakal eksekusi membuat minuman segar. Seru banget, ya? hehehe 

Nah, keseruan memasak bersama anak-anak ini menjadi moodbooster agar tetap bahagia. Selain itu, saya juga semakin percaya diri jika memasak bukan ilmu yang sulit dipelajari. Pemula pun bisa memasak. Bahkan pemula bisa naik kelas menjadi chef andal. Gimana caranya?

Berikut saya bocorin tips mahir memasak untuk pemula. Pastinya tips sangat sederhana dan berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Jangan Takut Memulai, Karena Memasak Adalah Skill yang Butuh Proses Pengasahan 


Kebiasaan pemula adalah takut memulai. Padahal Memasak adalah skill yang membutuhkan mental baja. Anda harus berani mencoba berkali-kali, meski juga melakukan kegagalan berkali-kali. 

Jika ada hasil masakan gosong, keasinan, atau tidak ada rasa sama sekali. Jangan menyerah dulu. Karena sejatinya sebuah proses barulah dimulai. 

2. Memasak adalah Aktivitas yang Lebih Banyak Mengamati


Ada baiknya seorang pemula harus lebih banyak melakukan pengamatan. Anda bisa menjadikan orang terdekat sebagai ‘role model’ misal ibu, bibi, atau kerabat saudara lainnya. 

Coba deh perhatikan mulai dari proses meracik bumbu hingga memasak sampai selesai. Jika tidak paham, maka Anda wajib bertanya. Lalu, segeralah praktik ya. 


3. Lebih Sering Melihat Acara Memasak 


Sebelum terjun memasak, saya dulu suka sekali menonton acara memasak di televisi bersama anak-anak. 

Bahkan saking sukanya, saya memasang alarm agar tidak ketinggalan acara tersebut. Memang saya hanya melihat bagaimana mereka memasak tanpa praktik langsung. Tapi justru dari sana keinginan memasak semakin tumbuh. 

4. Mencoba Resep yang Sederhana 


Sebagai chef pemula, Anda bisa mencoba resep yang sederhana. Selain itu, pilihan bahan juga harus mencari yang lebih mudah dicari. 
Tidak perlu banyak bahan yang digunakan. Mungkin sebagai contoh ketika membuat resep camilan sehat nih, Anda bisa mencari camilan yang resepnya hanya terdiri dari tiga bahan saja. Ini akan sangat memudahkan Anda untuk belajar memasak ke depannya. 

5. Bacalah Resep dengan Teliti


Membaca resep dengan teliti sangat penting sekali. Anda harus paham apa saja yang harus disiapkan. Mulai dari bahan, peralatan, cara memotong, dan lain sebagainya. jika saja ada salah satu resep yang tertinggal, biasanya akan merusak rasa masakan Anda. 

6. Menyiapkan Bahan dan Peralatan Memasak dengan Lengkap


Menghindari masakan gagal total. Sebaiknya setelah membaca resep, tugas Anda adalah menyiapkan bahan dan peralatan memasak secara lengkap. 

Misalnya nih bahan apa saja yang harus dipotong dan dicincang. Kemudian peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan sederhana kali ini. Dan usahakan, bahan dan peralatan masak tidak jauh dari posisi di mana Anda melakukan aktivitas memasak.

7. Pilih Bahan Berkualitas


Percaya atau tidak, memasak dengan bahan berkualitas akan menjadikan hasil makanan Anda terasa lezat dan nikmat. Tidak perlu mahal karena kualitas sebuah produk terkadang tidak tergantung dari mahal dan murah. Berkualitas yang dimaksud di sini adalah bahan-bahan masakan Anda masih bagus dan tampak lebih segar. 

8. Mengikuti Kursus Online Chefmama

 

Saya  punya pengalaman seru dengan chefmama cooking class. Karena ingin menjadi chef andal untuk anak-anak, selama pandemi ini saya mencoba ikut kelas online memasak.

Jujur ya, Pandemi covid 19 ini membuat para mama mesti lebih sering masak di rumah, dan tentunya masak jenis makanan yang itu-itu saja kadang keluarga merasa bosan.

Saya nggak mau hal tersebut terjadi kepada anak saya. Sehingga saya pun mengikuti kursus masak online bersama Chefmama. Kursus masak online yang hadir sebagai solusi karena Chefmama merupakan sebuah website yang diciptakan untuk membuat para papa dan Mama agar bisa memasak makanan internasional.

Contohnya Korean fried chicken, Gourmet UK Steak dan lain sebagainya. Dengan cara belajar langsung dari para chef Internasional melalui Video Course yang bisa diputar kapanpun dan dimanapun. Semua chef di Chefmama sudah dipilij yang betul-betul chef berkualitas.

Kebanyakan dari mereka pernah atau sedang bekerja di hotel bintang 5, Michelin Star Resto, maupun perusahaan makanan besar di berbagai negara di dunia.

9. Cicipi Masakan Sebelum Dimakan


Jangan lupa, cicipi masakan sebelum dimakan. Dengan mencicipi masakan, Anda bisa menilai kekurangan hasil karya sendiri.

10. Meminta Masukan Teman, Keluarga, atau Saudara Dekat


Untuk mengetahui perkembangan proses memasak, baiknya Anda meminta tips kepada teman, saudara, atau keluarga. Kira-kira apa yang kurang dari masakan Anda. Kemudian mintalah mereka mengomentari untuk perbaikan ke depan.

11. Happy Cooking dan Nikmati Prosesnya


Agar kegiatan memasak tidak menjadi beban. Maka lakukan aktivitas tersebut dengan bahagia. Nikmati prosesnya. Jadikan komentar dari siapapun sebagai perbaikan ke depan agar memasak lebih baik lagi.

Jika Anda sudah mampu melalui proses tersebut, saya pastikan tidak lama lagi Anda akan menjadi chef andal. Masakan Anda dari hari ke hari pun akan semakin enak dan lezat.

Bagaimana? 11 Tips mahir memasak untuk pemula di atas mudah sekali dipraktikkan bukan? Kira-kira nih, sudah terpikir memasak apa hari ini?

Jangan lupa ya. Memasak harus dilakukan secara konsisten, rutin, jangan mudah bosan, dan bahagia tentunya.  Dan ingat, untuk naik kelas menjadi chef yang andal, ikuti kelas chefmama cooking class ya. Kelas memasak yang rekomen banget untuk pemula. Dijamin mahir memasak, lho.

2 komentar on "11 Tips Mahir Memasak Untuk Pemula"
  1. Masak memang harus terus diasah biar makin bisa. Baca resep dengan teliti ini yang kadang suka terlewat. Akhirnya masakan nggak sesuai dengan ekspektasi :)

    BalasHapus
  2. aku juga bukan cewek yang mahir masak mbak, nah waktu ngekos baru dikit dikit belajar dari temen sekosan, trus baca resep sederhana di koran, padahal cuman bikin oseng-oseng kacang + tempe, dan berhasil plus enak menurutku hehehe
    kalau goreng ikan bukan ga bisa, tapi takut kecipratan minyak hhahaha

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9