Serba-serbi kehidupan di mata Malica

5 TEMPAT WISATA LAMONGAN INSTAGENIK DAN NGEHITS

Kamis, 17 Oktober 2019

Horay! Liburan sebentar lagi tiba, ya. Pasti deh sudah mulai antre memesan tiket untuk pulang kampung, kan? Yang sudah mulai memesan tiket dari moda darat maupun laut, saya ucapkan selamat deh. Selamat bercengkrama dengan keluarga tercinta. Bagi yang belum memesan dan masih galau mau naik apa, selamat berburu tiket juga. Siapa tahu nanti ada promo dadakan. Ye, kan? Pasti bakal seru tuh!

Nah, mumpung liburan semakin dekat, adakah rencana untuk berlibur ke kota Lamongan?

Bisa dibilang Lamongan termasuk kota kecil, akan tetapi tempat wisata Lamongan menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Sayangnya tak banyak orang tahu, sebab wisata Lamongan yang terekspos beberapa saja. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya pengen banget ajakin kamu menjelajah keindahan yang dimiliki oleh kota Lamongan. Mengenal berbagai jenis keindahan wisata, seperti situs bersejarah, wisata edukasi, telaga, dan masih ada wisata lainnya yang tak kalah memesona. 

Pemandian Air Panas Brumbung


Jejakpiknik.com

Jalan menuju lokasi wisata air Lamongan ini cukup terjal karena berada di tengah hutan. Selain itu, sepanjang jalan menjorok ke bawah. Sehingga kamu harus benar-benar terlatih dalam mengemudikan motor maupun mobil.

Meskipun demikian, ketika  kamu sampai di lokasi, dijamin bakalan betah berlama-lama di pemandian air hangat Brumbung, Paciran. Sebab suasana alamnya masih asri dan sejuk karena di sekitarnya banyak pohon Jati yang rindang. 

Jejakpiknik. com

Kamu juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk piknik bersama keluarga besar. Pemandian air hangat Brumbung tempatnya cukup luas. Dan konon, air hangat Brumbung bisa kamu manfaatkan untuk terapi penyakit. Hal ini sudah menjadi kepercayaan warga sekitar dan pengunjung bahwa air hangat Brumbung mengandung  Tuah yang bisa digunakan terapi berbagai jenis penyakit, terutama penyakit kulit. Enaknya lagi, tiket masuk ke tempat ini tarifnya gratis tisss,  lho. 

Tlogo Sadang


Http://instagram.com/Lamonganmerdesa

Kabarnya, wisata Lamongan satu ini telah menjadi perbincangan hangat di media sosial, lho. Tentunya penyebab utana adalah tempat wisatanya nyentrik dan instagenik, kan?

Malangnya, Saya malah baru saja tahu jika Lamongan memiliki Tlogo Sadang bak surga tersembunyi yang menakjubkan. Tlogo Sadang, sebuah tempat wisata di Lamongan yang berada di kawasan Bukit Kapur. Terletak di desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Konon, Tlogo Sadang ini dulunya adalah tempat penambangan batu kapur biasa. Tetapi karena keindahan batu kapur yang memunculkan spot-spot kece intragammable dan keren untuk berselfie maupun wefie, maka banyak warga sekitar hingga beberapa orang di luar kecamatan Solokuro ini penasaran. Bahkan demi keindahan bukit tersebut, ada yang rela mendaki setapak demi setapak demi spot foto yang ciamik. Akhirnya, lama-kelamaan tempat ini pun dijadikan salah satu obyek wisata Lamongan yang wajib dilestarikan. 

Http://instagram.com/Lamonganmerdesa
                
Http://instagram.com/Lamonganmerdesa

Apalagi suasana Lamongan yang panas, kemudian bisa berendam di air TlogoSsadang yang bening dan segar. Semakin seru dan bikin nagih bakal berkunjung ke sini lagi pastinya. Apalagi embusan angin sepoi-sepoi menyejukkan serta suasana yang tenang, membuat pikiran yang tadinya kalut dan gelisah mendadak normal. 

Museum Sunan Drajat


Jejakpiknik.com

Jejakpiknik.com


Tahu tidak, Lamongan juga memiliki peninggalan-peninggalan benda kuno yang sampai saat ini masih dijaga dan dilestarikan. Peninggalan bersejarah tersebut tersimpan rapi di dalam museum Sunan Drajat. Terletak di desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan yang khusus untuk menyimpan benda peninggalan Sunan Drajat, yang dulunya digunakan untuk berdakwah mengenai islam  dan lainnya. 

Istana Gunung Mas 


wisatalengkap.com

Jika di bagian utara Lamongan lebih banyak tersebar pantai luas yang indah. Ketika kamu menjelajah Lamongan bagian selatan akan melihat jalanan yang di sampingnya di kelilingi oleh perbukitan serta beberapa pohon besar menjulang tinggi. Dan di tengah daerah perbukitan tersebut terdapat tempat wisata Lamongan baru bernama Istana Gunung Mas. Terletak di Desa Tugu, kecamatan Mantup, sekitar 20 km sebelah selatan Lamongan kota.

Sama halnya dengan Tlogosadang di daerah Bluri, Solokuro, Gunung Mas ini mulanya terbentuk dari Bukit Kapur. Dimana sejarah mencetak telah ditemukan bongkahan Emas di bukit tersebut. Sehingga tempat wisata terbaru ini diberi nama Gunung Mas. Namun ada juga cerita versi lain yang mengatakan asal-asul nama berasal dari bebatuan di bukit kapur merupakan bekas tambang dan berwarna kuning. 


Lamonganoke. wordpress. com

Uniknya, obyek wisata ini cukup ramah anak. sebelum masuk kamu sudah dimanjakan oleh lampion dan dekorasi tempat yang didominasi warna merah. Kemudian di bagian dalam, kamu bisa menikmati pemandangan rumah panggung, rumah hias,dan kantin. Karena ramah anak, tempat wisata ini menyediakan kolam ikan, serta kandang hewan piaraan. Seperti ayam, kalkun, burung dara, dan kelinci. Sementara untuk tiket masuk, setiap sepeda motor kamu akan dikenakan tariff Rp. 5000 per tiket. Cukup terjangkau, kan? 

Monumen Van Der Wijck 


Beritajatim.com

Pernah membaca novel best seller Buya Hamka berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ? Atau justru sudah nonton film layar lebarnya?

Asal-usul Monumen Van Der Wijck ini didirikan oleh kolonial Belanda sebagai saksi bisu mengenang kisah tenggelamnya  kapal Van Der Wijck di perairan Lamongan.

Yang bikin terharu, Belanda membangun monumen fenomenal ini guna sebagai rasa terima kasih kepada warga Lamongan. Dulu ketika peristiwa beberapa tahun silam tentang Kapal Van Der Wijck yang tenggelam itu, warga Lamongan berbondong-bondong membantu dengan ikhlas. Nah, kan, saya jadi mewek lho! Lamongan diam-diam ternyata menyimpan cerita yang cukup legendaris. 

Monumen ini sendiri terletak di belakang Gapura pelabuhan dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan), tepatnya di pekarangan kantor perum Prasana Perikanan Samudra Cabang Brondong, kecamatan Paciran, Lamongan.

Yang membuat monumen satu ini berbeda dengan yang lain, adalah namanya sudah dipopulerkan dari karya sastra Buya Hamka. Di mana bentuk dari monumen Van Der Wijck ini menyerupai pos pengintai area pantai yang memiliki ketinggian 15 meter. Dan termasuk bangunan lama, catnya telah sedikit kusam dan terkelupas. 

Meski demikian, saat kamu berkunjung ke monumen Van Der Wijck ini, sejatinya tidak sekadar menikmati benda bersejarah berupa monumen saja. Kamu juga bisa mengenang pelajaran sejarah kembali tentang sebuah prasasti yang terletak di bagian timur dan barat dinding monumen berbahan pelat besi ini. Di mana prasasti tersebut tertulis menggunakan 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Belanda. 

Di bagian timur tertulis prasasti berbahasa Belanda

Di bagian barat tertulis prasasti berbahasa Indonesia 

Namun ada yang disayangkan, ketika saya melewati jalan raya Berondong-Tuban, sekilas melihat penampakan monumen Van Der Wicjk ini. Tetapi tampak seperti bangunan biasa saja. Itu dikarenakan untuk menuju ke monumen bersejarah ini tidak ada penunjuk arah yang pasti.

Walau demikian kamu tak perlu khawatir. Untuk tiket masuk ke monumen Van Der Wicjk ini Gratis, lho. Dan sangat cocok buat kamu yang penyuka sejarah dan suka berburu vintage, Monumen Van Der Wicjk merupakan obyek wisata di Lamongan yang pantas diabadikan.

Bagaimana? Sudahkah tertarik dengan kota kecil Lamongan, yang ternyata menyimpan pesona wisata menakjubkan?

Segera agendakan acara liburan untuk berkunjung ke tempat wisata Lamongan ya. Dijamin kamu bakal puas menikmati spot-spot kece instagenik di Lamongan beserta kuliner lezat khas daerah yang menggungah selera. 
22 komentar on "5 TEMPAT WISATA LAMONGAN INSTAGENIK DAN NGEHITS"
  1. Sebagai warga Lamongan asli, turut bangga banget dengan bermunculannya tempat wisata baru di kota tercinta ini, apalagi di beberapa daerah memiliki cerita sejarahnya masing-masing.. love banget deh

    BalasHapus
  2. Aku malah belum semua terutama yang berbau air atau pantai hehe. Makasih infonya Mbak.

    BalasHapus
  3. Asyik nih kalau blogger Lamongan ngadain jalan-jalan bareng ke tempat wisata-wisata di Lamongan....

    BalasHapus
  4. Seiring dengan perkembangan zaman, bentar lagi akan ada banyak tempat wisata baru yang bermunculan. Salah satunya akan ada di desaku. Tunggu tanggal mainnya

    BalasHapus
  5. Hiks, aku dah nonton film kapal Van Der Wijck, bikin mewek deh. Baru tahu ada monumen peringatannya di lamongan. BTW bulek (adik ayah) ada di lamongan, Jadi pengen ke sana suatu hari nanti.

    BalasHapus
  6. Yang Tlogo Sadang ngehits banget itu Mbak.. Kayak situs bebatuan dari peradaban Megalitikum ya,, wonderful Indonesia

    BalasHapus
  7. Kalau baca atau dengar kata Lamongan, saya langsung auto ingat soto lamongan, Mbak Malica hahaha. Dan ini wisatanya keren-keren ya, Mbak. jadi mupeng saya, apalagi saya belum pernah ke lamongan.

    Eh, ternyata di sana ada monumen an Der Wijck ya, Mbak. Sedangkan di Gombong Kebumen ada benteng an Der Wijck. Apala saling berkaitan ini. Makanya saya wajib mengecek langsung ke Lamongan hehehe.

    BalasHapus
  8. Tlogo sadang tu kalau dari sejarahnya seperti tebing breksi di Jogja. Bekas tambang yang dihentikan karena ternyata batuan yang ada merupakan batuan purba. Di jogja breksi ini juga hits karena bagus buat berswa foto. Aku paling tertarik yang di pemandian air panas itu mb... Tapi kok jalannya sepertinya masih ekstrem ya.. Jiper saya.. Hihi...

    BalasHapus
  9. Makasih nih rekomendasi tempat wisata di kota Lamongan. siapa tau someday ke sana

    BalasHapus
  10. Saya amazed sama Tlogo Sadang. Itu lubang/ruang di tebing batunya buatan manusia apa alami mbak? Keren banget.

    BalasHapus
  11. Walah keren keren banget sih yaAllah ciptaan nya sungguh indah ,aku pengen kesanaaaaaaa

    BalasHapus
  12. Aku tertarik bgt Ke Tlogo Sadang mbak. Iya bener aku sudah pernah lihat di TV. Ini area kapur mirip2 sama Goa Poteh di Madura ya? Cantik bgt ini hasil karya alam

    BalasHapus
  13. Dengar kata Lamongan, yang langsung terlintas adalah ayam penyet Lamongan yang saya suka banget, hehe.. Noted tempat wisatanya mbak. Semoga saya dan keluarga ada kesempatan kesana. Amin.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke lamongan nih mbak, seringnya makan soto lamongan aja... uenak...hehehe ternyata banyak juga ya tempat wisata di lamongan... semoga ada kesempatan bisa berkunjung kesana. siapa tahu bisa sekalian meet up ama mbak malica...

    BalasHapus
  15. Saya kurang mengenal lamongan, ternyata menyimpan tempat wisata yang keren dan juga seru, rasanya mau cepat-cepat liburan menuju lamongan, apalagi sudah baca artikel ini jadi tahu destinasi apa aja yang menjadi tujuannya.

    BalasHapus
  16. Andai jalannya yang menuju tempat pemandian air hangat itu diperbagus dan diperlengjapi dengan berbagai sarana, niscaya akan membawa lebih banyak mafaat bagi wartga sekitar untuk meningkatykan taraf hidupnya.
    Lamongan bagi saya terkenal berkat Indomie dengan rasa soto lamongan, hi hi.
    Kota kecil itu indah juga, jadi pengen menjelajah.

    BalasHapus
  17. Saya ini agak takut dengan wisata alam.
    (Malu aku tu).
    Apalagi yg masih alami bangets.
    Ada rasa menyeramkan gitu.
    Tapi, terimaksih sudah sharing mba.
    Siapa tau ada rezeki langkah untuk mengunjungi lamongan, dan makan sotonya lagsung dari sumbernya hehehe

    BalasHapus
  18. Yang Tlogo Sadang keren banget, enggak nyangka itu ada di Lamongan. Berasa kayak di luar negeri... Jd pengen lihat langsung.

    BalasHapus
  19. Yg paling aku inget wisata di Lamongan itu paling banteR WBL mbak heheee
    Ternyata banyak juga wisata lain yg baru aku tahu hhehee
    Aku penasaran ke monumen Van Dee Wick nya mbak 😍

    BalasHapus
  20. ternyata lamongan juga punya tempat eksotis seperti ini ya kak, kirain cuma sotonya doang yang diatas awang

    BalasHapus
  21. Wah baru tahu kalau ada beberapa lokasi wisata menarik di Lamongan mbak.
    Wah iya ya eman sekali itu monumennya, aku aja baru tau kalau di sana jg ada jejak peninggalan sejarah/ penanda kek gtu. Eman kalau gak banyak yg aware hny krn gk ada petunjuknya.
    Blm pernah bener2 menginjak Lamongan, pernah numpang lewat doank, moga kapan2 bisa ke sana :D

    BalasHapus
  22. Baca kata "Lamongan" jadi lapar karena ingat sate . Hahaha. Dari semua tempat wisata ini belum pernah ada yang pernah saya datangi, tapi rasanya seru juga ya ke tempat pemandian air panas.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9