Serba-serbi kehidupan di mata Malica

7 REKOMENDASI KULINER KHAS LAMONGAN YANG WAJIB DICOBA, TIDAK MAHAL DAN BIKIN KETAGIHAN

Selasa, 03 September 2019

Yakin deh, orang Lamongan kalau melancong ke manapun pasti bakalan tenar. Sebelum mengenalkan nama, saat kamu menyebut berasal dari Lamongan saja. Orang yang kamu ajak kenalan pasti sudah tahu sekeren apa kota Lamongan itu. Biasanya yang akan disebut pertama kali adalah kuliner khas Lamongan, yaitu Soto Lamongan. Selain Soto Lamongan yang pesonanya tak terbantahkan di kalangan luar, Beberapa orang akan menyebutkan destinasi wisata Lamongan yang baru-baru ini lumayan familiar. Yaitu wisata Bahari Lamongan yang identik dengan wisata edukasi, juga pantai Kutang yang namanya cukup unik sekaligus menyajikan panorama pantai yang menakjubkan. 

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas Lamongan ini, beberapa penduduk Lamongan yang melancong ke luar daerah juga memiliki branding kuat sebagai pedagang kaki lima yang berjualan pecel lele. Hampir di setiap kota di Indonesia, penjual pecel lele rata-rata adalah orang Lamongan. Coba deh kamu cek, kira-kira di kotamu ada pecel lele Lamongan yang menggoyang lidah? 

Sayangnya di sini saya tidak akan membahas tentang kenapa orang Lamongan lihai dalam membuat sambal pecel lele yang khas, melainkan akan mengenalkan beberapa jenis kuliner di Lamongan yang belum banyak orang tahu. Penasaran? Yuk, kepoin aja!

  • Makanan Khas Lamongan Nasi Boranan

Oleh-oleh khas Lamongan
travel. tribunnews.com

Dinamakan nasi boran karena penjualnya menggunakan wadah boran dalam menyimpan nasi. Boran adalah tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Cita rasanya juga cukup unik. Nasi boran akan memanjakan lidahmu dengan rasa khas orang Jawa Timur, yaitu pedas dan gurih. 

Makanan khas ini terdiri dari lauk-pauk, nasi, bumbu dan rempeyek. Lauk-pauk yang ditawarkan beragam. Seperti Ikan Sili, ayam, tahu, jeroan, Bandeng, Daging, telur dadar, tempe, dan aneka gorengan lainnya. Nasi boran terlihat khas karena bumbu kuning yang tidak sembarangan orang bisa meraciknya. Sekilas memang bumbunya terlihat biasa, namun ketika dicicipi bumbu inilah yang justru bikin ketagihan. 

Uniknya, nasi boran ini disajikan dengan daun pisang yang menambah kekhasan dari nasi tersebut. Jika kamu tergoda untuk mencicipi nasi kuliner legendaris ini, silakan datang ke kota Lamongan kawasan pasar-pasar kota dan beberapa pinggir jalanan kabupaten Lamongan, ya. 

Baca juga: 

  • Oleh-Oleh Khas Lamongan Wingko Babat

Makanan khas Lamongan
FB : Suci Wulandari

Nama wingko Babat tentu sudah tidak asing lagi. apalagi ketika kamu naik bus Semarang-Surabaya atau Bojonegoro-Surabaya, banyak penjual menjajakan kudapan ini di dalam bus. Makanan khas satu ini memang legendaris sekali. Terbuat dari kelapa sebagai bahan utama dan dipadupadankan dengan tepung ketan dan gula. Rasanya manis dan gurih. Tidak sama dengan kebanyakan jenis wingko lainnya, kudapan khas yang lahir pertama kali di kecamatan babat, Kabupaten Lamongan ini lembut sekali di lidah. 

Nah, inilah yang membuat wingko babat tampak istimewa. Jika kamu berkunjung ke Lamongan, jangan lewatkan untuk membeli kudapan satu ini, ya. Tersedia di sepanjang jalan kota Lamongan di pusat gerai makanan. 

Bandeng Colo Kuliner di Lamongan Jawa Timur


Kuliner khas Lamongan
jejakpiknik.com

Bagi penggila pedas, Bandeng Colo ini wajib kamu coba. Salah satu makanan khas Lamongan cukup terkenal dengan rasa asam dan gurih yang nendang. 

Dinamakan Colo sebab memiliki sambal pedas yang khas bercampur rasa segar dari jeruk nipis. Biasanya Colo ini dihidangkan bersamaan dengan ikan bandeng, sayuran, dan sup kuning menggugah selera. 

  • Jumbrek Kudapan Khas Lamongan

Kuliner di Lamongan
Jejakpiknik.com

Sekilas mendengar namanya memang agak sulit untuk diucapkan. Eits ...  tapi jangan salah, Jumbrek merupakan jajanan tradisional yang menjadi kuliner khas Lamongan dan banyak sekali penikmatnya. Terbuat dari bahan dasar tepung beras dicampur dengan santan kelapa dan gula jawa. Dibungkus dengan daun siwalan yang dibentuk kerucut, kemudian proses selanjutnya adalah dikukus. Cita rasanya memiliki tekstur lembut dan manis. Kamu wajib coba,lho! 

  • Marning Camilan Khas Lamongan 

Makanan khas lamongan
Putratavel.net

Bagi kamu yang bingung mencari oleh-oleh ringan dari Lamongan, Marning merupakan makanan khas daerah Lamongan yang wajib kamu cicipi. Bukan sekadar Marning seperti kebanyakan karena proses pembuatannya cukup istimewa. 

Pertama-tama Jagung akan dikeringkan terlebih dahulu guna memperoleh rasa yang renyah. Kemudian barulah melalui proses pemberian bumbu dan penggorengan. Pokoknya lidahmu nggak akan berhenti mengunyah saat menikmati camilan Marning satu ini. 

  • Ental Minuman Khas Daerah Lamongan

Makanan khas di Lamongan
Sportourism.id

Ental atau lebih dikenal dengan sebutan es dawet siwalan ini merupakan minuman khas kuliner Lamongan yang rasanya juara. Dawet identik dengan racikan yang berbahan dasar dari tepung beras, santan kelapa, dan gula jawa. 

Sementara Ental ini perpaduan dari racikan dawet ditambahkan irisan buah siwalan yang memiliki rasa khas manis dan segar. Cocok sekali dinikmati saat cuaca panas, ya. Jika kamu berwisata ke sini dan penasaran dengan rasa Ental yang menggoda, silakan cari di sepanjang Jalan kota Lamongan atau lebih sering ditemui di desa Paciran juga ada.

  • Tahu Campur Icon Kuliner Lamongan

Makanan khas daerah Lamongan
resephariini.com

Hampir semua orang pernah menyantap tahu campur. Oleh karenanya, menu makanan khas Lamongan satu ini merupakan icon makanan di Jawa. Sebab, tak hanya di Lamongan saja tersedia tahu campur yang lezat. Tetapi di beberapa kota di Jawa Timur banyak ditemui masakan enak satu ini. 

Kuliner Lamongan satu ini berbahan dasar lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, daging yang dicampur dengan aneka sayuran, seperti kecambah dan daun selada. Disajikan dengan menambahkan kuah dan petis udang sehingga rasa tahu campur semakin menggoyang lidah dan istimewa. 

Itulah 7 rekomendasi makanan khas Lamongan yang bisa dijadikan referensi para kuliner lovers. Ketika kamu berkunjung ke Lamongan tidak akan bingung lagi makanan apa yang bisa dijadikan teman berlibur yang seru. Dan jangan lupa, dari tujuh makanan di atas sangat bisa dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman juga, lho. 
24 komentar on "7 REKOMENDASI KULINER KHAS LAMONGAN YANG WAJIB DICOBA, TIDAK MAHAL DAN BIKIN KETAGIHAN "
  1. Kangen soto Lamongan deh ewwwh kapan, adakah yang bisa instan dibuat?

    BalasHapus
  2. Wingko ini suka pada blunder. Apalagi Kalau bukan berasal dari Jawa Timur. Sering dianggapnya makanan khas Semarang. Padahal Wingko babat n semarang jauh berbeda

    BalasHapus
  3. Kulinernya enak-enak semua. Aku baru pernah ngerasain Soto Lamongan, itu pun di Bandung. Mungkin beda ya dengan aslinya. Nah, iya aku keliru tuh, kupikir wingko, jajanan khas Semarang. Baru tahu Babat tuh Kecamatan di Kab Lamongan.
    Duh...Ental-nya bikin ngiler, apalagi pas panas-panas gini...

    BalasHapus
  4. Ya ampuuun betapa ruginya aku belim ke Lamongan dengan pias. Cuma mampir dan lewat saja. Makanannya enaaak semuaaaa.
    Rugi belum ke sana.
    Sampe ngiler liat potonya
    Harus diagendakan nih pas mudik nanti ke kampung halaman Mbak Lica

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cuma pernah makan wingko, marning dan tahu campur..Lainnya belum. Ya ampuuun, bisa makan terus nih kalau main ke Lamongan. Makanannya endess punya!

      Hapus
  5. waktu aku main ke Pare dan cukup lama di sana ... jajanan favorit aku soto lamongan. Pengen banget bisa nyantap soto lamongan di Lamongannya langsung. Eh bener loh, Mbak. Penjual pecel lelel deket rumah saya juga emang orang Lamongan ;D

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah ke sana mba. Tapi makanan lamongan yang paling aku suka sotonya lho. Soalnya emang enakn tapi sekarang jadi penasaran pengen coba menu-menu di atas. Kayaknya enak-enak juga hihihi *emak laper

    BalasHapus
  7. Cuma tahu campur yang serin makan. Yang lainnya zonk, malahan baru kenla dari artikel ini. Paling menggoda sih minumannya, jadi kebayang kenyel2 siwalannya.

    BalasHapus
  8. Penasaran pingin makan jumbrek.. pasti enak ya

    BalasHapus
  9. Wah, banyak juga ya ternyata kuliner khas Lamongan. Jadi ingin ke Lamongan lagi terus ingin menikmati wisata kulinernya. Btw, salam kenal ya, Kak.

    BalasHapus
  10. Endeus markindessss
    aku puingiiinn seharian jelajah LMG dan puas2in kulineran di sana
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  11. Aku baru tau wingko tuh asli Lamongan, kirain teh Semarang hihi
    Dan yaa selama ini kalau dengar kata Lamongan ingetnya soto Lamongan hihi..
    Thanks info kuliner nya mbaak

    BalasHapus
  12. Kalau makan Marning tuh gak bisa berhenti mulutnya . Ngunyah terus
    Apalagi ada sekarang Marning udah banyak varian rasa nya. Aku pernah dapat oleh oleh rasa nya pedes manis . Enak deh
    Sama pernah liat di tv cara pembuatan jumbrek , jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  13. Dari sekian kuliner di atas tahunya cuma Wingko Babat sih yang lain belum pernah nyobain. Tentu Lamongaan terkenal emang karena Soto N Pecel Lelelnya sejauh ini...moga makin nyebar lagi yak kuliner Lamongan lainnya

    BalasHapus
  14. Hmm yummie... Enak² banget makanan khasnya Lamongan ya. Terutama sotonya tuh jd menasional bahkan dibikin versi mie instannya, hehe. Top deh Lamongan, tfs yaa Mbak Malica.

    BalasHapus
  15. waduh, saya jadi suka ngiler kalo memabaca artikel tentang kuliner. wkwkkw. entah kenapa bisa begitu ya,... btw cukup lumayan nih rekomendasi tempat-tempat kulinernya, siapa tahu nanati bisa icip-icip wisata kuliner ini. mangtabb...

    BalasHapus
  16. Nasi boronan wajib dicoba deh kalau ke Lamongan, baru tau marning itu aslinya dari lamongan yah kak

    BalasHapus
  17. Memang Mbak Malica. Saya pun saat mendengar kata Lamongan, itu langsung tertuju pada Soto Lamongan. Apalagi sekarang soto lamongan ada pada mie instan hehehe. Tapi 7 kuliner itu menggugah selera semua. Nah, kue jumbrek itu di sini juga ada, Mbak. Namanya kue clorot. Hanya memang jarang dijual. Saya belinya pas kalau ada pasar Perengkali yang khusus menjual jajanan tradisional yanga diadakan 35 hari sekali. Setiap minggu lebih.
    Wih, jadi pengin ke Lamongan, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  18. Aku cuma pernah makan wingko dan kurang pas di lidahku karena aku bukan penggemar makanan manis. Tapi soto dan ayam penyet lamongan aku suka banget..

    BalasHapus
  19. Ya ampun soto nasi tahu campur sampai marning, semua semua aku suka terutama Jumbrek AKA Clorot itu adalah idolaku

    BalasHapus
  20. Ah jadi pengen ke Lamongan. Pengen nyobain semuanya. Hmme... Kalau di Bogor, Lamongan itu terkenal dengan sotonya. Banyak yg jualan mbak...

    BalasHapus
  21. saya taunya cuma soto lamongan sama wingko babat mba hehehehe

    pecel lele de satu lagi. banyak yang jual di sini.

    yang terakhir itu, yang tahu, sepertinya ada yang mirip seperti itu kuliner di medan dan beberapa kota yang pernah saya kunjungi...

    sip mantap dan yummy tulisannya mba

    BalasHapus
  22. kayaknya marning itu lebih menarik perhatianku untuk menjadikannya cemilan ketika sedang ada kerjaan begitu

    BalasHapus
  23. Kelihatannya enak semua nih, jadi penasaran pengen coba. Selama ini kuliner Lamongan yang saya tahu itu ya Soto Ayam Lamongan. Itu juga yang ada di Lombok sini...belum pernah coba yang di daerah asalnya.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9