5 Permasalahan Dinding Eksterior Rumah dan Tips Mengatasinya

Minggu, 02 Juni 2024

 

Dinding rumah, terutama bagian eksterior, merupakan salah satu komponen rumah yang memiliki risiko kerusakan paling besar. Dikatakan demikian karena dinding yang posisinya berada di area luar rumah ini menjadi bagian yang terpapar ekstremnya cuaca, entah itu panas maupun hujan hingga terkena polutan.

Untuk menjaga dinding eksterior dari kerusakan, biasanya orang akan mengakali dengan mengaplikasikan produk pelindung layaknya waterproofing. Dengan mengaplikasikan produk waterproofing terbaik, Anda bisa mencegah dinding eksterior rumah dari kerusakan.

Namun sebagai antisipasi, artikel ini akan mencoba membahas tentang jenis-jenis kerusakan yang umumnya dialami oleh dinding eksterior rumah. Pelajari juga cara untuk mengatasinya melalui pembahasan berikut!

5 Jenis Kerusakan pada Dinding Rumah

Dinding eksterior yang tidak dijaga dan dirawat dengan baik tentu cenderung lebih berisiko mengalami kerusakan. Sebenarnya tidak hanya berlaku pada dinding, semua struktur pada bangunan rumah apabila tidak dijaga keterawatannya pasti akan lebih rentan rusak.

Apa saja jenis-jenis kerusakan yang bisa dialami oleh dinding eksterior di rumah? Agar bisa memahami lebih lanjut dan bisa mengatasinya dengan baik, ikuti daftar dan penjelasan di bawah ini:

       Dinding Berjamur

Dinding berjamur menjadi salah satu permasalahan utama yang sering kali ditemukan pada sebuah dinding eksterior. Biasanya permasalahan dinding berjamur ini disebabkan oleh kondisi dinding yang basah atau lembap.

Ketika jamur hingga lumut muncul pada dinding rumah, tentunya hal ini akan membuat tampilan rumah menjadi kotor seperti tidak terawat.

Apabila dinding hunian Anda mengalami permasalahan berupa munculnya jamur, maka Anda perlu mengatasinya dengan segera. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah dinding eksterior yang muncul jamur, yaitu dengan menggunakan cairan anti jamur yang nantinya akan membuat jamur-jamur tersebut menjadi mati.

Namun sebelum menggunakan cairan ini, pastikan Anda mencoba membersihkan jamur-jamur yang muncul tersebut terlebih dahulu. Jika sudah dan Anda ingin mengembalikan tampilan dinding menjadi seperti semula, Anda bisa mengecatnya dengan warna yang senada dengan area dinding lainnya.

       Dinding Retak

Permasalahan berikutnya yang juga cukup sering ditemukan pada dinding-dinding di rumah, yaitu terdapatnya keretakan di beberapa area. Dinding yang retak harus segera diatasi agar kerusakan tersebut tidak mempengaruhi struktur bangunan secara keseluruhan.

Sebelum melakukan cara-cara untuk mengatasi dinding yang retak, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari keretakan pada dinding eksterior tersebut. Umumnya keretakan pada dinding disebabkan karena beberapa hal yang digolongkan menjadi penyebab structural dan nonstructural.

Apabila keretakan pada dinding hunian Anda disebabkan oleh kerusakan nonstructural, Anda bsa mengaci ulang maupun menambal dinding yang sebelumnya retak. Sementara apabila penyebab dinding retak diakibatkan karena structural, Anda bisa memperbaikinya dengan menguatkan titik dari pondasi agar kembali menjadi kuat.

Baca juga

       Dinding Menggelembung

Dinding menggelembung menjadi permasalahan selanjutnya yang sering terjadi pada dinding eksterior. Munculnya gelembung pada dinding eksterior umumnya disebabkan karena Anda mengecat dinding saat kondisi plesteran dinding masih basah.

Plesteran dinding rumah yang masih basah tersebut diartikan sebagai kondisi dinding belum siap untuk dicat karena akan mengurangi daya lekat cat untuk menempel pada dinding.

Agar gelembung-gelembung pada dinding bisa hilang, Anda harus melakukan pengecatan ulang terhadap tembok tersebut. Namun sebelum itu, Anda harus mengeroknya terlebih dahulu agar teksturnya kembali rata.

       Dinding Lembap

Dinding yang lembap juga menjadi permasalahan umum yang menimpa dinding eksterior. Kondisi lembapnya dinding biasanya disebabkan karena terdapatnya air yang merembes ke dinding tersebut. Apabila ini terjadi, dinding yang lembap akan memberikan pertanda dalam bentuk munculnya bercak seperti basah pada dinding.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Ketika sudah diatasi dengan baik, Anda bisa mencegah terulangnya dinding lembap dengan cara mengaplikasikan produk waterproofing membrane yang berkualitas.

Salah satu produk waterproof yang cocok untuk diaplikasikan pada dinding eksterior, yaitu SikaCoat Plus. Produk dari Sika ini merupakan produk yang tepat karena memiliki beberapa kelebihan yang tentunya menguntungkan bagi Anda.

Kelebihan SikaCoat Plus yakni mengurangi waktu pengerjaan, mudah diaplikasikan, berkemampuan menutup sangat baik, memiliki elastisitas tinggi, stabilitas UV yang sangat baik, kedap air, berkemampuan menutup retak, dapat diencerkan dengan air 10% (direkomendasikan untuk aplikasi primer), dan konsumsi rendah.

Freepik

       Dinding Mengelupas

Meski bukan permasalahan yang bisa membahayakan, namun cat dinding yang mengelupas juga bisa menjadi permasalahan sangat mengganggu. Apabila dinding eksterior pada hunian Anda mulai mengelupas dan membuat tampilannya menjadi tidak menarik, Anda perlu cepat-cepat mengatasinya.

Cat dinding yang mengelupas biasanya disebabkan karena beberapa hal, mulai dari terjadinya pengapuran hingga dinding yang lembap dan menyebabkan cat tidak menempel dengan sempurna.

Untuk mengatasi permasalahan cat dinding yang mengelupas ini, Anda perlu membersihkan secara menyeluruh area dinding yang mengelupas tersebut. Keroklah sampai bersih cat dinding, sebelum akhirnya Anda mengaplikasikan ulang cat yang baru agar tampilan dinding bisa kembali menjadi menarik.

Kesimpulan

Dinding eksterior rumah harus diperhatikan baik-baik agar bisa memberikan tampilan rumah yang menarik dan tentunya terawat. Apabila hunian Anda mengalami permasalahan dinding layaknya dinding berjamur, dinding retak, dinding menggelembung, dinding lembap, dan juga dinding mengelupas, pastikan sebelum mengatasinya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan pada dinding eksterior seperti yang sudah dijelaskan di artikel, Anda bisa mengaplikasikan produk waterproof membrane sebagai langkah antisipasi. Waterproofing membrane adalah produk waterproofing berbentuk lembaran yang digunakan untuk mencegah risiko kelembapan.

Salah satu rekomendasi produk waterproofing yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kelembapan pada dinding, yaitu SikaCoat Plus. Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah berdiri selama 113 tahun.

Tidak hanya itu, Sika telah menangani banyak project global. Salah satunya adalah Terowongan Arroyo Vega di Buenos Aires Argentina. Jadi, Apabila Anda memiliki permasalahan dinding rumah, segera atasi dengan SikaCoat Plus! Adapun untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang produk waterproofing, klik di sini!

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9