Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami dan Permanen

Minggu, 22 Oktober 2023

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan? Pengetahuan tentang hal ini sangat penting karena tidak sedikit orang yang mempunyai keluhan masalah rambut rontok.




Ternyata cukup banyak cara alami yang bisa dilakukan yang tentu jauh lebih murah dan aman. Anda pun bisa melakukan perawatan tersebut di rumah, jadi juga hemat waktu. 

Apa yang harus dilakukan jika rambut rontok berlebihan? Pertanyaan ini sangat sering diajukan oleh orang yang mengalami masalah rambut rontok.

Rambut yang rontok sekitar 100 helai sehari masih cukup normal terjadi, namun jika jumlahnya lebih banyak, Anda perlu waspada karena dapat menyebabkan kebotakan dan rambut yang tipis sehingga mengganggu penampilan. 

Rambut Rontok Parah Dikarenakan Apa?

Cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok yang berlebihan, baik cara alami maupun dengan treatment di pusat perawatan rambut.

Sebelum melakukan perawatan, Anda perlu mengetahui penyebab rambut rontok parah sehingga perawatan yang dilakukan lebih efektif dan hasilnya juga cepat terlihat.

Rambut rontok parah dikarenakan apa? Jawaban untuk pertanyaan ini cukup banyak dan masing-masing orang bisa mengalami rambut rontok karena beberapa sebab. Berikut diantaranya:

  • Perubahan hormon

  • Stres

  • Melahirkan dan menyusui

  • Penyakit tertentu

  • Genetik

  • Asupan gizi kurang mencukupi

  • Anemia

  • Sering mengganti produk perawatan rambut

  • Sering mengikat rambut terlalu kuat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Cukup banyak pilihan cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami yang bisa Anda lakukan. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan tidak bisa dilakukan hanya dengan satu kali perawatan, tetapi memerlukan waktu sehingga Anda harus bersabar dan melakukannya secara rutin.

Jika mengalami rambut rontok parah, beberapa cara ini bisa Anda lakukan: 

Manfaatkan Tumbuhan Lidah buaya

Anda bisa menggunakan tumbuhan lidah buaya atau aloe vera untuk mengatasi masalah rambut rontok. 

Bagian yang mengandung bahan penting adalah daging dan lendir daun lidah buaya karena mengandung protein, zat besi, vitamin A dan D. 

Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sebagai bahan produk kecantikan alami. Kandungan bahan yang penting untuk kesehatan rambut adalah kalsium, zat besi, vitamin A, C, D, E dan K yang terbukti mampu mengurangi rambut rontok. 

Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun di semua permukaan kulit kepala dan setiap helai rambut. 

Setelah itu lakukan pemijatan secara lembut dan diamkan sekitar 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air bersih. 

Yogurt

Kandungan nutrisi dalam yogurt cukup banyak dan penting untuk kesehatan rambut, diantaranya kalium, kalsium, vitamin D dan protein yang fungsinya menguatkan akar rambut. 

Anda bisa mengoleskan yogurt pada semua kulit kepala dan seluruh rambut kemudian membiarkan hingga 30 menit. Selanjutnya cuci menggunakan air dan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. 

Bawang dan madu

Bawang dan madu merupakan dua bahan yang baik untuk kesehatan, termasuk kulit kepala dan rambut. Madu mengandung nutrisi dan pelembab yang bisa menyehatkan kulit kepala. 

Sedangkan bawang mengandung sulfur yang terbukti bisa menguatkan akar rambut sehingga bisa mencegah rontok. 

Teh hijau

Teh hijau dipercaya baik untuk menjaga kecantikan karena kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu memperlancar peredaran darah, termasuk kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih cepat. 

Selain itu, teh hijau juga mengandung mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat merevitalisasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga lebat kembali.

Anda cukup menyeduh dua kantong teh hijau dengan secangkir air kemudian menggunakannya sebagai masker di seluruh kulit kepala dan rambut. Setelah itu, tutup dengan handuk selama 15 menit dan bilas hingga bersih. 

Cek jadwal keramas

Keramas memang diperlukan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Namun jika terlalu sering atau terlalu jarang dapat merusak kesehatannya.

Terlalu sering keramas menggunakan shampoo bisa menyebabkan nutrisi yang ada di kulit kepala dan rambut hilang. 

Sedangkan jika jarang keramas menyebabkan penumpukan kotoran sehingga pori-pori di kulit kepala tersumbat.

Hal ini dapat mendorong munculnya ketombe dan menjadi sarang bakteri yang mengganggu kesehatan kulit kepala dan rambut. 

Tata rambut dengan lembut

Untuk mengatasi masalah rambut rontok selanjutnya adalah dengan menata rambut secara lembut.

Mengikat rambut dengan kuat dapat menyebabkan akar tertarik sehingga rapuh dan mudah rontok. 

Rambut yang diikat dalam waktu lama juga dapat menyebabkan sirkulasi udara terganggu sehingga lembab dan mudah berketombe serta menjadi tempat bakteri.

Pada saat mengeringkan rambut dengan hairdryer juga perlu Anda perhatikan. Panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rambut rapuh sehingga patah dan rontok. 

Perbaiki pola hidup

Kesehatan kulit kepala merupakan hal penting agar Anda bisa mempunyai rambut yang kuat dan tidak mudah rontok. Karena itu Anda perlu memperhatikan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi yang cukup, istirahat cukup, menghindari asap rokok dan cukup berolahraga. 

Shampo untuk Rambut Rontok Parah

Pemilihan shampo untuk rambut rontok parah sangat penting untuk mengatasi masalah rambut yang Anda alami. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah rambut karena salah dalam memilih produk yang sesuai.

Untuk mengatasi rambut rontok yang parah, Anda bisa menggunakan shampoo Dove.

Dove mengandung nutrisi penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut sehingga sesuai untuk pertumbuhan dan memperkuat akar rambut. 

Anda tidak perlu bingung mencari Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan karena cukup banyak yang bisa dilakukan.

Namun salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan shampoo yang tepat, seperti Dove.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9