Main Game Sambil Belajar Bisnis di Mortgage Calculator Money Games

Kamis, 07 September 2023


Saya dan suami sama-sama memiliki bisnis yang kami kerjakan masing-masing. Meskipun belum bisa dikatakan besar namun dari bisnis ini kami bisa belajar menabung dan memenuhi semua kebutuhan anak-anak. Bagi anak-anak kami, kegiatan bisnis yang mereka lihat sehari-hari merupakan sesuatu yang biasa. 

Namun siapa sangka, mereka ternyata diam-diam belajar mengenai bisnis ini dengan memperhatikan apa yang kami lakukan. Contohnya anak kami yang sulung. Si kakak yang saat ini sedang kuliah kini sudah mulai berbisnis dengan berjualan food street bersama temannya. 

Sebagai orang tua, saya dan suami merasa sangat bahagia melihat hal ini. Dalam pikiran saya, si kakak akan sukses nantinya meskipun tidak menjadi “orang gaji”. Dia akan mampu berdiri di kakinya sendiri meskipun tak memiliki pekerjaan tetap di kantor atau perusahaan.

Suatu hari, saya iseng memperhatikan si kakak secara diam-diam. Saya ingin melihat apa yang dia lakukan sehari-hari di kamarnya. Ternyata selain nonton drakor, sulung saya ini punya kesukaan main game jualan pizza. Mungkin ini juga salah satu hal yang bisa memotivasinya melakukan bisnis saat ini. Tapi, apakah benar game bisa membantu anak belajar bisnis?

Alasan Kuat Mengapa Main Game Bisa Mengasah Naluri Bisnis Anak 

Kalau ada yang berpikir main game cuma hanya untuk kesenangan dan buang-buang waktu saja itu salah besar. Banyak kok game yang bisa mengedukasi dan membantu kita dalam mempelajari sesuatu. Misalnya pemainan yang ada di Mortgage Calculator Money Games. 

Melalui game yang bisa kita akses di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ ini, kita bisa belajar banyak hal. Mulai dari belajar keuangan secara sederhana hingga berbisnis. Bahkan kita pun bisa mengajak dan mengajarkan anak untuk mengembangkan naluri bisnisnya dengan bermain game di sini.

Ada banyak alasan mengapa bermain game bisa mengasah kemampuan anak untuk berbisnis, diantaranya adalah:

  • Interaktif dan praktis 

Permainan game memberikan pengalaman interaktif dan praktis, di mana anak-anak dapat langsung terlibat dalam mengelola bisnis atau simulasi bisnis. Mereka dapat mencoba berbagai strategi dan melihat bagaimana keputusannya berdampak pada hasil bisnis.

  • Pembelajaran aktif 

Dalam permainan game, anak-anak menjadi aktor utama dalam memecahkan masalah dan mencapai tujuan. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih aktif daripada pendekatan belajar konvensional, di mana mereka hanya menerima informasi.

  • Kesalahan merupakan bagian dari proses belajar

Saat bermain game, anak-anak dapat belajar dari kesalahan mereka tanpa konsekuensi nyata yang berbahaya. Mereka dapat mencoba lagi dan mengoptimalkan strateginya untuk mencapai kesuksesan. Ini merupakan hal paling penting dalam bisnis yang sebenarnya.

  • Motivasi dan reward 

Sebuah game sering kali menyediakan sistem reward dan insentif, seperti poin atau tingkat keberhasilan. Hal ini tentunya memberikan motivasi kepada anak-anak untuk mencapai tujuan dan mencoba lebih keras untuk meningkatkan performa mereka. 

Bisa dikatakan ini mirip dengan konsep bisnis yang sebenarnya. Khususnya saat bisnis mencapai kesuksesan dengan mencapai targetnya.

  • Pengembangan keterampilan kritis 

Bermain game juga melibatkan pemecahan masalah, analisis data, pengambilan keputusan, dan keterampilan kritis lainnya yang relevan dalam bisnis. Dengan berlatih melalui permainan ini, anak-anak dapat mengembangkan keterampilannya secara efektif.

  • Kreativitas dan inovasi 

Beberapa permainan game bahkan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk merancang, mengelola, atau membangun sesuatu dari awal. Kesempatan ini pastinya mendorong kreativitas dan inovasi, yang penting dalam menghadapi tantangan dan menemukan solusi baru dalam bisnis.

  • Pembelajaran berulang 

Salah satu keseruan dalam permainan game adalah anak-anak dapat mencoba dan mengulangi berbagai strategi untuk mencapai kesuksesan. Pembelajaran berulang ini akan membantu memperkuat pemahaman mereka tentang konsep bisnis dan membantu memperbaiki keterampilannya dari waktu ke waktu.

  • Pengalaman pasar dan persaingan 

Banyak permainan game yang juga melibatkan elemen pasar dan persaingan. Di sini anak-anak harus mampu memahami tren konsumen, mengelola persediaan, dan bersaing dengan lawan dalam mencapai tujuan. Jika anak berani memainkan game seperti ini, tentu akan membantu mereka memahami dinamika pasar dan pentingnya analisis pasar dalam bisnis.

Belajar Bisnis Melalui Mortgage Calculator Money Games

Cara paling mudah untuk mengajarkan anak tentang bisnis adalah dengan bermain game. Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, saat ini game bukan hanya sekedar untuk kesenangan saja. Namun bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran bagi anak dengan cara yang menyenangkan dan sesuai zaman. 

Beberapa game yang bisa kita mainkan bersama anak sambil belajar tentang bisnis diantaranya adalah:

  • Pizza CafĂ©

Merupakan permainan simulasi restoran yang menyajikan pizza untuk para pelanggan. Dalam permainan ini anak harus bisa melayani dan membuat pesanan pelanggan dengan cara cepat. Saat bermain game ini, usahakan anak bertindak cepat agar tidak ada pelanggan yang merasa kecewa dan hilang kesabaran. 

Inti dari permainan ini adalah melatih anak untuk mengetahui apa keinginan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik. Sehingga pelanggan akan merasa puas dan bisnis akan berjalan dengan lancar. 

  • Open Restoran

Adalah game yang akan mengajarkan anak bagaimana menjalankan bisnis restoran. Terutama dalam hal pelayanan pelanggan. Mulai dari mencari pelanggan, mengundang mereka untuk duduk, mencatat pesanan, menyajikan makanan, memberi tagihan hingga membersihkan meja untuk pelanggan selanjutnya. 

Bermain game ini bisa dikatakan cukup menantang sebab anak harus pintar mengatur dan melayani pelanggan. Supaya bisa meningkatkan pelanggan sehingga arus kas tetap lancar. 

Dua game ini merupakan contoh permainan yang ada di Mortgage Calculator Money Games yang bisa kita mainkan bersama anak. Tentunya dalam rangka mengajarkan mereka tentang bisnis dengan cara yang paling sederhana dan mudah. Dengan game inilah, anak bisa mengasah naluri bisnis yang nantinya bisa mereka kembangkan dalam kehidupannya di masa depan. 



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9