Anies Baswedan: Harga di Semua Wilayah Harusnya Sama

Jumat, 12 Mei 2023



Anies Baswedan yang merupakan tokoh politik sekaligus mantan gubernur DKI sangat konsen dengan kondisi ekonomi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut lelaki yang humoris dan kharismatik ini tugas dan PR bangsa Indonesia masih banyak dan harus segera diselesaikan bersama. 

Sosok yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di masa pertama kepemimpinan presiden Joko Widodo ini menyebutkan bahwa setelah berhasil menyatukan seluruh wilayah menjadi satu kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa, negara kesatuan dan kedaulatan, masih ada tugas penting yang menanti. Tugas tersebut adalah menyatukan perekonomian dan kesemakmuran.

Harga Barang di Semua Daerah Harus Sama


Dalam bidang ekonomi, salah satu masalah yang pernah disinggung Anies Baswedan adalah mengenai perbedaan harga antar daerah.

Suatu produk bisa sangat murah di satu wilayah namun teramat mahal di wilayah lain. Seperti di Papua, Sulawesi dan wilayah lain, daya beli masyarakat terbatas karena harga yang melambung tinggi. 

Perbedaan tersebut sangat mencolok di berbagai daerah. Menurut Anies Baswedan, sebagai satu kesatuan dalam segala hal, seharusnya untuk harga barang pun sama. Ketimpangan harga ini dipicu oleh banyak hal yang saling berkaitan dan harus segera diselesaikan bersama.

Mulai dari logistik, transportasi, distribusi sampai layanan finansial yang mahal menjadi penyebabnya.

Hal ini harus segera diatasi demi tercapainya kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia agar semua merasakan kemerdekaan dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk ekonomi. 

Masalah ini sangat komplek sehingga masing-masing tidak bisa bekerja sendiri. Satu sama lain harus bekerja sama sesuai kapasitas, peran dan kemampuannya untuk saling mendukung.

Ketimpangan dalam segi ekonomi masih terus dirasakan oleh masyarakat Papua, Sulawesi dan beberapa daerah lain meski Indonesia sudah merdeka selama 45 tahun. 

Upaya pemerataan harga tersebut merupakan bentuk dukungan ekonomi agar seluruh rakyat Indonesia sejahtera. Hal ini merupakan bentuk usaha untuk mencapai sila ke 5, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Tokoh politik yang pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina ini menyampaikan bahwa harus ada perubahan di semua sektor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat di seluruh wilayah.

Anies menuturkan bahwa kita semua harus menyaksikan kesetaraan harga barang kebutuhan pokok, bahan bangunan, peralatan dan berbagai keperluan lainnya di semua wilayah.

Semua Pihak Bertanggung Jawab agar Tercapai Kesetaraan Harga

Calon presiden yang akan maju di Pemilu tahun 2024 ini menyatakan bahwa jika terpilih sebagai presiden, maka salah satu tugasnya adalah untuk mencapai kesetaraan harga antar wilayah seperti di Jakarta, Papua, Sulawesi, Kalimantan dan wilayah lainnya. 

Anies Baswedan tidak akan berjalan sendiri. Semua pihak harus terlibat dan saling berupaya untuk menciptakan kesetaraan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat.

Pria alumni UGM ini menyatakan kerja sama dan tanggung jawab bersama penting untuk mencapai masyarakat yang sejahtera di semua wilayah dengan indikator kesetaraan harga. 

Pria kharismatik ini menyampaikan bahwa jika terpilih menjadi presiden di Pemilu tahun 2024 nanti akan meneruskan tugas pemimpin sebelumnya dalam berupaya untuk mencapai tingkat kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

Tujuannya adalah agar semua masyarakat hidup dengan taraf yang lebih sejahtera.

Geografi dan kurangnya sarana publik seharusnya bukan halangan untuk bisa meningkatkan perekonomian rakyat.

PR bersama ini cukup berat namun tidak mustahil untuk segera terwujud. Anies Baswedan yang merupakan tokoh politik berpengalaman dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sangat konsen memikirkan kondisi ekonomi masyarakat saat ini.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9